Mengenal Jenis Kayu untuk Rumah dan Harga Terbaru

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Di antara sekian banyak material yang digunakan dalam membangun rumah, bisa dibilang kayu merupakan salah satu material yang wajib ada. Material dari alam ini hampir pasti digunakan di setiap bangunan. Baik digunakan pada rumah, kantor, kafe, restoran, sekolah, dan lain-lain.
Material kayu memang sudah sejak ribuan tahun dipakai sebagai bahan bangunan, dan masih menjadi material utama dalam konstruksi rumah dan bangunan sampai saat ini. Agar Anda tak salah pilih, mari kenali fungsi kayu untuk rumah, jenis-jenis kayu, seperti kayu jati, kayu gaharu, kayu ulin, serta manfaat dan harga kayu terkini. Mari kita mulai.
  1. Fungsi Kayu untuk Rumah

    Kayu dalam rumah memiliki beragam fungsi yang tidak mengejutkan. Namun hasil olahan dari material ini selalu dapat membuat Anda berdecak kagum, karena kayu memiliki serat-serat alami yang memukau. Berikut fungsinya:
    1. Kayu sebagai Bahan Perabotan Rumah

      Furnitur yang terbuat dari kayu bisa membuat tampilan ruangan di rumah Anda menjadi lebih menarik. (Foto: Pexels)
      Furnitur yang terbuat dari kayu bisa membuat tampilan ruangan di rumah Anda menjadi lebih menarik. (Foto: Pexels)
      Coba perhatikan rumah Anda, berapa banyak kayu sebagai bahan perabotan rumah? Pasti Anda akan menemukan berbagai macam perabotan yang berbahan kayu di rumah Anda, mulai dari meja, kursi, lemari, jendela dan sebagainya.
      Karena sifatnya yang fleksibel tersebut, kayu seringkali dimanfaatkan untuk berbagai macam penggunaan. Antara lain sebagai rangka atap, bahan fasad bangunan, bahan furniture, pelapis lantai, penyekat ruangan, dan masih banyak lainnya.
      Pada dasarnya semua jenis kayu bisa dijadikan bahan dasar untuk pembuatan perabotan. Selama kayu tersebut memiliki kekerasan yang baik. Kayu yang memiliki kekerasan yang baik akan membuat perabot awet, tahan lama, dan tidak mudah dimakan rayap.
      Perabotan rumah dari kayu solid biasanya lebih banyak diminati karena terbukti lebih awet daripada perabotan yang dibuat dari kayu olahan. Furnitur yang terbuat dari kayu bisa membuat tampilan ruangan di rumah Anda menjadi lebih menarik.
    2. Kayu sebagai Bahan Bangunan Rumah

      Hampir semua elemen bangunan bisa memanfaatkan bahan baku kayu. Mulai dari rangka, kuda-kuda, atap, lantai, tiang penyangga, juga dinding. (Foto: Pexels)
      Hampir semua elemen bangunan bisa memanfaatkan bahan baku kayu. Mulai dari rangka, kuda-kuda, atap, lantai, tiang penyangga, juga dinding. (Foto: Pexels)
      Selain dimanfaatkan sebagai bahan perabotan rumah, kayu sebagai bahan bangunan rumah. Jauh sebelum pemanfaatan material bangunan lain, misalnya batu bata, semen, besi dan lain-lain. Jika diperhatikan, hampir semua daerah di Indonesia memiliki rumah adat yang menggunakan konstruksi dari kayu.
      Banyak faktor seperti kemudahan pengerjaan, bobotnya yang ringan, dan nilai estetika menjadikan kayu sebagai bahan konstruksi yang terkenal di bidang konstruksi ringan. Sebagai bahan bangunan, hampir semua elemen bangunan bisa memanfaatkan bahan baku kayu. Mulai dari rangka, kuda-kuda, atap, lantai, tiang penyangga, juga dinding.
      Dengan menggunakan kayu, maka bangunan akan mudah didesain dalam berbagai macam gaya dan model. Tidak heran jika kayu kerap diaplikasikan untuk membuat bangunan-bangunan khusus yang unik seperti rumah kayu, restoran, kafe, atau villa.
      Faktor paling utama dalam penggunaan kayu untuk bahan bangunan adalah kekuatannya dalam memikul beban serta dinilai lebih aman. Kayu pun lebih fleksibel daripada batu bata. Misalnya jika terjadi gempa bumi, rumah yang terbuat dari kayu tidak mudah retak , tidak mudah bergeser, dan akan tetap pada kondisi aslinya.
  2. Keunggulan Material Kayu

    Ada banyak alasan mengapa material ini sangat populer sebagai bahan bangunan.
    1. Kayu Bisa menghemat energi

      Kayu adalah isolator alami dan sangat efektif dalam mengisolasi dingin dan panas. Ini berarti penghematan energi jika dibandingkan dengan rumah batu, beton dan batu bata. Selain sebagai isolator termal yang baik, kayu juga merupakan penyerap kebisingan yang sangat baik, membuat rumah yang terbuat dari kayu memiliki suasana hangat, santai dan damai.
    2. Efisien secara ekonomi

      Jika dibandingkan dengan bangunan yang terbuat dari bahan seperti batu atau beton, material kayu sangat efisien secara ekonomi. Hal ini karena proses pengerjaannya cepat dan banyak tukang lokal yang mengusainya. Sehingga durasi pengerjaan pun tidak terlalu lama dan lekas selesai.
    3. Dapat didesain dengan beragam bentuk

      Kayu merupakan material dari alam yang mudah dibentuk sehingga memudahkan untuk melakukan perubahan dan modifikasi pada bangunan. Sebagai bahan membuat perabot, material ini juga mudah dibentuk menjadi berbagai macam gaya dan desain sesuai kebutuhan. Material ini juga bisa di-finishing dengan beragam pilihan antara lain kayu bisa dipotong, diukir, dilem, ditumpuk, dan sebagainya.
      Bingung merawat furnitur kayu? Simak 5 Langkah Merawat Furniture Kayu Jati!
  3. Jenis-Jenis Kayu

    Salah memilih jenis kayu, bisa membuat fungsi kayu meleset dari harapan Anda. Berikut jenis-jenis kayu yang harus Anda kenali:
    1. Kayu jati

      Kayu jati mudah mudah dibentuk menjadi ukir-ukiran sehingga cocok dimanfaatkan untuk perabotan dengan kesan mewah dan elegan. (Foto: Pexels)
      Kayu jati mudah mudah dibentuk menjadi ukir-ukiran sehingga cocok dimanfaatkan untuk perabotan dengan kesan mewah dan elegan. (Foto: Pexels)
      Dari sekian banyak jenis kayu yang bisa dipilih, kayu jati merupakan juaranya dan menjadi primadona dalam dunia furnitur dibandingkan kayu gaharu dan kayu ulin.
      Pasalnya, kayu jati memiliki ketahanan yang kokoh, kuat, tahan lama, anti benturan, tidak muda lapuk dan awet. Meskipun keras dan kuat, kayu jati sangat mudah dipotong dan diolah. Karena itulah kayu jati mudah dibentuk menjadi ukir-ukiran.
      Warna kayu jati sangat memikat yang menjadi gelap dan mengkilap seiring bertambah umurnya. Dengan tekstur alami yang dekoratif tersebut, kayu jati mampu memberikan kesan elegan pada perabotan Anda.
      Kehalusan tekstur dan keindahan warna kayunya membuat jati digolongkan sebagai kayu mewah. Tidak salah jika jenis kayu ini banyak diolah menjadi perabotan rumah, anak tangga, pelapis lantai, dinding, juga sebagai bahan konstruksi bangunan.
    2. Kayu Gaharu

      Harga kayu gaharu sangat tinggi katena persediaan di alam terbatas sementara permintaan serta minat terhadap jenis ini sangat tinggi. (Foto: Wikimedia/Hafizmuar)
      Harga kayu gaharu sangat tinggi katena persediaan di alam terbatas sementara permintaan serta minat terhadap jenis ini sangat tinggi. (Foto: Wikimedia/Hafizmuar)
      Kayu gaharu adalah kayu yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Seperti dilansir dari Wikipedia, kayu gaharu yang kebanyakan tumbuh di daerah Kalimantan ini memiliki karakteristik berwarna kehitaman dan mengandung resin yang berbau harum khas.
      Resin ini sudah sejak lama dimanfaatkan dalam industri wangi-wangian dengan harga jual yang sangat tinggi. Resin inilah yang menentukan kualitas gaharu. Semakin banyak kandungan resin dalam jaringan kayunya,maka harga gaharu tersebut akan semakin mahal dan begitu pula sebaliknya.
      Meskipun memiliki ketahanan yang sangat kuat dan kokoh, namun harga kayu gaharu ini sangatlah tinggi. Hal ini karena jumlah kayu gaharu di alam sangat terbatas, sementara permintaan serta minat terhadap jenis ini sangat tinggi. Bahkan kayu gaharu disebut-sebut sebagai salah satu komoditas kayu termahal di dunia.
    3. Kayu Ulin

      Kayu ulin cocok digunakan sebagai pondasi bangunan di dalam air dan lahan basah karena tahan terhadap perubahan kelembaban. (Foto: Pexels)
      Kayu ulin cocok digunakan sebagai pondasi bangunan di dalam air dan lahan basah karena tahan terhadap perubahan kelembaban. (Foto: Pexels)
      Kayu ulin atau disebut juga dengan bulian atau kayu besi adalah jenis pohon asli Indonesia dan merupakan tanaman khas Kalimantan. Terdapat empat varietas kayu ulin berdasarkan warna batang yaitu ulin tando dengan warna batang coklat kemerahan, ulin lilin dengan batang coklat gelap, ulin tembaga dengan warna batang kekuningan, serta ulin kapur dengan warna batang coklat muda.
    4. Dari empat varietas tersebut, yang sering digunakan untuk pondasi bangunan dan lantai adalah ulin tando, lilin dan tembaga. Sedangkan ulin kapur yang memiliki karakteristik mudah dibelah cocok untuk bahan baku atap rumah.
      Kayu ulin memiliki kelebihan antara lain sangat kuat dan awet. Kayu ini juga anti rayap dan serangga, tahan terhadap perubahan kelembaban dan suhu, serta tahan terhadap air laut. Karena itulah, kayu ini cocok digunakan sebagai pondasi bangunan di dalam air dan lahan basah. Kayu ulin juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi rumah, jembatan, dan perkapalan.

      Tips Rumah.com

      Anda dapat gunakan jasa penyedia anti rayap sebelum fondasi rumah dibangun demi melindungi kayu. Biasanya mereka akan menempatkan obat pada tanah yang akan bertahan selama satu atau dua tahun. Jangan lupa, rawatlah kusen dan perabot berbahan kayu secara rutin agar terhindar dari jamur dan rayap.

  4. Daftar Harga Kayu

    Sebelum membeli bahan kayu untuk rumah Anda, ada baiknya jika Anda mengetahui jenis-jenis dengan daftar harga terbarunya terlebih dahulu. Dengan demikian Anda akan memperoleh gambaran dan perkiraan mengenai biaya yang harus Anda keluarkan nantinya. Berikut daftar harganya yang diolah dari berbagai sumber:
    • Daftar Harga Kayu Jati

      Ukuran

      Harga/

      Lembar

      Kelas

      2,5cm x 30cm x 80cm

      Rp.305.000

      1

      2,5cm x 30cm x 100cm

      Rp.385.000

      2

      2,5cm x 30cm x 125cm

      Rp.405.000

      3

      2,5cm x 30cm x 150cm

      Rp.501.000

      4

      2,5cm x 30cm x 100cm

      Rp.550.000

      5

      2,5cm x 30cm x 125cm

      Rp.755.000

      2,5cm x 30cm x 150cm

      Rp.907.000

    • Daftar Harga Kayu Gaharu

      Jenis Kayu Gaharu dan Kualitasnya

      Harga

      Kayu Gaharu Medang A Padat 1 Kg

      Rp.2.510.000

      Kayu Gaharu Medang B 1 Kg

      Rp.1.809.000

      Kayu Gaharu Medang C 1 Kg

      Rp.53.000

      Kayu Gaharu Chip Tri Hitam 1 Kg

      Rp.2.520.000

      Kayu Gaharu Chip Super Arab 1 kg

      Rp.20.060.000

    • Daftar Harga Kayu Ulin

      Ukuran Kayu Ulin

      Harga per Batang

      2 x 10 x 200 cm

      Rp.260.000

      17 x 80 x 1200 mm

      Rp.390.000

      18 x 80 x 1200 mm

      Rp.465.000

      19 x 80 x 1200 mm

      Rp.525.000

      19 x 90 x 1200 mm

      Rp.690.000

      19 x 100 x 1200 mm

      Rp.780.000

      20 x 10 x 1200 mm

      Rp.785.000

Demikian informasi seputar jenis kayu untuk rumah dan harga terbarunya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk memperkirakan anggaran pembelian kayu untuk hunian Anda.
Informasi mengenai jenis-jenis bahan bangunan beserta harganya bisa Anda dapatkan di artikel ini

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi.

Hanya rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini