Lelang BRI, dari Prosedur Hingga Tahapannya. Ada Lelang Rumah Juga Loh!

Tim Editorial Rumah.com
Lelang BRI, dari Prosedur Hingga Tahapannya. Ada Lelang Rumah Juga Loh!
RumahCom – Lelang BRI menjadi salah satu sarana terpercaya yang bisa diandalkan masyarakat saat mencari aset atau agunan yang sudah disita oleh perbankan akibat berbagai faktor. Bagi masyarakat yang mencari daftar lelang BRI bisa mengunjungi langsung situs resminya di infolelang.bri.co.id.
Dalam situs tersebut tersedia berbagai informasi aset-aset yang dijual, baik melalui mekanisme lelang maupun jual damai. Aset-aset yang diinformasikan pada website info lelang ini merupakan aset yang dijadikan jaminan kredit oleh nasabah pada Bank BRI.
  • Lelang BRI
  • Lelang Rumah Bank BRI
  • Prosedur dan Persyaratan Lelang BRI
  • Tahapan Lelang BRI
  • Tips Kredit yang Aman
7 Keuntungan Beli Rumah dengan KPR

7 Keuntungan Beli Rumah dengan KPR

Lelang BRI

Aset yang diinformasikan dengan status dilelang adalah aset yang transaksi jual belinya dilakukan dengan mekanisme lelang.
Lelang BRI adalah penjualan barang yang terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis dan/atau lisan yang semakin meningkat atau menurun untuk mencapai harga tertinggi yang didahului dengan Pengumuman Lelang. Aset yang diinformasikan dengan status dilelang adalah aset yang transaksi jual belinya dilakukan dengan mekanisme lelang.
Untuk mencari tahu apa saja daftar lelang BRI, masyarakat bisa mengakses laman resmi yakni infolelang.bri.co.id.Dalam situs tersebut tersedia berbagai informasi aset-aset yang dijual, baik melalui mekanisme lelang maupun jual damai. Adapun aset yang berstatus "dijual damai" berarti transaksi jual belinya dilakukan melalui mekanisme jual beli secara damai berdasarkan kesepakatan antara pemilik aset dengan calon pembeli.
Penjual dalam penjualan dengan mekanisme jual damai adalah pemilik aset/nasabah Bank BRI. Pada mekanisme "jual damai" yang berperan sebagai pihak penjual adalah pemilik aset/nasabah. Bank BRI dalam hal ini hanya berperan membantu menginformasikan aset tersebut kepada khalayak umum (mengiklankan).
Sedangkan dalam mekanisme lelang, penjual adalah orang, badan hukum/usaha atau instansi yang berdasarkan peraturan perundang-undangan atau perjanjian berwenang untuk menjual barang secara lelang. Penjual dalam penjualan dengan mekanisme lelang adalah Bank BRI.

Lelang Rumah Bank BRI

Jika tertarik dengan salah satu aset lelang rumah, masyarakat dapat langsung menghubungi kontak yang tertera.
Barang-barang yang ditawarkan dalam lelang BRI ada banyak pilihannya, mulai dari kendaraan hingga rumah. Bagi Anda yang cari rumah dengan bujet di bawah Rp1 miliar, cek pilihan rumahnya di kawasan BSD City di sini!
Jika melihat daftar aset yang ada di laman resmi Lelang BRI, kategori aset terbagi menjadi lima yakni bangunan, tanah, kendaraan, mesin, dan lain-lain. Kategori bangunan pun terdiri dari banyak jenis seperti apartemen, condotel, gedung, gudang, hotel, kantor, kondominium, kos atau kontrakan, kavling siap bangun, mall, pabrik, ruko, rumah, toko, hingga villa.
Akan tetapi dari sekian banyak jenis, lelang rumah BRI paling banyak daftarnya dan tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera, Jawa, sampai Sulawesi. Jika tertarik dengan salah satu aset lelang rumah, masyarakat dapat langsung menghubungi contact person yang tertera di detail informasi masing-masing aset, baik melalui nomor telepon maupun melalui email.

Prosedur dan Persyaratan Lelang BRI

Ada beberapa syarat umum yang sejatinya cukup kompleks.
Menilik sejarahnya, lelang di Indonesia sudah ada sejak tahun 1908 yang ditandai dengan terbitnya Peraturan Lelang atau Vendu Reglement. Vendu Reglement yang diundangkan dalam Staatsblad Nomor 189 Tahun 1908 merupakan cikal bakal lahirnya mekanisme lelang di Indonesia. Sepanjang perjalanannya hingga kini 114 Tahun, sistematika dan mekanisme lelang terus beradaptasi mengikuti perkembangan zaman.
Salah satu milestone atau batu loncatan besar dari perkembangan mekanisme lelang di Indonesia diantaranya dengan terbitnya Peraturan Menteri Keuangan nomor 90/PMK.06/2016 Tentang Pedoman Pelaksanaan Lelang dengan Penawaran Secara Tertulis Tanpa Kehadiran Peserta Lelang Melalui Internet.
Selanjutnya, berkaitan dengan prosedur dan persyaratan lelang BRI, ada beberapa syarat umum yang sejatinya cukup kompleks. Apa saja?
  • Penawaran lelang dilakukan langsung dengan cara lisan dan harga penawaran semakin meningkat.
  • Setiap peserta harus menyetorkan uang jaminan ke Rekening KPKNL Pelaksana Lelang paling lambat 1 hari sebelum pelaksanaan lelang telah efektif diterima, dengan mencantumkan nama terang penyetor/peserta lelang pada slip setoran.
  • Satu slip setoran uang jaminan lelang hanya berlaku untuk satu objek lelang.
  • Peserta lelang adalah perseorangan atau badan usaha. Peserta lelang dapat hadir dengan menunjukkan identitas diri.
  • Peserta lelang wajib melakukan pendaftaran kepada Pejabat Lelang dengan menunjukkan bukti setoran asli/sah.
  • Pemenang lelang yang ditunjuk wajib melunasi harga lelang dan bea lelang sebesar 1% dalam waktu 3 (tiga) hari kerja sejak ditunjuk sebagai pemenang lelang dan BPHTB sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Apabila sampai dengan waktu yang telah ditentukan pemenang lelang belum melunasi harga lelang, maka pemenang lelang tersebut dinyatakan wanprestasi dan uang jaminan lelang menjadi milik Negara yang disetorkan ke Kas Negara.
  • Semua barang yang akan dijual dalam kondisi sesungguhnya, di lokasi dan dengan semua cacat dan kekurangannya, kami menganjurkan peminat untuk melihat memeriksa objek yang bersangkutan sebelum mengikuti pelelangan.
  • Setiap peserta lelang wajib melakukan penawaran dan penawaran tersebut paling sedikit sama dengan Nilai Limit. Dalam hal Peserta Lelang tidak melakukan penawaran sebagaimana dimaksud, dikenakan sanksi tidak diperbolehkan mengikuti lelang selama 3 (tiga) bulan di wilayah kerja KPKNL Jakarta.
  • Apabila karena suatu hal terjadi pembatalan / penundaan lelang maka peserta tidak diperkenankan melakukan tuntutan apapun kepada KPKNL Jakarta I maupun PT BRI (Persero), Tbk.
  • Syarat-syarat lainnya akan ditentukan pada saat lelang.

Tahapan Lelang BRI

Transparansi dan akuntabilitas adalah unsur yang sangat penting dalam pelaksanaan lelang.
Lelang adalah penjualan barang yang terbuka untuk umum, sehingga seluruh masyarakat dapat mengikuti pelaksanaan lelang dan mengetahui proses pelaksanaan lelang seperti pada lelang kali ini dimana terdapat kehadiran perwakilan dari salah satu debitur yang ingin mengetahui hasil lelang terhadap jaminan tanahnya.
Transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan lelang adalah unsur yang sangat penting dalam menciptakan lelang yang mudah, aman, unggul, dan terpercaya. Lalu bagaimana tahap mengikuti lelang BRI yang benar?
  • Pertama, akses laman https://infolelang.bri.co.id/.
  • Selanjutnya cari dan temukan aset pilihan yang diinginkan.
  • Jika sudah, hubungi petugas yang mengelola agunan tersebut.
  • Jangan lupa pastikan semua dokumen lengkap dan sudah mengunjungi lokasi agunan.
  • Kemudian lakukan registrasi dan proses lelang sesuai ketentuan di website lelang.go.id.
  • Terakhir lakukan pelunasan dan melengkapi berkas sesuai ketentuan.

Tips Rumah.com

Setiap peserta lelang BRI wajib melakukan penawaran dan penawaran tersebut paling sedikit sama dengan Nilai Limit. Dalam hal Peserta Lelang tidak melakukan penawaran sebagaimana dimaksud, dikenakan sanksi tidak diperbolehkan mengikuti lelang selama 3 (tiga) bulan di wilayah kerja KPKNL Jakarta.

Tips Kredit yang Aman

Pastikan kondisi pribadi sebelum memutuskan untuk mengambil kredit rumah maupun kendaraan.
Lelang rumah sendiri terjadi lantaran nasabah tidak sanggup meneruskan angsuran sehingga perbankan menyita aset tersebut. Kondisi ini disebut sebagai kredit macet atau Non Performing Loan. Adapun faktor terjadinya kredit macet bisa karena debitur tidak memiliki dana cukup, mengalami pailit, mangkir dalam membayar, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kondisi pribadi sebelum memutuskan untuk mengambil kredit rumah maupun kendaraan. Adapun tips kredit yang aman agar terhindar dari kredit macetsebagai berikut:

Hitung Kemampuan dengan Cermat

Sebelum mengajukan kredit, hitung kemampuan cicilan Anda dengan cermat. Misalnya untuk memperkecil cicilan, Anda bisa memperbesar DP dan juga memperpanjang tenor pinjaman. Bagi yang berpenghasilan tidak tetap, maka Anda perlu memperhitungkan penghasilan rata-rata dan bukan penghasilan tertinggi yang Anda dapat.

Lengkapi Persyaratan dan Dokumen Sesuai Profesi

Lengkapi persyaratan umum, seperti KTP suami istri (bagi yang telah menikah), Kartu Keluarga, Surat Keterangan Kerja, Surat Keterangan Penghasilan/Slip Gaji, rekening koran/tabungan, dan NPWP. Untuk karyawan, pekerja lepas, hingga wiraswasta memiliki beberapa perbedaan perihal persyaratan umum ini. Anda bisa menanyakannya ke staf bank atau mencari informasinya secara mandiri.

Memilih Beberapa Bank

Bandingkanlah produk-produk kredit yang ditawarkan setiap bank dan pilihlah yang paling sesuai berdasarkan kondisi keuangan dan kemampuan finansial. Setelah itu, untuk memperbesar peluang mendapatkan kredit, ajukan permohonan ke beberapa bank tersebut. Jika mendapat persetujuan maka Anda boleh melakukan negosiasi setelahnya.

Pilih Objek Kredit yang Tepat

Dalam hal ini, objek kreditnya berkaitan dengan rumah atau properti lainnya. Aplikasi kredit Anda kemungkinan besar akan ditolak jika lokasi properti tidak dilewati jalan yang lebarnya kurang dari dua mobil. Hindari pula memilih properti dengan status hukum yang belum pasti. Pastikan juga kelengkapan surat dan seperti Sertifikat Hak Milik (SHM), atau Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), hingga Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
Punya anggaran yang terbatas untuk membangun atau merenovasi rumah? Simak rekomendasi model rumah sederhana tapi bisa jadi indah lewat video berikut ini!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini