12 Model Jendela Rumah Anti Gerah dan Bikin Adem

Tim Editorial Rumah.com
12 Model Jendela Rumah Anti Gerah dan Bikin Adem
Rumah.com – Ada pepatah mengatakan ‘mata adalah jendela hati’, dimana mata yang diibaratkan sebagai jendela seakan mewakili keseluruhan karakter pada pemilik jiwa tersebut. Mata teduh diibaratkan sebagai pribadi yang tenang, dan sebagainya.
Begitu pula jendela pada sebuah hunian. Rumah tanpa jendela akan terlihat kaku, tertutup, dan tidak bersahabat. Sebuah jendela juga dapat menjadi penghias fasad rumah sekaligus berfungsi menciptakan rumah yang sehat karena dapat melancarkan sirkulasi udara serta menjadi akses bagi terpaan sinar matahari.
Beragam bentuk jendela yang menghiasi sebuah rumah tentunya disesuaikan dengan konsep arsitektur dari rumah tersebut. Artikel ini akan menyuguhkan 12 model jendela rumah yang mungkin bisa sesuai dengan hunian Anda:
  1. Model Jendela Rumah Minimalis
  2. Model Jendela Rumah Kaca Besar
  3. Model Jendela Rumah Industrial
  4. Model Jendela Rumah Klasik Amerika
  5. Model Jendela Rumah Oriel
  6. Model Jendela Rumah Full Kaca
  7. Model Jendela Rumah Rustic
  8. Model Jendela Rumah Kaca Patri
  9. Model Jendela Rumah Serba Kayu
  10. Model Jendela Rumah Japandi
  11. Model Jendela Rumah Jendela Sudut
  12. Model Jendela Rumah Skylight

1. Model Jendela Rumah Minimalis

Model jendela rumah minimalis dan besar. (Foto: Everest.com)
Syarat utama rumah sehat adalah memiliki sirkulasi udara yang lancar, serta memiliki akses dimana sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Kuncinya adalah, penggunaan jendela yang besar dan mudah dibuka tutup.
Rumah minimalis zaman sekarang banyak yang mengakomodir haltersebut. Jendela dibuat besar dan sederhana, dengan kusen aluminium yang minimalis. Agar dapat memberikan efek lapang, bentuk jendela tersebut dibuat vertikal sehingga terlihat tinggi.
Model jendela rumah berukuran besar bisa bikin hunian makin adem dan nyaman. Jika Anda sedang mencari rumah yang nyaman di kawasan Bandung, cek daftarnya dibawah Rp1 miliar di sini!

2. Model Jendela Rumah Kaca Besar

Model jendela rumah kaca besar, minimalis dan estetis. (Foto: Trouva)
Jika pemandangan di luar rumah sangatlah indah, maka jangan ditutupi. Pilih jendela kaca super besar agar setiap saat Anda seperti sedang healing ke destinasi wisata yang mempesona.
Kenali berbagai jenis kaca yang biasa digunakan sebagai jendela besar tanpa teralis. Tentunya harus kuat, tahan segala cuaca, dan mudah perawatannya. Jika letak jendela di dalam kamar, maka siapkan tirai penutupnya.

3. Model Jendela Rumah Industrial

Model jendela rumah industrial menggunakan kaca yang dibingkai dengan teralis logam. (Foto: Pufikhomes.com)
Konsep rumah bergaya industrial sejatinya mengadaptasi gaya unfinished atau raw ala bangunan pabrik, yang menggunakan material khas seperti pelat baja, loga, semen acian, dan juga bata ekspos.
Namun untuk menciptakan hunian yang nyaman dan sehat, model jendela rumah industrial bisa menggunakan kaca-kaca yang dibingkai dengan teralis logam. Selain rumah terasa segar dan terang, desain minimalis inipun selaras dengan konsep bangunan.

4. Model Jendela Rumah Klasik Amerika

Model jendela rumah gaya klasik Amerika yang serba putih. (Foto: Shoonya)
Model jendela rumah dengan kusen kayu serba putih ini banyak menghiasi rumah-rumah di Amerika. Jendela panjang dengan posisi vertikal, yang menggunakan sistem single hung, yaitu satu bukaan jendela digeser ke atas.
Sangat cocok digunakan untuk rumah yang memiliki halaman dengan pepohonan hijau di sekelilingnya. Model jendela besar ini pun bisa menjadi aksen utama pada ruangan, dengan cara mewarnai dinding di sekelilingnya dengan warna yang berbeda. Tinggal tambahkan vas berisi seikat bunga liar yang manis, suasana hangat pun langsung tercipta.

5. Model Jendela Rumah Oriel

Model jendela rumah Oriel mengadaptasi gaya Victorian Abad ke-18. (Foto: Bobvila.com)
Model jendela rumah yang mengelilingi sebidang area yang menjorok keluar disebut juga jendela Oriel atau bay window. Model ini mengadaptasi gaya Victorian di Abad 18. Menggunakan kusen kayu dengan bingkai tebal, serta teralis kayu yang lebih tipis.
Untuk sudut rumah, area ini bisa difungsikan sebagai tempat bersantai atau jika arahnya tepat maka bisa menjadi area ngopi pagi sambil berjemur. Jika adanya di dalam kamar, maka buat bench yang empuk agar bisa difungsikan sebagai ruang baca yang nyaman.

6. Model Jendela Rumah Full Kaca

Model jendela rumah full kaca, cocok untuk paviliun atau villa. (Foto: Kolbe Windows and Doors)
Bukan sebagai bangunan utama, namun model jendela rumah full kaca seperti ini akan lebih aman dan nyaman bagi pemiliknya jika diaplikasikan pada paviliun atau rumah villa. Dengan pengaturan kaca yang dibagi pada bidang teralis besar dan kecil, maka susunannya akan terlihat estetis.
Beri celah bukaan pada beberapa bidang agar angin segar bisa mengalir masuk. Supaya menyatu dengan alam, pilih teralis dan bingkai jendela material kayu dalam warna yang senada dengan warna bebatuan atau bata yang digunakan sebagai paduan materialnya.

7. Model Jendela Rumah Rustic

Model jendela rumah rustic, unik dan artsy. (Foto: Pxhere)
Model jendela rumah dengan gaya rustic memberikan tampilan artsy pada fasad rumah. Dengan menggunakan jendela kayu dengan dua lapis bukaan, pada daun jendela terluar aplikasikan warna cerah dengan teknik cat pupur.
Teknik cat pupur ini dapat menyulap furnitur kayu lama yang sudah membosankan menjadi furnitur berwajah baru yang rustic. Untuk bidang dinding di sekitarnya agar serasi dengan konsep, bisa menggunakan teknik cat kamprot, yaitu memberi tekstur kasar pada permukaannya.

Tips Rumah.com

Cat pupur diawali dengan mengecat bidang kayu dengan warna cerah, kemudian menutupnya dengan lapisan cat putih atau cat dengan warna lain tipis saja. Setelah kering, amplas seluruh permukaannya hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

8. Model Jendela Rumah Kaca Patri

Model jendela rumah kaca patri atau kaca mozaik. (Foto: Instructables.com)
Model jendela rumah penuh warna ini disebut juga kaca patri atau istilah kerennya kaca mozaik. Biasa ditemukan secara eksklusif di bangunan gereja atau masjid pada zaman dahulu. Jika terkena sinar matahari, maka bias sinar yang masuk akan memancarkan pendaran warna yang indah.
Anda dapat mengaplikasikannya di rumah dan menjadikannya fokus dekorasi yang indah. Untuk memberi ‘panggung’ kepada jendela model ini, pilih dekorasi lainnya dalam satu warna saja, misalnya putih atau krem.

9. Model Jendela Rumah Serba Kayu

Model jendela rumah serba kayu, masih menjadi favorit untuk hunian tropis. (Foto: Kobyco inc.com)
Kusen kayu pada model jendela rumah kali ini banyak dipakai untuk gaya rumah tropis minimalis. Sederhana karena bentuk teralisnya persegi, tanpa ada tambahan dekorasi lainnya yang mengganggu.
Pilih warna kayu yang senada dengan furnitur di ruangan tersebut agar tercipta keselarasan pada tata interior ruangan Anda. Agar memberi kesan natural, letakkan beberapa pot tanaman di sudut-sudut ruangan.

10. Model Jendela Rumah Japandi

Model jendela rumah japandi, paduan antara gaya Jepang dan Scandinavia. (Foto: Modernize.com)
Demam gaya Japandi, atau paduan antara Japan dan Scandinavia, sedang merebak. Unsur-unsur minimalis seperti yang terlihat pada model jendela rumah menjadikan hunian terlihat estetis dan chic.
Warna kayu yang dipilih cenderung warna yang lebih muda, sehingga ketika diselaraskan dengan dekorasi atau cat berwarna putih, akan menciptakan hunian minimalis ala Jepang yang khas. Penggunaan furnitur dan rak yang ringkas pun sepadan dengan konsep gaya Skandinavia dimana ruangan terhindar dari banyak barang yang berserakan.

11. Model Jendela Rumah Jendela Sudut

Model jendela rumah sudut, memberikan pemandangan yang indah. (Foto: Decoist.com)
Model jendela rumah yang terpasang apik di sudut ini memungkinkan pemiliknya mendapatkan dua sisi pemandangan yang lapang. Cocok jika di luar kamar atau rumah terlihat hamparan pemandangan yang indah.
Agar sirkulasi udara lancar berputar, pasang area jendela yang bisa dibuka namun tetap terjaga keamanannya. Jika ada anak yang masih berusia kecil, sebaiknya pilih model jendela rumah yang ada teralisnya.

12. Model Jendela Rumah Skylight

Model jendela rumah skylight, cocok untuk ruangan di loteng. (Foto: Community Roofing and Restoration.com)
Rumah Anda memiliki atap pelana sehingga loteng bisa difungsikan sebagai ruangan? Maka model jendela rumah skylight bisa Anda gunakan. Selain sebagai akses sirkulasi udara, mungkin saja di saat langit cerah Anda bisa bersantai sambil menatap bulan dan bintang.
Tonton video berikut untuk mengetahui model rumah sederhana tapi indah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini