10 Perumahan dengan Harga Terjangkau di Tangerang Selatan

Tangerang Selatan bisa dibilang merupakan wilayah yang cukup strategis untuk berburu hunian ataupun properti.
Perumahan Tangsel Foto Utama

RumahCom – Bukan hanya letaknya yang dekat dari Jakarta, Tangerang Selatan atau lebih sering disebut dengan Tangsel juga semakin berkembang menjadi pusat bisnis, pekerjaan, pendidikan, maupun hiburan. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan Kota Tangerang Selatandalam merintis pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Jabodetabek ikut mendorong semakin tingginya minat pengembang membangun kawasan hunian di kota tersebut. Demikian juga dengan para pemburu hunian yang semakin menjadikan Tangsel sebagai incaran ketika ingin membeli rumah.

Selain karena perkembangannya yang pesat, terutama pada sektor perdagangan dan properti, terdapat banyak alasan mengapa kota ini layak Anda lirik ketika hendak membeli rumah. Ulasan ini akan membantu Anda menemukan perumahan terbaik dengan harga terjangkau di Tangsel. Artikel ini akan berisi ulasan mengenai:

  1. Mengenal Kota Tangerang Selatan yang Semakin Populer
    1. Sejarah kota Tangerang Selatan
    2. Wilayah-wilayah di kota Tangerang Selatan
  2. Selalu Diminati, Keuntungan Beli Rumah di Tangerang Selatan
    1. Pembangunan infrastruktur yang masif
    2. Investasi properti yang menjanjikan
    3. Pusat pendidikan
    4. Pusat perbelanjaan dan hiburan
    5. Akses mudah
  3. Pilih Beli Rumah Cash atau Kredit? Ini Jawabannya
    1. Keuntungan dan kekurangan membeli rumah cash
    2. Keuntungan dan kekurangan membeli rumah secara kredit
  4. Daftar 10 Perumahan Harga Terjangkau di Tangerang Selatan

1. Mengenal Kota Tangerang Selatan yang Semakin Populer

Caption: Kota Tangerang Selatan merupakan pemekaran dari Kabupaten Tangerang. (Foto: Tangselmedia.com)

Caption: Kota Tangerang Selatan merupakan pemekaran dari Kabupaten Tangerang. (Foto: Tangselmedia.com)

Sebelum mengulas tentang daftar perumahan dengan harga terjangkau di Tangsel, sebaiknya Anda mengetahui seluk-beluk kota ini, termasuk sejarah dan wilayah-wilayahnya berikut ini.

1. Sejarah Kota Tangerang Selatan

Secara administratif, Kota Tangerang Selatan termasuk dalam wilayah Provinsi Banten. Kota ini terletak 30 km sebelah barat Jakarta dan 90 km sebelah tenggara Serang yang merupakan ibukota Provinsi Banten. Pada awalnya, seperti dilansir dari Tangerangselatankota.go,id, Kota Tangerang Selatan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Tangerang. Pemekaran dan pembentukan kota ini merupakan inisiatif warga di kawasan Tangerang Selatan.

Pada tanggal 27 Desember 2006, DPRD Kabupaten Tangerang menyetujui terbentuknya Kota Tangerang Selatan. Kemudian pada 29 Oktober 2008, pembentukan Kota Tangerang Selatan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia pada saat itu.

Meskipun dari segi umur terbilang masih muda, jumlah penduduk kota ini tercatat sebagai kota terbesar kedua di Provinsi Banten setelah Kota Tangerang. Kota ini juga menjadi kota terbesar keenam di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, dan Depok.

100 Perumahan Harga Terjangkau di Indonesia

Panduan dan Referensi

100 Perumahan Harga Terjangkau di Indonesia

2. Wilayah-wilayah di kota Tangerang Selatan

Pembentukan Kota Tangerang Selatan disertai dengan keputusan mengenai daerah-daerah yang masuk ke dalam wilayah Kota Tangerang Selatan. Berdasarkan keputusan DPRD pada 27 Desember 2006, ditetapkan Kecamatan Ciputat sebagai pusat pemerintahan wilayah Tangerang Selatan dan membawahi 7 kecamatan, yaitu:

  • Kecamatan Ciputat yang membawahi 7 kelurahan yaitu Cipayung, Ciputat, Jombang, Sawah Baru, Sawah Lama, Serua, dan Serua Indah.
  • Kecamatan Ciputat Timur yang membawahi 6 kelurahan yaitu Cempaka Putih, Cireundeu, Pisangan, Pondok Ranji, Rempoa, dan Rengas.
  • Kecamatan Pamulang yang membawahi 8 kelurahan yaitu Bambu Apus, Benda Baru, Kedaung, Pamulang Barat, Pamulang Timur, Pondok Benda, Pondok Cabe Ilir, dan Pondok Cabe Udik.
  • Kecamatan Pondok Aren yang membawahi 11 kelurahan yaitu Jurangmangu Barat, Jurangmangu Timur, Pondok Kacang Barat, Pondok Kacang Timur, Perigi Lama, Perigi Baru, Pondok Aren, Pondok Karya, Pondok Jaya, Pondok Betung, dan Pondok Pucung.
  • Kecamatan Serpong yang membawahi 9 kelurahan yaitu Buaran, Ciater, Cilenggang, Lengkong Gudang, Lengkong Gudang Timur, Lengkong Wetan, Rawa Buntu, Rawa Mekar Jaya, dan Serpong.
  • Kecamatan Serpong Utara yang membawahi 7 kelurahan yaitu Lengkong Karya, Pakualam, Jelupang, Paku Jaya, Pakulonan, Pondok Jagung, dan Pondok Jagung Timur.
  • Kecamatan Setu yang membawahi 6 kelurahan yaitu Babakan, Bakti Jaya, Kademangan, Keranggan, Muncul, dan Setu.

2. Selalu Diminati, Keuntungan Beli Rumah di Tangerang Selatan

Caption: Salah satu kelebihan kota Tangerang Selatan adalah terdapat banyak pusat bisnis dan perbelanjaan. (Foto: Aeonmall-bsdcity.com)

Caption: Salah satu kelebihan kota Tangerang Selatan adalah terdapat banyak pusat bisnis dan perbelanjaan. (Foto: Aeonmall-bsdcity.com)

Kemajuan Kota Tangerang Selatan dalam hal ekonomi dan pembangunan properti menjadi magnet terbesar bagi masyarakat untuk membeli rumah di kawasan ini. Selain dua hal tersebut, masih terdapat banyak keuntungan jika membeli rumah di Tangsel.

1. Pembangunan infrastruktur yang masif

Sebagai pemerintahan yang masih baru, Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus melakukan pembangunan infrastruktur secara masif di wilayah ini. Pembangunan infrastruktur tersebut antara lain pembangunan jalan, rumah sakit, pasar, sekolah, serta fasilitas publik lainnya.

2. Investasi properti yang menjanjikan

Berkembangnya perekonomian di Kota Tangerang Selatan memang pesat terutama pada sektor perdagangan dan properti. Wilayah ini mempunyai fasilitas perkotaan yang cukup lengkap ditambah dengan beberapa upaya pengembang besar untuk bidang properti. Anda bisa menyaksikan barisan pusat bisnis dan pusat perbelanjaan berkelas internasional mulai menghiasi jalan-jalan protokol yang terdapat di Kota Tangerang Selatan. Beberapa dari developer pun berlomba-lomba menawarkan perumahan berkonsep mewah dan berkelas.

Tidak salah jika ada yang menjuluki kota Tangerang Selatan sebagai kawasan elit. Alasannya, hampir 80% wilayah Kota Tangerang Selatan adalah real estate. Ditambah lagi sebagian besar kota ini dikelilingi kompleks kalangan kelas atas seperti Bintaro Jaya, BSD City, Summarecon, Paramount, Gading Serpong, dan Alam Sutera.

Investasi properti pun menjadi investasi yang menjanjikan di kota ini. Anda bisa berinvestasi dalam berbagai bentuk atau jenis properti, contohnya kos-kosan, rumah, aparteman, atau dalam bentuk tanah. Semua bentuk investasi properti di wilayah kota Kota Tangerang Selatan diprediksi harganya semakin melejit tiap tahun.

Baca juga: Rumah.com Consumer Sentiment Survey Semester II – 2020: Temuan Utama

3. Pusat pendidikan

Kota Tangerang Selatan juga menjadi kota favorit pada penuntut ilmu. Hal ini karena ada sekitar 20 perguruan tinggi di wilayah ini, antara lain Politeknik Keuangan Negara STAN, UIN Syarif Hidayatullah, Swiss German University (SGU), Institut Ilmu Quran (IIQ), BINUS, STIE Multimedia Nusantara, Prasetya Mulya, Universitas Pamulang, Universitas Pembangunan Jaya, dan lain sebagainya. Pembenahan infrastruktur dalam bidang pendidikan juga turut digenjot dengan pembangunan sekolah-sekolah. Keberadaan institusi pendidikan berkualitas yang menjamur turut menambah minat masyarakat terhadap properti di Tangerang Selatan.

4. Pusat perbelanjaan dan hiburan

Kota Tangerang Selatan adalah surganya belanja dan hiburan. Di kota ini terdapat beberapa pusat perbelanjaan dan hiburan besar yang cukup populer seperti Bintaro Jaya eXchange, AEON Mall, Teraskota, IKEA, dan Qbig City turut meningkatkan popularitas kota ini dan mendongkrak harga properti.

5. Akses mudah

Letak Kota Tangerang Selatan memang sangat strategis. Akses menuju semua wilayahnya juga mudah dengan adanya berbagai jenis fasilitas umum yang bisa digunakan seperti angkot, bus, dan Commuter Line dengan stasiun-stasiun yang mudah dijangkau. Jalan raya di wilayah ini juga terus dibenahi dan dibarengi dengan pembangunan jalan tol agar transportasi semakin lancar. Contohnya adalah Pembangunan Tol Serpong–Balaraja yang menyambungkan tol Ulujami-Serpong Kota Tangerang Selatan dengan Kabupaten Tangerang.

3. Pilih Beli Rumah Cash atau Kredit? Ini Jawabannya

Caption: Anda sebaiknya mengetahui keunggulan sekaligus kekurangan dari setiap jenis pembayaran rumah. (Foto: Pexels)

Caption: Anda sebaiknya mengetahui keunggulan sekaligus kekurangan dari setiap jenis pembayaran rumah. (Foto: Pexels)

Selain lokasi, salah satu hal yang penting dipertimbangkan sebelum membeli sebuah rumah adalah harga dan pembiayaannya. Setelah mengetahui harga dan pembiayaan, muncul pertimbangan lain, apakah lebih baik membeli rumah secara cash atau kredit? Karena itu, sebaiknya Anda mengetahui keunggulan sekaligus kekurangan dari setiap jenis pembayaran. Simak ulasannya berikut ini.

1. Keuntungan dan kekurangan membeli rumah cash

Keuntungan membeli rumah secara cash antara lain:

  • Anda tidak harus pusing memikirkan cicilan.
  • Harga tidak dikenakan bunga cicilan sama sekali.
  • Harga rumah dapat ditekan dengan cara melakukan negosiasi dengan pengembang.
  • Rumah ready stock atau rumah bekas dapat langsung ditempati.
  • Umumnya penjual rumah lebih menyukai calon pembeli yang membayar tunai daripada mencicil.
  • Surat-surat rumah dapat langsung dimiliki, bahkan dapat dijadikan jaminan ke bank.

Sementara itu, kekurangan membeli rumah secara cash antara lain:

  • Harga rumah sangat besar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengumpulkan uang, apalagi bagi yang berpenghasilan pas-pasan.
  • Apabila di kemudian hari diketahui kepemilikan rumah tersebut bermasalah, bukan tidak mungkin uang yang telah Anda bayarkan bisa menguap dalam waktu sekejap.

Ingin membeli rumah yang lokasinya dekat stasiun kereta api? Simak dahulu tipsnya pada video berikut ini.

 

2. Keuntungan dan kekurangan membeli rumah secara kredit

Keuntungan membeli rumah secara kredit antara lain:

  • Anda tidak perlu menabung dalam jumlah besar untuk membeli rumah. Namun, Anda perlu mempersiapkan dana untuk membayar uang muka.
  • Membeli rumah secara kredit akan terasa lebih ringan karena tidak harus mempersiapkan dana sebesar dibandingkan dengan membeli rumah secara tunai.
  • Semakin besar uang muka yang dibayarkan atau semakin lama jangka waktu pembayaran, uang cicilan akan semakin kecil.
  • Rumah dapat langsung ditempati atau disewakan untuk melunasi cicilan.
Tip Rumah
Mengenai uang muka rumah, tak sedikit orang mengaku kesulitan dalam mengumpulkannya. Jika Anda juga merasakan hal yang sama, mulailah menentukan anggaran bulanan, lalu kurangi pengeluaran berdasarkan skala prioritas.

Sementara itu, kekurangan rumah secara kredit antara lain:

  • Semakin lama jangka waktu pembayaran, semakin besar bunga yang harus dibayarkan.
  • Harga rumah yang harus dibayarkan menjadi lebih mahal daripada harga asli jika dibeli secara cash.
  • Jika Anda kehilangan kesulitan dan tersendat dalam mencicil, pihak bank berhak menyita rumah Anda atau dijual untuk melunasi utang cicilan.
  • Proses pengajuan cicilan KPR terkadang sulit dan berbelit-belit, meskipun Anda sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan.
  • Surat-surat rumah dan tanah akan ditahan pihak bank sampai Anda selesai mencicil rumah tersebut secara lunas.
  • Jika Anda mempunyai dana untuk melunasi seluruh sisa cicilan di tengah jalan, Anda diperbolehkan melunasinya namun akan dikenakan penalti.
  • Suku bunga fluktuatif sehingga cicilan bulanan berisiko bertambah mahal setiap tahun.

Baca juga: Cara Mengumpulkan DP Rumah

4. Daftar 10 Perumahan Harga Terjangkau di Tangerang Selatan

Sebelum mengunjungi satu demi satu rumah incaran di Kota Tangerang Selatan, mari buat daftar perumahan dengan harga terjangkau di wilayah ini.

1

Jalan Raya Cisauk

390 juta

36 / 72

Dekat AEON Mall dan BSD City. Perumahan ini juga dekat dengan fasilitas kesehatan antara lain RS Selaras, Eka Hospital, dan RS Medika BSD. Fasilitas pendidikan juga banyak tersebar di sekitarnya.

 

2

Jl. Raya Pendidikan, Serpong, Tangerang Selatan

580 juta

50 / 72

Fasilitas open view gym, taman bermain anak, CCTV, dan fasilitas keamanan 24 jam. Di dekatnya juga terdapat rumah sakit dengan fasilitas lengkap, seperti RS Asih Ciputat, Eka Hospital, dan Medika BSD.

 

3

Cilalung, ciputat, Ciputat, Tangerang Selatan

385 juta

40 / 63

Aksesnya mudah karena hanya 15 menit ke stasiun Sudimara dan dekat dengan Tol BSD yang bisa ditempuh dalam waktu 20 menit.

4

Jl. Kelapa Dua Kampung Babakan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan

575 juta

45 / 70

Dekat dengan fasilitas pendidikan seperti SMP AL Azhar, Global Islamic School, Universitas Pamulang, dan Insitut Teknologi Indonesia. Sementara untuk fasilitas kesehatan di dekatnya yaitu RS Hermina Serpong.

5

Rawa Kalong, Setu, Tangerang Selatan

406 juta

42 / 64

- Diakses dengan Commuter Line dari stasiun Rawa Buntu yang hanya berjarak 20 menit.

- Dekat exit tol BSD–Pamulang dan terminal Trans BSD.

- Dekat SMPN 20 Tangsel, SDN Bakti Jaya Tangsel, dan Global Islamic School Serpong.

6

Jl. Kelurahan Buaran, Serpong,

599 juta

50 / 60

- 5 Menit Tol BSD Dan JORR.
- 5 Menit Stasiun KA Rawa Buntu
- 7 Menit Stasiun KA Serpong.

7

Serpong, Tangerang Selatan

500 juta

50 / 65

- Akses transportasi dekat, mudah dan terjangkau

- 5 menit menuju jalan raya provinsi

- 10-15 menit Stasiun Kereta dan Gerbang Tol BSD

- Daerah Premium, Ramai, Fasilitas Lengkap

- Design Modern, Technology SmartHome

8

Setu, Serpong, Tangerang Selatan

511 juta

38 / 50

- 500 meter ke Masjid Asy-Syakirin
- 10 menit ke stasiun rawa buntu
- 15 menit ke pusat perbelanjaan BSD
- 15 menit ke pintu Tol BSD-Serpong
- 5 menit ke Serpong City Paradise
- 5 menit ke RS. Hermina Serpong

9

Pamulang, Tangerang Selatan

360 juta

45 / 75

- 10 menit rencana MRT Serpong

- 10 menit rencana tol JORR 3

- 10 menit ke jalan raya utama Pamulang

- 15 menit Stasiun Kereta Rawabuntu BSD

10

Jl Lestari Pamulang Barat, Tangerang Selatan

575 juta

42 / 60

- Dekat pintu tol BSD, Pasar Modern BSD dan akses cepat ke Pamulang dan Ciputat.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

AreaInsider

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Rumah Strategis Di Tangerang Selatan

Masukan