Mengenal 9 Jenis Rumput untuk Rumah Idaman dan Cara Perawatannya

Jenis rumput hias sangat bervariasi sehingga kadang-kadang membuat orang bingung memilih rumput untuk taman di rumah. Kenali 9 jenis-jenis rumput dan cara perawatannya.
Rumput Foto Utama

RumahCom – Taman menjadi salah satu elemen untuk menambah estetika di sebuah hunian. Lanskap taman yang diatur dengan baik akan membuat hunian menjadi lebih segar dan asri.

Untuk menciptakan taman yang indah di rumah idaman Anda, tentu saja banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari desain lanskap sampai pemilihan jenis tanaman hias dan rumput taman. Memilih jenis rumput yang tepat sangat penting karena rumput yang segar dapat menciptakan taman yang cantik dan indah dipandang mata.

Jenis rumput hias apa yang tepat untuk taman idaman Anda? Sebelum memilih rumput untuk taman idaman, simak dahulu jenis-jenis rumput, seperti rumput teki, rumput jepang, rumput manila, rumput swiss, rumput peking, rumput babat, rumput gajah besar, rumput gajah mini, rumput gajah mini varigata, rumput gajah lokal, dan tips memasang rumput dan cara perawatannya berikut ini.

1. Rumput Teki

Rumput teki sering dianggap sebagai rumput liar, tetapi Anda bisa memanfaatkannya sebagai penghias di taman Anda. (Foto: Earth.com)

Rumput teki sering dianggap sebagai rumput liar, tetapi Anda bisa memanfaatkannya sebagai penghias di taman Anda. (Foto: Earth.com)

Rumput teki menyukai tempat yang kering, tetapi juga basah seperti di pinggiran sungai, kanal, dan persawahan. Rumput teki biasanya tumbuh tinggi hingga mencapai 140 cm. Meskipun sering dianggap sebagai rumput liar, Anda bisa memanfaatkan rumput teki sebagai penghias di taman. Daun dan batang yang panjang bisa menjadi sentuhan menarik jika dipadukan dengan rumput-rumput kecil di sekitarnya.

Jika Anda menanam rumput teki di taman rumah, usahakan untuk selalu merapikannya secara berkala agar tidak mengganggu tanaman lain. Sebab rumput ini berkembang dengan cepat dan akarnya bisa menjulur ke mana-mana.

2. Rumput Jepang

Rumput Jepang memiliki bentuk yang meruncing, kurus dan tipis sehingga akan terasa tertusuk jika diduduki. (Foto: Home Depot)

Rumput Jepang memiliki bentuk yang meruncing, kurus dan tipis sehingga akan terasa tertusuk jika diduduki. (Foto: Home Depot)

Meskipun bernama rumput Jepang, rumput ini kabarnya tidak berasal dari negeri sakura. Rumput Jepang memiliki bentuk yang meruncing, kurus, dan tipis sehingga akan terasa menusuk jika diduduki. Rumput ini tumbuh dengan rapi dan rapat. Karakter tersebut membuat rumput ini menjadi primadona di antara rumput hias.

Rumput Jepang tidak perlu terlalu sering dipangkas karena pertumbuhannya agak lambat. Namun Anda perlu rutin menyiram dan memberi pupuk agar rumput ini tidak menguning.

3. Rumput Manila

Rumput Manila biasanya dimanfaatkan untuk melapisi lapangan sepak bola. (Foto: Pexels)

Rumput Manila biasanya dimanfaatkan untuk melapisi lapangan sepak bola. (Foto: Pexels)

Rumput Manila merupakan salah satu jenis rumput berkualitas tinggi. Rumput ini berwarna hijau pekat, memiliki kekuatan dan elastisitas yang baik, dan tahan pijakan kaki. Hal ini membuatnya menjadi pilihan tepat untuk melapisi lapangan sepakbola. Namun, rumput Manila membutuhkan perawatan rutin yang cukup ekstra. Anda perlu rutin memangkasnya, memberi pupuk, dan menyiraminya secara teratur.

4. Rumput Swiss

Rumput Swiss yang memiliki tekstur halus dapat tumbuh dengan rapi di taman Anda. (Foto: Pexels)

Rumput Swiss yang memiliki tekstur halus dapat tumbuh dengan rapi di taman Anda. (Foto: Pexels)

Rumput Swiss adalah jenis rumput yang memiliki tekstur paling halus di antara jenis rumput lainnya. Rumput ini terlihat rapi, sehingga cocok sebagai penghias taman idaman Anda. Meskipun hanya ditanami rumput Swiss, memiliki taman di rumah akan memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Jangan Anggap Remeh Taman di Rumah

Tips Rumah & Apartemen

Jangan Anggap Remeh Taman di Rumah

Untuk Anda yang ingin menanam rumput Swiss di taman, Anda harus siap melakukan perawatan ekstra. Mulai dari pemangkasan rumput minimal sebulan sekali, pemberian pupuk, sampai pencahayaan minimal 80 persen. Namun, usaha yang Anda keluarkan setara dengan keindahan rumputnya. Rupa yang indah membuat harga rumput ini cukup tinggi. Jika sesuai dengan bujet, tidak ada salahnya menggunakan rumput Swiss untuk mempercantik taman Anda.

5. Rumput Peking

Rumput peking memiliki karakter yang mirip dengan rumput Jepang, tetapi tumbuhnya lebih jarang-jarang. (Foto: Aecos)

Rumput peking memiliki karakter yang mirip dengan rumput Jepang, tetapi tumbuhnya lebih jarang-jarang. (Foto: Aecos)

Karakter rumput peking mirip dengan rumput Jepang, yaitu helaian daunnya kurus, runcing, dan rapi. Namun, dibandingkan dengan rumput Jepang, rumput peking tumbuh secara jarang-jarang. Perawatan rumput peking relatif mudah dilakukan, yaitu dipangkas secara rutin dalam dua bulan sekali dan diberikan pupuk agar rumput tidak kering.

6. Rumput Babat

Rumput babat sering kali dipakai untuk melapisi lapangan golf. (Foto: Pexels)

Rumput babat sering kali dipakai untuk melapisi lapangan golf. (Foto: Pexels)

Rumput babat disebut juga dengan rumput golf karena rumput ini sering kali dipakai untuk melapisi lapangan golf. Rumput ini memiliki helaian kecil dan pendek, tetapi mampu tumbuh dengan cepat, jadi perlu dipangkas dua minggu sekali. Rumput ini membutuhkan pencahayaan matahari sebanyak 100 persen agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

7. Rumput Gajah Besar

Rumput gajah besar memiliki tekstur yang kasar dan helaian daunnya berukuran paling besar di antara varian rumput gajah lainnya. (Foto: Pexels)

Rumput gajah besar memiliki tekstur yang kasar dan helaian daunnya berukuran paling besar di antara varian rumput gajah lainnya. (Foto: Pexels)

Rumput gajah besar memiliki tekstur yang kasar dan helaian daunnya berukuran paling besar di antara varian rumput gajah yang lain. Ukurannya yang besar dan tekstur yang kasar membuat rumput ini kuat dan tahan lama. Perawatannya cukup mudah, yaitu hanya perlu disiram sesekali dan harganya pun terjangkau.

Tip Rumah
Rumput gajah besar cocok ditanam di taman dan ditempatkan di area yang sering dilalui orang.

8. Rumput Gajah Mini

Foto gajah mini dari pexels.com

Foto gajah mini dari pexels.com

Varian rumput gajah selanjutnya adalah rumput gajah mini. Sesuai dengan namanya, jenis rumput ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari rumpuh gajah besar. Rumput ini  tumbuh tidak terlalu cepat dengan pola pertumbuhan merayap ke samping. Keunggulan rumput gajah mini antara lain adalah dapat tumbuh dengan pencahayaan matahari 50%, hanya memerlukan sedikit pupuk, dan tahan terhadap injakan kaki manusia. Keunggulan tersebut membuat rumput gajah mini cocok untuk taman dan tempat bermain anak-anak.

9. Rumput Gajah Mini Varigata

Foto Varigata dari bowerandbranch.com

Foto Varigata dari bowerandbranch.com

Rumput gajah mini varigata dianggap sebagai varian yang paling cantik dan unik di antara jenis rumput gajah lainnya. Tekstur dan bentuknya mirip dengan rumput gajah mini, tetapi terdapat garis-garis putih pada helaian daunnya. Garis-garis putih tersebut membuat tampilannya lebih unik.

Tips Memasang Rumput

Setelah mengetahui jenis-jenis rumput taman, Anda akan lebih mudah dalam merancang taman idaman di rumah. Berikut ini kami sajikan tips memasang rumput di taman.

1. Tentukan jenis rumput yang sesuai untuk taman Anda

Rumput yang Anda pilih harus sesuai dengan kondisi cuaca, lingkungan, serta konsep lanskap taman di rumah.

2. Persiapkan lahan melalui proses penggemburan

Dilansir dari Country Living, jika ditanam di tanah kosong, benih rumput akan tumbuh lebih lambat. Jadi lahan perlu dipersiapkan dahulu melalui proses penggemburan, yang akan membuat tanah menjadi lembap dan mengandung unsur hara yang diperlukan oleh tanaman dan rumput. Cara mudah untuk menggemburkan tanah adalah dengan mencangkul tanah sedalam 5–10 cm. Basahi sedikit dengan air, lalu campurkan tanah dengan pupuk.

3. Petakan tanah sebelum menyemai bibit rumput

Setelah tanah menjadi gembur dan basah, langkah selanjutnya adalah memetakan tanah sebelum menyemai bibit rumput. Bagilah tanah menjadi beberapa bagian atau petak. Selanjutnya Anda bisa menyemai bibit rumput di setiap petak sesuai pola yang Anda inginkan.

4. Siram benih rumput agar tanah tetap lembap

Setelah itu, lakukan penyiraman secara rutin, misalnya dengan frekuensi penyiraman 2 kali sehari. Menurut The Garden Conselor, penting untuk menjaga kondisi tanah tetap lembap sampai semua benih mulai tumbuh.

5. Lakukan perawatan pada rumput

Perawatan penting dilakukan untuk menjaga tampilan taman Anda tetap rapi dan indah. Jika sudah mulai meninggi dan tampak berantakan, pangkaslah rumput agar taman kembali terlihat cantik. Anda juga perlu mencabuti gulma dan tanaman liar di sekitarnya.

Perhatikan tahapan membeli rumah lelang bank di video berikut ini, agar merasa aman dan tenang.

 

Ternyata ada banyak jenis rumput untuk taman idaman di rumah Anda dan cara menanamnya juga mudah. Selain rumput, kenali juga jenis-jenis tanaman hias yang tepat untuk menghuni taman Anda. Simak ulasannya di sini.

Untuk Anda yang menginginkan rumah baru yang dilengkapi dengan taman, Anda bisa menemukan berbagai hunian terbaik di sini.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Cari Agen

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Rekomendasi Populer WIlayah Bogor

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan