9 Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern, dari Model Simetris Hingga Tipis

Tim Editorial Rumah.com
9 Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern, dari Model Simetris Hingga Tipis
Rumah.com – Supaya tampilan rumah tidak tampak monoton, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mempercantik model dak teras. Model dak teras rumah minimalis modern bisa membuat tampilan fasad rumah menjadi terlihat lebih menarik.
Teras rumah tidak hanya memiliki fungsi sebagai tempat bersantai keluarga, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai penambah kesan rumah dalam fasad rumah. Semisal dengan memberikan penutup atap beton atau dak, yang selain memberikan tampilan eksterior rumah yang menawan, juga bisa membuat rumah menjadi lebih teduh.
Dak teras rumah tidak boleh sembarangan dalam pembuatannya. Sebab, apabila pengerjaannya kurang baik dan tepat, dak teras rumah bisa rawan rembesan. Untuk itu, diperlukan perencanaan dan desain yang matang untuk dak teras rumah minimalis modern. Artikel ini akan membahas:
  1. Model Dak Teras Rumah Simetris
  2. Model Dak Teras Rumah Tipis
  3. Model Dak Teras Rumah Memanjang
  4. Model Dak Teras Rumah Sederhana
  5. Model Dak Teras Rumah Tanpa Tiang
  6. Model Dak Teras Rumah Natural
  7. Model Dak Teras Rumah Masa Kini
  8. Model Dak Teras Rumah Mewah
  9. Model Dak Teras Rumah Lebar

1. Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Simetris

Model dak teras rumah minimalis modern simetris. (Foto: Pexels – Graphicgum.com)
Inspirasi model dak teras rumah minimalis modern pertama adalah simetris. Model dak teras ini memberikan tampilan yang kokoh, megah, namun tetap simpel. Setiap sisi simetris dengan bentuk persegi panjang yang dipadukan dengan cat warna putih memberikan rumah terlihat lebih luas.
Selain itu, menambahkan unsur alami seperti pohon rambat dan tanaman juga dapat dilakukan karena bisa membuat nuansa dak teras rumah lebih sejuk dan hangat. Agar dak teras rumah minimalis modern terlihat sebagai fokus utama, mewarnai dinding dengan satu warna cat saja.
Model dak teras rumah minimalis modern memang banyak macamnya. Hanya pastikan untuk memilih model yang tepat sesuai dengan konsep rumahnya. Lagi cari rumah model minimalis modern? Cek pilihan rumahnya di kawasan Serpong dengan harga di bawah Rp1 M di sini!

2. Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Tipis

Model dak teras rumah minimalis modern tipis. (Foto: Avso.org)
Model dak teras rumah minimalis modern selanjutnya adalah yang memiliki ketebalan yang tipis. Model dak teras ini cocok untuk diaplikasikan pada teras yang memiliki ukuran berapa saja, baik luas maupun kecil, dan menjadi pilihan untuk mereka yang mempunyai dana terbatas.
Selain tampak kokoh, model dak teras rumah tipis juga akan membuat tampilan fasad rumah menjadi lebih modern. Pemilihan bentuk yang lebih tipis disesuaikan dengan lebar fasad bangunan, atau sisa tanah yang memungkinkan.

3. Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Memanjang

Model dak teras rumah minimalis modern yang memanjang. (Foto: Pixabay – Makin Residential)
Rumah tipe apapun akan tampil menarik dengan model dak teras rumah minimalis modern memanjang. Model dak teras ini selain membuat rumah tampak luas, juga memberikan nuansa hangat pada rumah.
Selain itu, model dak teras ini juga memiliki ventilasi udara yang cukup bagus karena mempunyai desain yang terbuka dan membuat sinar matahari bisa masuk ke area teras dan ruang tamu sehingga bisa memanfaatkan pencahayaan alami di siang hari.
Tips Mempercantik Teras Rumah

Tips Mempercantik Teras Rumah

4. Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Sederhana

Model dak teras rumah minimalis modern sederhana. (Foto: Pexels – Thgusstavo Santana)
Bagi mereka yang menyukai tampilan dak teras rumah minimalis modern yang sederhana, dapat mencoba mengaplikasikan model seperti ini. Berbeda dengan dak teras rumah lainnya, model ini cukup simpel karena tidak memiliki banyak ornamen, detail, atau desain yang patut diperhatikan.
Meskipun ukuran teras rumah sempit, dak teras sederhana ini bisa membuat rumah tampak hangat dan sejuk. Apalagi jika diberikan hiasan tanaman-tanaman hijau di teras yang mempercantik fasad tentunya.

5. Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Tanpa Tiang

Model dak teras rumah minimalis modern tanpa tiang. (Foto: Avso.org)
Model dak teras rumah minimalis modern tanpa tiang seperti ini dapat membuat tampilan fasad bangunan menjadi terkesan menarik. Penyebabnya adalah tidak adanya tiang penyangga. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir.
Dengan perhitungan dan perancangan yang matang dan tepat, model dak teras minimalis modern tanpa tiang cukup aman. Anda pun tidak perlu cemas kalau-kalau dak runtuh. Permainan tekstur dari elemen natural kayu dan batu bata, ditambah hijaunya tanaman menciptakan konsep rumah tropis yang homey.

6. Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Natural

Model dak teras rumah minimalis modern yang natural. (Foto: Avso.org)
Sesuai dengan namanya, model dak teras rumah minimalis modern natural memasukkan unsur alami pada pilarnya, seperti bebatuan alam yang dipadukan kayu agar tampilan rumah menjadi menarik dan sejuk.
Padukan dengan furnitur kayu berdesain sederhana, untuk mengimbangi bentuk fasad yang persegi dan tegas.

Tips Rumah.com

Selaraskan warna dinding teras dengan warna keseluruhan bangunan. Itu karena teras dan rumah adalah bagian yang tidak terpisahkan.

7. Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Masa Kini

Model dak teras rumah minimalis modern masa kini. (Foto: Pexels – Max Vakhtboyvych)
Untuk mereka yang menginginkan kesan modern dan kekinian dalam fasad rumahnya, bisa mencoba model dak teras rumah minimalis modern seperti ini. Menghadirkan banyak pilar yang estetik memberikan kesan rumah yang futuristik.
Tidak hanya itu saja, memadukannya dengan lantai kayu juga bisa membuat rumah tetap memiliki unsur alami yang menarik. Bayangan yang jatuh pada saat matahari berada di posisi sempurna memberikan efek dramatis dan Instagrammable.

8. Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Mewah

Model dak teras rumah minimalis modern yang mewah. (Foto: Pexels – Max Vakhtbovych)
Tampilan dak teras rumah minimalis modern yang mewah merupakan impian banyak orang. Mewah di sini tidak hanya berbicara soal tampilannya saja, namun karena desainnya yang elegan dan kekinian.
Memadukan beberapa pilar dak teras dengan dinding rumah memberikan nuansa modern pada rumah. Apalagi jika dipadukan dengan berbagai macam tekstur tertentu yang membuat rumah tampak elegan.

9. Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Lebar

Model dak teras minimalis modern lebar. (Foto: Pixabay – Rentcenter Izcalli)
Bentuk yang lebar tentunya akan membuat rumah lebih mudah diakses, belum lagi rumah akan tampak luas dan lapang. Untuk itu, model dak teras rumah minimalis modern seperti ini menjadi pilihan yang tepat.
Selain itu, model dak teras yang lebar juga bisa menjadi tempat berkumpul keluarga atau anak-anak untuk bermain. Selain area teras menjadi sejuk, dak yang lebar memberikan jarak yang aman agar tidak langsung terkena tampias saat sedang hujan.
Tonton video berikut untuk mempelajari tahapan membangun rumah tumbuh!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com
Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini