Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI, Ini Caranya!

Tim Editorial Rumah.com
Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI, Ini Caranya!
RumahCom – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapat pinjaman dana. Selain melalui aplikasi pinjaman online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga keuangan resmi seperti bank juga bisa jadi opsi pilihan.
Dibandingkan pinjaman online, uang yang bisa diberikan bank umumnya lebih besar sehingga cocok bagi Anda yang butuh dana untuk pembiayaan usaha, pembelian kendaraan, sampai investasi.
Salah satu bank yang menyediakan layanan ini adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Namun perlu diperhatikan, jaminan yang harus diserahkan bernilai cukup tinggi yaitu sertifikat tanah/rumah. Bagi Anda yang tertarik dengan layanan ini, yuk simak artikel ini karena tim Rumah.com akan memberikan penjelasan detail tentang Pinjaman uang jaminan sertifikat tanah di BRI seperti berikut:
  • Cara Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI
  • Syarat Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI
  • Jenis-Jenis Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI
  • Keunggulan dan Kekurangan Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI

Cara Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI

Selain modal usaha, pinjaman dana ke bank bisa digunakan untuk pembelian konsumtif seperti kendaraan. (Foto: iStock – Noppon P)
Pinjaman uang jaminan sertifikat tanah di Bank BRI bisa dilakukan melalui beberapa program yang tersedia seperti Kredit Usaha Mikro (KUR) atau Kupedes BRI yang bisa diajukan oleh perseorangan atau usaha. Dengan bunga bersaing dan biaya administrasi mulai dari Rp10 ribu, Anda yang tertarik bisa datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat sambil membawa dokumen persyaratan dan ikuti tahapnya sebagai berikut:

1. Bawa Persyaratan Dokumen

Sebelum datang ke kantor BRI terdekat, pastikan Anda telah mengetahui dan melengkapi berkas yang menjadi persyaratan. Siapkan semuanya dalam satu map agar tidak tercecer dna bisa langsung diserahkan pada petugas. Dokumen yang tidak lengkap akan membuat proses pengajuan pinjaman dana jadi terhambat.

2. Isi Formulir Pengajuan

Sesampainya di BRI, ambil nomor antrian di petugas customer service. Sambil menunggu, biasanya petugas akan meminta Anda mengisi formulir pinjaman, dan isinya dengan jenis pinjaman yang ingin diajukan.

3. Pengajuan Pinjaman Diproses

Saat tiba giliran menyerahkan dokumen persyaratan, petugas akan memeriksa kelengkapannya dan segera memproses pengajuan pinjaman. Jika tidak ada kendala, Anda harus melalui proses verifikasi data dari dokumen yang diberikan dan melakukan survei.

4. Tunggu Keputusan BRI

Hasil dari verifikasi data yang dilakukan sebelumnya akan dijadikan bahan pertimbangan bank dalam menyetujui pinjaman Anda. Jika di tahap uji kelayakan, bank menilai nasabah memenuhi persyaratan dan tidak ditemukan kecurigaan lainnya, BRI akan menyetujui kredit yang diajukan.

5. Pinjaman Disetujui & Dicairkan

Tahap yang paling ditunggu, setelah disetujui pihak bank akan mengundang debitur untuk menandatangani perjanjian kredit dengan pihak BRI. Setelah itu dana pinjaman dicairkan ke rekening sesuai dengan nomor yang disetujui dan SHM atau SHGB akan ditahan bank sebagai agunan.
Mengajukan pinjaman dengan menjadikan sertifikat tanah sebagai jaminan bisa Anda lakukan. Namun pastikan semuanya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Nah, jika Anda sedang mencari rumah dijual di kawasan Citayam. Cek daftar huniannya di bawah Rp500 juta di sini!

Syarat Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Tanah di BRI

Slip gaji membantu bank mempertimbangkan apakah debitur memiliki penghasilan tetap untuk membayar angsuran.
Ketika melakukan pinjaman uang ke bank, pihak bank akan tetap melakukan survei dan juga BI Checking meskipun sertifikat tanah telah menjadi jaminannya. Langkah ini penting dilakukan untuk mengukur kemampuan bayar debitur sehingga menghindari risiko kredit macet dan tanah/bangunan disita akibat gagal bayar. Karena itu, selain sertifikat tanah bank juga menetapkan beberapa syarat dokumen yang harus dilengkapi jika ingin mengajukan pinjaman uang jaminan sertifikat tanah:
  • Fotokopi KTP;
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  • Fotokopi buku tabungan BRI;
  • Pas foto pasangan suami atau istri (bagi yang sudah menikah);
  • Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB);
  • Formulir permohonan pinjaman BRI;
  • Tidak memiliki riwayat masalah kredit;
  • Mempunyai bisnis yang sudah berjalan minimal 1 tahun;
  • Melampirkan surat izin usaha;

Tips Rumah.com

Pastikan tidak ada kredit yang menunggak atau gagal bayar sebelum mengajukan pinjaman dana ke bank agar permohonan tidak ditolak.

Jenis-Jenis Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI

Program KUR mikro cocok untuk pembiayaan usaha kecil seperti warung dan UMKM. (Foto: iStock – Edwin Tan)
Sebagai bank milik pemerintah terbesar di Indonesia, BRI menyediakan beberapa jenis pinjaman uang dengan jaminan sertifikat tanah yang bisa dipilih debitur antara lain:

1. KUPEDES BRI

KUPEDES BRI adalah kredit dengan bunga bersaing yang bersifat umum untuk semua sektor ekonomi. Jenis kredit ini ditujukan bagi individual (badan usaha maupun perorangan) yang memenuhi syarat dan dilayani di seluruh BRI Unit dan Teras BRI. Bagi calon debitur, keunggulan yang ditawarkan program ini adalah bunga bersaing, angsuran sesuai kebutuhan (bulanan/musiman, dll), adanya bonus bagi debitur yang melunasi tepat waktu sampai pemberian asuransi jiwa, kesehatan, kecelakaan, dan meninggal dunia.

2. KUR BRI

Kredit Usaha Mikro (KUR) adalah kredit modal kerja dan atau kredit investasi dengan batas atas kredit hingga Rp500 juta. Jenis kredit ini diberikan pada usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dengan bisnis produktif yang akan mendapat jaminan dari perusahaan penjamin. Melansir situs resminya, BRI memiliki 3 program Kredit Usaha Mikro yakni:
  • KUR Mikro Bank BRI
Kredit modal kerja dan atau investasi dengan plafon pinjaman sampai dengan Rp50 juta/debitur
  • KUR Kecil Bank BRI
Kredit modal kerja dan atau investasi pada debitur yang telah memiliki usaha produktif dan layak mendapatkan limit pinjaman lebih dari Rp50 juta sampai dengan Rp500 juta.
  • KUR TKI Bank BRI
Kredit yang khusus diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafon pinjaman hingga Rp25 juta.

3. KPR BRI

Terakhir, BRI memiliki program KPR sebagai salah satu sarana pinjaman uang jaminan sertifikat tanah. Menawarkan pinjaman hingga maksimal Rp10 miliar, debitur bisa membayar cicilan pembelian rumah dengan jangka waktu hingga 20 tahun.
Dengan minimal usia debitur 21 tahun, BRI menawarkan berbagai kemudahan melalui program ini antara lain DP minimal 10 persen, biaya administrasi 1 persen dari total pinjaman, biaya provisi 0,1 persen dan suku bunga yang bersaing. Jika ingin mengikuti program ini, persyaratan yang dibutuhkan antara lain identitas pemohon dan pasangan (KTP, KK, NPWP), pas foto, slip gaji, surat keterangan kerja, dan dokumen pendukung lainnya. Setelah melalui proses KPR dan disetujui bank, sertifikat tanah/rumah akan disimpan BRI sebagai jaminan.

Keunggulan dan Kekurangan Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan Sertifikat Tanah di Bank BRI

Pinjaman uang jaminan sertifikat rumah kurang sebanding untuk kredit dengan plafon kecil. (Foto: iStock – Roman P)
Adanya berbagai program pinjaman uang jaminan sertifikat tanah seperti yang dimiliki BRI sangat membantu masyarakat dalam memenuhi pembiayaan produktif dan konsumtif. Namun, di samping banyaknya produk pinjaman dana yang disediakan, tetap ada keunggulan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengajukan permohonan. Apa saja? Simak rangkuman selengkapnya dalam tabel berikut:
KeunggulanKekurangan
Bebas biaya provisi untuk program Kupedes BRIBunga 3 persen untuk KUR Super MikroMenyediakan program KUR untuk TKIMenyediakan pembiayaan KPR untuk rumah subsidiCabang BRI menjangkau banyak daerah di Indonesia sehingga memudahkan calon debitur untuk mengajukan pinjamanUntuk melakukan pinjaman modal, usaha harus berjalan minimal 6 bulanLimit kredit untuk usaha mikro terbatas maksimal Rp50 jutaLimit kredit KUR TKI cukup kecil hanya Rp25 juta
Tonton video berikut ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sertifikat HGB!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini