Panduan Memiliki Rumah Subsidi Terlengkap

Rumah subsidi dijual dengan harga terjangkau sebagai solusi perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Namun, ada syarat dan kewajiban yang harus dipenuhi dan ditaati calon pembeli. Simak ulasannya di artikel ini.
KPR Subsidi, syarat dan cara pengajuannya
KPR Subsidi membantu Anda segera mewujudkan impian punya rumah sendiri. Ini syarat cara pengajuannya!

RumahCom – Bagi Anda yang telah lama mendambakan memiliki rumah pribadi, namun penghasilan terbatas, rumah subsidi dari pemerintah adalah salah satu solusinya. Rumah bersubsidi merupakan hunian yang ditawarkan khusus bagi masyarakat menengah ke bawah dengan bantuan keringanan perpanjangan tenor cicilan. Mulai dari kalangan milenial hingga PNS jika memenuhi persyaratan dapat mencicil rumah bersubsidi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah merilis bahwa program KPR Subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau program rumah bersubsidi, kini dapat diakses oleh mereka yang memiliki gaji maksimal delapan juta rupiah. Tentu saja, hal ini akan membuka kesempatan lebih banyak bagi para pemburu hunian perdana, mungkin Anda salah satunya. Kini, impian yang sudah di depan mata harus segera diwujudkan.

Rumah subsidi dijual dengan harga yang terjangkau, di bawah Rp150 juta. Namun, ada syarat dan kewajiban yang harus dipenuhi dan ditaati calon pembeli. Syarat tersebut mulai dari gaji, catatan utang, dan lain-lain. Namun sebelum membahas lebih lanjut, berikut poin-poin pembahasan dalam artikel ini.

  1. Apa Itu Rumah Subsidi?
  2. Untuk Siapa Rumah Subsidi Ditujukan?
  3. Syarat Mengajukan KPR Rumah Subsidi
  4. Proses Pengajuan KPR Rumah Subsidi
  5. Aplikasi SiKasep Untuk Rumah Subsidi
  6. Perbedaan Rumah Subsidi dan Non Subsidi
  7. Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Rumah Subsidi

1. Apa Itu Rumah Subsidi?

Kriteria penghasilan bulanan maksimal untuk KPR rumah subsidi adalah 8 juta. (Sumber: pu.go.ig)

Kriteria penghasilan bulanan maksimal untuk KPR rumah subsidi adalah 8 juta. (Sumber: pu.go.ig)

Rumah subsidi merupakan rumah hasil bantuan program pemerintah dengan tujuan pemerataan kepemilikan hunian bagi masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah. Rumah subsidi dengan non subsidi memiliki perbedaan mulai dari spesifikasi, tenor cicilan, hingga harga. Sama seperti proses pembelian rumah lainnya, pembayaran rumah subsidi menggunakan sistem KPR.

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan skema hingga 85% - 90% dari harga rumah. Sedangkan KPR Subsidi Bagi MBR adalah Kredit Pemilikan Rumah subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah alias rumah bersubsidi, memiliki bunga tetap sebesar 5%, uang muka terjangkau, masa cicil hingga 20 tahun, dan bebas PPn serta bebas premi asuransi.

Kemudahan KPR subsidi yang ditawarkan pemerintah ini tentu membuka peluang lebih dari sekadar bagi anggota TNI/POLRI atau PNS dalam mencari rumah tinggal. Tetapi, juga para generasi milenial atau yang baru mulai merintis karir dalam mewujudkan mimpi memiliki hunian di masa muda.

Saat ini, pemerintah telah bekerja sama dengan lebih dari 40 bank dalam melaksanakan program KPR subsidi bagi MBR. Tentu saja, hal ini semakin meluaskan akses bagi Anda yang ingin mengajukan KPR subsidi.

2. Untuk Siapa Rumah Subsidi Ditujukan?

Rumah subsidi biasanya memiliki tipe 36. (Sumber: pu.go.ig)

Rumah subsidi biasanya memiliki tipe 36. (Sumber: pu.go.ig)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rumah subsidi ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang belum memiliki rumah. Penghasilan yang dimaksud adalah penghasilan bulanan yang totalnya maksimal 8 juta rupiah. Dengan program ini, pembeli rumah masuk kriteria akan diberikan keringanan suku bunga yang rendah, hingga keringanan tenor waktu cicilan.

Tentu saja, program KPR subsidi bagi MBR ini disesuaikan dengan kapasitas dana. Sehingga, desain dan arsitektur rumah akan lebih sederhana dan lebih fungsional selayaknya hunian tinggal. Namun terdapat perbedaan spesifikasi rumah antara rumah subsidi dan non subsidi. Untuk perumahan subsidi memiliki standar maksimal tipe bangunan hingga type 36. Berikut daftar rumah subsidi dengan harga di bawah Rp200 juta yang bisa menjadi referensi hunian Anda.

Panduan Cek BI Checking Online Melalui iDeb SLIK Online Terbaru

Mengajukan KPR dan Mengatur Cicilan

Panduan Cek BI Checking Online Melalui iDeb SLIK Online Terbaru

Biasanya, Anda akan mendapati hunian dengan tiga ruangan saja, yaitu kamar tamu, kamar tidur, dan kamar mandi. Tidak ada ruangan dapur dan makan di dalamnya. Persiapkan dana ekstra apabila Anda ingin membagun dapur, ruang makan, atau mungkin menambah kanopi. Meski sederhana, spesifikasi bangunan wajib mengikuti standar dari pemerintah sebagai kategori rumah layak huni.

Standar yang diwajibkan pemerintah antara lain, pondasi batako, rangka atap kayu, lantai semen, kloset jongkok, dan garasi tanah. Tetapi, standar minimal ini dapat dikembangkan dan dikreasikan oleh setiap pengembang perumahan subsidi

3. Syarat Mengajukan KPR Rumah Subsidi

Anda diharapkan memiliki dana minimal 10% sebagai pembayaran DP rumah subsidi. (Sumber: pexels.com)

Anda diharapkan memiliki dana minimal 10% sebagai pembayaran DP rumah subsidi. (Sumber: pexels.com)

Dikarenakan KPR rumah subsidi memiliki target yang cukup spesifik, Pemerintah dan Bank yang bekerjasama telah memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan ini wajib dipenuhi sebelum seseorang dianggap berhak mendapatkan rumah subsidi. Berikut ini syarat pengajuan KPR subsidi sebagai referensi Anda.

  • Anda wajib tercatat sebagai WNI dan harus menempati rumah yang telah dicicil. Apabila Anda mengalihkan kepemilikan rumah atau menyewakan rumah, maka pihak bank dapat mencabut persetujuan cicilan dan bisa-bisa Anda harus membayar cicilan lebih mahal tiap bulan daripada KPR non subsidi.
  • Berusia 21 tahun atau telah menikah.
  • Merupakan rumah pertama atau belum pernah memiliki kredit kepemilikan rumah atau belum pernah memiliki rumah.
  • Melampirkan NPWP Pribadi dan SPT Tahunan saat proses pengajuan.
  • Berpenghasilan maksimal sebesar Rp 4 Juta per bulan untuk Rumah Sederhana Tapak (RST) dan Rp 7 Juta per bulan untuk Rumah Susun Milik(Vertical Housing).
  • Sudah bekerja minimal dua tahun dan sudah berstatus karyawan tetap.
  • Persiapkan DP alias uang muka rumah sebesar maksimal 10% dari harga rumah.

4. Proses Pengajuan KPR Rumah Subsidi

Riwayat finansial menjadi salah satu syarat disetujuinya permohonan KPR rumah subsidi. (Sumber: Pexels.com)

Riwayat finansial menjadi salah satu syarat disetujuinya permohonan KPR rumah subsidi. (Sumber: Pexels.com)

Setelah dirasa Anda lulus dalam kriteria dan persyaratan memiliki rumah subsidi, tahap berikutnya adalah mengetahui proses pengajuan KPR rumah subsidi. Diharapkan dengan mengetahui langkah pengajuan ini, Anda akan lebih mudah dalam memiliki rumah impian.

  • Mendatangi pengembang rumah subsidi dan meninjau secara langsung lokasi rumah subsidi. Proses ini untuk mengetahui kesesuaian lokasi, legalitas pengembang, dan legalitas status tanah dan bangunan.
  • Kemudian jika Anda tertarik dan berniat membeli salah satu rumah, Anda perlu melengkapi berkas-berkas persyaratan Surat Pemesanan Rumah (SPR) seperti KTP, KK, NPWP, Buku nikah (jika sudah menikah), hingga bukti tabungan.
  • Mendatangi Bank yang bekerjasama menyediakan KPR subsidi. Beberapa Bank yang bekerjasama dengan pemerintah meliputi Bank Tabungan Negara, Bank Tabungan Negara Syariah, Bank Rakyat Indonesia, Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Artha Graha, dan Bank Mayora.
  • Kemudian pihak Bank dan pengembang akan melakukan pengecekan riwayat finansial pembeli melalui BI Checking. Kemudian berlanjut pada wawancara.
  • Setelah melalui proses di atas, Bank akan memberitahukan status pengajuan KPR dalam kurun waktu dua minggu hingga satu bulan.
Tip Rumah
Riwayat finansial memiliki peranan penting dalam disetujuinya aplikasi KPR rumah subsidi, jadi selesaikan terlebih dahulu sebelum mengajukan pembiayaan KPR subsidi.

5. Aplikasi SiKasep Untuk Rumah Subsidi

Aplikasi SiKasep membantu proses pengajuan rumah subsidi secara digital. (Sumber: pu.go.ig)

Aplikasi SiKasep membantu proses pengajuan rumah subsidi secara digital. (Sumber: pu.go.ig)

Dalam rangka mempermudah proses pengajuan rumah subsidi, Pemerintah saat ini telah melakukan beberapa inovasi. Inovasi-inovasi tersebut meliputi peluncuran aplikasi SiKasep untuk membantu dan mempermudah pengecekan dan pengajuan KPR rumah subsidi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Layanan-layanan yang dapat dilakukan melalui aplikasi SiKasep adalah pemilihan hunian, pendaftaran, hingga pemantauan proses aplikasi pembelian rumah subsidi. Aplikasi ini secara langsung terhubung dengan Bank penyalur KPR, pengembang dan pemerintah. Sehingga data-data pribadi yang menjadi persyaratan rumah subsidi dapat dengan mudah terintegrasi dengan beberapa stakeholder terkait.

Diharapkan dengan aplikasi ini, proses pengajuan rumah subsidi menjadi transparan dan terhindar dari kecurangan yang merugikan banyak pihak.

6. Perbedaan Rumah Subsidi dan Non Subsidi

Rumah subsidi memiliki aturan tertentu seperti renovasi dilakukan setelah 2 tahun. (Sumber: pu.go.ig)

Rumah subsidi memiliki aturan tertentu seperti renovasi dilakukan setelah 2 tahun. (Sumber: pu.go.ig)

Sebagai rumah berbiaya murah, ada beberapa fasilitas dan spesifikasi rumah yang tidak didapatkan jika Anda membeli rumah subsidi. Peniadaan fasilitas dan spesifikasi bangunan ini dilakukan dalam rangka menekan biaya pembangunan. Kedepannya, Anda bisa menambahkan fasilitas lain dengan dana Anda sendiri diluar KPR subsidi.

Dibawah ini merupakan perbedaan yang dapat Anda temukan jika membeli rumah subsidi maupun non subsidi. Berikut penjabarannya.

Rumah Subsidi

Rumah Non Subsidi

Ukuran dan spesifikasi bangunan maksimal tipe 36

Tidak ada batasan ukuran dan spesifikasi bangunan untuk rumah non subsidi

Penghasilan maksimal 8 juta per bulan untuk KPR subsidi

Tidak ada batasan penghasilan, yang mana cicilan KPR 30% dari total gaji bulanan

Suku bunga cicilan lebih rendah dan disubsidi pemerintah

Suku bunga mengikuti ketentuan Bank pemberi cicilan

Harga jual rumah berkisar hingga 200 Juta

Harga jual rumah tidak ada batasan

Fasilitas rumah yang disediakan meliputi tiga ruang utama saja, kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu.

Fasilitas rumah lebih lengkap

Renovasi rumah setelah 2 tahun

Tidak ada batasan waktu untuk melakukan renovasi

7. Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Rumah Subsidi

Lakukan pengecekan secara langsung ke lokasi untuk mengetahui legalitas pengembang dan status tanah. (Sumber: pexels.com)

Lakukan pengecekan secara langsung ke lokasi untuk mengetahui legalitas pengembang dan status tanah. (Sumber: pexels.com)

Meski tipe hanya sampai 36 dan memiliki ruang yang sangat fungsional, namun bukan berarti Anda tidak layak mendapatkan rumah yang lebih dari sekadar layak huni.

Anda bisa mencari pengembang yang terpercaya dan memiliki catatan baik dalam menjual rumah bersubsidi. Anda juga bisa mencari perumahan bersubsidi yang sesuai dengan bujet di laman Properti Baru.

Selain itu, berikut beberapa hal yang perlu Anda cermati dalam memilih hunian terjangkau agar tak menyesal:

  • Kunjungi lokasi rumah langsung. Jangan tertipu brosur, situs, atau media sosial saja. Anda perlu mengecek kondisi bangunan secara langsung. Apakah layak ditinggali, apakah struktur bangunan dan konstruksi bangunan cukup kokoh, dan apakah bangunan sudah cukup sehat. Selain itu, lokasi tersebut harus aman dari banjir dan tindakan kriminal.
  • Cari tahu kondisi air bersih. Pastikan hunian tersebut mendapat air bersih dan listrik. Beberapa hunian bersubsidi tidak mendapatkan langsung air bersih dan listrik. Jadi, jangan sampai terlewat ya untuk mengecek bagian ini.
  • Akses lokasi yang mudah terjangkau. Cermati dulu kondisi jalanan di dalam dan di luar perumahan. Apakah jalanan terbuat dari aspal dan mudah dilalui. Apakah ada akses transportasi umum, dan lain sebagainya.
  • Sanitasi harus baik. Pastikan septic tank dibuat minimal berjarak 1,5 meter ke bangunan. Sementara jarak dari septic tank menuju sumur pompa air bersih di rumah Anda minimal sekitar 10 meter.
  • Jarak menuju lokasi kerja harus masuk akal. Sebab, Anda harus menempati sendiri rumah ini segera. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan lokasi perumahan yang memiliki akses mudah ke lokasi kerja Anda supaya Anda tidak menjadi boros waktu dan uang.
  • Persiapkan biaya renovasi rumah. Ekspektasi seseorang akan rumah biasanya selalu lebih tinggi dari kondisi riil rumah yang ditempatinya, apalagi, untuk rumah bersubsidi. Bila Anda memiliki ekspektasi tinggi sebaiknya turunkan harapan Anda dan menaikkan bajet renovasi rumah subsidi.

Jadi, sekarang Anda terdapat solusi memiliki rumah pribadi walaupun penghasilan terbatas dengan KPR rumah subsidi. Jika Anda tertarik, langsung aplikasikan langkah-langkah di atas untuk memiliki rumah pertama Anda.

Mau beli rumah? Berikut adalah video panduan yang bisa Anda jadikan patokan untuk mengetahui waktu paling tepat untuk beli rumah.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Perumahan Di Bawah Rp200 Juta

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan