15 Motif Keramik Lantai, Cantik dan Estetik Cocok untuk Berbagai Desain Hunian

Tim Editorial Rumah.com
15 Motif Keramik Lantai, Cantik dan Estetik Cocok untuk Berbagai Desain Hunian
RumahCom – Untuk menciptakan tampilan ruangan rumah yang tiada duanya, Anda harus bisa menemukan motif keramik lantai yang tepat. Memasang motif keramik lantai dapat menambah tekstur dan dimensi pada ruangan dapur, kamar mandi, ruang cuci, pantri, atau ruangan lain di rumah. Misalnya saja, dengan motif keramik lantai yang tradisional yang dapat menciptakan tampilan yang tak lekang oleh waktu.
Sementara motif keramik lantai yang berwarna atau berpola dapat membantu menentukan zona di ruang terbuka atau membuat transisi antar ruang. Bahkan, motif keramik lantai yang dramatis dapat mengatur nada atau mengubah seluruh suasana ruangan hingga menciptakan titik fokus di rumah Anda.
Dengan demikian, lantai bisa menjadi tampilan mencolok dalam sebuah rumah. Karena suatu pola, jenis, dan motif keramik tentunya akan memberikan sentuhan estetik di hunian Anda. Tengok sejumlah ide motif keramik lantai dalam berbagai bentuk di bawah ini, sebagai inspirasi untuk mendekorasi lantai di setiap ruangan rumah. Dengan pemilihan motif keramik yang tepat, tampilan rumah Anda akan berkesan unik, hidup, dan tidak membosankan.
  1. Motif Keramik Lantai Monokrom
  2. Motif Keramik Lantai Nuansa Putih
  3. Motif Keramik Lantai Batu Alam
  4. Motif Keramik Lantai Mozaik
  5. Motif Keramik Lantai Printed
  6. Motif Keramik Lantai Etnik dan Vintage
  7. Motif Keramik Lantai Kayu
  8. Motif Keramik Lantai Geometrik
  9. Motif Keramik Lantai Grayscale
  10. Motif Keramik Lantai Rustic
  11. Motif Keramik Lantai Retro
  12. Motif Keramik Lantai Oktagon dan Diamond
  13. Motif Keramik Lantai Zigzag
  14. Motif Keramik Lantai Hopscotch
  15. Motif Keramik Lantai Vertikal dan Horizontal

1. Motif Keramik Lantai Monokrom

Mengubah ruang menjadi modern dan elegan. (Foto: Tile America)
Pesona hitam dan putih tradisional dengan dua warna tersebut menjadi ciri khas motif monokrom. Motif keramik lantai monokrom cenderung abadi dan netral. Motif klasik tersebut menciptakan atmosfer yang dinamis dan berbeda di rumah Anda. Mengubah ruang rumah Anda menjadi modern dan elegan.
Anda bisa mengatur keramik lantai monokrom dengan pola seperti papan catur, framing dengan keramik hitam di luar dan keramik putih di tengah, atau dengan menempatkan titik kecil berwarna hitam di setiap pertemuan lantai putih. Apapun selera Anda, jangan takut untuk berkreasi dengan lantai keramik monokrom pada hunian Anda.

2. Motif Keramik Lantai Nuansa Putih

Ciptakan lantai yang indah di rumah Anda menggunakan rangkaian keramik lantai putih polos. (Foto: Unsplash – Harprit Bola)
Motif keramik lantai nuansa putih adalah pilihan terbaik untuk memberikan kesan yang bersih dan segar di setiap ruangan rumah Anda. Dari ubin putih yang dipoles reflektif, hingga yang bertekstur, Anda memiliki beragam pilihan. Ciptakan lantai yang indah di rumah Anda menggunakan rangkaian keramik lantai putih polos. Motif keramik lantai putih memancarkan keanggunan serta mencerahkan ruangan rumah.
Jika Anda mencari motif keramik putih untuk kamar mandi, Anda harus mempertimbangkan motif anti slip. Atau untuk mengubah taman atau teras Anda dengan motif keramik putih yang cantik dengan perawatan yang mudah.

3. Motif Keramik Lantai Batu Alam

Anda bisa menggunakan keramik lantai dengan motif yang menyerupai batu alam. (Foto: Countertop Specialty)
Batu alam seperti marmer dan granit sudah sejak lama digunakan untuk melapisi lantai rumah. Material batu alam tersebut akan secara langsung menciptakan kesan mewah nan elegan pada sebuah rumah. Namun, sayang harga lantai dari batu alam relatif mahal, sehingga Anda harus merogoh kocek cukup dalam jika mau menggunakannya.
Sebagai alternatif batu alam, Anda bisa menggunakan keramik lantai dengan motif yang menyerupai batu alam. Motif yang tersedia, mulai dari motif marmer putih hingga granit, bisa dijadikan pilihan. Selain lebih terjangkau, pemasangan lantai keramik bermotif batu alam sangat mudah dibanding batu alam sungguhan. Untuk kesan yang semakin mewah, Anda bisa menggunakan dimensi ukuran ubin yang besar.

4. Motif Keramik Lantai Mozaik

Keramik lantai mozaik biasanya terdiri dari kotak-kotak kecil yang disusun membentuk gambar tertentu. (Foto: Unsplash – Job Savelsberg)
Gaya penataan lantai secara mozaik ini memang klasik dan telah digunakan sejak lama, namun gaya keramik lantai mozaik tidak pernah ada matinya. Keramik lantai mozaik biasanya terdiri dari kotak-kotak kecil yang disusun membentuk gambar tertentu, menciptakan gradasi warna sampai membentuk kolase warna-warna abstrak.
Motif keramik lantai mozaik umumnya diterapkan di luar ruangan untuk memberi kesan berani dan menantang. Motif ini juga sesuai digunakan di lantai atau dinding kamar mandi untuk memberi efek kasar supaya tidak licin jika terkena air.

5. Motif Keramik Lantai Printed

Anda mengaplikasikan motif apa saja di atas permukaan lantai. (Foto: Pixabay – 2427999)
Seiring dengan kemajuan teknologi dalam pembuatan keramik lantai, saat ini telah hadir keramik lantai printed yang memungkinkan Anda mengaplikasikan motif apa saja di atas permukaan lantai. Anda bisa memilih motif geometrik, motif floral, bahkan gambar-gambar kartun favorit putra-putri Anda.
Lantai keramik dengan motif printed memang memberi keleluasaan bagi Anda untuk memilih corak dan pola sesuai selera. Namun, perlu diingat bahwa pemilihan motif keramik sebaiknya disesuaikan dengan desain interior yang Anda inginkan agar motif lantai selaras dengan konsep ruangan dan gaya hunian Anda.

6. Motif Keramik Lantai Etnik dan Vintage

Lantai keramik dengan sentuhan etnik atau vintage hadir dengan beragam pola dan motif. (Foto: Pixabay – MikeGoad)
Untuk memperkuat kesan tradisional pada sebuah hunian, Anda bisa memanfaatkan lantai keramik dengan motif etnik dan vintage. Lantai keramik dengan sentuhan etnik atau hadir dengan beragam pola dan motif.
Ada yang bermotif ukir simetrikal ala Maroko hingga motif kawung seperti yang lumrah digunakan pada batik. Lantai dengan motif tersebut memang sangat sesuai untuk hunian ala tradisional, namun bukan berarti tidak cocok diaplikasikan di hunian bergaya modern.
Lantai yang indah dapat mempercantik hunian dan membuat rumah tampak lebih menawan. Nah, jika Anda sedang mencari hunian yang menawan dan indah di kawasan Jakarta Barat. Cek daftar huniannya dibawah Rp1 miliar di sini!

7. Motif Keramik Lantai Kayu

Sebagai alternatif pengganti material kayu untuk pelapis lantai, kini sudah banyak keramik lantai bermotif kayu. (Foto: Pexels – Curtis Adams)
Lantai dari material kayu biasanya dipilih untuk menghadirkan kesan natural dan hangat pada sebuah ruangan. Namun, material kayu butuh perawatan ekstra agar tetap awet dan tidak terserang rayap. Ditambah lagi, harga material kayu relatif mahal sehingga tidak menguntungkan dari segi ekonomi.
Sebagai alternatif pengganti material kayu untuk pelapis lantai, kini sudah banyak keramik lantai bermotif kayu yang bisa Anda jadikan pilihan. Keramik lantai dengan motif kayu tersedia dengan berbagai pilihan corak serat kayu. Ukuran dan potongannya pun dibuat menyerupai batangan kayu sehingga mampu menghadirkan kesan layaknya material kayu sebenarnya,

8. Motif Keramik Lantai Geometrik

Pilihan keramik lantai pola geometrik, rumah Anda akan memiliki tampilan anti-mainstream dan elegan. (Foto: Pexels – Max Vakhtbovych)
Susunan pola dan motif geometrik biasanya berbentuk persegi enam, persegi delapan, dan juga jajaran genjang. Lantai keramik bermotif geometrik sangat cocok diaplikasikan untuk rumah bergaya modern, mulai dari hunian berkonsep minimalis sampai industrial. Dengan pilihan keramik lantai pola geometrik, rumah Anda akan memiliki tampilan anti-mainstream dan elegan.

9. Motif Keramik Lantai Grayscale

Tampilannya yang polos dan minimalis. (Foto: Simon Lee Gallery)
Lantai keramik grayscale dengan warna abu-abu layaknya semen atau permukaan beton memang sangat pas untuk menyempurnakan nuansa industrialis. Tampilannya yang polos dan minimalis juga sangat cocok diterapkan di tempat tinggal bergaya minimalis modern. Motif keramik ini biasanya diterapkan pada dapur, kamar mandi, dan ruangan terbuka. Pemilihan lantai keramik grayscale dijamin akan menonjolkan suasana industrialis yang elegan.

10. Motif Keramik Lantai Rustic

Penerapan lantai keramik bermotif batu bata biasanya dilakukan untuk ruang terbuka. (Foto: The Spruce)
Motif keramik lantai bermotif batu bata hadir dengan dua jenis pilihan bentuk yaitu persegi dan persegi panjang seperti ukuran batu bata sesungguhnya. Lantai bisa disusun secara diagonal atau selang-seling seperti susunan batu bata pada umumnya.
Penerapan lantai keramik bermotif batu bata biasanya dilakukan untuk ruang terbuka. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan pada ruangan indoor selama penataannya selaras. Dengan mengaplikasikan lantai keramik bermotif batu bata, tampilan hunian Anda akan menambah kesan gaya rustic yang chic dan elegan.

11. Motif Keramik Lantai Retro

Motif ini memberikan daya tarik abadi. (Foto: Tile Choice)
Motif lantai keramik abu-abu pucat di lantai memberi kamar mandi bernuansa retro bernuansa netral. Motif ini juga memberikan daya tarik abadi, melengkapi aksen krom untuk perabotan bergaya retro yang menyatu dengan perabotan putih.

12. Motif Keramik Lantai Oktagon and Diamond

Motif oktagon dan dot skala besar di ruang yang lebih besar. (Foto: FireTile)
Motif keramik lantai segi delapan dan dot (berlian) telah populer sejak sebelum era Victoria sebagai desain mosaik. Saat ini, mosaik oktagon dan dot banyak tersedia, sehingga banyak dari Anda sering melihat motif oktagon dan dot skala besar di ruang yang lebih besar.
Motif lantai keramik kotak-kotak, kombinasi oktagon dan titik hitam dan putih adalah yang paling klasik. Cobalah variasi ini untuk menciptakan tampilan yang unik. Atau sebaliknya warna dominan (oktagon hitam dan titik putih), berkreasilah dan mengubah warna motif keramik seluruhnya

13. Motif Keramik Lantai Zigzag

Motif keramik lantai yang membentuk desain zigzag dengan menggabungkan lantai persegi panjang menjadi ujung miring. Pola keramik ini bisa menjadi opsi yang baik untuk memanjangkan atau melebarkan sudut dalam ruang. Meski tampilannya rumit, pemasangan motif keramik lantai cukup sederhana dan hanya membutuhkan satu ukuran dan jenis lantai.
Untuk tampilan yang lebih dramatis, Anda dapat mengganti lantai dengan warna berbeda untuk setiap bentuk V untuk membuat zigzag bergaris.

Tips Rumah.com

Lantai bisa menjadi tampilan mencolok dalam sebuah rumah. Karena suatu pola, jenis, dan motif keramik tentunya akan memberikan sentuhan estetik di hunian Anda.

14. Motif Keramik Lantai Hopscotch

Motif ini menciptakan desain yang menyenangkan dan saling terkait. (Foto: Daily Mom)
Motif keramik lantai hopscotch terdiri dari kombinasi motif persegi besar dan kecil yang menciptakan desain yang menyenangkan dan saling terkait. Anda bisa menggunakan skema warna yang konsisten untuk membuat pola tersebut menjadi titik fokus. Atau Anda juga bisa memfokuskan desain pola ini dengan menggunakan warna yang kontras untuk bagian kotak kecil.

15. Motif Keramik Lantai Vertikal dan Horizontal

Kesederhanaan dan keanggunan motif keramik ini membuatnya ideal untuk lantai dengan tekstur. (Foto: James Treble)
Motif keramik menggunakan persegi panjang vertikal atau horizontal menciptakan permukaan modern dan minimalis. Fungsinya sama baiknya dengan motif keramik format besar seperti mozaik. Kesederhanaan dan keanggunan motif keramik ini membuatnya ideal untuk lantai yang memiliki tekstur.
Pilihan warna pun memainkan peran penting. Bisa saja dari yang semula memberikan suasana tenang menjadi dramatis tergantung pada pilihan warna. Menggunakan motif vertikal atau horizontal merupakan motif paling sederhana tanpa kerumitan.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui syarat mengajukan rumah subsidi!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini