Panduan Memilih Asuransi Rumah yang Tepat Bagi Anda

Penting gak sih punya asuransi rumah? Berbagai pertimbangan harus dibuat. Nah berikut ini panduan memilih asuransi rumah yang tepat.
Rumah merupakan aset yang penting untuk dijaga. Ketika memilih asuransi rumah terbaik, Anda harus jeli. Simak panduan dari Rumah.com!
Rumah merupakan aset yang penting untuk dijaga. Ketika memilih asuransi rumah terbaik, Anda harus jeli. Simak panduan dari Rumah.com!

RumahCom - Tidak terbantahkan lagi bahwa rumah adalah aset penting yang harus dijaga. Demi melindungi rumah dari kejadian-kejadian yang tidak terduga, asuransi bisa menjadi solusi tepat. Namun, dari sekian banyak perusahaan asuransi yang ada, tentu tidak semuanya mampu memberikan layanan asuransi rumah terbaik.

Banyaknya produk dengan layanan beragam tentu membuat konsumen semakin sulit memilih. Ada pula asuransi rumah yang menawarkan beberapa perlindungan berbeda dan membuat Anda berpikir untuk mengambil semuanya. Ada pula yang menawarkan asuransi dengan harga terjangkau dan membuat Anda tergiur tanpa sempat mempertimbangkan isi klausulnya.

Nah, di sinilah kecermatan dibutuhkan dalam memilih asuransi rumah terbaik untuk Anda. Pembahasan kali ini akan berfokus pada;

  1. Pengertian Asuransi Rumah dan Manfaatnya
  2. Jenis-jenis Asuransi Rumah
    1. Property All Risk (PAR)
    2. Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)
  3. Simulasi Asuransi Rumah
  4. Tips Memilih Asuransi Rumah yang Tepat dan Pas
    1. Selidiki kredibilitas perusahaan asuransi
    2. Cermati proteksi perluasan atau tambahan
    3. Pahami kondisi rumah
    4. Cek kondisi keuangan
    5. Menyesuaikan asuransi rumah terbaik dengan kebutuhan
    6. Pelajari proses pengajuan klaim

Tanpa berlama-lama, yuk cek selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Asuransi Rumah dan Manfaatnya

Asuransi rumah terbaik meliputi dua jenis, yaitu Asuransi Kebakaran Indonesia dan Asuransi All Risk. (Foto: Pixabay)

Asuransi rumah terbaik meliputi dua jenis, yaitu Asuransi Kebakaran Indonesia dan Asuransi All Risk. (Foto: Pixabay)

Asuransi rumah merupakan sebuah bentuk perlindungan terhadap kediaman atau rumah Anda bila terjadi kerusakan atau kehilangan. Perlindungan biasanya meliputi rumah Anda secara keseluruhan, serta aset-aset di dalamnya. Investopedia menyebut bahwa asuransi biasanya juga melakukan ganti rugi terhadap kerusakan yang terjadi akibat human error atau kesalahan individu.

Tentu saja hal yang menjadi pertimbangan besar adalah ketika seseorang kehilangan rumah sama dengan ia kehilangan investasi terbesar dalam hidup. Untuk itu, tidak perlu menunggu lama untuk mengasuransikan rumah Anda. Mengapa begitu?

Ketahui selengkapnya Manfaat Asuransi bagi Rumah Anda, klik di sini!

Salah satu alasannya adalah mempunyai asuransi rumah. Asuransi meliputi pemberian penggantian atau perbaikan, jika rumah Anda mengalami kerusakan akibat kebakaran, angin ribut, gempa bumi, dan bencana alam lain. Akan tetapi, tidak termasuk banjir atau bencana akibat perbuatan manusia.

Beberapa asuransi ada juga yang memberikan manfaat untuk melindungi kerusakan akibat sengatan listrik atau kerusakan pipa air.

Jenis-jenis Asuransi Rumah

Usai mengetahui apa itu asuransi rumah, berikutnya adalah tentang jenisnya. Secara umum, ada dua jenis asuransi rumah, yakni Asuransi Kebakaran Indonesia dan Asuransi All Risk. Berikut penjabarannya.

1. Asuransi Property All Risk (PAR)

Foto: mirror.co.uk

Foto: mirror.co.uk

Polis PAR men-cover kerusakan atau kerugian yang terjadi akibat risiko yang tidak Anda duga. Secara spesifik disebabkan oleh orang ketiga. Secara garis besar PAR juga menjamin kerusakan akibat kebakaran, petis, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap, seperti pada standar asuransi kebakaran Indonesia, atau PSAKI (dibahas lebih lanjut di poin berikut).

Namun, yang jadi keunggulan dari PAR adalah adanya jaminan perluasan. RumahCom mengambil sebuah contoh dari perlindungan yang ditawarkan oleh BCA Insurance yang mana memberi kan jaminan pada kerusakan akibat bencana alam (banjir, badai, topan, gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami). Kemudian, akibat kendaraan (rumah ditabrak), kerusuhan, pemogokan, huru hara, perbuatan jahat, dan terorisme.

6 Manfaat Asuransi  Rumah

Panduan

6 Manfaat Asuransi Rumah

Bila diperhatikan, PAR merupakan salah satu polis yang cukup lengkap untuk rumah Anda. Bukan cuma kebakaran, tapi juga kerusakan akibat pihak ketiga dan alam (bencana). Secara keseluruhan, tentunya harga polis ini beragam, tapi menjadi solusi bagi Anda untuk melindungi hunian.

2. Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Foto: nypost.com

Foto: nypost.com

Menurut Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), polis dari Asuransi Kebakaran Indonesia menjamin kerugian atau kerusakan pada harta benda yang dipertanggungkan secara langsung akibat; Kebakaran, Petir, Ledakan dan Asap yang seluruhnya tidak disengaja.

Secara spesifik, apabila diakibatkan oleh kebakaran pun terdapat beberapa jenis ketentuan, antara lain, disebabkan tidak sengaja, kurang berhati-hati, api yang menjalar, hubungan arus pendek, serta termasuk kerusakan akibat dari air atau alat lain yang digunakan untuk menahan atau memadamkan kebakaran.

Polis tidak akan menanggung apabila kebakaran terjadi akibat unsur kesengajaan dan pencurian atau kehilangan. Namun, secara garis besar, polis ini men-cover cukup banyak aspek-aspek penting penyebab kebakaran. Dengan penggunaan polis ini, Anda dapat melakukan klaim apabila terjadi kebakaran akibat elemen yang memang seringkali jadi penyebab kebakaran.

Bagi Anda yang berada di tahap awal untuk melindungi rumah, rasanya Asuransi Kebakaran Indonesia yang dasar ini dapat dipilih.

Simulasi Asuransi Rumah

Foto: boundless.co.uk

Foto: boundless.co.uk

Kami mencoba untuk simulasi asuransi untuk memperkirakan besaran premi yang harus dibayarkan. Sebelumnya dalam BCAinsurance, terdapat tiga jenis kelas konstruksi atau bangunan. Kelas 1 adalah kondisi dinding, lantai dan seluruh komponen hunian terbuat seluruhnya dan sepenuhnya dari bahan yang tidak mudah terbakar.

Kelas 2 adalah memiliki kondisi serupa dengan kelas pertama, tapi dengan kelonggaran berupa penutup atap boleh terbuat dari sirap kayu keras, bahan utama dinding maksimum 20 persen mudah terbakar, serta lantai dan struktur penunjang boleh dari kayu.

Sementara Kelas 3, adalah hunian dengan risiko kebakaran tinggi. Dengan bahan-bahan yang selain penjabaran di dua kelas pertama. Nah, berikut simulasinya,

  • Tanpa Jaminan Perluasan (Polis Standard Kebakaran Indonesia)

1

Kota Tangerang

Tidak Ada

1 Miliar Rupiah

Rp823.000

2

Kota Tangerang

Tidak Ada

1 Miliar Rupiah

Rp926.000

3

Kota Tangerang

Tidak Ada

1 Miliar Rupiah

Rp1.031.000

  • Dengan Jaminan Perluasan (All Risk)

1

Kota Tangerang

Gempa Bumi/Letusan Gunung/Tsunami

1 Miliar Rupiah

Rp2.203.000

2

Kota Tangerang

Gempa Bumi/Letusan Gunung/Tsunami

1 Miliar Rupiah

Rp2.306.000

3

Kota Tangerang

Gempa Bumi/Letusan Gunung/Tsunami

1 Miliar Rupiah

Rp2.408.000

Nah, dari simulasi sederhana di atas, terlihat biaya premi yang ditawarkan selama tidak terlalu besar, bila tanpa jaminan perluasan (tidak termasuk kerusakan akibat bencana alam atau pihak ketiga). Sebagai perlindungan tahap awal, nampaknya simulasi premi pertama dapat jadi pilihan Anda.

Tips Memilih Asuransi Rumah yang Tepat dan Pas

Foto: greatinsurancejobs.com

Foto: greatinsurancejobs.com

Setelah mengetahui perkiraan premi dan cakupan perlindungan, Anda perlu memiliki beberapa standar terhadap penyedia jasa asuransi rumah. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah,

1.    Selidiki Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Cek kredibilitas perusahaan asuransi melalui brosur dan situs resminya sebelum mengambil asuransi rumah terbaik. (Foto: Pixabay)

Cek kredibilitas perusahaan asuransi melalui brosur dan situs resminya sebelum mengambil asuransi rumah terbaik. (Foto: Pixabay)

Sebelum memutuskan untuk memberikan kepercayaan Anda kepada satu perusahaan asuransi, coba riset dulu tentang kondisi keuangan perusahaan tersebut. Ini dilakukan demi menghindari kerugian akibat perusahaan asuransi gulung tikar.

Sebelum membeli polis asuransi, Anda dapat memeriksa tingkat keuntungan dan pertumbuhan perusahaan dengan meminta laporan keuangan terbaru. Jangan khawatir, dasar-dasar acuan hukum mengenai asuransi telah diterbitkan Pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.

2.    Cermati Proteksi Perluasan atau Tambahan

Untuk menentukan asuransi rumah terbaik, cek apakah ada proteksi perluasan atau tambahan. (Foto: Pexels)

Untuk menentukan asuransi rumah terbaik, cek apakah ada proteksi perluasan atau tambahan. (Foto: Pexels)

Pahami sejauh apa saja kerugian dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. Tidak semua perusahaan asuransi memberikan layanan yang sama. Meski kebanyakan polis asuransi melindungi sebatas struktur properti dan barang-barang pribadi, beberapa perusahaan asuransi rumah terbaik memberikan pula proteksi perluasan atau tambahan.

Misalnya, perlindungan terhadap tuntutan hukum atas kerusakan properti dan keselamatan pihak lain. Selain itu, perusahaan asuransi juga dapat menanggung biaya hidup, terhitung sejak rumah Anda mengalami kerusakan.

3.    Pahami Kondisi Rumah

Kondisi rumah juga ikut menentukan pilihan akan asuransi rumah terbaik. (Foto: Pexels)

Kondisi rumah juga ikut menentukan pilihan akan asuransi rumah terbaik. (Foto: Pexels)

Patut diketahui, perusahaan asuransi akan melakukan pemeriksaan secara ketat sebelum menentukan premi. Ada beberapa hal yang mempengaruhi besarnya premi asuransi rumah maupun properti, seperti faktor lokasi dan pemanfaatan bangunan.

Dalam beberapa kasus, pihak perusahaan asuransi bahkan menolak rumah-rumah yang berada di lokasi banjir tahunan. Pilihlah perusahaan asuransi yang mampu memberikan layanan terbaik, sesuai kondisi rumah Anda.

Saran kami, berikan informasi sejelas mungkin, termasuk mengenai kualitas bangunan rumah Anda. Hal ini juga akan menentukan besarnya biaya premi yang harus dibayarkan. Jika rumah Anda sudah tua, coba simak tips untung merenovasi rumah minimalis di sini.

4.    Cek Kondisi Keuangan

Meski tergolong asuransi rumah terbaik, hindari memaksakan mengambil premi yang nilainya tak sejalan dengan kondisi keuangan. (Foto: Pixabay)

Meski tergolong asuransi rumah terbaik, hindari memaksakan mengambil premi yang nilainya tak sejalan dengan kondisi keuangan. (Foto: Pixabay)

Yang namanya asuransi, tentu Anda harus membayar sejumlah uang tiap bulannya. Memilih asuransi rumah terbaik tentu harus mengukur kondisi keuangan Anda juga.

Kondisi keuangan berpengaruh untuk menentukan apa saja yang perlu diasuransikan dan lama periode asuransi. Tanggungan dan periode ini juga menentukan besaran premi. Kalau anggaran Anda tergolong rendah untuk urusan asuransi, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengambil polis asuransi dengan periode yang tak lama.

Ada satu hal lagi yang perlu Anda pertimbangkan: kenaikan premi tahunan. Periksa juga apakah ada kenaikan premi tahunan yang mungkin berdampak pada kondisi keuangan Anda.

5.    Menyesuaikan Asuransi Rumah Terbaik dengan Kebutuhan

Gaya hidup dan kebutuhan Anda juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih asuransi rumah terbaik. (Foto: Pixabay)

Gaya hidup dan kebutuhan Anda juga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih asuransi rumah terbaik. (Foto: Pixabay)

Meski menawarkan jenis asuransi yang sama, beberapa perusahaan asuransi memiliki cakupan tanggungan yang mungkin saja berbeda, tergantung target konsumennya. Karena itu, bacalah dengan teliti, detail dan tanyakan dengan jelas.

Sebagai contoh, Anda bisa menanyakan barang apa saja yang termasuk dalam perlindungan asuransi. Kalau rumah Anda memiliki nilai asuransi yang rendah, apa yang akan terjadi ketika Anda mengajukan klaim?

Begitu juga dengan hal-hal yang mungkin tidak terpikirkan, seperti binatang peliharaan dan rutinitas traveling Anda. Cakupan perlindungan seperti apa yang akan diberikan terhadap binatang kesayangan Anda?

6.    Pelajari Proses Pengajuan Klaim

Jangan hanya membayar premi asuransi rumah terbaik, Anda juga harus memahami tahapan dalam proses pengajuan klaim. (Foto: Pexels)

Jangan hanya membayar premi asuransi rumah terbaik, Anda juga harus memahami tahapan dalam proses pengajuan klaim. (Foto: Pexels)

Saat terjadi hal buruk pada rumah, Lengkapi dokumen yang dibutuhkan, biasanya dana pertanggungjawaban akan cair dalam beberapa hari setelah klaim diajukan. Tetapi, jika klaim tersebut tidak sesuai dengan syarat dan jenis jaminan yang ditanggung oleh asuransi, perusahaan bisa saja menolak pengajuan klaim tersebut.

Karena itulah, Anda harus mempelajari seluruh poin-poin krusial dalam sistem kerja perusahaan asuransi sebelum bergabung di dalamnya.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah 

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Pilihan Apartemen Terbaru di DKI Jakarta

Masukan