10 Perumahan dengan Harga Terjangkau di Surabaya

Surabaya telah menjadi kota metropolitan yang serba ada dan lengkap. Simak pilihan hunian untuk Anda yang tertarik pindah ke kota pahlawan.
Rumah_Surabaya Foto Utama

RumahCom – Dilansir dari Liputan6.com populasi penduduk di Surabaya sudah lebih dari 3 juta orang, dan kota ini telah menjadi kota metropolitan yang serba ada dan lengkap. Selain itu, Surabaya juga telah menjadi pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Indonesia. Bahkan, kota yang terkenal maju dan bersih ini pun masuk dalam daftar kota terbaik untuk berbisnis di Indonesia, terutama bagi para investor asing.

Secara geografis, kota ini juga memiliki keunggulan sebagai sentra kegiatan ekonomi, keuangan, dan bisnis. Kota yang dikenal dengan sebutan kota pahlawan ini tidak hanya menjadi pusat perdagangan lokal yang meliputi wilayah Jawa Timur, namun juga memfasilitasi wilayah-wilayah di Jawa Tengah, Kalimantan, dan kawasan Indonesia Timur.

Temukan fakta-fakta menarik serta panduan seputar kota Surabaya dan sekitarnya dalam artikel berikut ini, yaitu:

  1. Surabaya Semua Serba Ada
  2. Surabaya Tak Kalah dengan Jakarta
  3. Tips Beli Rumah di Surabaya
  4. 10 Perumahan dengan Harga Terjangkau di Surabaya

1. Surabaya Semua Serba Ada

Meski belum sepadat Jakarta, Surabaya menjadi salah satu kota metropolitan yang diminati oleh para pendatang yang berasal dari luar Pulau Jawa. (Foto: timesindonesia.co.id)

Meski belum sepadat Jakarta, Surabaya menjadi salah satu kota metropolitan yang diminati oleh para pendatang yang berasal dari luar Pulau Jawa. (Foto: timesindonesia.co.id)

Ibukota provinsi Jawa Timur ini memiliki beragam fasilitas dan infrastruktur yang super lengkap. Apapun yang Anda inginkan di kota ini, akan serba ada dan tersedia cukup banyak dan beragam. Inilah fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki Surabaya.

a. Jalan tol

Sejak tahun 1986, provinsi Jawa Timur telah memiliki jalan tol pertama, yaitu tol Surabaya-Gempol yang menjadi penghubung antara kota Surabaya ke Gempol dan kini aksesnya meluas hingga ke Pandaan (Gempol-Pandaan) dan Pasuruan (Gempol-Pasuruan). Meski telah lama ada, keberadaan tol yang membentang sepanjang 45 km ini menjadi akses vital kota Surabaya untuk perjalanan darat menuju kota-kota di wilayah Jawa Timur lainnya.

Apalagi sejak Jalan Tol Trans Jawa (Surabaya-Gempol-Banyuwangi) diresmikan, perjalanan darat dari Jakarta menuju Surabaya kini makin cepat dan mudah. Kota Surabaya memiliki beberapa ruas jalan tol yang juga mencakup wilayah Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan), yaitu Surabaya-Mojokerto, Kertosono-Mojokerto, Surabaya-Gresik, Waru-Juanda, dan Krian-Legundi-Bunder-Manyar. Jembatan Suramadu sebelumnya juga menjadi akses masyarakat yang hendak menyeberang, baik dari arah Surabaya menuju Pulau Madura maupun sebaliknya.

b. Fasilitas pendidikan yang lengkap

Selain menjadi kota bersejarah dan maju dalam bidang ekonomi, Surabaya ternyata juga menjadi salah satu kota pendidikan di Indonesia. Banyak perguruan tinggi terbaik, baik negeri maupun swasta, yang menjadi magnet kaum muda dari berbagai penjuru daerah untuk melanjutkan studinya di Surabaya. Beberapa di antaranya adalah Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Surabaya, Universitas Kristen Petra, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, STIKOM Surabaya, STIE Perbanas Surabaya, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Merasa kesulitan saat nego dengan bank untuk pengajuan KPR? Simak tipsnya pada video berikut ini.

 

c.     Sarana kesehatan memadai

Selain dikelilingi fasilitas pendidikan yang lengkap, Surabaya juga memiliki sarana kesehatan yang memadai bahkan ada pula yang rumah sakit bertaraf internasional yang kualitasnya mampu menandingi kelas rumah sakit luar negeri, seperti rumah sakit di Singapura. Beberapa contohnya adalah RS Siloam Hopsital Surabaya, RS Husada Utama, dan RS Graha Amerta. Selain rumah sakit tersebut, masih banyak rumah sakit unggulan dan terbaik lainnya seperti RSU Katholik Surabaya (RKZ Surabaya), RSU Adi Husada Undaan, RSU Premier Surabaya, RSU Royal, RSIA Putri, RSU PHC Surabaya, dan lain-lain.

d. Sarana transportasi dan fasilitas pendukung lainnya

Kota Surabaya memiliki sarana transportasi dan fasilitas pendukung yang lengkap untuk memfasilitasi transportasi jalur laut, udara dan darat seperti pelabuhan, bandara dan terminal bus dan angkutan kota serta beberapa stasiun pemberhentian kereta api. Saat ini, Bandara Internasional Juanda yang berada di Sidoarjo. Sedangkan untuk transportasi laut, ada Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung.

Perjalanan darat menuju kota Surabaya bisa dilalui jalan tol dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti bus dan kereta api. Untuk stasiun KA, Surabaya memiliki 4 stasiun besar, yaitu Stasiun Wonokromo, Stasiun Gubeng, Stasiun Surabaya Kota, dan Stasiun Pasar Turi). Surabaya juga memiliki beberapa terminal bus dan angkutan kota aktif seperti Terminal Purabaya, Tambak Oso Wilangun, Joyoboyo, dan Bratang. Untuk mendukung pariwisata di Surabaya dan sekitarnya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melakukan pembangunan jalan tol wisata Sukorejo-Batu-Kediri, seperti informasi yang dilansir dari Bisnis.com.

2. Surabaya Tak Kalah dengan Jakarta

Patung Sura dan Baya yang dilambangkan oleh ikan hiu dan buaya menjadi salah satu landmark kota Surabaya. (Foto: tripadvisor.com)

Patung Sura dan Baya yang dilambangkan oleh ikan hiu dan buaya menjadi salah satu landmark kota Surabaya. (Foto: tripadvisor.com)

Ketika menginjakkan kaki di kota Surabaya, Anda pastinya akan langsung merasakan suasana kota modern yang nyaman selayaknya kota metropolitan lainnya. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap dan tak kalah dengan Jakarta.

a. Fasilitas belanja super megah

Mirip dengan Jakarta, Surabaya dikelilingi banyak mal besar yang selalu ramai dikunjungi pengunjung setiap hari. Salah satunya adalah Tunjungan Plaza (TP) yang juga terintegrasi dengan The Peak dan One Icon Residence. Karena itu, dua gedung tersebut termasuk sebagai gedung pencakar langit tertinggi di Surabaya dengan tinggi lebih dari 200 m. Selain TP, ada juga Pakuwon Mall sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.

b. Pusat kuliner yang ramai dan beragam

Selain surga belanja, Surabaya juga boleh dibilang sebagai gudangnya wisata kuliner khas. Mulai dari rujak cingur, lontong balap, kupang lontong, rujak uleg, sego pecel, sampai rawon. Jika Anda ingin mencicipi aneka kuliner khas daerah tanpa pindah-pindah tempat, kunjungilah Pakuwon Food Festival yang berada di Jalan Kejawan Putih Mutiara X, Mulyorejo, Surabaya. Atau, main-main ke Taman Gapura Walkway (G-Walk), yang berada di dalam wilayah perumahan Citraland dan dikenal sebagai “The Singapore of Surabaya” karena didesain mirip Singapura.

Tip Rumah
Sebelum membeli rumah di Surabaya, pastikan semua poin kebutuhan Anda terpenuhi. Mulai dari area yang dekat dengan pusat kota hingga hunian yang sejuk dan tenang.

c. Industrinya yang maju

Surabaya merupakan salah satu kawasan industri yang maju di Indonesia. Sejak tahun 1970-an, pemerintah mengembangkan kawasan industri di Jawa Timur hingga menjadi pusat bisnis terbesar sewilayah Indonesia bagian timur. Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) yang memanfaatkan lahan seluas 245 hektar di daerah Rungkut, menjadi kawasan segitiga emas karena lokasinya berdekatan dengan jalan tol, Bandara Juanda, dan Pelabuhan Tanjung Perak. Karena itulah Surabaya terkenal dan menjadi kawasan bisnis dan industri yang potensial.

d. Menjadi destinasi wisata yang menarik

Selain menjadi kota bersejarah dan memiliki daya tarik besar dalam bidang bisnis, Surabaya juga memiliki beragam obyek wisata modern sebagai sarana hiburan untuk masyarakat sekitar sekaligus memanjakan mata para wisatawan yang datang berkunjung. Beberapa di antaranya adalah Taman Bungkul, Taman Hiburan Rakyat (THR), House of Sampoerna, Surabaya North Quay, Kenjeran Park, Ciputra Waterpark, Hutan Bambu Keputih, Ekowisata Mangrove, Kebun Bibit, Surabaya Carnival Park, dan masih banyak lagi.

3. Tips Beli Rumah di Surabaya

Sejak zaman Hindia Belanda, Surabaya memang dibangun dan dikembangkan sebagai kota modern kedua setelah Batavia (nama dulu Jakarta).  (Foto: id.wikipedia.org)

Sejak zaman Hindia Belanda, Surabaya memang dibangun dan dikembangkan sebagai kota modern kedua setelah Batavia (nama dulu Jakarta).  (Foto: id.wikipedia.org)

Dengan segala dinamikanya, menetap di Surabaya juga membutuhkan strategi. Selain mulai beradaptasi dengan budaya dan bahasa setempat, ada baiknya Anda juga perlu mempertimbangkan kemudahan akses tempat tinggal dengan tempat Anda bekerja atau berbisnis nantinya.

Baca juga : Pahami Apa Itu Agunan & Cara Pengajuannya

Umumnya, pemukiman baru relatif masih sepi dan jarang ada tetangga. Selain itu, rumah-rumah baru yang berlokasi strategis biasanya harganya lebih mahal. Oleh karena itu, rumah second bisa menjadi opsi bagi Anda, karena selain lebih terjangkau, perumahan lama biasanya sudah lebih ramai dan ada banyak tetangga untuk interaksi sosial sehari-hari.

Pemilihan lokasi ini memiliki peranan penting dalam kelancaran bisnis Anda tentunya. Beli rumah second dengan cara KPR pun boleh-boleh saja, asalkan Anda tahu syarat-syarat lengkapnya di sini.

4. 10 Perumahan dengan Harga Terjangkau di Surabaya

Pasar properti di Surabaya jauh lebih baik dibandingkan pasar properti di Jakarta. (Foto : beritasatu.com)

Pasar properti di Surabaya jauh lebih baik dibandingkan pasar properti di Jakarta. (Foto : beritasatu.com)

Inilah 10 perumahan yang dijual dengan harga terjangkau (di bawah Rp 600 juta) yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menetap di Surabaya.

1

Gunung Anyar, Gununganyar, Surabaya, Jawa Timur

Rp500 juta

50 m² / 53 m²

-  Dekat rencana jalan OERR atau Jalan Lingkar Luar Timur.

-  10 menit dari MERR

-  5 menit dari UPN

-  10 menit ke Pintu Tol/Bandara Juanda

 

2

Rungkut Pandugo MERR, Surabaya

Rp450 juta

 

50 m² / 32 m²

- 5 Menit ke Jalur MERR

- 10 Menit ke Rencana Jalur OERR

- 5 Menit ke Kampus UPN - Puri Mas

- 5 Menit ke Kampus STIKOM, Perbanas

- 7 Menit ke McD, Richeese

- 7 Menit ke Giant Supermarket

- 15 Menit ke Industri n Perkantoran SIER

- 15 Menit ke Transmart

- 15 Menit ke Kampus UBAYA

- 15 Menit ke Pintu Tol Pondok Candra

- 15 Menit ke Kampus UNTAG, UNITOMO

- 20 Menit ke Bandara Juanda T1 T2

- 20 Menit ke Galaxy Mall

- 25 Menit ke Kampus UNAIR Kampus A, B, C

- 25 Menit ke Kampus UK Petra

- 30 Menit ke Kampus ITS

3

Gunung Anyar Tambak, Surabaya, Jawa Timur

Rp300 juta,

 

100 m² / 72 m²

-  Dekat akses OERR

-  10 Menit dari MERR, Gunung Anyar

-  Selangkah T2 & T3 Bandara Djuanda

4

Sedati, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur

Rp278 juta,

Rp1,38 juta/bulan

45   ² / 75 m²

-  Perumahan Syariah

-  Row jalan masuk 10 m

- Dekat Bandara Juanda

- Berbasis ICT

- Fasilitas Akses Wifi Area

- Masjid besar berkonsep arsitektur Masjid Nabawi

- Sport Center

- Sekolah islam terpadu

- Taman Hijau

5

Rungkut, Surabaya, Jawa Timur

Rp269 juta,

Rp1,33 juta/bulan

48 m² / 32 m²

- 5 Menit ke Jalur MERR

- 10 Menit ke Rencana Jalur OERR

- 5 Menit ke Kampus UPN - Puri Mas

- 5 Menit ke Kampus STIKOM, Perbanas

- 7 Menit ke McD, Richeese

- 7 Menit ke Giant Supermarket

6

Tambak Cemandi, Gunung Anyar Tambak, Gubeng, Sidoarjo, Surabaya, Jawa Timur

Rp400 juta,

Rp1,98 juta/bulan

54   m² / 72 m²

 

-  Dekat akses OERR

-  Fasilitas Superblock, clubhouse, foodcourt

7

Jl Banjar Kemuning, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur

Rp350 juta,

 

40 m² / 72 m²

Lokasi strategis selangkah menuju MERR, OERR dan Bandara Juanda T3.

8

Menganti, Gresik, Surabaya, Jawa Timur

Rp 400 juta,

Rp1,98 juta/bulan

45 m² / 75 m²

- Dekat JLLB

- Dekat Mall Pakuwon

- Dekat Pasar Menganti

- Dekat G walk

- Dekat UNESA

9

Gunung Anyar Tambak, Surabaya, Jawa Timur

Rp575 juta,

Rp2,84 juta/bulan

52 m² / 48 m²

-   10 menit dari MERR

-   5 menit dari UPN

-   10 menit ke Pintu Tol

-   50 meter ke rencana jalan JLLT/OERR

-   Row jalan 4 -8 meter

10

Kepatihan Benowo Surabaya, Benowo, Surabaya, Jawa Timur

Rp465 juta,

Rp2,3 juta/ bulan

40 m² / 60 m²

- Pasar Benowo & Pasar Menganti

- Terminal Benowo

- Indomaret & Alfamaret

- Rumah Sakit

- Sentral Industri

- 15 Menit Exit Tol Cerme

- 15 Menit ke Kota Surabaya

- 20 Menit ke Kota Gresik

Belum menemukan pilihan untuk Anda dan keluarga? Lihat daftar rumah yang dijual lainnya dengan menelusuri tautan berikut ini.

100 Perumahan Harga Terjangkau di Indonesia

Panduan dan Referensi

100 Perumahan Harga Terjangkau di Indonesia

Temukan lebih banyak panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

AreaInsider

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Hunian Baru Di Bawah Rp450 Juta

Masukan