Piawai Mempersiapkan Rumah Pertama

couple searching a new big house, paper house with key
couple searching a new big house, paper house with key on wooden background

Tekad untuk membeli rumah baru pertama kalinya sudah semakin bulat. Anda pun menyusun sejumlah strategi untuk membuat rencana ini tak lagi sekedar omong kosong belaka.

Mulai dari mencari perumahan/klaster yang harganya sesuai kantong dan lokasinya tak jauh dari kantor, mengulik informasi seputar Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari berbagai sumber, hingga mencoba mengetahui suku bunga bank ter-update.

Nah, jika Anda berencana untuk membeli rumah dalam waktu dekat, selain menyiapkan dana, ada baiknya Anda juga mempersiapkan diri agar tidak kewalahan ketika saatnya tiba. Pasalnya, membeli rumah tak hanya memerlukan uang, tetapi juga waktu, tenaga, dan pengetahuan.

Lantas, apa saja yang sebaiknya dipersiapkan sebelum beli rumah?

Bayar Tagihan Tepat Waktu

Jika saat ini Anda memiliki cicilan lain seperti kartu kredit atau mobil, pastikan Anda selalu membayarnya tepat waktu.

Dengan cara ini, Anda akan mendapat penilaian yang baik saar BI Checking. Hal ini juga dapat membuat proses pengajuan pinjaman untuk kredit pemilikan rumah (KPR) menjadi lebih lancar.

Cari Info Lengkap Mengenai Pinjaman

Lakukan riset tersendiri dahulu sebelum Anda ke bank atau ke institusi pembiayaan lain. Saat ini ada beberapa jenis pinjaman yang berada di pasar. Cari tahu juga mengenai prosesnya.

Anda bisa mencari informasinya melalui portal properti seperti Rumah.com, atau bertanya kepada keluarga, teman, pengembang, atau pakar pembiayaan.

(Temukan informasi seputar perumahan baru hanya di rumah.com/review)

Hindari Membeli Sesuatu yang Besar

Jika beberapa bulan lagi Anda berencana mengajukan pinjaman untuk membeli rumah, jangan mengajukan pinjaman lain! Tagihan seperti cicilan mobil atau barang elektronik besar kemungkinan akan membuat Anda kesulitan untuk membayar.

Selain itu, ketika analisis mengecek keuangan, permohonan pinjaman Anda akan terlihat tidak pantas, karena pengeluaran dianggap melewati batas jumlah pendapatan.

Maksimal Tiga Pinjaman

Bank atau institusi pembiayaan yang ingin memberikan pinjaman biasanya ingin melihat Anda dapat menyeimbangkan semua tagihan dengan membayarnya tepat waktu. Pastikan Anda hanya memiliki tiga pinjaman, seperti kartu kredit, kredit mobil, dan kredit rumah.

Dengan begini analisis kredit akan yakin terhadap komitmen Anda dalam melunasi pinjaman.

Menabung untuk Down Payment (DP)

Biasakan diri Anda untuk mencicil setiap bulan. Sisihkan sebagian uang ketika tanggal gajian tiba sekaligus untuk menyiapkan dana uang muka (down Payment).

Bila rutin mengikuti cara ini, Anda tidak hanya menyiapkan diri secara finansial, karena biaya untuk sehari-hari otomatis menjadi berkurang, tetapi Anda juga sudah menyiapkan mental Anda untuk terbiasa disiplin membayar cicilan.

(Rumah minimalis harga terjangkau dengan DP rendah, cari di sini)

Memahami Batas Kredit

Anda sudah mengerti untuk tidak membeli sesuatu yang besar selain rumah Anda nanti. enam bulan sebelum Anda mengajukan permohonan, pastikan seluruh cicilan sudah terbayar dengan baik.

Dua bulan sebelum waktunya tiba, berhenti menggunakan semua pinjaman kredit Anda. Lebih baik gunakan uang tunai atau kartu debit jika Anda berencana membeli sesuatu.

Baca Selanjutnya

Masukan