Kenali Apa Itu Loket BPN Online, Bikin Layanan Pertanahan Jadi Mudah

Mengurus perizinan tanah adalah salah satu hal yang perlu Anda lakukan. Kenali apa saja pengertian dan fungsi dari loket BPN online agar Anda bisa mengurus pertahanan dengan mudah.
Loket BPN Online, Bikin Layanan Pertanahan Jadi Mudah 1
Tanah adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang yang baik. (Foto: Jendela 360)

RumahCom – Loket BPN online adalah salah satu bentuk pelayanan masyarakat yang perlu Anda pahami dan ketahui apa saja yang menjadi fungsi utamanya. Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini hampir seluruh bentuk pelayanan yang ada saat ini sudah mulai memanfaatkan pelayanan secara daring agar bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Selain itu juga, pelayanan yang dilakukan secara daring sengaja dibuat agar masyarakat bisa melakukan berbagai bentuk transaksi tanpa harus melakukan tatap muka sama sekali dan mencegah terjadinya penularan penyakit. Salah satu lembaga pelayanan masyarakat yang mulai menetapkan pelayanan secara daring adalah BPN atau Badan Pertanahan Nasional. Agar Anda bisa mengetahui apa itu BPN online maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. BPN Online Adalah
  2. Cek Keaslian Sertifikat Sebelum Transaksi
  3. Loket BPN Online dengan Layanan Tanpa Tatap Muka (TTM)
  4. Cara Cek Sertifikat Pertanahan Lewat Website BPN Online
  5. Cara Cek Sertifikat Tanah Lewat Aplikasi BPN Online Sentuh Tanahku

1. BPN Online Adalah

Loket BPN Online, Bikin Layanan Pertanahan Jadi Mudah 2

Sertifikat adalah salah satu hal yang wajib ada ketika membeli sebuah tanah. (Foto: Tirto)

Salah satu lembaga pelayanan masyarakat yang cukup sering didengar ataupun ditemui pada media online adalah Badan Pertanahan Nasional atau disingkat menjadi BPN. Badan Pertanahan Nasional ini adalah salah satu lembaga milik pemerintah yang tidak memiliki keterikatan dengan kementrian di Indonesia.

Sebenarnya, apakah tugas dari Badan Pertanahan Nasional itu? Dilansir dari Wikipedia, Badan Pertanahan Nasional mempunyai tugas penting dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat di bidang pertanahanan ataupun agraria.

Catat 6 Hal Penting Seputar Balik Nama Sertifikat Tanah

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum dan Pajak Properti

Catat 6 Hal Penting Seputar Balik Nama Sertifikat Tanah

Pada awalnya, Badan Pertanahan Nasional yang ada saat ini masih disebut sebagai Kantor Agraria dan hingga akhirnya dirubah menjadi BPN melalui Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2015. Fungsi dan tugas dari Badan Pertanahan Nasional juga akhirnya dilebur menjadi satu bersama Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementrian Pekerjaan Umum oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sejarahnya, Badan Pertanahan Nasional sudah mengalami beberapa kali pergantian penguasaan dalam hal kelembagaan. Pertama-tama, pada tahun 1960 sudah berlaku sebuah Undang-Undang Pokok Agraria meskipun dalam pelaksanaannya waktu itu masih belum sempurna karena Indonesia masih mengalami proses transisi pemerintahanan dan perkembangan ekonomi.

2. Cek Keaslian Sertifikat Sebelum Transaksi

Loket BPN Online, Bikin Layanan Pertanahan Jadi Mudah 3

Pikirkan terlebih dahulu dengan kepala dingin sebelum Anda membeli sesuatu. (Foto: Pixabay – Karolina Grabowska)

Membeli sebuah tanah adalah hal yang sangat baik karena Anda bisa memanfaatkan tanah yang sudah dibeli dan dimanfaatkan menjadi berbagai hal ataupun Anda jadikan sebagai salah satu bentuk investasi untuk di kemudian hari. Namun, Anda tidak bisa membeli tanah secara sembarangan tanpa mengetahui keaslian dan keabsahan dari sertifikat tanahnya.

Dilansir dari Kompas Properti, Anda harus memastikan sertifikat dari tanah agar Anda bisa mengetahui apakah tanah tersebut masih di dalam hak tanggungan orang ataupun dalam proses sengketa hukum dan menyebabkan sertifikat terblokir. Anda harus memeriksakannya terlebih dahulu kepada Pengadilan Negeri agar bisa mengetahui status dari tanah yang akan Anda beli apakah tidak dalam sengketa atau tidak.

Sebelum membeli properti, pastikan keaslian sertifikatnya agar tak bermasalah sengketa di kemudian hari. Berikut ini adalah daftar rumah 2 lantai status SHM di Bogor yang bisa Anda miliki.

Tip Rumah
Jangan mudah tergiur dengan harga tanah yang murah. Cek dulu keaslian dari sertifikat tanah yang akan Anda beli agar tidak membuat Anda pusing di kemudian hari.

3. Loket BPN Online dengan Layanan Tanpa Tatap Muka (TTM)

Loket BPN Online, Bikin Layanan Pertanahan Jadi Mudah 4

Transaksi online sangatlah efisien dan mudah untuk dilakukan. (Foto: Pixabay – Gerd Altmann)

Agar siapa saja bisa menikmati pelayanan pertanahan dengan baik dan mudah, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil akhirnya meresmikan Loket BPN Online pada awal Januari 2020 lalu. Peresmian tersebut dilaksanakan pada kantor BPN Kota Tangerang yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Dilansir dari Tribun Jakarta, dengan melalui loket dan aplikasi online yang dimiliki oleh Badan Pertanahan Nasional memiliki harapan agar pada tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia telah terdaftar dengan baik agar mengurangi terjadinya sengketa yang memakan waktu dan biaya.

Pelayanan yang dilakukan secara online juga dipercaya akan mendorong minat masyarakat untuk mendatarkan tanahnya dan dibuatkan sertifikatnya agar menjadi legal dan memiliki kekuatan di mata hukum.

4. Cara Cek Sertifikat Pertanahan Lewat Website BPN Online

Loket BPN Online, Bikin Layanan Pertanahan Jadi Mudah 5

Situs online memudahkan Anda untuk melakukan berbagai kegiatan secara daring. (Foto: Pixabay – Sasin Tipchai)

Sebelum adanya situs atau aplikasi untuk memeriksa sertifikat pertanahan Anda harus langsung datang ke kantor BPN terdekat dan meminta untuk melakukan pemeriksaan keabsahan dan keaslian dari sertifikat tanah yang Anda miliki. Petugas BPN akan menandai sertifikat yang asli dengan menggunakan cap resmi.

Akan tetapi, jika sertifikat yang Anda miliki tidak asli maka petugas BPN akan mengajukan permohonan kepada petugas pemeriksa untuk melakukan verifikasi pengecekan secara langsung. Proses verifikasi dan pengecekan akan menggunakan GPS atau Global Positioning System. Hasil pemeriksaan akan menunjukkan lokasi tanah yang sesuai dengan apa yang tertulis di dalam sertifikat tanah yang Anda miliki.

Baca Juga: Jenis Surat Tanah Tradisional di Indonesia

Agar Anda tidak perlu repot-repot untuk datang langsung ke kantor BPN, kini sudah tersedia sebuah website BPN Online. Salah satu kemudahan yang bisa Anda rasakan saat ini dengan menggunjungi website BPN Online membuat Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor BPN dan bisa melakukannya di rumah Anda saja. Anda bisa mengakses www.atrbpn.go.id dan membuka layanan cek sertifikat pertanahan.

Di dalam website BPN tersebut Anda bisa memeriksa layanan yang berisikan tentang pertanahan, yaitu seperti informasi tentang berbagai bentuk persyaratan, jangka waktu beserta informasi biaya layanan yang perlu Anda keluarkan. Selain itu juga, Anda bisa melakukan pemeriksaan Rencana Detail Tata Ruang pada daerah dengan menggunakan layanan peta interaktif yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Dengan memanfaatkan peta interaktif tersebut Anda bisa mengetahui daerah ataupun tanah yang boleh digunakan untuk berbagai keperluan berbeda.

5. Cara Cek Sertifikat Tanah Lewat Aplikasi BPN Online Sentuh Tanahku

Loket BPN Online, Bikin Layanan Pertanahan Jadi Mudah 6

Smartphone bisa membantu Anda dalam menemukan berbagai informasi dengan mudah. (Foto: Pixabay – William Iven)

Saat ini, Anda bisa memanfaatkan telepon genggam yang Anda miliki untuk membuka berbagai pilihan aplikasi yang berbeda-beda. Salah satu aplikasi yang bisa Anda buka langsung melalui telepon tenggam Anda adalah aplikasi BPN Online yang bernam Sentuh Tanahku.

Di dalam aplikasi Sentuh Tanahku, terdapat beberapa fitur yang beragam yaikni mulai dari berbagai bentuk  persyaratan, proses pengurusan sertifikat tanah dan lokasi dari suatu bidang tanah. Agar Anda bisa memanfaatkan fitur yang menarik tersebut maka Anda harus mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu di BPN dan barulah ketika Anda sudah terverifikasi bisa mendaftarkan diri menjadi pengguna aplikasi. Di bawah ini adalah rincian cara agar Anda bisa menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku dengn mudah:

  1. Pertama-tama, Anda harus mengunduh aplikasi Sentuh Tanahku melalui Play Store ataupun App Store.
  2. Setelah Anda selesai mengunduh dan aplikasi sudah terpasang pada telepon genggam Anda barulah Anda bisa mendaftar pada aplikasi dengan memasukkan username, email dan password.
  3. Anda akan diminta untuk masuk ke dalam aplikasi dengan menggunakan informasi yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Lengkapilah informasi berkas dengan memencet tombol ‘Info Berkas’ barulah informasi Anda akan terdaftar di dalam aplikasi Sentuh Tanahku.
  4. Anda bisa melihat dan mengecek nomor sertifikat tanah dengan menekan tombol ‘Info Sertifikat’ dan barulah Anda bisa memencet tombol ‘Info Sertifikat’ untuk memunculkan keseluruhan data sertifikat tanah hingga info kepemilikannya.

Itulah pembahasan mengenai loket BPN Online yang bisa mempermudah Anda dalam mengurus sertifikat tanah. Segeralah urus sertifikat dari tanah yang sudah Anda beli agar menjadi legal dan terhindar dari sengketa yang bisa membuat Anda pusing di kemudian hari.

Simaklah video informatif berikut ini agar Anda mengetahui hal apa saja yang perlu Anda perhatikan saat akan membuat sertifkat tanah.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Cari Agen

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Daftar Perumahan Asri dan Sejuk di Kawasan Bogor

Masukan