Maket adalah Miniatur Dalam Bentuk Tiga Dimensi, Cek Selengkapnya!

Tim Editorial Rumah.com
Maket adalah Miniatur Dalam Bentuk Tiga Dimensi, Cek Selengkapnya!
RumahCom – Pada arsitektur, ada istilah yang disebut dengan sebutan maket. Maket atau miniatur bangunan adalah model skala kecil dari sebuah bangunan atau konstruksi. Sebelum sebuah bangunan dibuat, diperkenalkan miniatur 3 dimensi dari bangunan yang hendak dibuat. Persis seperti bangunan aslinya, tetapi dengan ukuran yang masih kecil atau yang dikenal dengan sebutan miniatur.
Kebanyakan orang sering menyebutnya dengan kata maket, apabila disebut dalam bahasa inggris yaitu mockup. Mengingat bentuk maket yang menggambarkan dalam bentuk tiga dimensi suatu bangunan, tidak bisa dielakkan media maket sangat menarik apabila untuk mempresentasikan sebuah rancangan bangunan yang akan dibuat.
Melalui maket, Anda dapat melihat langsung seperti objek tiruan seperti bentuk tiga dimensi, sehingga dapat diketahui bagaimana bentuk asli dari bangunan ketika telah dibuat nanti, kemudian dapat juga dilihat tata letaknya, bentuk ruangannya, sampai dengan dari sisi pencahayaannya. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai maket, simak artikel berikut ini!
  • Fungsi Maket Adalah
  • Jenis-jenis Maket
  • Contoh-contoh Maket

Fungsi Maket Adalah

Maket mempunyai fungsi sebagai media visual pada karya desain interior.
Maket adalah model skala kecil dari sebuah bangunan atau konstruksi. Maket ini digunakan untuk berbagai tujuan, seperti desain arsitektur, presentasi proyek, atau hanya sebagai hiasan. Maket mempunyai fungsi sebagai media visual pada karya desain interior yang merupakan hal yang berpengaruh dalam di dalam desain interior. Banyak maket dibuat dengan sangat rinci dan akurat untuk mencerminkan bangunan asli dengan tepat.
Mengingat bentuk maket yang menggambarkan dalam bentuk tiga dimensi suatu bangunan, tidak bisa dielakkan media maket sangat menarik apabila untuk mempresentasikan sebuah rancangan bangunan yang akan dibuat. Maket dapat dibuat dari berbagai material seperti kayu, plastik, karton jerami, styrofoam atau bahkan kertas.

Jenis-jenis Maket

Maket mudah ditemui saat Anda berkunjung ke pameran properti.
Maket adalah replika skala kecil dari bangunan, kendaraan, atau objek lain yang digunakan dalam berbagai industri, seperti arsitektur, film, dan mainan. Dalam arsitektur, maket digunakan untuk menampilkan desain bangunan sebelum dibangun. Ini memungkinkan arsitek untuk mengevaluasi desain dan membuat perubahan sebelum memulai proyek. Maket juga digunakan dalam presentasi kepada klien untuk menunjukkan bagaimana bangunan akan terlihat setelah selesai.
Secara umum, maket atau miniatur memungkinkan untuk membuat adegan yang tidak dapat dibuat dengan cara yang lebih praktis atau aman, dan menciptakan objek yang dapat digerakkan dan dikendalikan. Ada tiga jenis yang umum dijumpai, yakni:
  1. Maket arsitektur/gedung (skala 1:200, 1:100, 1:50)
  2. Maket interior (skala 1:20, 1:10, 1:5, 1:1)
  3. Maket terperinci (skala 1:20, 1:10, 1:5, 1:1)
Maket mudah ditemui saat Anda berkunjung ke pameran properti atau kantor marketing perumahan ataupun apartemen. Mau punya rumah di perumahan yang tidak terlalu besar di area Sawangan, Depok, harga di bawah Rp500 jutaan? Cek pilihan rumahnya di sini!

Contoh-contoh Maket

Ada sekian banyak contoh maket yang digunakan di berbagai industri.
Maket adalah sebuah miniatur berbentuk 3D yang memiliki skala tertentu dan berfungsi untuk menggambarkan suatu hal, baik itu sebuah bangunan ataupun sebuah keadaan (gambaran suatu peristiwa). Berikut beberapa contoh maket.

1. Maket Rumah

Maket rumah digunakan untuk menampilkan desain bangunan sebelum dibangun.
Jenis maket ini biasa digunakan sebagai representasi bentuk 3Dimensi dari desain yang telah kita rancang, baik itu rumah tinggal, gedung bertingkat, kantor, dan perumahan. Maket arsitektur juga bisa digunakan sebagai tambahan nilai jual dari produk yang biasa dijual oleh agen-agen properti.
Dalam arsitektur, maket rumah digunakan untuk menampilkan desain bangunan sebelum dibangun. Ini memungkinkan arsitek untuk mengevaluasi desain dan membuat perubahan sebelum memulai proyek. Maket juga digunakan dalam presentasi kepada klien untuk menunjukkan bagaimana bangunan akan terlihat setelah selesai.

2. Maket Apartemen

Dalam industri real estat, maket apartemen digunakan untuk menampilkan proyek yang akan dibangun. Ini memungkinkan developer untuk menunjukkan desain bangunan kepada calon pembeli sebelum proyek selesai. Maket juga dapat digunakan untuk membantu calon pembeli memvisualisasikan bagaimana apartemen akan terlihat setelah selesai.

3. Maket Mobil

Dalam industri mainan, maket mobil dapat digunakan untuk membuat model yang dapat digerakkan dan dikendalikan melalui remote control atau aplikasi ponsel. Lalu, maket mobil juga biasanya dibuat untuk pajangan yang bisa bernilai tinggi jika dilihat dari bahan dan kemiripannya dengan yang aslinya.

4. Maket Pesawat

Maket pesawat kerap menjadi koleksi yang menarik bagi banyak orang. (Foto: Pixabay – Rattakarn)
Dalam industri penerbangan, maket pesawat digunakan untuk mengevaluasi desain pesawat sebelum dibangun. Ini memungkinkan insinyur dan desainer untuk mengevaluasi desain dan membuat perubahan sebelum memulai proyek. Maket juga digunakan dalam presentasi kepada klien untuk menunjukkan bagaimana pesawat akan terlihat setelah selesai.
Secara umum, maket pesawat memungkinkan untuk mengevaluasi desain pesawat, mengejar hobi, dan menciptakan objek yang dapat digerakkan dan dikendalikan. Maket pesawat juga menjadi koleksi yang menarik bagi banyak orang.

5. Maket Kapal

Dalam hobi, maket kapal menjadi salah satu yang paling populer. Banyak orang yang menyukai membuat dan mengumpulkan maket kapal dari berbagai jenis dan era. Ada banyak klub dan organisasi yang didedikasikan untuk hobi ini, dan banyak kompetisi dan pameran yang diadakan setiap tahun.
Dalam industri mainan, maket kapal digunakan untuk membuat model mainan yang dapat digerakkan dan dikendalikan. Ini termasuk model kapal kontrol jarak jauh, model kapal yang dapat dikendalikan melalui aplikasi ponsel.

6. Maket Elektronik

Maket elektronik dapat digunakan dalam berbagai industri. (Foto: The Digital Connect)
Maket elektronik adalah jenis maket yang menggabungkan elemen elektronik seperti sensor, actuator, atau komponen elektronik lainnya untuk menambah fungsi atau interaksi pada maket. Maket elektronik dapat digunakan dalam berbagai industri, seperti arsitektur, film, mainan, dan teknologi.

Tips Rumah.com

Maket adalah sebuah miniatur berbentuk 3D yang memiliki skala tertentu dan berfungsi untuk menggambarkan suatu hal, baik itu sebuah bangunan ataupun sebuah keadaan (gambaran suatu peristiwa)

7. Maket Sederhana

Maket banyak digunakan pada bidang rekayasa, arsitektur, pembuatan film, strategi militer, pemasaran dan juga sebagai hobi. Masing-masing bidang tersebut mungkin memanfaatkan maket untuk tujuan yang berbeda-beda. Akan tetapi, maket pada dasarnya berlandaskan pada prinsip yang sama dan harus memenuhi beberapa prasyarat umum untuk tetap dapat digunakan. Perincian prasyaratnya sangat bergantung pada kebutuhan pemodelnya.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui cara membuat sertifikat tanah lewat notaris!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini