Kandungan dan 10 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Kenali 10 manfaat asam jawa yang baik bagi kesehatan melalui artikel ini.
Kandungan dan 10 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan
Asam jawa bisa diolah menjadi minuman jamu yang menyegarkan. (Foto: Pexels - The Raj)

RumahCom - Indonesia memiliki banyak sekali jenis tanaman yang mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu diantaranya adalah asam Jawa. Walaupun banyak orang yang beranggapan bahwa asam Jawa adalah buah, ternyata asam Jawa termasuk dalam jenis polong-polongan. Selain fakta tersebut, ternyata ada banyak sekali manfaat asam Jawa yang belum diketahui masyarakat banyak.

Di Indonesia, asam Jawa biasa dimanfaatkan untuk banyak hal berbeda. Mulai dari bahan utama olahan masakan hingga diolah menjadi minuman jamu yang menyegarkan. Karena bisa dimanfaatkan menjadi banyak hal, asam Jawa menjadi sangat populer bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Dibalik rasanya yang menyegarkan, tahukah Anda bahwa asam Jawa memiliki kandungan yang bermanfaat? Untuk mengetahui manfaat asam Jawa secara lengkap, maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Kandungan Asam Jawa
  2. Karakteristik Asam Jawa
  3. Ternyata, Ini 10 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan
    1. Melancarkan Pencernaan
    2. Menghilangkan Mual
    3. Melawan Peradangan
    4. Mencegah Tanda Penuaan
    5. Membunuh Bakteri
    6. Mencegah Munculnya Jerawat
    7. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis
    8. Menjaga Kesehatan Jantung
    9. Menurunkan Gula Darah
    10. Menjaga Fungsi Hati
Apa Sih Tanah Verponding?

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum dan Pajak Properti

Apa Sih Tanah Verponding?

1. Kandungan Asam Jawa

Memiliki warna kuning kecoklatan, asam Jawa juga mempunyai rasa yang segar. (Foto: Pixabay - 41330)

Memiliki warna kuning kecoklatan, asam Jawa juga mempunyai rasa yang segar. (Foto: Pixabay - 41330)

Hingga saat ini, hampir seluruh orang Indonesia hanya menggunakan asam Jawa untuk sebagai sumber rasa asam. Kalaupun ada yang paham tentang kandungan di dalamnya, mungkin mereka hanya akan berkata bahwa asam Jawa mengandung vitamin C. Walaupun pernyataan itu benar, ternyata kandungan dan manfaat asam Jawa bukan hanya itu. Ada banyak sekali kandungan yang bisa didapatkan dari asam Jawa. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada asam Jawa mentah:

  • Zat Besi. Asam Jawa memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, baik itu Ferum maupun Iron. Zat besi yang dimiliki asam Jawa dapat memenuhi 19% kebutuhan zat besi harian tubuh manusia.
  • Dalam satu buah asam Jawa, diperkirakan ada kandungan magnesium sebesar 92mg. Hal itu setara dengan 25% kebutuhan magnesium dalam tubuh setiap harinya.
  • Kalium adalah salah satu kandungan terbesar yang ada di dalam asam Jawa. Hal ini karena jumlah Kalium dalam asam Jawa mencapai 628 mg.
  • Salah satu manfaat asam Jawa adalah sebagai penunjang kesehatan tulang dan gigi karena jumlah kalsium yang cukup tinggi. Kalsium pada asam Jawa mampu memenuhi hingga 10% kebutuhan kalsium harian pada banyak orang.
  • Fosfor juga mempunyai manfaat yang serupa dengan kalsium. Namun, kandungan fosfor di asam Jawa lebih banyak dibandingkan kalsium. Ada kurang lebih 113 mg fosfor yang terkandung dalam satu buah asam Jawa.
  • Vitamin C. Walaupun asam, kandungan vitamin C di asam Jawa tidak sebanyak buah asam lainnya. Akan tetapi, 3,5mg vitamin C di dalam asam Jawa dapat sedikit memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh manusia.

Selain beberapa kandungan yang sudah disebutkan di atas, asam Jawa juga mempunyai kandungan lemak yang cukup besar. Total kandungan lemak dalam 100 gram asam Jawa bisa mencapai 2 gram. Walaupun terlihat kecil, terdapat kandungan lemak tak jenuh dan lemak ganda di dalamnya. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dan tidak terlalu banyak untuk mengonsumsi asam Jawa.

Memiliki hunian yang segar, sejuk, dan jauh dari polusi bisa baik untuk kesehatan. Pilihan hunian di Bali kisaran Rp1 miliar bisa jadi opsinya, supaya Anda bisa tinggal dengan nyaman dan menanam tanaman asam Jawa sendiri di rumah dengan mudah.

2. Karakteristik Asam Jawa

Asam Jawa bisa diolah menjadi berbagai bahan campuran makanan. (Foto: Pixabay - BaluBFA12)

Asam Jawa bisa diolah menjadi berbagai bahan campuran makanan. (Foto: Pixabay - BaluBFA12)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asam Jawa sebenarnya masuk ke dalam keluarga polong-polongan. Akan tetapi, banyak pula yang beranggapan bahwa asam Jawa adalah salah satu jenis buah. Terlepas dari perdebatan itu, ada beberapa karakteristik fisik dari asam Jawa yang mungkin menarik perhatian Anda seperti berikut ini:

  • Pohonnya berukuran sangat besar dan selalu terlihat segar walaupun dalam kondisi kering.
  • Diameter pohon pada bagian bawah bisa mencapai 2 meter.
  • Asam Jawa memiliki tekstur kulit yang keras, berbeda dengan jenis polong-polongan lainnya.
  • Bentuk buah bervariasi, mulai dari lurus, bengkok, ataupun bulat menggelembung.
  • Daging buah asam Jawa berubah warna sesuai dengan tingkat kematangannya. Ketika masih muda, warna buah akan cenderung putih. Ketika sudah matang, warna buah cenderung menjadi coklat kehitaman.
  • Daging buah asam Jawa memiliki tekstur yang agak lengket dengan biji kecil yang keras di bagian dalamnya.
  • Dalam satu buah (satu kulit) asam Jawa, terdapat minimal tiga daging buah dan maksimal 10 daging buah.

Baca Juga:  12 Khasiat Jahe Merah, Salah Satunya Melawan Corona

3. Ternyata, Ini 10 Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Konsumsi jamu asam Jawa secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat. (Foto: Pixabay - 41330)

Konsumsi jamu asam Jawa secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat. (Foto: Pixabay - 41330)

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan asam Jawa selain untuk sayur asem, maka ada baiknya untuk mengetahui manfaat asam Jawa berikut ini. Ternyata, ada banyak sekali manfaat dan juga kegunaan asam Jawa bagi tubuh dan kesehatan kita seperti yang ada di bawah ini:

1. Melancarkan Pencernaan

Asam Jawa mempunyai kandungan untuk menetralkan frekuensi BAB. Dengan kata lain, jika Anda terserang diare, maka asam Jawa bisa mengurangi frekuensi BAB Anda. Di lain sisi, jika terjadi sembelit, maka asam Jawa bisa membantu untuk melancarkan BAB setiap harinya. Jadi, manfaat utama asam Jawa memang untuk menstabilkan kondisi pencernaan dalam tubuh manusia.

2. Menghilangkan Mual

Banyak orang disarankan untuk mengonsumsi sesuatu yang segar atau asam ketika mual. Hal ini juga berlaku untuk asam Jawa yang memiliki rasa asam yang cukup unik. Bahkan, banyak wanita hamil yang mengalami mual mengonsumsi asam Jawa. Manfaat asam Jawa yang satu ini memang sangat baik untuk wanita hamil, terutama saat mual melanda di pagi hari. Akan tetapi, ada baiknya untuk konsultasi kepada dokter mengenai jumlah yang tepat untuk dikonsumsi. Hal ini karena wanita hamil tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi kandungan asam.

Tip Rumah
Buatlah jamu yang terdiri dari campuran asam jawa, perasan jeruk nipis dan madu untuk mengatasi rasa mual dengan cepat.

3. Melawan Peradangan

Bagi masyarakat yang masih percaya penyembuhan secara tradisional, mereka tentu tahu bahwa daun asam Jawa bisa digunakan untuk melawan peradangan. Peradangan yang dimaksud disini adalah inflamasi. Itulah sebabnya tidak sedikit masyarakat yang menggosokkan daun asam Jawa untuk mengobati rasa sakit dan perih akibat serangga ketika mereka berada di kebun ataupun di hutan.

4. Mencegah Tanda Penuaan

Banyak sekali wanita yang ingin tampak muda. Kebanyakan dari mereka menggunakan produk-produk mahal dengan banyak bahan kimia. Kalau Manfaat asam Jawa saja bisa mencegah tanda penuaan, kenapa tidak mencobanya? Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang karena asam Jawa mempunyai antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dalam asam Jawa membantu peremajaan kulit dan secara tidak langsung akan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Bahkan, saat ini ada kosmetik pencegah penuaan yang menggunakan ekstrak asam Jawa.

5. Membunuh Bakteri

Ada suatu kandungan di dalam asam Jawa yang lebih dikenal dengan nama antimikroba. Penelitian sudah dilakukan pada asam Jawa dan memang terbukti bahwa anti-mikroba dalam asam Jawa bisa membantu membunuh bakteri dan jamur di dalam tubuh. Walaupun kandungannya tidak terlalu banyak, anti-mikroba di asam Jawa sudah sering digunakan dalam pengobatan tradisional seperti malaria.

6. Mencegah Munculnya Jerawat

Karena asam Jawa memiliki antioksidan yang cukup tinggi, maka asam Jawa bisa menjaga kesehatan kulit wajah. Dengan kata lain, kerusakan pada kulit wajah akan bisa dikurangi, termasuk juga munculnya jerawat. Jadi, wajah Anda bisa tetap halus tanpa ada jerawat sama sekali.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Ada banyak sekali kandungan yang terdapat dalam asam Jawa dan beberapa diantaranya bisa membantu menurunkan risiko penyakit kronis. Beberapa diantaranya adalah vitamin, zat besi, kalsium, dan juga magnesium. Walaupun kandungannya tidak terlalu besar, tidak bisa dipungkiri bahwa manfaat asam Jawa untuk menurunkan risiko penyakit kronis. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan atau minuman dengan campuran asam Jawa secara teratur.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung dan beberapa penyakit bawaan lainnya. Salah satu zat yang berguna untuk mengontrol kolesterol dalam darah adalah polifenol dan flavonoid. Perlu diketahui, asam Jawa ternyata memiliki kedua zat ini dengan kadar yang cukup. Jadi, bisa dikatakan bahwa asam Jawa bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam menjaga kesehatan jantung.

9. Menurunkan Gula Darah

Bagi Anda yang biasa mengonsumsi gula Jawa, tentu paham betul ada sedikit rasa manis di dalam gula Jawa. Untungnya, manis tersebut adalah manis alami yang tidak akan mempengaruhi kadar gula darah Anda. Bahkan, rasa manis alami tersebut cenderung menetralkan kadar gula dalam tubuh.

10. Menjaga Fungsi Hati

Salah satu manfaat asam Jawa adalah untuk menjaga salah satu organ terpenting dalam tubuh, yaitu hati. Asam Jawa memiliki antitoksin yang bisa membantu menghilangkan racun pada hati. Konsumsi asam Jawa secara rutin untuk menjaga kinerja hati supaya bisa terus berfungsi secara maksimal.

Itulah artikel berisi penjelasan mengenai asam Jawa dan 10 manfaatnya bagi kesehatan. Pastikan untuk secara teratur mengonsumsi makanan yang mengandung asam Jawa atau membuat minuman yang terbuat dari campuran asam Jawa untuk menjaga agar tubuh selalu dalam keadaan yang sehat.

Jangan terburu-buru! Cek video yang informatif berikut ini terlebih dahulu untuk mengetahui cara dan tahapan membeli rumah lelang bank dengan benar!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Hunian Di Kota Besar Indonesia

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan