Panduan Memilih Ukuran Tempat Tidur yang Tepat

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Tahukah Anda, kesehatan dan mood yang baik sepanjang hari bisa ditentukan dari tempat tidur? Ya, saat tidur tidak lelap dan terus menerus dibiarkan, banyak masalah bisa terjadi. Kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi mood sepanjang hari, tubuh yang tidak jadi segar di pagi hari atau malah makin pegal. Baju tidur yang adem, lampu kamar yang redup, suhu kamar yang sejuk, ukuran tempat tidur itu semua ikut berpengaruh.
Dari pemaparan artikel ini, Anda akan mengetahui perihal berbagai jenis tempat tidur dan juga panduan tepat untuk memilihnya.
  • Jenis Tempat Tidur Sesuai Ukuran
    1. Single Size
    2. Double Size
    3. Queen Size
    4. King Size
    5. Super King Size
  • Panduan Memilih Tempat Tidur Sesuai Ukuran
    1. Anda Tidur dengan Pasangan
    2. Anda atau Pasangan Mengorok
    3. Banyak Bergerak Saat Tidur
    4. Punya Masalah Kaki
    5. Tidur dengan Anak atau Kucing atau Anjing Kesayangan
Yuk, langsung simak penjabaran lengkapnya tentang panduan memilih tempat tidur sesuai ukuran di bawah ini!

Jenis Ukuran Tempat Tidur

Panduan ukuran tempat tidur ini lebih mudah diingat. (Foto: fortywinks.com.au)
Panduan ukuran kasur ini lebih mudah diingat. (Foto: fortywinks.com.au)
Jika Anda sudah paham dengan kondisi dan kebutuhan Anda, sekarang saatnya mengenali tempat tidur sesuai ukuran. Tidak semua negara memiliki jenis tempat tidur dan ukurannya yang sama. Berikut ini adalah tempat tidur sesuai ukuran yang lazim dijual di Indonesia antara lain, ukuran kasur single, double size, queen size, king size, dan super king size. Simak penjelasan lengkap mengenai jenis dan ukuran kasur yang perlu Anda ketahui.

a. Single Size

Single size adalah ukuran tempat tidur terkecil yang dapat Anda pilih (Foto: urbanaero.in)
Single size adalah ukuran kasur terkecil yang dapat Anda pilih (Foto: urbanaero.in)
Di Indonesia ukuran kasur single di Indonesia adalah 90 cm X 200 cm. Seperti namanya, ini diperuntukan untuk satu orang. Jenis ukuran kasur single ini dapat Anda pilih jika memiliki anak di usia SD hingga SMA nantinya. Pilihan ukuran kasur single juga dapat diperuntukan bagi kamar tamu di hunian rumah Anda.

b. Double Size

Double size menjadi pilihan yang tepat untuk seseorang yang tak ingin terganggu dengan luas kasur yang terbatas (Foto: staples.ca)
Double size menjadi pilihan yang tepat untuk seseorang yang tak ingin terganggu dengan luas kasur yang terbatas (Foto: staples.ca)
Ukuran double size lebih besar sedikit bagian lebarnya dibandingkan dengan single size, yaitu 120 cm x 200 cm. Double size memiliki lebar lebih besar 30 sentimeter dibandingkan dengan ukuran kasur single. Biasanya, pertimbangan banyak orang dalam memilih ukuran ini tidak jauh berbeda dengan ukuran kasur single. Ukuran ini cocok juga untuk dipakai sendiri oleh yang berbadan besar atau banyak bergerak saat sedang tidur.

c. Queen Size

Ukuran tempat tidur queen size lebih lebar 70 sentimeter dibandingkan dengan ukuran kasur single (Foto: savvydiscountfurniture.com)
Ukuran queen size lebih lebar 70 sentimeter dibandingkan dengan ukuran kasur single (Foto: savvydiscountfurniture.com)
Dengan ukuran 160 cm x 200 cm, ukuran queen size cocok untuk dua orang bertubuh normal atau untuk mereka yang tidur sendiri, tapi ingin lebih leluasa bergerak atau mengajak kucing kesayangan tidur bersama. Bila Anda baru saja menikah, pilihan queen size ini dirasa cocok untuk hubungan rumah tangga yang semakin hangat.

d. King Size

King size memiliki lebar dua kali dari ukuran single. Tempat tidur ini cocok digunakan untuk kualitas tidur terbaik sepasang suami-istri. (Foto: woodenstreet.com)
King size memiliki lebar dua kali dari ukuran single. Tempat tidur ini cocok digunakan untuk kualitas tidur terbaik sepasang suami-istri. (Foto: woodenstreet.com)
Jika Anda mencari ukuran terbaik bagi sepasang kekasih, king size adalah pilihan yang tepat. Berukuran 180 cm x 200 cm, king size cocok untuk dipakai dua orang berukuran sedang dan efektif untuk membangun kualitas tidur yang nyaman. Berbeda dengan ukuran kasur single, tempat tidur ini memberikan ruang gerak yang cukup luas bagi Anda atau pasangan sehingga semakin memudahkan untuk tertidur dengan lelap.

e. Super King Size

Dengan ukuran  200x200, super king size menjadi ukuran tempat tidur terbesar yang biasa digunakan di Indonesia (Foto: ikea.co.id)
Dengan ukuran 200x200, super king size menjadi ukuran terbesar yang biasa digunakan di Indonesia (Foto: ikea.co.id)
Super king size memiliki lebar lebih besar 110 sentimeter dibandingkan dengan ukuran kasur. Tempat tidur ini cocok untuk dua orang yang bertubuh besar, atau memiliki tinggi di atas 175 cm, atau dua orang bertubuh normal dengan satu orang anak kecil. Dengan luas yang demikian, ukuran ini dapat menunjang kualitas tidur Anda atau pasangan menjadi lebih baik dan nyenyak.

Pertimbangan Memilih Ukuran Tempat Tidur

Tidur dengan lelap dan nyenyak setiap malam bersama pasangan perlu menjadi pertimbangan dalam memilih tempat tidur (Foto: pexels.com)
Tidur dengan lelap dan nyenyak setiap malam bersama pasangan perlu menjadi pertimbangan dalam memilih tempat tidur (Foto: pexels.com)
Setelah mengetahui berbagai jenis dan ukuran mulai dari ukuran kasur single sampai super king size, Anda juga perlu mengetahui pertimbangan sebelum membelinya. Tak ada yang menyangkal kalau tempat tidur yang luas akan membuat tubuh lebih bebas bergerak.
Tapi, luas ruangan dan budget jadi pertimbangan. Karena itu, jika Anda memiliki kondisi seperti di bawah ini, Anda perlu tempat tidur yang besar. Penting dipahami, tempat tidur yang besar itu bukan sekadar kemewahan atau gaya-gayaan, melainkan kebutuhan.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memastikan tempat tidur dengan luas ruangan Anda. Pertama, ukur panjang dan lebar ruangan dengan alat meteran sebagai pertimbangan untuk memilih tempat tidur.

Tips Rumah.com

Sebelum membeli tempat tidur, pastikan Anda sudah mengukur besar ruangan agar tidak salah beli.

Kedua, perhitungkan ruang gerak dengan memperhatikan jarak paling tidak 0,91 meter untuk berjalan dari sisi tempat tidur Anda. Terakhir, pastikan juga tinggi dan lebar kusen pintu kamar Anda agar tempat tidur yang nantinya akan dibeli dapat disesuaikan.
Selain hal-hal di atas, berikut beberapa pertimbangan yang bisa Anda gunakan saat hendak memilih tempat tidur.

a. Anda Tidur dengan Pasangan

Tempat tidur yang terlalu kecil bukan hanya tak nyaman untuk berdua, tapi juga bisa membahayakan pernikahan Anda. Memang ada saatnya Anda ingin berpelukan, tapi lebih banyak kesempatan, apalagi saat badan lelah dan mood kurang baik, Anda ingin sedikit ruang untuk diri sendiri, bukan?
Tinggi dan lebar badan Anda dan pasangan mungkin berbeda, karena itu pertimbangkan kebutuhan Anda berdua. Anda mungkin bertubuh mungil, tapi jika pasangan Anda bertubuh besar dan tinggi, pertimbangkan kenyamanannya.
Saat akan memilih tempat tidur, kalau perlu coba berdua pasangan, apakah tempat tidur yang akan Anda pilih sudah pas. Tak perlu malu untuk mencoba berbaring di tempat tidur di toko, kalau tidak pas, repot untuk menggantinya, kan?
Memiliki rumah dengan luas yang terbatas bukan halangan untuk Anda menciptakan hunian yang nyaman. Berikut rekomendasi untuk membuat ruangan tampak lebih luas dan pemilihan warna yang tepat!

b. Anda atau Pasangan Mengorok

Mengorok memang jadi salah satu masalah tidur hampir sebagian besar orang. Meskipun umumnya mengorok tidak berbahaya bagi kesehatan, tetapi mengorok bisa juga mengganggu pasangan Anda, lho. Untuk itu, memiliki tempat tidur besar yang membuat Anda bisa berjarak dari pasangan pasti akan menyelamatkan tidur malam Anda, bahkan mungkin menyelamatkan pernikahan Anda.

c. Banyak Bergerak Saat Tidur

Anda yang lajang atau anak Anda yang masih kecil sebenarnya bisa tidur nyaman di tempat tidur berukuran single. Namun, tanpa disadari, saat tidur kita sebetulnya sering bergerak, bahkan bisa puluhan kali. Jika Anda atau anak Anda termasuk ‘lasak’ atau banyak bergerak saat tidur, sebaiknya pilih tempat tidur yang lebih besar. Jangan sampai jatuh dari tempat tidur, ya.

d. Punya Masalah Kaki

Jika Anda sedang berencana membeli tempat tidur untuk orang tua, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli tempat tidur besar, meski mereka kini sendiri, misalnya. Orang berusia lanjut biasanya sering memiliki masalah dengan kaki. Tempat tidur yang besar membuat ibu atau ayah Anda leluasa merentangkan dan meregangkan kaki ke kanan dan kiri, kapan saja.

e. Tidur dengan Binatang Peliharaan

Sesekali tidur bersama anak, keponakan, atau hewan peliharaan tentu menyenangkan. Kalau memang begitu, sejak awal siapkan tempat tidur yang cukup besar. Dengan begitu, Anda dan para kesayangan dapat bercengkerama hingga tertidur lelap merajut mimpi.
Tubuh dan kebutuhan kita tidak selalu sama. Tempat tidur pun berubah dari waktu ke waktu menyesuaikannya. Seorang anak yang tadinya tidur di tidur ukuran single, seiring waktu perlu mengganti tempat tidurnya. Ingat, tempat tidur yang tepat akan membuat kualitas tidur lebih baik, membuat tubuh Anda lebih sehat dan membuat Anda merasa lebih baik.
Kenyamanan Anda di rumah sangat dipengaruhi kualitas istirahat Anda di atas tempat tidur. Tetapi bukan hanya itu. Simak tips lain dari Rumah.com yang akan membuat rumah dan apartemen Anda semakin cantik membuat rumah semakin cantik dan keluarga Anda betah di dalamnya.
Demikian ulasan mengenai jenis tempat tidur beserta panduan memilihnya yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membelinya. Dengan memperhatikan jenis dan tempat tidur sesuai ukuran akan semakin membantu Anda membeli sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini