Mengenal Rumah Adat Krong Bade Aceh Lengkap

Kenali dan pelajari rumah Adat Krong Bade Aceh secara lengkap melalui artikel di bawah ini.
Rumah Adat Aceh Utama

RumahCom – Salah satu negara di dunia ini yang mempunyai keanekaragaman budaya dan kultur adalah Indonesia. Tidak ada lagi negara yang memiliki pluralisme yang tinggi seperti Indonesia. Selain itu juga wilayah negara Indonesia sangat luas dan menjadikannya mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satu keragaman Indonesia yang lainnya adalah mempunyai rumah adat dengan desainnya yang sangat unik dan berbeda antara satu daerah dengan yang lainnya. 

Salah satu rumah adat di Indonesia yang unik dan mempunyai desain yang menarik adalah rumah adat Krong Bade Aceh. Tidak ada rumah adat yang mempunyai desain yang sama persis. Setiap rumah adat memiliki desain khasnya tersendiri dan membedakannya dari rumah adat yang lain. Agar Anda bisa lebih mengetahui dan mengenal rumah adat Aceh dengan lebih lengkap maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Rumah Adat Aceh atau Krong Bade Adalah
  2. Ciri-ciri Rumah Adat Aceh Krong Bade
  3. Trik Bangun Rumah 2 Lantai Bergaya Tradisional
  4. Komponen Utama Rumah Adat Aceh
    1. Seuramoe-ukeu (Serambi Depan)
    2. Seuramoe-likoot (Serambi Belakang)
    3. Rumoh-Inong (Rumah Induk)
    4. Rumoh-dapu (Dapu)
    5. Seulasa (Teras)
    6. Kroong-padee (Lumbung Padi)
    7. Keupaleh (Gerbang)
    8. Tamee (Tiang)
  5. Tahapan Membangun Rumah Adat Aceh
    1. Musyawarah
    2. Pengadaan Bahan
    3. Pengolahan Bahan
    4. Pendirian Rumah
  6. Keunikan Rumah Adat Aceh

Baca Juga: Yuk Mengenal Rumah Adat Lampung Berikut

1. Rumah Adat Aceh atau Krong Bade Adalah

Aceh adalah daerah paling barat di Indonesia. (Foto: Tribun Aceh)

Aceh adalah daerah paling barat di Indonesia. (Foto: Tribun Aceh)

Indonesia sudah mempunyai rumah adat sejak waktu yang sangat lama. Dikutip dari Wikipedia, rumah adat atau rumah tradisional adalah sebuah rumah yang dalam proses pembangunannya mempunyai cara yang sama dan tidak pernah berubah atau hanya mengalami penyesuaian sedikit dari generasi awal dan seterusnya. Rumah adat erat kaitannya dengan dengan masing-masing grup etnis di Indonesia.

Setiap rumah adat dibangun dengan memperhatikan fungsi sosial dan kegunaannya. Tidak ada rumah adat atau rumah tradisional yang dibuat tanpa memiliki fungsi sama sekali. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan bisa melihat cara hidup dan ekonomi hanya dari rumah tradisionalnya saja.

Di Aceh juga terdapat rumah adatnya tersendiri yang bernama Rumah Krong Bade. Selain itu, rumah adat ini juga mempunyai panggilan lain yaitu rumoh Aceh. Namun, sungguh disayangkan bahwa saat ini Rumah Krong Bade sudah hampir punah dan mulai sulit untuk ditemui. Salah satu penyebab Rumah Krong Bade mulai ditinggali adalah karena biaya pembuatan rumah modern jauh lebih murah dan mudah daripada Rumah Krong Bade. Selain itu juga karena terdampak perkembangan zaman membuat penduduk secara perlahan mulai menyesuaikan gaya hidup dan memperbarui tempat tinggalnya.

2. Ciri-ciri Rumah Adat Aceh Krong Bade

Rumah adat setiap daerah mempunyai ciri-ciri yang berbeda. (Foto: travel.tempo.co)

Setiap rumah adat yang ada di Indonesia mempunyai desainnya yang berbeda-beda. Rumah Krong Bade sendiri mempunyai beberapa ciri khas yang membedakannya dengan rumah adat lain. Rumah Krong Bade mempunyai sebuah tangga pada bagian depan rumah untuk orang-orang yang akan masuk ke dalam rumah. Tangga yang ada juga umumnya mempunyai jumlah ganjil sesuai dengan kepercayaan mereka. Rumah Krong Bade membutuhkan tangga karena tinggi rumahnya yang naik beberapa meter dari tanah.

Rumah Krong Bade naik dari tanah karena untuk mengurangi panas dari dalam rumah dengan membiarkan udara melewati bagian kolong dari rumah. Selain itu juga rumah dibuat tinggi dengan maksud untuk mengurangi kelembapan di dalam rumah dan memperlambat pembusukan dari makanan yang ada di dalam rumah. Selain itu di dalam Rumah Adat Krong Bade juga terdapat ukiran pada dinding rumahnya. Banyaknya ukiran yang ada di dalam rumah menyesuaikan dengan tingkat ekonomi dari pemilik rumah tersebut.

3. Trik Bangun Rumah 2 Lantai Bergaya Tradisional

Saat ini rumah bergaya tradisional sudah mulai kembali diminati. (Foto: Arte Living)

Saat ini rumah bergaya tradisional sudah mulai kembali diminati. (Foto: Arte Living)

Mempunyai dan membangun rumah sendiri adalah sebuah hal yang sangat menarik. Anda bisa dengan leluasa menentukan desain dan rancangan dari tempat tinggal Anda. Membangun rumah adalah sebuah proses yang tidak bisa diputar kembali oleh karena itulah Anda harus benar-benar yakin untuk menentukan desain dari rumah yang akan Anda bangun.

Salah satu desain yang sedang populer saat ini adalah rumah bergaya tradisional. Rumah ini mempunyai desain yang jauh lebih klasik dan terlihat sangat mencolok diantara rumah-rumah minimalis yang ada. Apakah Anda ingin membangun rumah 2 lantai bergaya rumah adat Aceh? Cek pilihan rumah bertingkat 2 di Indonesia berikut ini.

4. Komponen Utama Rumah Adat Aceh

Setiap bagian rumah adat mempunyai komponennya yang berbeda-beda. (Foto: Wikipedia)

Setiap bagian rumah adat mempunyai komponennya yang berbeda-beda. (Foto: Wikipedia)

Rumah Adat Krong Bade selain berfungsi sebagai identitas budaya juga mempunyai fungsi praktis sebagai rumah tinggal masyarakat Aceh. Rumah adat ini mempunyai ruangan dengan fungsinya masing-masing yang berbeda. Dilansir dari Merah Putih, di bawah ini adalah beberapa komponen utama dari rumah adat Aceh:

a. Seuramoe-ukeu (Serambi Depan)

Komponen rumah adat Krong Bade yang pertama adalah Seuramoe-ukeu. Ruangan ini disebut juga sebagai serambi depan yang berfungsi sebagai ruang untuk bersantai dan beristirahat bagi seluruh anggota keluarga. Serambi depan juga bisa dipakai sebagai tempat untuk menerima tamu.

b. Seuramoe-likoot (Serambi Belakang)

Komponen rumah adat Krong Bade yang berikutnya adalah Seuramoe-likoot atau Serambi Belakang. Ruang serambi belakang mempunyai fungsi untuk menjadi sebuah dapur, tempat makan dan tempat untuk keluarga dalam berkumpul bersama.

c. Rumoh-Inong (Rumah Induk)

Komponen paling utama dari rumah adat Krong Bade adalah Rumoh-Inong atau Rumah Induk. Ruangan ini merupakan sebuah ruang inti dari rumah adat tersebut. Rumoh-Inong biasanya ditandai dengan lantai yang lebih tinggi dari serambi depan karena sifatnya yang lebih pribadi.

d. Rumoh-dapu (Dapur)

Apabila seseorang mempunyai tingkat ekonomi yang lebih tinggi maka biasanya di dalam rumahnya mempunyai bagian Rumoh-dapu tersendiri yang terpisah dari ruangan lain. Dapur yang terpisah dari ruang utama juga merupakan salah satu cara untuk membedakan fungsi dengan ruangan yang lainnya.

Anda tidak perlu pusing! Simak video menarik berikut untuk mengetahui tahapan dalam menyelesaikan sengketa tanah Anda.

 

e. Seulasa (Teras)

Berbeda dengan serambi depan, Seulasa atau teras memiliki fungsi untuk menerima tamu di depan rumah tanpa harus masuk ke dalam. Teras bisa juga menjadi tempat untuk berkumpul di depan rumah sekaligus menikmati suasana bersama keluarga.

f. Kroong-padee (Lumbung Padi)

Untuk rumah yang berukuran lebih besar umumnya mempunyai sebuah Kroong-padee atau lumbung padi tersendiri. Sesuai dengan namanya, tempat ini digunakan untuk menyimpan suplai padi untuk dijual atau dimasak sendiri bersama keluarga. Selain itu ruangan ini juga biasanya dipakai untuk menyimpan alat penumbuk padi.

g. Keupaleh (Gerbang)

Rumah adat Krong Bade yang berukuran besar umumnya mempunyai sebuah Keupaleh atau gerbang. Gerbang ini juga berfungsi sebagai pembatas dari rumah menuju jalan utama.

h. Tamee (Tiang)

Pada rumah adat Krong Bade terdapat sebuah kayu perama yang ditancapkan pada tanah merupakan sebuah tanda dan akan dianggap sebagai tiang utama dari rumah adat tersebut. Tiang yang ada pada rumah adat mempunyai bahan utama dari kayu.

Tip Rumah
Sebelum memasuki rumah adat Aceh Krong Bade Anda harus mencuci kaki terlebih dahulu dengan menggunakan gentong air yang sudah disediakan di depan rumah.

5. Tahapan Membangun Rumah Adat Aceh

Membangun rumah adat tidak boleh dilakukan secara sembarangan. (Foto: foto.bisnis.com)

Sama seperti rumah adat yang lainnya, proses dan tahapan untuk membangun sebuah rumah adat Aceh tidak boleh dilakukan secara sembarangan begitu saja. Ada beberapa proses yang dilalui secara bertahap agar pembangunannya bisa dilakukan. Di bawah ini adalah beberapa tahapan untuk membangun rumah adat Aceh Krong Bade yang dikutip dari Roma Decade:

a. Musyawarah

Tahapan paling utama yang wajib dilakukan sebelum adanya pembuatan rumah adalah untuk melakukan musyawarah keluarga. Setelah hasilnya sudah ditentukan dan mencapai kata mufakat maka seluruh hasil dari perencanaan harus disampaikan kepada Teungku atau Ulama pada kampung tersebut. Setiap masyarakat perlu melaporkannya kepada Teungku untuk mendapatkan berbagai saran berharga untuk membuat rumahnya bisa menjadi lebih nyman dan tentram.

b. Pengadaan Bahan        

Setelah musyawarah selesai dilakukan maka tahapan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mengadakan bahan-bahan pembangunan rumah. Beberapa bahan yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah adalah seperti kayu, bambu, daun rumbia dan beberapa ilalang untuk dijadikan pengikat.

Proses pengadaan bahan akan dilakukan secara gotong-royong oleh masyarakat setempat. Pemilihan kayu dilakukan secara teliti dan hanya menggunakan kayu yang tidak dililit oleh akar dan tidak akan menyebabkan kayu lain menjadi berjatuhan apabila dipotong.

Tips Beli Rumah Dekat Stasiun Kereta

Membeli Rumah, Ruko dan Properti Lainnya

Tips Beli Rumah Dekat Stasiun Kereta

c. Pengolahan Bahan

Setelah seluruh bahan lengkap terkumpul maka proses yang selanjutnya adalah melakukan pengolahan bahan. Seluruh kayu akan dikumpulkan pada sebuah tempat yang teduh dan tidak terkena air hujan. Kayu-kayu tersebut akan direndam terlebih dahulu untuk menghindari agar tidak busuk dan dimakan oleh serangga. Setelah itu, barulah kayu akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan rumah.

d. Pendirian Rumah

Setelah seluruh bahan selesai diolah maka barulah proses pendirian rumah dimulai. Tahap awal dalam pembangunan rumah adat Aceh adalah dengan membuat sebuah landasan sebagai tempat untuk memancang kayu pertama. Kayu pertama tersebut akan menjadi sebuah tiang raja dan akan diikuti oleh tiang yang lainnya.

Setelah seluruh tiang telah terpasang dengan baik barulah dilanjutkan dengan pembuatan bagian tengah dari rumah yaitu meliputi dinding dan lantai rumah. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pemasangan berbagai bentuk ornamen sebagai hiasan pada rumah seperti ukiran dan lukisan.

6. Keunikan Rumah Adat Aceh

Rumah adat Aceh mempunyai keunikannya sendiri. (Foto: Yuk Sinau)

Rumah adat Aceh mempunyai keunikannya sendiri. (Foto: Yuk Sinau)

Setiap rumah adat pasti hadir dengan keunikannya sendiri. Rumah adat Aceh Krong Bade sendiri mempunyai beberapa keunikan yang membedakannya dari rumah biasa pada umumnya. Di bawah ini merupakan beberapa keunikan yang bisa Anda temukan pada rumah adat Aceh Krong Bade:

  • Rumah Krong Bade dibangun dengan menggunakan material yang berasal dari alam sekitar. Dalam pembangunannya, rumah adat ini sama sekali tidak menggunakan paku dan hanya menggunakan tali yang berasal dari serabut akar dan daun.
  • Ukiran yang ada pada rumah Krong Bade melambangkan status sosial dari keluarga tersebut. Apabila di dalam rumah semakin banyak ukirannya maka dapat dikatakan bahwa keluarga tersebut mempunyai status sosial yang lebih tinggi.
  • Pintu pada rumah adat Aceh mempunyai ukuran yang lebih kecil dari tinggi manusia pada umumnya. Hal ini sengaja dibuat untuk memberi salam hormat kepada pemilik rumah dengan harus membungkuk terlebih dahulu sebelum memasuki rumah tanpa membedakan kasta dari tamu yang akan masuk ke dalam rumah.

Itulah penjelasan mengenai rumah adat Aceh Krong Bade beserta seluruh keunikannya yang ada di dalamnya. Semoga Anda juga bisa ikut melestarikan rumah-rumah adat yang ada di Indonesia dan menjaganya agar tidak punah dari negara kita.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Inilah 4 Perumahan Baru Di Depok

Masukan