Mixed Use Building Adalah Bangunan Multifungsi Terpadu, Cek Jenis, Ciri, dan Keunggulannya

Tim Editorial Rumah.com
Mixed Use Building Adalah Bangunan Multifungsi Terpadu, Cek Jenis, Ciri, dan Keunggulannya
RumahCom – Mixed use building adalah sebuah gedung yang digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti tempat tinggal, kantor, dan tempat usaha. Gedung ini menggabungkan berbagai fungsi yang berbeda menjadi satu kesatuan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi ruang dan mengurangi biaya pembangunan.
Siapa sangka, fungsi mixed use building adalah dapat meningkatkan nilai ekonomi dari suatu area. Gedung yang digunakan untuk berbagai macam keperluan akan menarik berbagai jenis pengunjung dan akan meningkatkan nilai ekonomi dari area tersebut.
  • Mixed Use Building Adalah
  • Jenis-jenis Mixed Use Building
  • Ciri-ciri Mixed Use Building
  • Keunggulan Mixed Use Building
  • Mixed Use Building di Indonesia

Mixed Use Building Adalah

Pembangunan apartemen dalam konsep mixed-use di lokasi strategis seperti di pusat kota diutamakan.
Proyek mixed use merujuk kepada bangunan multi-fungsi yang mampu mengakomodasi beberapa fungsi sekaligus, seperti hunian, pusat belanja, perkantoran, pendidikan, rekreasi, dan sebagainya. Penerapan bangunan jangkung dalam konsep mixed use di lokasi strategis seperti di pusat kota diutamakan. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pembangunan di lahan yang relatif kecil.
Kondisi kota yang makin padat dan lahan kosong yang makin menyusut, membuat konsep mixed use dianggap sebagai strategi pembangunan yang tepat. Di sisi lain, kemacetan yang makin parah membuat warga kota yang memerlukan efisiensi waktu menuju kantor atau pusat perbelanjaan, memilih hunian di dalam proyek mixed use.
Bentuk pengembangan mixed use dapat bervariasi, contohnya satu bangunan yang ditempati oleh toko ritel di lantai dasar dengan apartemen di lantai atas, hingga pengembangan "urban village” yang komprehensif dengan beberapa bangunan yang beda penggunaan tetapi kompatibel. Seperti menggabungkan pusat ritel, gedung perkantoran, dan klinik kesehatan, yang mana umumnya terletak sangat dekat dengan kompleks perumahan.
Akan tetapi terlepas dari bentuknya, pengembangan mixed use building adalah bagian integral dari sebagian besar komunitas. Oleh karenanya proyek mixed use menciptakan tempat khusus di mana orang dapat tinggal, bekerja, bermain, dan memenuhi kebutuhan belanja dan gaya hidup sehari-hari dalam satu area.

Jenis-jenis Mixed Use Building

Salah satu jenis mixed-use building adalah residential-commercial.
Salah satu keuntungan dari mixed-use building adalah dapat meningkatkan aktivitas di sekitar area tersebut. Gedung yang digunakan untuk berbagai macam keperluan akan menarik berbagai jenis pengunjung dan akan meningkatkan interaksi sosial di sekitar area tersebut. Beberapa jenis mixed-use building adalah:
  • Residential-commercial: Gedung yang mengkombinasikan tempat tinggal dengan ruang usaha atau perdagangan.
  • Office-residential: Gedung yang mengkombinasikan ruang kantor dengan tempat tinggal.
  • Retail-residential: Gedung yang mengkombinasikan ruang perdagangan dengan tempat tinggal.
  • Hotel-residential: Gedung yang mengkombinasikan hotel dengan tempat tinggal.
  • Institutional-residential: Gedung yang mengkombinasikan fasilitas institusional (sekolah, klinik, dll) dengan tempat tinggal.
  • Industrial-residential: Gedung yang mengkombinasikan ruang industri dengan tempat tinggal.
Selain itu, terdapat juga mixed use building yang mengkombinasikan lebih dari dua jenis fungsi. Oleh karenanya, mixed use building secara ringkas adalah adalah bangunan multifungsi, biasanya terdiri dari apartemen, hotel, kantor dan pusat perbelanjaan. Bagi Anda yang cari rumah di kawasan yang memiliki fasilitas lengkap seperti dekat pusat perbelanjaan dan perkantoran dengan harga di bawah Rp1 miliar, cek pilihan rumahnya di kawasan BSD City di sini!

Ciri-ciri Mixed Use Building

Perancangan mixed-use building bertujuan untuk menyediakan ruang yang mampu memenuhi kebutuhan manusia.
Mixed use building adalah sebuah gedung yang digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti tempat tinggal, kantor, dan tempat usaha. Gedung ini menggabungkan berbagai fungsi yang berbeda menjadi satu kesatuan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi ruang dan mengurangi biaya pembangunan.
Salah satu keuntungan dari mixed use building adalah dapat meningkatkan aktivitas di sekitar area tersebut. Gedung yang digunakan untuk berbagai macam keperluan akan menarik berbagai jenis pengunjung dan akan meningkatkan interaksi sosial di sekitar area tersebut. Selain itu, mixed use building juga dapat meningkatkan nilai ekonomi dari area tersebut.

Keunggulan Mixed Use Building

Mixed-use building dapat menjadi solusi untuk mengurangi biaya pembangunan.
Mixed use building diyakini dapat mengurangi beban pada sistem transportasi. Untuk itu, gedung yang digunakan untuk berbagai macam keperluan akan mengurangi jumlah kendaraan yang harus digunakan untuk mencapai tujuan yang berbeda.
Namun, ada beberapa kendala yang harus diatasi dalam pembangunan mixed-use building. Salah satunya adalah perbedaan kebutuhan antara berbagai fungsi yang digabungkan dalam satu gedung. Hal ini dapat menyebabkan konflik antara pengguna gedung dan menyulitkan pengelolaan gedung.
Secara keseluruhan, mixed use building dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi ruang dan mengurangi biaya pembangunan. Namun, perlu diperhatikan kendala yang mungkin muncul dalam pembangunan mixed use building.
Selain untuk memenuhi fasilitas masyarakat, dengan perancangan mixed use building mal dan apartemen juga memberikan keuntungan bagi investor properti. Hal ini dikarenakan adanya daya tarik tersendiri untuk pembeli unit di apartemen, selain itu retail retail dan departement store di mal juga akan diramaikan oleh penghuni dan pemilik unit dalam apartemen tersebut.

Tips Rumah.com

Salah satu keuntungan dari mixed use building adalah dapat meningkatkan aktivitas di sekitar area tersebut. Gedung yang digunakan untuk berbagai macam keperluan akan menarik berbagai jenis pengunjung dan akan meningkatkan interaksi sosial di sekitar area tersebut.

Mixed Use Building di Indonesia

Contoh proyek mixed use building adalah Plaza Indonesia.
Perkembangan wilayah akan terus bergeser atau sprawling ke kawasan-kawasan pinggirannya. Anda bisa melihat perkembangan wilayah Bodetabek yang terus berkembang seiring Jakarta yang semakin padat. Dengan pengembangan proyek infrastruktur, perkembangan sebuah wilayah juga terus bergerak kian cepat.
Berikut beberapa proyek mixed use building yang ada di Indonesia:
  • Plaza Indonesia (Jakarta Pusat)
  • Gandaria City (Jakarta Selatan)
  • Central Park (Jakarta Barat)
  • District 8 Senopati (Jakarta Selatan)
  • Ciputra World (Jakarta Selatan)
  • Benson Pakuwon (Surabaya)
  • Metro Penthouse (Bandung)
Perancangan mixed use building adalah bertujuan untuk menyediakan ruang yang mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia serta memberi kenyamanan bagi pengguna. Pasalnya, bangunan multifungsi atau mixed use building mengacu pada kombinasi beberapa fungsi yang berbeda dalam satu bangunan, misalnya fungsi apartemen dan mal, fungsi apartemen dan rental office, fungsi mall dan hotel yang dibangun dalam satu tapak.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui cara membuat sertifikat tanah lewat notaris!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini