Low Rise Apartment, Konsep Hunian Vertikal Rasa Rumah Tapak

Tim Editorial Rumah.com
Low Rise Apartment, Konsep Hunian Vertikal Rasa Rumah Tapak
RumahCom – Apartemen biasanya identik dengan bangunan tinggi dan memiliki jumlah lantai yang sangat banyak. Namun tahukah anda? Jika apartemen juga ada yang tidak berlantai banyak alias hanya memiliki beberapa lantai saja. Apartemen jenis ini disebut dengan low rise apartment.
Di low rise apartment, anda dapat merasakan tinggal di apartemen dengan ketinggian aman. Sehingga, apartemen jenis ini cocok bagi anda yang takut dengan ketinggian. Berikut penjelasan detailnya yang bisa Anda temukan di artikel ini:
  • Apa Itu Low Rise Apartment
  • Perbedaan Low Rise Apartemen dengan Apartemen
  • Keuntungan Tinggal di Low Rise Apartment
  • 5 Rekomendasi Low Rise Apartment di Jabodetabek
Bagi anda yang penasaran dengan ulasan low rise apartment, berikut penjelasan detail mengenai low rise apartment yang bisa Anda simak di bawah ini.

Apa Itu Low Rise Apartment?

Low rise apartment adalah model apartemen dengan skala kecil atau apartemen dengan jumlah lantai yang tak terlalu tinggi (Foto: Unsplash – Waldemar Brandt)
Low rise apartment adalah apartemen yang dibangun tidak terlalu tinggi menjulang seperti apartemen biasanya. Ia dibangun mengedepankan kenyamanan dan berskala kecil.
Bangunan bertingkat rendah atau low rise sendiri memiliki definisi yaitu bangunan dengan 4 lantai atau kurang. Sedangkan bangunan bertingkat menengah atau mid-rise adalah bangunan yang dibangun antara 5 sampai 12 lantai. Dan bangunan bertingkat tinggi atau high rise adalah bangunan dengan jumlah lantai di atas 12 lantai.
Apabila merujuk pada definisi tersebut, maka low rise apartment termasuk ke dalam hunian vertikal yang tak lebih dari 4 lantai.
Meskipun termasuk ke dalam bangunan vertikal namun banyak pula pengembang yang membangun jenis apartement ini dengan pengembangan ke samping. Sehingga low rise apartment terlihat seperti rumah tapak.
Low rise apartment bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin tinggal di apartemen namun dengan konsep rumah tapak. Namun, jika Anda masih mencari rumah tapak untuk ditinggali. Cek daftar hunian dijual di Cikarang Selatan dibawah Rp500 juta di sini!

Perbedaan Low Rise Apartment dengan Apartemen

Low rise apartment cenderung lebih ramah lingkungan. (Foto: Unsplash – Chutthersnap)
Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari low rise apartment dengan apartemen adalah jumlah lantai low rise apartment biasanya cenderung lebih sedikit. Selain itu, berikut ini merupakan beberapa perbedaan diantara keduanya:
Low Rise ApartmentApartment
Mempersingkat waktu karena lebih mudah untuk akses jalan. Di apartemen low rise, Anda cenderung akan lebih cepat sampai di lantai bawah. Terutama bagi difabel dan orang tua. Atay bahkan jika ada kondisi darurat seperti kebakaran, evakuasi lebih mudah dilakukan. Jika anda tinggal di apartemen yang high rise, bisa dipastikan waktu akses jalan akan lebih lama, apalagi jika anda berada di lantai paling atas.
Ramah lingkungan. Apartemen low rise biasanya dilengkapi dengan area hijau, seperti taman, pepohonan rindang, dan hal lain yang ramah lingkungan.Tidak semua apartemen ramah lingkungan
Ketenangan. Jika anda adalah tipe orang yang tidak terlalu suka dengan keramaian, maka Low rise apartment mungkin jadi pilihan tepat. Apartemen ini berukuran lebih kecil, dan oleh karenanya lebih tenang dan privasi Anda pun lebih terjaga. Jika anda tidak terlalu suka dengan keramaian, tinggal di apartemen bisa mengganggu karena kondisinya yang cenderung banyak orang jika dibandingkan dengan low rise apartment.

Tips Rumah.com

Tiga hal perbedaan antara low rise apartment dan apartemen adalah perihal aspek akses jalan, lingkungan, juga ketenangan

Keuntungan Tinggal di Low Rise Apartment

Low rise apartment memiliki kesan eksklusif, cocok untuk anda yang menyukai hunian dengan nuansa tenang. (Foto: Unsplash – Tierra Mallorca)
Memilih tinggal di apartemen yang cenderung tidak tinggi tentu sangat menguntungkan dan nyaman, terutama untuk anda yang takut dengan ketinggian. Selain itu, low rise apartment juga memiliki segudang keuntungan diantaranya:
  • Cenderung lebih eksklusif
Tak hanya cenderung lebih tenang, low rise apartment juga memiliki kesan eksklusif. Biasanya fasilitas yang dibangun untuk apartement jenis inipun akan lebih privat dibandingkan dengan apartemen yang memiliki banyak unit.
Meski demikian, harga unit ini biasanya akan lebih mudah naik, mengingat keterbatasan unit.
  • Lebih luas
Biasanya ukuran/dimensi low rise apartment cenderung lebih luas
  • Akses yang lebih mudah
Dibangun dengan jumlah lantai yang terbatas, low rise apartment menyediakan akses yang lebih mudah untuk sampai ke dasar lantai.
Hal ini tentu sangat menguntungkan untuk orang-orang disabilitas/lansia.

5 Rekomendasi Low Rise Apartment di Jabodetabek

Rekomendasi Low Rise Apartment area Jabodetabek. (Foto: Unsplash – Huy Nguyen)
Jika anda sedang mempertimbangan untuk tinggal di Low Rise Apartement, mungkin beberapa tempat ini bisa menjadi pilihan anda:

1. Kasamara Apartement

Kasamara Residence termasuk ke dalam low rise apartment. Berada di daerah Pesanggrahan, Jakarta Selatan, apartment ini hanya memiliki 4 lantai. Hunian ini didirikan diatas tanah seluas 7.342 m2 dan berlokasi dekat dengan Pondok Indah Mall (10 menit).
Kasamara Residence merupakan low rise apartment mewah dengan beragam fasilitas, seperti kolam renang, gym, sauna khusus, mini golf, dan lain sebagainya.

2. LLOYD

LLOYD Alam Sutera merupakan apartemen low rise pertama di Alam Sutera yang sudah bisa diserah terima sejak 2021 lalu. Apartemen ini memiliki 5 lantai dengan total 22 tower.
Lokasi apartemen ini pun sangat strategis. Dekat dengan Binus Alam Sutera, akses tol menuju Jakarta, BSD City dan Gading Serpong juga tak jauh dari apartemen ini.

3. Rainbow Spring Condovillas

Berada di daerah Pagedangan, Tangerang, Banten, Rainbow Spring Condovillas merupakan pelopor low rise apartment di daerah Serpong. Apartemen ini menawarkan hunian landai dengan pemandangan terbuka hijau.

4. Wijaya Executive Mansion

Berada di wilayah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Wijaya Executive Mansion sangat cocok untuk eksekutif yang sudah memiliki keluarga.
Apartemen ini tak jauh dari pusat perbelanjaan maupun sekolah anank-anak seperti Jakarta Japanese School, Jakarta International School. Apartemen yang disewakan disini sangatlah luas bahkan mencapai 200 m2.

5. Apple Residence

Dibangun di lahan seluas 3100 m2. Apartemen ini memiliki ketinggian 4 lantai dan hanya menawarkan 100 unit saja.
Berada di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan unit-unit ini dijual dengan unit-unit minimalis. Tipe studio seluas 29,53 m2 dan tipe 2BR berukuran 32,92 m2. Meskipun kecil, namun apartement ini tetap luas karena mengusung konsep high ceiling.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui berapa biaya untuk membeli apartemen!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini