12 Keunggulan Plafon Minimalis dan Daftar Harga Terlengkap

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Plafon atau yang sering disebut langit-langit, merupakan komponen bangunan yang berfungsi sebagai lapisan yang membatasi tinggi suatu ruangan. Selain itu, plafon juga berguna untuk keamanan, kenyamanan, serta keindahan sebuah ruangan. Selain fungsional plafon haruslah menambah keindahan. Karena itu pemilihan material plafon sebenarnya sangat penting. Salah satu desain plafon yang cukup populer di masyarakat adalah plafon minimalis.
Meskipun terdapat di atas dan kadang kala luput dari perhatian, memilih desain terbaik untuk plafon wajib hukumnya. Plafon yang awet dan kokoh akan bertahan lama dalam menyangga rumah Anda. Plafon minimalis memiliki beberapa keunggulan seperti bentuknya yang fleksibel dan harga yang terjangkau. Agar Anda bisa memilih plafon ini dengan lebih yakin, artikel kali ini akan membahas kelebihan plafon tersebut dengan lengkap, yang dibagi ke dalam poin-poin berikut:
  1. Fleksibel dan Dapat Dibentuk Sesuai Keinginan
  2. Pemasangannya Mudah
  3. Awet dan Tahan Lama
  4. Cocok untuk Ruangan dengan Kelembaban yang Tinggi
  5. Harga Lebih Terjangkau
  6. Nyaman dan Aman untuk Kesehatan
  7. Tahan Api dan Panas
  8. Dapat Diterapkan untuk Plafon Melengkung
  9. Dapat Digunakan Sebagai Sekat Ruangan
  10. Kedap Suara
  11. Dapat Membentuk Kubah
  12. Sebagai Material Pelapis Dinding dan Pilar Bangunan
  13. Daftar Harga Plafon
  14. Perbandingan Plafon Minimalis dengan yang Lain

1. Fleksibel dan Dapat Dibentuk Sesuai Keinginan

Tidak seperti desain yang lain, plafon memiliki sifat yang lebih luwes. Dengan adanya campuran glass fiber di dalamnya, plafon ini lebih tidak kaku. Karenanya plafon dengan desain minimalis bisa menggunakan material GRC dapat dibentuk menjadi bentuk tertentu seperti melengkung atau kubah. Jadi, Anda bisa sesuaikan bentuk plafon dengan desain ruangannya juga.
Selain sisi fungsionalnya, plafon dari bahan GRC juga dapat menjadi bagian dari dekorasi rumah. Dengan pilihan material dan desain yang bagus, tentunya akan menambah keindahan di rumah Anda. Apalagi plafon adalah bagian dari rumah yang terlihat jelas. Sehingga, desain yang bagus dan rapi akan menambah estetika keseluruhan di rumah Anda. Jika Anda sedang mencari rumah untuk menerapkan plafon minimalis pada langit-langitnya, temukan rumah idaman di wilayah Bandung dengan kisaran harga Rp 700-800 juta.

2. Pemasangannya Mudah

Desain minimalis lebih ringan daripada yang lain, dan karena sifatnya yang luwes, pemasangannya jadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, desain minimalis juga sudah memiliki permukaan yang rata sejak awal, sehingga tidak perlu melewati proses plamir, yakni meratakan permukaan untuk pengecatan. Jadi, Anda bisa hemat waktu, tenaga, juga biaya.

3. Awet dan Tahan Lama

Dibandingkan gypsum, plafon desain minimalis dengan GRC juga lebih tahan lama. Bahkan, diketahui plafon dengan desain minimalis yang menggunakan material GRC yang banyak beredar di pasaran rata-rata bisa awet hingga 25 tahun. Jangan lupa untuk melakukan perawatan juga, karena perawatan plafon dengan bahan GRC juga cukup gampang.

4. Cocok untuk Ruangan dengan Kelembaban yang Tinggi

Plafon desain minimalis dengan material GRC memiliki karakteristik yang kuat dan tahan terhadap banyak hal, salah satunya air dan kelembapan. Tidak heran jika GRC banyak diaplikasikan di plafon ruangan seperti kamar mandi, dapur yang sering terkena uap panas, atau pada bagian luar ruangan juga.

5. Harga Plafon Lebih Terjangkau

Kelebihan berikutnya adalah harga plafon desain minimalis GRC yang lebih terjangkau. Tentunya hal ini menjadi pertimbangan penting saat membangun rumah. Harga plafon GRC ukuran 1,2 x 2,4 meter dengan tebal 4 mm berkisar antara Rp 50-60 ribu saja. Murah, bukan?

6. Nyaman dan Aman untuk Kesehatan

Material untuk plafon desain minimalis biasanya menggunakan GRC juga terkenal aman dan bebas gangguan kesehatan. GRC tidak mengandung asbes, yang apabila sering terhirup dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya di rumah.

7. Tahan Api dan Panas

Selain tahan air dan kelembapan, material GRC untuk plafon desain minimalis ternyata juga tahan api dan panas. Dibandingkan tripleks, plafon berbahan GRC lebih tahan terhadap api sehingga plafon tidak mudah terbakar dan api tidak mudah merambat juga.

8. Dapat Diterapkan untuk Plafon Melengkung

Karena sifatnya yang luwes dan mudah dibentuk tadi, Anda bisa membentuk plafon desain minimalis dari GRC sesuai keinginan, salah satunya bentuk melengkung, jadi Anda bisa gunakan plafon ini dengan material GRC untuk membentuk archway yang keren dan menawan.
Anda sedang mencari rumah untuk keluarga kecil Anda? Pastikan ada fasilitas pendukung yang lengkap seperti video berikut ini.

9. Dapat Digunakan Sebagai Sekat Ruangan

Ternyata material plafon desain minimalis dari GRC juga bisa digunakan sebagai sekat ruangan. Dibandingkan material lain seperti batu bata, plafon GRC lebih ringan, kedap suara, dan tentunya juga lebih terjangkau.

10. Plafon Kedap Suara

Komponen plafon desain minimalis dari GRC juga memiliki kualitas yang kedap suara, jadi cocok, nih, untuk digunakan sebagai pembatas ruangan kamar tidur atau jika Anda punya studio musik di rumah.

11. Dapat Membentuk Kubah

Nah jika ingin membuat tampilan atap rumah jadi lebih menarik dan unik, Anda bisa gunakan plafon desain minimalis yang fleksibel untuk membuat atap bentuk kubah. Bukan hanya untuk interior, plafon ini juga tahan air dan juga bisa digunakan untuk melapisi eksteriornya.

12. Sebagai Material Pelapis Dinding dan Pilar Bangunan

Material plafon desain minimalis bahkan bisa digunakan sebagai pelapis dinding atau kolom bangunan lho, karena memang lebih ringan. Atributnya yang tahan air dan api juga membuatnya bisa digunakan di luar bangunan.

Daftar Harga Plafon

Harga plafon GRC bervariasi tergantung ketebalan dan ukuran. (Foto: Pexels)
Harga plafon bervariasi tergantung ketebalan dan ukuran. (Foto: Pexels)
Bagaimana, plafon minimalis banyak sekali kelebihannya, bukan? Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya di rumah? Sebelumnya, lakukan perbandingan harga plafon desain minimalis yang terbuat dari GRC terlebih dahulu jadi Anda tahu mana ukuran, jenis, dan merk plafon desain minimalis dari GRC yang paling tepat untuk ruangan Anda. Berikut adalah harga plafon dalam ukuran 1,2 m x 2,4 m
Spesifikasi
Harga Plafon/lembar
Super Panel 9mm
Rp170.000
Super Panel 12mm
Rp230.000
Super Panel 20mm
Rp500.000
Aplus 3,5mm
Rp45.000
Aplus 6mm
Rp80.000
Aplus 8mm
Rp130.000
Aplus 10mm
Rp160.000
Versaboard 4mm
Rp60.000
Versaboard 6mm
Rp100.000
Versaboard 9mm
Rp130.000
GRC Board 4mm
Rp65.000
GRC Board 6mm
Rp120.000
GRC Board 10mm
Rp190.000

Tips Rumah.com

Sebelum membeli papan plafon, ukur dulu langit-langit yang hendak Anda pasangi dengan plafon agar Anda tidak kekurangan material atau kelebihan membeli.

Perbandingan Plafon Minimalis dengan yang Lain

Plafon dari GRC juga memiliki kekurangan. (Foto: Pixabay)
Plafon ini juga memiliki kekurangan. (Foto: Pixabay)
Baik untuk plafon, sekat ruangan atau kebutuhan lain, memang banyak manfaatnya. Tapi setelah membahas kelebihannya, Anda tetap harus tahu juga tentang kekurangannya. Jadi, dengan segala informasi yang telah didapat Anda dapat memilih dengan yakin material yang tepat untuk hunian Anda. Kekurangan dari material ini adalah:
  • Masih sulit diperoleh di beberapa daerah pelosok
  • Kurang tahan benturan
  • Meskipun pemasangannya cukup mudah, tetap membutuhkan kalkulasi dan alat yang tepat agar tidak salah pasang
  • Meskipun harga lembaran cukup terjangkau, untuk yang kustom atau disesuaikan bentuknya, harganya cukup mahal.
Nah, itu dia pembahasan lengkap tentang plafon desain minimalis. Banyak sekali bukan kelebihannya? Jangan lupa untuk mempelajari perbandingan merk dan harganya, ya agar Anda tidak salah pilih. Plafon yang dipasang dengan tepat dijamin akan membuat hunian makin kokoh dan ruangan jadi makin cantik.
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini