Cara Menjemur Pakaian dan Kesalahan yang Sering Terjadi

Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara menjemur pakaian yang benar dan mengenali kesalahan yang sering terjadi!
Cara Menjemur Pakaian dan Kesalahan yang Sering Terjadi
Menjemur pakaian yang benar bisa menghilangkan bau apek pada pakaian. (Foto: Pexels - Olga Lioncat)

RumahCom - Menjemur pakaian adalah salah satu proses yang sering dianggap sepele. Dalam kenyataannya, menjemur pakaian dengan benar bisa membuat pakaian Anda menjadi awet dan tidak memiliki aroma yang menyengat. Proses menjemur pakaian juga tidak boleh dilakukan saat malam hari untuk menghindari pakaian menjadi tidak kering. Supaya Anda bisa mengetahui cara menjemur pakaian yang benar dan menghindari kesalahan yang sering terjadi saat melakukannya, artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Cara Menjemur Pakaian yang Benar Agar Cepat Kering di Rumah
    1. Peraslah Kelebihan Air pada Pakaian
    2. Gunakan Handuk untuk Membantu Proses Pengeringan
    3. Mengeringkan Pakaian dengan Hair Dryer
    4. Manfaatkan Alat Salad Spinner atau Pemutar Salad
    5. Gantung Pakaian untuk Mengeringkannya Dengan Cepat
    6. Gunakan Kipas Angin untuk Mempercepat Pengeringan
    7. Keringkan Pakaian Secara Sempurna dengan Setrikaan
    8. Gunakan Mesin Pengering
  2. Kesalahan Saat Menjemur Pakaian
  3. Berapa Lama Jemur Pakaian Sampai Kering?
Informasi Lengkap Beli Properti WNI yang Tinggal di Luar Negeri

Membeli Rumah, Ruko dan Properti Lainnya

Informasi Lengkap Beli Properti WNI yang Tinggal di Luar Negeri

1. Cara Menjemur Pakaian yang Benar Agar Cepat Kering di Rumah

Menjemur perlu dilakukan saat siang hari dan dalam kondisi yang cerah. (Foto: Pixabay - Jill Wellington)

Menjemur perlu dilakukan saat siang hari dan dalam kondisi yang cerah. (Foto: Pixabay - Jill Wellington)

Banyak sekali yang menganggap bahwa menjemur pakaian adalah sebuah proses yang remeh dan bisa dilakukan kapan saja. Jika menjemur pakaian dilakukan dengan benar, pakaian Anda bisa menjadi kering dengan cepat dan tidak akan mengeluarkan bau apek yang mengganggu. Dilansir dari Backpacking Mastery, terdapat beberapa cara untuk membuat pakaian bisa mengering dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa cara menjemur pakaian yang benar yang bisa dicoba dan menjadi referensi bagi Anda:

1. Peraslah Kelebihan Air pada Pakaian

Agar pakaian Anda lebih cepat kering, Anda harus terlebih dahulu memeras kelebihan air pada pakaian segera setelah dicuci. Baik Anda mencuci dengan tangan atau menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian, memeras kelebihan air dari pakaian yang dicuci akan membuatnya lebih cepat kering daripada jika Anda menggantungnya di tali atau menempatkannya di pengering hingga kering.

2. Gunakan Handuk untuk Membantu Proses Pengeringan

Dilansir dari WikiHow, handuk besar yang tebal dan lembut dapat membantu proses pengeringan pakaian Anda karena kemampuan handuk menyerap air. Air pada pakaian akan berpindah ke handuk dan membuat pakaian Anda bisa mengering dengan lebih cepat. Berikut adalah langkah untuk mempercepat mengeringkan pakaian dengan menggunakan handuk:

  • Bentangkan handuk di area yang kering.
  • Letakkan pakaian basah Anda di atas handuk tersebut.
  • Gulung handuk yang telah diisi pakaian basah tersebut di dalamnya.
  • Mulailah memilin dan memutar gulungan handuk dan pakaian tersebut dari ujung ke ujung lainnya.

3. Mengeringkan Pakaian dengan Hair Dryer

Apabila kondisi cuaca sedang tidak bersahabat untuk menjemur pakaian, Anda bisa memanfaatkan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan pakaian. Berikut ini adalah proses menjemur dan mengeringkan pakaian dengan menggunakan hair dryer:

  • Gantung pakaian Anda dengan posisi yang tidak terlalu rapat.
  • Nyalakan alat hair dryer lalu hembuskanlah angin panas dengan jarak sekitar 30cm pada pakaian yang sedang Anda jemur.
  • Hindari memanaskan pakaian terlalu lama dan pindahlah ke pakaian yang lain saat pakaian sudah mulai memanas.

4. Manfaatkan Alat Salad Spinner atau Pemutar Salad

Menggunakan alat pemutar salad untuk menjemur dan mengeringkan pakaian mungkin bukanlah sebuah metode yang lumrah dilakukan. Memanfaatkan alat salad spinner bisa membantu proses pengeringan pakaian Anda yang hendak dijemur. Berikut adalah cara memanfaatkan alat salad spinner untuk membantu mengeringkan pakaian sebelum dijemur:

  • Masukkan pakaian ke dalam salad spinner, pastikan untuk tidak mengisinya terlalu penuh.
  • Hidupkan alat dan biarkan supaya alat untuk berputar selama beberapa waktu. Sistem memutar yang dimiliki oleh alat salad spinner bisa mengurangi kadar air di dalam pakaian.
  • Matikanlah alat, lalu jemur pakaian Anda yang sudah mulai mengering hingga bisa mengering secara sempurna.

5. Gantung Pakaian di Luar Rumah

Menggantung pakaian di luar rumah adalah salah satu metode menjemur pakaian yang paling mudah untuk dilakukan. Pakaian yang dijemur di luar rumah akan terkena angin dan sinar matahari secara langsung. Manfaatkan jepitan pakaian supaya pakaian yang sedang Anda jemur tidak terbang dan hilang dibawa oleh angin.

6. Gunakan Kipas Angin untuk Mempercepat Pengeringan

Apabila cuaca sedang mendung atau hujan, Anda bisa mencoba untuk menjemur pakaian di dalam rumah dan memanfaatkan bantuan kipas angin untuk mempercepat pengeringan. Seperti yang dilansir dari Temperature Master, kipas angin bisa mengeringkan pakaian dengan proses evaporasi. Ikuti langkah seperti berikut ini untuk melakukannya:

  • Gantungkan pakaian Anda di depan kipas angin. Usahakan beri jarak agar tidak mengganggu kinerja kipas angin dan tidak menghalangi angin yang dihasilkan oleh kipas.
  • Nyalakan kipas angin dengan pengaturan yang paling kencang.
  • Tunggu hingga pakaian yang Anda jemur menjadi kering.
  • Matikan kipas angin dan turunkan pakaian Anda dari gantungan.

7. Keringkan Pakaian Secara Sempurna dengan Setrikaan

Dengan menyetrika pakaian yang sudah setengah kering, pakaian Anda akan menjadi cepat kering. Selain itu, pakaian Anda pun terhindar dari kusut. Pastikan menempatkan pakaian yang setengah kering di tempat yang dilapisi oleh handuk atau kain tebal sebelum menyetrikanya.

Akan ada asap yang keluar dari setrikaan, tapi itu bukan suatu hal yang membahayakan. Namun, karena setrika menggunakan listrik, dan pakaian yang basah bisa saja menghantarkan sengatan listrik, maka Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya.

8. Gunakan Mesin Pengering

Cara yang paling cepat untuk mengeringkan pakaian basah sebelum menjemurnya adalah dengan menggunakan mesin pengering. Pada beberapa jenis mesin cuci ada yang sudah dilengkapi oleh mesin pengering. Manfaatkan fitur pengeringan yang dimiliki oleh mesin cuci supaya pakaian Anda tidak terlalu basah dan bisa cepat mengering saat Anda menjemurnya.

2. Kesalahan Saat Menjemur Pakaian

Bau apek bisa muncul apabila pakaian tidak kering sepenuhnya saat dijemur. (Foto: Pixabay - PDPics)

Bau apek bisa muncul apabila pakaian tidak kering sepenuhnya saat dijemur. (Foto: Pixabay - PDPics)

Meskipun tampak mudah, ternyata tidak menghindarkan kemungkinan kita melakukan beberapa kesalahan saat menjemur pakaian. Berikut ini beberapa kesalahan saat menjemur pakaian:

  • Tidak mengeringkan pakaian yang basah dan tidak menjemurnya dengan segera dapat membuat pakaian Anda menjadi apek. Selain itu, pakaian Anda akan kusut yang menyusahkan Anda ketika menyetrikanya. Maka dari itu, segera jemur pakaian Anda sesaat setelah dicuci.
  • Menjemur di bawah matahari memang dapat membuat pakaian Anda cepat kering. Akan tetapi, untuk pakaian berwarna terang, hal ini akan mempengaruhi warna pakaian Anda. Panas matahari yang terlalu terik bisa membuat warna pakaian menjadi cepat pudar. Contohnya pakaian yang terbuat dari kain batik celup, sebaiknya cukup diangin-anginkan saja dan dijemur di tempat yang teduh agar warnanya tetap awet.
  • Membalikkan pakaian dapat melindungi warna pakaian Anda, terutama jika pakaian Anda memiliki cetakan sablon. Selain itu, dengan membalikkan pakaian Anda, akan menghindari pakaian Anda dari noda yang mungkin didapat saat penjemuran, sehingga tidak langsung tampak pada pakaian Anda bagian luar. Jadi, selalu ingat untuk membalikkan pakaian Anda sebelum menjemur.
  • Mengibaskan pakaian dapat membantu kadar air terlepas dari pakaian. Selain itu, dengan mengibaskannya, mampu memperbaiki struktur pakaian yang pada awalnya kusut karena perasan, menjadi tidak kusut lagi. Maka dari itu, ingat kibaskan pakaian Anda terlebih dahulu sebelum menjemur agar terhindar dari kusut.
Tip Rumah
Anda bisa menyemprotkan pewangi pakaian saat pakaian sedang dijemur supaya pakaian menjadi wangi dan terhindar dari bau apek.

3. Berapa Lama Jemur Pakaian Sampai Kering?

Matahari mampu untuk mengeringkan pakaian Anda dalam waktu yang lebih cepat. (Foto: Pixabay - Rudy and Peter Skitterians)

Matahari mampu untuk mengeringkan pakaian Anda dalam waktu yang lebih cepat. (Foto: Pixabay - Rudy and Peter Skitterians)

Tidak ada waktu yang baku mengenai berapa lama pakaian bisa kering. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi cepat atau tidaknya pakaian kering, yakni : sumber panas (contohnya matahari), angin, ketebalan pakaian yang basah, dan jarak antar pakaian saat sedang menjemur. Berikut ini adalah estimasi atau perkiraan waktu lama menjemur pakaian yang bisa menjadi acuan bagi Anda:

  • Apabila baju yang sudah selesai dicuci langsung Anda masukkan ke dalam mesin pengering terlebih dahulu sebelum dijemur, maka baju akan mengering dalam waktu 30 sampai 1 jam saja.
  • Menjemur pakaian secara langsung di bawah terik matahari dan kondisi angin yang sejuk membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam hingga pakaian sepenuhnya mengering.
  • Menjemur pakaian di luar rumah dalam kondisi berawan tanpa adanya matahari membutuhkan waktu sedikitnya 6 jam sampai pakaian bisa mengering sempurna.
  • Apabila Anda hanya menjemur pakaian di dalam ruangan tanpa menggunakan alat bantu seperti kipas angin, maka pakaian baru bisa mengering setelah Anda menjemurnya seharian penuh.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menjemur pakaian dan beberapa kesalahan yang sering terjadi saat melakukan penjemuran. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda, supaya dapat menjemur pakaian dengan benar dan baju bisa mengering secara sempurna.

Tidak perlu bingung! Kenali apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari sertifikat HGB melalui video yang menarik berikut ini!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan