11 Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah yang Kekinian

Tim Editorial Rumah.com
11 Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah yang Kekinian
Rumah.com – Mobil merupakan kebutuhan masyarakat saat ini, apalagi semenjak pandemi guna memutus rantai penyebaran COVID-19. Meski ada pro-kontra terkait memiliki kendaraan pribadi khususnya di daerah perkotaan, tetapi hal ini tidak memungkiri kebutuhan masyarakat akan kepemilikan mobil.
Supaya mobil bisa terawat dan tahan lama, mobil perlu disimpan di dalam garasi agar tidak terjemur sinar matahari dan terkena air hujan yang bisa mempengaruhi cat mobil ataupun performa dari mobil itu sendiri.
Agar garasi mobil tidak hanya sekedar memiliki fungsi tempat penyimpanan mobil, garasi juga bisa tampil estetik yang tentunya menopang penampilan rumah. Artikel ini akan memberikan rekomendasi ide model garasi sederhana samping rumah:
  1. Model Garasi Minimalis
  2. Model Garasi Klasik
  3. Model Garasi Modern
  4. Model Garasi Kontemporer
  5. Model Garasi 2 pintu
  6. Model Garasi Atap Datar
  7. Model Garasi Sederhana
  8. Model Garasi 2 mobil
  9. Model Garasi Atap Terbuka
  10. Model Garasi Besar
  11. Model Garasi Bata

1. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah Minimalis

Model garasi mobil sederhana samping rumah minimalis. (Foto: Unsplash – Jonas Jaeken)
Ide model garasi mobil sederhana samping rumah yang pertama adalah bergaya minimalis. Garasi memiliki desain yang simpel dan tidak memiliki banyak detail mencolok dengan menggunakan pintu yang dibuka ke atas.
Atap didesain menyerupai atap rumah dengan memadukan warna-warna netral seperti hitam, coklat muda, dan putih guna memberikan kesan sleek, neat, dan clean. Agar tidak repot mengeluar-masukkan mobil, berikan ruang di depan garasi untuk parkir sementara.
Garasi memang penting untuk Anda yang memiliki mobil dan ingin menyimpannya di rumah saat sedang tidak dipakai. Jika Anda sedang mencari hunian yang memiliki garasi, rumah di kawasan Jakarta Barat bisa menjadi pilihan Anda. Cek daftar huniannya dibawah Rp2 miliar di sini!

2. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah Klasik

Model garasi mobil sederhana samping rumah klasik. (Foto: Unsplash – Kevin Wolf)
Bagi mereka yang senang rumah bergaya klasik, model garasi satu ini bisa dicoba. Memadukan dinding bata merah dan pintu kayu, desain ini membuat hunian tampil elegan, berkelas, namun tetap sederhana.
Supaya lebih estetik, garasi berada sedikit di bawah bangunan rumah sehingga pastinya tidak memakan banyak ruang sebagai tempat penyimpanan mobil ataupun kendaraan lainnya.

3. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah Modern

Model garasi mobil sederhana samping rumah modern. (Foto: Pexels – Pixabay)
Model garasi mobil ini memungkinkan penghuni untuk menyimpan lebih dari satu kendaraan di waktu bersamaan karena ukurannya yang luas. Supaya bisa memberikan kesan garasi yang modern, diperlukan perpaduan warna dan desain yang kekinian agar semakin apik.
Semisal dengan memadukan warna biru tua dengan putih dan abu-abu. Jangan lupa, sematkan bebatuan alam pada dinding supaya bangunan menjadi kelihatan modern dan hangat. Pastikan pula pencahayaan cukup agar semakin keren.

4. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah Kontemporer

Model garasi mobil sederhana samping rumah kontemporer. (Foto: Pixabay – Viktor Birkus)
Gaya kontemporer biasanya memadukan beberapa unsur sekaligus dalam satu tempat, seperti model garasi mobil sederhana samping rumah ini. Garasi memadukan unsur klasik, alami, dan modern secara bersamaan.
Garasi berada di bagian bawah rumah dan memiliki pintu kaca dengan bingkai jendela yang cukup banyak. Sementara bebatuan mengisi dinding-dinding garasi dan menjadikan tampilannya unik dan kekinian.

5. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah 2 Pintu

Model garasi mobil sederhana samping rumah 2 pintu. (Foto: Unsplash – Dillon Kydd)
Jika memiliki beberapa mobil sekaligus, terkadang tidak mudah untuk mengeluarkan salah satu mobil apabila hanya mempunyai 1 pintu garasi. Solusinya adalah model garasi mobil sederhana samping rumah 2 pintu.
Selain memberikan kemudahan saat harus memasukkan dan mengeluarkan kendaraan, 2 pintu pada garasi juga memberikan kesan hunian yang luas, lapang, dan estetik pastinya.

6. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah Atap Datar

Model garasi mobil sederhana samping rumah atap datar. (Foto: Unsplash – Jannis Lucas)
Atap datar merupakan salah satu tren yang ada saat ini. Tentunya tren tersebut bisa diaplikasikan pada garasi mobil juga. Selain memberikan kesan lapang, garasi dengan atap datar juga memberikan tampilan hunian yang lebih estetik, modern, dan kekinian.
Bukan itu saja, atap datar pada garasi juga hemat biaya karena hanya menggunakan material yang sedikit karena tidak memerlukan genting ataupun rangka kayu dalam pembuatannya. Tentunya ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki bujet terbatas.

7. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah Sederhana

Model garasi mobil sederhana samping rumah sederhana. (Foto: Unsplash – Dillon Kydd)
Bagi mereka yang tidak memiliki lahan bangunan yang cukup luas, meniru model garasi mobil sederhana samping rumah ini tidak ada salahnya. Garasi berukuran sedikit lebih kecil dari rumah dan hanya menampung satu mobil.
Meski begitu, terdapat halaman di luar garasi yang bisa dijadikan lahan parkir sementara sebelum memasukkan mobil atau tempat parkir bagi tamu yang berkunjung.

8. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah 2 Mobil

Model garasi mobil sederhana samping rumah 2 mobil. (Foto: Unsplash – Sigmund)
Apabila memiliki lebih dari 1 mobil, mendirikan bangunan sendiri sebagai garasi tidak ada salahnya. Semisal model garasi mobil ini yang merupakan bangunan utuh sendiri dan mampu menampung 2 mobil sekaligus.
Material yang digunakan mirip dengan yang digunakan pada rumah, hanya saja pada bagian depannya menggunakan pintu garasi yang dibuka ke atas. Tidak lupa, Lorong sambungan khusus di dalam garasi yang terhubung ke dalam rumah agar tidak perlu repot-repot keluar rumah jika ingin mengeluarkan atau memanaskan kendaraan.

Tips Rumah.com

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membangun garasi, seperti luas lahan, letak garasi, pintu garasi, lantai, alat pendingin ruangan, rak penyimpanan, desain, dan yang paling penting, bujet agar bisa sesuai ekspektasi.

9. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah Atap Terbuka

Model garasi mobil sederhana samping rumah atap terbuka. (Foto: Unsplash – Diego Carneiro)
Siapa sangka kalau garasi mobil harus selalu tertutup? Garasi juga bisa memiliki atap terbuka seperti model garasi ini. Garasi tidak memiliki atap, hanya memiliki pintu kayu untuk memastikan tetap terjaga keamanannya dari luar.
Meski demikian, setidaknya memiliki daerah yang bisa melindungi mobil dari sengatan matahari sehingga mobil tidak terjemur lama dan kualitas dan performanya bisa tetap terjaga.

10. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah Besar

Model garasi mobil sederhana samping rumah besar. (Foto: Unsplash – Jose Rago)
Untuk mereka yang senang mengoleksi mobil, model garasi mobil sederhana samping rumah besar ini merupakan pilihan paling tepat. Model garasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan banyak mobil sekaligus di waktu bersamaan.
Desainnya pun yang tidak perlu muluk-muluk, cukup simpel dengan menggunakan rolling door berwarna putih yang senada dengan cat rumah berwarna krem. Agar sedikit lebih estetik, memberikan detail bata pada bagian kaki tembok bisa menjadi pilihan supaya garasi mobil tidak monoton.

11. Model Garasi Mobil Sederhana Samping Rumah Bata

Model garasi mobil sederhana samping rumah bata. (Foto: Unsplash – Designecologist)
Ide model garasi mobil sederhana samping rumah selanjutnya adalah yang memiliki dinding bata. Dinding bata memberikan tampilan garasi mobil kesan rustic, vintage, dan alami. Apalagi dinding bata ekspos seperti ini juga telah banyak diminati.
Padukan warna dinding bata terracotta dengan putih supaya dapat memberikan kesan hangat. Bukan itu saja, model garasi ini juga memakan biaya yang lebih murah karena tidak memerlukan banyak material.
Itulah ide model garasi mobil sederhana samping rumah yang bisa ditiru. Selamat mencoba!
Tonton video berikut untuk mempelajari mengenai site plan saat mencari hunian!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini