5 Model Rumah Biaya 10 Juta dan Tips Jitu untuk Mewujudkannya

Tim Editorial Rumah.com
5 Model Rumah Biaya 10 Juta dan Tips Jitu untuk Mewujudkannya
RumahCom – Adakah model rumah biaya 10 juta yang bisa diaplikasikan? Untuk membangunnya sebagai rumah baru kebanyakan orang pasti berpikir tidak memungkinkan lantaran biaya bangun rumah saat ini berkisar antara Rp2,5 juta hingga Rp3 juta per meter persegi. Namun jika sebagai biaya renovasi fasad rumah boleh jadi sangat mungkin.
Akan tetapi, siapa sangka ternyata membangun dengan model rumah biaya 10 juta bisa saja diwujudkan. Penasaran seperti apa inspirasinya?
  1. Model Rumah Biaya 10 Juta Minimalis Sederhana
  2. Model Rumah Kayu
  3. Model Rumah Ukuran 4x5
  4. Model Rumah Kekinian
  5. Model Rumah RISHA 3x3
  6. Cara Menghitung Bujet Bangun Rumah 10 Juta
  7. Tips Bangun Rumah dengan Modal 10 Juta
9 Alternatif Lantai Murah yang Bikin Cantik Rumah Beserta Harganya

9 Alternatif Lantai Murah yang Bikin Cantik Rumah Beserta Harganya

1. Model Rumah Biaya 10 Juta Minimalis Sederhana

Membangun rumah sendiri membutuhkan kucuran dana dan waktu yang tak sedikit namun layak diperjuangkan. (Foto:The Spruce)
Bagaimana langkah awal untuk membangun rumah? Pembangunan rumah umumnya dilakukan karena tiga alasan, yaitu benar-benar membangun dari awal sejak masih berbentuk lahan, ingin mengubah kondisi rumah, maupun hanya sekadar renovasi bagian yang rusak. Namun begitu, biasanya membangun rumah sering kali mengalami pembengkakan anggaran dari yang sudah ditentukan.
Oleh karena itu, membangun rumah sendiri membutuhkan kucuran dana dan waktu yang tak sedikit namun layak diperjuangkan. Tapi bagaimana ceritanya jika hanya punya biaya 10 juta? Inspirasi model rumah biaya 10 juta minimalis sederhana di atas mungkin bisa jadi solusinya. Sebagai ganti dari bujet yang minim, maka genteng beton bisa diganti asbes. Begitupun material dinding, hebel bisa digantikan oleh batako.

2. Model Rumah Kayu

Jika ingin membangun model rumah biaya 10 juta, maka model rumah kayu bisa dipertimbangkan. (Foto: The Spruce)
Jika telah mempertimbangkan pro kontra membeli atau membangun sebuah rumah, lalu memutuskan untuk membangun rumah, pastikan telah mempersiapkan biaya yang dibutuhkan. Banyak orang memperkirakan membangun sebuah rumah berada di kisaran 2 juta hingga 3 juta rupiah per meter. Tapi, tunggu dulu, hal tersebut bisa jadi acuan, bisa juga tidak.
Sebagai jalan keluar jika ingin membangun model rumah biaya 10 juta, maka model rumah kayu bisa dipertimbangkan. Material kayu memiliki kelebihan salah satunya ialah cenderung awet dan tahan lama. Dalam pengerjaannya pun tergolong mudah karena bisa dibuat berbagai macam bentuk. Bahan kayu sendiri juga mudah didapat dengan harga yang relatif murah. Terdapat jenis kayu yang memiliki tekstur yang cantik sehingga menambah nilai estetika.

3. Model Rumah Ukuran 4x5

Pada tipe ini, bisa dikembangkan hanya menjadi satu lantai compact dengan tata letak layaknya apartemen studio.
Model rumah biaya 10 juta selanjutnya yang bisa diaplikasikan adalah dengan membangun tipe 20 atau 4x5. Pada tipe ini, bisa dikembangkan hanya menjadi satu lantai compact dengan tata letak layaknya apartemen studio, maupun diterapkan konsep split level.
Split level merupakan merupakan rumah yang memiliki tingkat ketinggian lantai atau level berbeda pada hampir setiap ruangannya. Bisa juga diartikan sebagai gaya rumah yang saling bergantungan pada setiap lantainya. Terdapat tangga pendek yang menghubungkan setiap ruangan, jumlah level berbeda-beda tergantung tipe dari rumah split level itu sendiri.
Untuk mewujudkan rumah dengan bujet terbatas memang perlu usaha ekstra. Namun, jika Anda ingin membeli rumah jadi dengan harga terjangkau, temukan daftar huniannya di kawasan Citayam dibawah Rp300 juta di sini!

4. Model Rumah Kekinian

Meski ongkosnya minim, tampilannya tetap bisa mewah dan mengesankan. (Foto: Dpu.kulonprogokab)
Faktanya, model rumah biaya 10 juta pun bisa dikembangkan dengan mengadopsi gaya kekinian. Jadi meski ongkosnya minim, tampilannya tetap bisa mewah dan mengesankan asalkan pemiliknya mau mencari banyak informasi serta bisa melakukan dekorasi yang apik. Contek saja desain rumah kekinian di atas!
Sebagai tambahan saran, saat dalam tahap persiapan bangun rumah, lakukan riset dulu ke beberapa toko bahan bangunan. Sebaiknya pilihlah yang lokasinya dekat dari lokasi pembangunan, dengan demikian Anda sudah menghemat biaya kirim karena biasanya toko bangunan memberikan ongkos kirim gratis bila jaraknya dekat.

5. Model Rumah RISHA 3X3

Rumah RISHA dibuat dalam konsep knock down yang cepat.
Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) merupakan salah satu produk hunian terjangkau yang dikeluarkan oleh Puslitbang Perumahan dan Permukiman Indonesia. Rumah RISHA dibuat dalam konsep knock down yang cepat dan tidak membutuhkan tambahan semen dan bata. Konsep hunian ini sebenarnya ditujukan untuk warga yang terdampak bencana dan membutuhkan hunian dalam waktu yang cepat.
Untuk biaya struktur atau rangka rumah RISHA dengan ukuran 3x3, diperlukan biaya Rp7,1 jutaan saja. Itu artinya, masih ada sisa budget sekitar Rp2 jutaan yang bisa dialokasikan untuk menyempurnakan bagian-bagian penting dalam rumah. Tertarik?

Cara Menghitung Bujet Bangun Rumah 10 Juta

Apa saja yang bisa dicakup dari biaya hanya 10 juta?
Setelah menyimak sejumlah contoh model rumah biaya 10 juta, kini saatnya melakukan perincian. Apa saja yang bisa dicakup dari biaya hanya 10 juta?
  • Biaya pondasi Rp150.000 x 20 meter = Rp3.000.000
  • Batako press 1.800 buah Rp2.700.000
  • Semen 5 sak Rp 350.000
  • Pasir 500kg Rp500.000
  • Triplek 2,4m x 1,2m sebanyak 4 unit Rp 650.000
  • Genteng 25 unit Rp 220.000
  • Cat tembok 1kg sebanyak 2 galon Rp100.000
  • Balok kayu 400cm x 6cm x 12 cm sebanyak 5 buah Rp450.000
  • Paku beton 50 unit Rp 50.000
  • Kuas cat tembok 1 set Rp 140.000
  • Sendok semen 1 unit Rp 30.000
  • Ongkos tukang 1 orang Rp1.800.000
Jika ditotal, maka rincian biaya di atas genap Rp10 juta. Pengerjaan bisa dilakukan dengan 1 tukang dan dibantu oleh pemilik rumah itu sendiri demi menghemat biaya. Sementara material lantai bisa digantikan sementara dengan lantai plester selagi mengumpulkan biaya lagi untuk membeli keramik.

Tips Rumah.com

Saat membangun rumah, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari faktor ukuran tanah dan bangunan, lokasi, penggunaan ruang, hingga aspek biaya dan budget, perlu Anda perhitungkan secara seksama

Tips Bangun Rumah dengan Modal 10 Juta

Selain desain rumah, material dan volume rumah juga harus dicatat secara detail.
Biaya bangun rumah sebenarnya tidak memerlukan banyak budget. Asalkan desain rumah diinginkan benar-benar dibuat detail dan rinci. Selain desain rumah yang detail, material dan volume rumah yang akan digunakan nantinya juga harus dicatat secara detail. Tujuan pencatatan ini tentunya untuk memperhitungkan harga material yang tepat, agar bisa menghemat biaya untuk keperluan rumah lainnya. Lantas apa lagi yang harus diperhatikan?
Teliti dalam memilih material bangunan
Kalau bisa beli material sendiri dan jangan mempercayai tugas tersebut kepada orang lain. Atau jika tidak mengerti mengenai bahan material terbaik, bisa melakukan konsultasi kepada tukang bangunan.
Gunakan jasa tukang atau bantu tenaga
Membangun rumah dengan menggunakan jasa kontraktor memiliki banyak keunggulan. Akan tetapi, jika budget yang dimiliki pas-pasan, lebih baik menggunakan jasa tukang bangunan. Dengan menggunakan jasa tukang bangunan yang profesional, jadinya proses pembangunan rumah minimalis akan lebih hemat dan ekonomis.
Dalam proses pembangunan rumah pribadi, sebaiknya pemilik juga ikut turun ke lapangan. Selain dapat mempersingkat waktu pembangunan, hal ini juga berguna untuk memantau dana-dana yang masuk. Jadinya biaya membangun rumah lebih hemat dan terkendali.
Tonton video berikut untuk mengetahui cara menata ruangan rumah yang minimalis!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini