Mengenal Mediasi, Ruang Lingkup, dan Tujuannya

Tim Editorial Rumah.com
Mengenal Mediasi, Ruang Lingkup, dan Tujuannya
Rumah.com – Istilah ini seringkali digunakan dalam menjelaskan suatu proses penyelesaian suatu sengketa atau konflik di antara pihak-pihak tertentu. Dengan mediasi, suatu persoalan yang melibatkan dua atau lebih pihak dapat terselesaikan dengan jalan damai.
Dalam perspektif hukum, mediasi bisa diuraikan sebagai suatu proses yang lebih kompleks, dengan prosedur, persyaratan hingga aturan tertentu. Untuk memberi pemahaman yang menyeluruh, dalam artikel ini, akan dijelaskan topik-topik terkait mediasi, sebagai berikut:
  • Pengertian Mediasi
  • Ruang Lingkup Mediasi
  • Tujuan Mediasi
  • Ciri-Ciri Mediasi
  • Contoh Mediasi

Pengertian Mediasi

Mediasi adalah salah satu proses alternatif dalam penyelesaian sengketa. (Foto: Unsplash – Gabrielle Henderson)
Mediasi adalah salah satu proses alternatif dalam penyelesaian sengketa melalui proses perundingan atau mufakat, dengan melibatkan pihak mediator. Mediasi di dalam pengadilan diatur oleh Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No. 2 Tahun 2003 yang mewajibkan ditempuhnya proses mediasi sebelum pemeriksaan pokok perkara perdata. Dalam hal ini melibatkan mediator yang terdiri dari hakim dari pihak pengadilan.
Sedangkan mediasi di luar pengadilan biasanya ditangani oleh mediator swasta, perorangan maupun sebuah lembaga independen alternatif penyelesaian sengketa atau yang umumnya dikenal dengan Pusat Mediasi Nasional.
Ciri utama proses mediasi adalah perundingan yang esensinya sama dengan proses musyawarah atau konsensus. Prinsip penting dalam mediasi adalah keterbukaan komunikasi, di mana tidak boleh ada paksaan kepada pihak-pihak tertentu untuk menerima atau menolak suatu gagasan penyelesaian.
Mediasi biasa dilakukan untuk mendamaikan pihak yang sedang bersengketa. Hal ini juga bisa dilakukan saat Anda mengalami sengketa rumah atau tanah. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mencari hunian yang sudah jelas harga dan kepemilikannya. Cek daftar rumah di Cikampek, Karawang dibawah Rp1 miliar berikut ini untuk referensi Anda!

Ruang Lingkup Mediasi

Terdapat beberapa lingkup dalam mediasi. (Foto: Unsplash – (Mediensturmer)
Ruang lingkup mediasi dalam hal ini mencakup permasalahan atau sengketa, para pihak yang bersengketa, serta melibatkan pihak ketiga yang berperan sebagai mediator.
Mediator tugasnya menjembatani komunikasi, namun tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan atau memaksakan suatu jalan penyelesaian. Mediator biasanya adalah hakim atau pihak lain yang memiliki sertifikat mediator dari pihak netral untuk membantu proses perundingan agar mencapai kesepakatan bersama.
Sertifikat mediator adalah dokumen yang diterbitkan oleh Mahkamah Agung atau lembaga yang telah terakreditasi, yang menyatakan bahwa seseorang atau suatu pihak tertentu memiliki kompetensi untuk menjadi mediator mediasi.
Kesepakatan bersama berarti kesepakatan di antara para pihak, dua atau lebih subjek hukum yang bersengketa dan membawa sengketa mereka ke pengadilan untuk memperoleh penyelesaian. Dalam proses mediasi yang baik, nama-nama para mediator biasanya dicantumkan dan bisa dilihat oleh semua orang, sebagai bentuk keterbukaan peran mediator dalam mediasi.
Proses mediasi baik yang di dalam pengadilan maupun di luar pengadilan, biasanya merupakan proses yang tertutup, tidak terbuka untuk umum kecuali yang bersangkutan atau pihak yang terlibat menghendaki hal lain.
Cara Mudah Mengecek Legalitas Tanah

Cara Mudah Mengecek Legalitas Tanah

Tujuan Mediasi

Mediasi bertujuan menghasilkan kesepakatan damai di antara para pihak yang bersengketa. Dengan kata lain, ini adalah proses alternatif untuk mencapai kesepakatan yang bisa diterima dengan baik oleh kedua belah pihak, yang relatif adil, tanpa ada pihak yang merasa lebih dirugikan daripada yang lainnya.
Karena itu, hasil akhir dari mediasi adalah kesepakatan yang bisa diterima oleh kedua belah pihak yang terlibat. Biasanya, hasil akhir mediasi dalam bentuk dokumen atau surat pernyataan yang memuat ketentuan penyelesaian sengketa yang ditandatangani oleh para pihak dan mediator.

Ciri-Ciri Mediasi

Mediasi memiliki ciri khusus. (Foto: Unsplash – Dylan Gillis)
Mediasi memiliki ciri khusus, karena ciri utama proses mediasi adalah perundingan yang esensinya sama dengan proses musyawarah. Dalam proses ini, segala sesuatunya haruslah memperoleh persetujuan dari para pihak yang terlibat. Setiap pihak dalam proses mediasi memiliki peran masing-masing dalam mensukseskan proses tersebut.
Mediasi di lingkup pengadilan biasanya dilakukan setelah terlebih dahulu para pihak menjalani gugatan sengketa, dan hakim membuka opsi untuk proses mediasi. Setelah itu, barulah para pihak memilih para mediator dari hakim yang bukan pemeriksa perkara pada pengadilan bersangkutan, atau dari advokat, akademisi hukum, profesional, atau gabungan dari berbagai elemen tersebut.
Dalam proses mediasi, mediator berperan mulai dari mempersiapkan usulan jadwal mediasi, mendorong keterlibatan aktif para peserta, hingga mendorong para pihak untuk menggali berbagai kemungkinan jalan keluar sengketa mereka. Setelah mediasi menghasilkan kesepakatan, kesepakatan tersebut akan dirumuskan secara tertulis, dan disetujui oleh para pihak.

Tips Rumah.com

Pastikan informasi yang didapatkan valid dan kredibel. Caranya bisa dengan mengakses informasi pertanahan di kantor pertanahan setempat atau di Kementerian ATR/BPN.

Contoh Mediasi

Ada beberapa contoh mediasi yang pernah terjadi. (Foto: Pixabay – Edar)
Bentuk pelaksanaan mediasi berlangsung di dalam pengadilan. Namun di luar itu, proses mediasi sebenarnya juga sangat dekat dengan keseharian masyarakat, yang biasanya dilakukan dalam pola yang lebih sederhana, atau mediasi dalam ranah proses politik negara.
Indonesia, misalnya, pernah berperan sebagai mediator untuk konflik antara Kamboja dan Vietnam yang terlibat perang.Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, ketika itu, Indonesia menjadi penengah konflik melalui Jakarta Informal Meeting pada tahun 1987 dan 1989 yang membuahkan hasil gencatan senjata serta diturunkannya pasukan perdamaian PBB.
Adapun dalam lingkup keseharian kehidupan bermasyarakat, Ketua RT atau RW yang berperan menengahi konflik atau pertikaian antar warga, juga termasuk praktik mediasi. Atau dalam keluarga, orang tua seringkali berperan sebagai mediator, mediasi pertikaian yang terjadi antara anak-anak mereka.
Itulah pengertian, tujuan hingga gambaran mediasi dalam berbagai tingkatan pelaksanaannya. Pada prinsipnya, merupakan proses penyelesaian pertikaian melalui jalan damai, dengan keterlibatan mediator sebagai poin penting di dalamnya.
Tonton video berikut untuk mengetahui biaya pembuatan sertifikat tanah dari AJB ke SHM!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini