Apa Itu Paviliun? Temukan Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Tim Editorial Rumah.com
Apa Itu Paviliun? Temukan Penjelasan Lengkapnya di Sini!
RumahCom – Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar tentang Paviliun? Dalam dunia arsitektur, paviliun adalah bangunan tambahan yang diposisikan secara terpisah atau sebagai lampiran ke bangunan utama. Paviliun bisa berupa bangunan taman kecil atau ruangan di atap rumah besar. Konsep ini yang sering digunakan pada abad ke-18. Biasa digunakan untuk rekreasi dan relaksasi. Beberapa bahkan digunakan sebagai rumah perjamuan.
Sekarang, paviliun memiliki berbagai kegunaan seperti untuk peneduh di samping kolam renang dan di halaman belakang rumah. Secara modern, paviliun di halaman belakang juga bisa dimanfaatkan dalam banyak cara. Misalnya, dengan ide desain paviliun yang populer termasuk dapur luar ruangan, bar tepi kolam renang, dan ruang makan di halaman belakang.
Beberapa pemilik rumah melampirkan bagian dari paviliun mereka untuk kolam renang atau tempat untuk menyimpan peralatan. Sementara bagi pemilik properti, paviliun komersial adalah pilihan populer untuk area piknik dan ruang acara outdoor. Ide yang menarik bukan?
  • Apa Itu Paviliun?
  • Bedanya Paviliun dengan Kos-Kosan
  • Keunggulan dan Kekurangan Memiliki Paviliun di Rumah
  • Tips Membangun Paviliun pada Lahan Terbatas

Apa Itu Paviliun?

Paviliun dapat digunakan sebagai tempat berteduh, tempat duduk, titik pertemuan,dan banyak lagi.
Paviliun adalah ruang terbuka berarsitektur fleksibel yang mengundang orang untuk masuk dan menghabiskan waktu di dalamnya. Paviliun bisa bersifat sementara atau permanen dan bahkan mungkin berubah bentuk dan fungsinya. Paviliun dapat digunakan sebagai tempat berteduh, tempat duduk, titik pertemuan, kafe, teater, atau untuk kuliah, acara, pameran, olahraga, bermain, relaksasi, bekerja, dan banyak lagi.
Ketika memutuskan membangun paviliun, berarti Anda akan segera memiliki ruang luar baru untuk dinikmati sepuasnya. Membayangkan bagaimana Anda akan menggunakan ruang baru Anda dapat membantu mempersempit pilihan Anda lebih jauh. Sebelum memesan paviliun halaman belakang, Anda perlu menentukan ukuran dan lokasi struktur Anda. Kit paviliun mudah dipasang di dek atau teras yang ada, atau Anda dapat membangun paviliun di teras paver bata atau pelat beton.
Meskipun ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan paviliun terbaik untuk ruang luar Anda, lebih mudah untuk mempersempit pilihan dengan dasar-dasarnya. Melihat gaya yang menarik bagi Anda, memutuskan bagaimana Anda akan menggunakan paviliun Anda, menentukan ukuran terbaik dan menjelajahi bahan, fitur, dan opsi dapat membantu memastikan Anda menyukai paviliun baru Anda dan menghargai waktu yang Anda habiskan untuk menggunakannya selama bertahun-tahun yang akan datang.

Bedanya Paviliun dengan Kos-Kosan

Paviliun sering disebut juga dengan rumah kecil atau kontrakan.
Istilah paviliun dan kost saat ini sering dianggap mirip dan memang hanya beda-beda tipis saja. Seperti yang telah dijelaskan di atas, paviliun adalah bangunan yang terpisah dari rumah induk. Bisa diartikan juga sebagai rumah tunggal yang lengkap dengan kamar mandi serta kamar tidur. Tak mengherankan, paviliun sering disebut juga dengan rumah kecil atau kontrakan. Biasanya bersanding dengan rumah utama. Sehingga memang berdesain menempel pada bangunan utama, namun ada juga yang terpisah.
Untuk bangunan yang menempel pada bangunan utama, biasanya ada akses dari dalam rumah menuju paviliun. Namun untuk paviliun terpisah biasanya dibangun jalan setapak untuk menghubungkannya dengan rumah utama. Perbedaan paviliun dan kost tentu saja pada segi bangunan. Kost hanyalah kamar atau ruangan.
Sekarang ini banyak orang membangun paviliun untuk dijadikan kost-kostan. Sehingga bisa menjadi investasi atau mendatangkan keuntungan. Paviliun biasanya ditinggali mereka yang sudah berkeluarga. Sehingga seperti tempat tinggal sendiri. Dalam paviliun tersebut hanya terdapat satu keluarga saja dan tidak ada orang lain lagi yang tinggal di sana selain pemilik paviliun. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini perbedaan antara paviliun dengan kost.
Bangunan
Paviliun Berbentuk rumah
KostHanya kamar atau ruangan.
Bayar Sewa
PaviliunSewanya per tahun
KostSewanya bulan
Profil Penghuni
PaviliunUntuk keluarga, tentunya memilih paviliun adalah hal yang tepat karena memudahkan aktivitas para anggota.
KostDihuni secara pribadi dan lajang
Ukuran
PaviliunPaviliun atau rumah kontrakan lebih luas.
KostFasilitasnya hanya berbentuk kamar, sehingga ruangannya juga lebih sempit.
Biaya
PaviliunBerbentuk rumah untuk yang ingin menyewa dan segala keperluan baik biaya listrik dan air, menjadi tanggung jawab penghuni paviliun.
KostBiaya tidak ditanggung sendiri. Meskipun menggunakan listrik dan air tapi harga yang terbayar hanyalah biaya kost.
Lokasi
PaviliunUmumnya menempel dengan rumah utama pemilik atau area tersendiri yang berbentuk rumah pribadi keluarga.
KostBerada di dekat perkuliahan, kantor-kantor, pabrik, dan mall-mall.
Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu paviliun. Sama halnya dengan rumah, paviliun adalah bangunan tambahan yang bersebelahan dengan bangunan utama. Jika Anda ingin membangun sebuah paviliun di rumah yang ingin Anda beli, bisa cek daftar tanah dijual di kawasan Citayam dibawah Rp1 miliar berikut ini!

Keunggulan dan Kekurangan Memiliki Paviliun di Rumah

Memiliki paviliun bisa meningkatkan nilai jual rumah.
Jika Anda berpikir memiliki paviliun ke halaman belakang guna menambah nilai rumah, mungkin Anda bertanya-tanya apakah itu sepadan dengan uang yang akan dikeluarkan? Jawabannya adalah seperti lazimnya renovasi rumah, memiliki struktur luar ruangan dapat menjadi investasi yang meningkatkan kualitas hidup Anda sekarang. Bahkan, kedepannya bisa meningkatkan nilai jual kembali rumah Anda.
Memang dengan membangun paviliun di rumah Anda, secara teknis tidak akan diperhitungkan dalam total luas persegi rumah Anda. Tapi, paviliun menawarkan privasi dan fungsionalitas ruangan dalam ruangan. Plus, hampir semua paviliun ruangan dapat dilengkapi dengan furnitur, pencahayaan, dan tambahan hiburan yang memberi rumah Anda ruang luar tambahan. Ruangan luar baru Anda akan segera menjadi favorit semua orang.
Buat Anda yang masih ragu untuk membangun paviliun di rumah Anda, berikut ini keunggulan dan kekurangan dari memiliki paviliun di rumah Anda:
KeunggulanKekurangan
Dalam hal nilai jual kembali untuk rumah Anda, semakin besar paviliun Anda, semakin besar daya tariknya. Terutama selama paviliun tersebut disesuaikan dengan baik dengan elemen halaman belakang lainnya dan menyatu dengan lanskap sekitarnya.Paviliun umumnya menjadi opsi yang mahal. Namun, ada begitu banyak pilihan untuk dipilih dalam ukuran, gaya dan bahan (kayu tradisional atau vinil bebas perawatan, sirap atau atap logam) ditambah tambahan seperti kubah dan baling-baling cuaca, mudah untuk memanipulasi titik harga antara ketiganya. pilihan untuk mendukung anggaran individu.
Keteduhan dan perlindungan penting Memiliki paviliun membuat Anda lebih menyenangkan untuk berada di luar ruangan dengan berbagai fitur yang dirancang untuk menciptakan keteduhan, menawarkan perlindungan dari hujan ringan, dan bahkan menjauhkan serangga yang mengganggu. Paviliun juga merupakan pilihan yang bagus untuk perlindungan terhadap hujan ringan.Membangun paviliun akan memerlukan tambah tirai atau tirai untuk melindungi interior dari sinar matahari atau hujan lebat. Tidak ada perlindungan dari serangga terbang atau serangga bersarang.
Keserbagunaan Apakah Anda suka menghibur atau hanya menikmati menghabiskan waktu di luar ruangan?Memiliki paviliun dapat menambah keserbagunaan ruang halaman belakang Anda, berubah untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup Anda. Paviliun adalah pilihan yang sangat baik untuk hiburan di luar ruangan, dengan atap tertutup dan ruang terbuka untuk peralatan dapur luar ruangan.Memerlukan pemilihan lokasi yang cermat di daerah-daerah di mana angin kencang sering terjadi dan/atau pengamanan rekayasa tambahan dari kasau/atap ke komponen pendukung.
Daya tarik unik Paviliun menciptakan daya tarik arsitektural, dengan tiang yang kuat dan konstruksi balok terbuka yang menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.Terlepas dari gaya yang Anda pilih, paviliun baru Anda akan meningkatkan ruang hidup Anda, mendorong Anda dan keluarga untuk lebih sering menikmati alam bebas.Kurangnya privasi.

Tips Rumah.com

Paviliun dapat digunakan sebagai tempat berteduh, tempat duduk, titik pertemuan, kafe, teater, atau untuk kuliah, acara, pameran, olahraga, bermain, relaksasi, bekerja, dan banyak lagi.

Tips Membangun Paviliun pada Lahan Terbatas

Perencanaan yang cermat sangat penting untuk memastikan Anda menikmati paviliun selama bertahun-tahun. (Foto: Pexels – Titus Hunter)
Menambahkan paviliun baru ke halaman belakang Anda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat yang menambah nilai rumah Anda. Namun, perencanaan yang cermat sangat penting untuk memastikan Anda menikmati paviliun ruang baru Anda selama bertahun-tahun yang akan datang, terutama dengan lahan yang terbatas. Dengan mengikuti panduan ini, semoga dapat membantu memastikan kelancaran pemasangan paviliun baru Anda.

Tentukan Penempatan

Jika Anda berencana untuk menambahkan paviliun ke halaman belakang Anda, Anda mungkin sudah memiliki beberapa ide tentang ke mana Anda membangunya. Namun, Anda sebaiknya mengevaluasi lokasi ini dengan cermat untuk memastikannya memenuhi kebutuhan Anda dan menyediakan lingkungan terbaik untuk struktur yang Anda bangun.
Anda akan ingin memilih area yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan untuk paviliun baru Anda. Jika memungkinkan, pilih situs yang terletak di pusat untuk mendorong sosialisasi dan hiburan. Jika privasi adalah tujuannya, pilih lokasi yang lebih terpencil di dekat pagar, semak-semak, atau pohon untuk memberikan tempat yang tenang untuk relaksasi dan refleksi. Jika Anda membayangkan menikmati kopi pagi atau makan malam yang tenang di bangunan baru Anda, mungkin bijaksana untuk membangunnya di dekat rumah untuk akses yang lebih mudah.

Lakukan Pengukuran untuk Ukuran yang Tepat

Setelah Anda memutuskan penempatan paviliun Anda, inilah saatnya untuk melakukan beberapa pengukuran. Anda ingin mengukur panjang dan lebar area untuk mempersempit pilihan ukuran Anda. Anda juga harus melihat bagaimana potensi ketinggian struktur akan mempengaruhi elemen lain di halaman Anda.
Pastikan untuk memperhitungkan ruang apa pun yang mungkin Anda perlukan untuk berjalan di sekitar paviliun ke area lain di halaman atau taman Anda. Berdasarkan area yang Anda miliki, Anda harus dapat mempersempit pilihan ukuran untuk struktur yang Anda pertimbangkan.

Persiapan Lokasi yang Cermat

Hal ini diperlukan untuk memastikan stabilitas dan kenikmatan dari paviliun luar ruangan Anda. Teknik persiapan lokasi yang tepat bergantung pada ukuran dan jenis struktur yang Anda pasang.
Anda dapat memilih agar perusahaan yang membangun struktur Anda mempersiapkan lokasi atau menyewa kontraktor untuk menangani tugas ini. Namun, tergantung pada strukturnya, Anda dapat menghemat sejumlah besar uang dengan menangani setidaknya beberapa pekerjaan persiapan sendiri. Paviliun harus dipasang di atas pondasi beton atau pondasi tiang menerus yang menopang struktur.
Tonton video berikut ini untuk mencari tahu perbedaan SHM dan HGB!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini