10 Jenis Pompa Air dan Panduan Cara Memasangnya

Jangan sampai Anda kesal berkepanjangan gara-gara pompa air bermasalah dan mengganggu persediaan air bersih. Simak panduan lengkap dari berbagai jenis pompa air di sini.
Pompa Air Sering Ngadat Foto Utama

RumahCom – Air bersih merupakan salah satu kebutuhan paling esensial bagi semua orang. Persediaan air bersih yang cukup dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar harian setiap hunian rumah modern, terutama untuk keperluan konsumsi dan sanitasi rumah. Oleh karena itu, setiap rumah yang layak huni wajib memiliki fasilitas akses air bersih sepanjang waktu.

Jika hunian tinggal ternyata tidak memiliki akses air yang memadai, maka Anda perlu memasang jenis pompa air untuk mendapatkan suplai air tambahan. Mau tak mau, hal ini membuat kehidupan rumah tangga kini sangat bergantung pada jenis pompa air. Karena hanya dari sanalah Anda mendapat air bersih sehari-hari. Sudah pasti, saat pompa air di rumah bermasalah, krisis air terjadi sehingga menjadi bencana bagi seluruh penghuni rumah.

Namun, jangan langsung mengganti jenis pompa air tiap kali ada masalah. Pelajari dulu faktanya agar Anda bisa menggunakan jenis pompa air yang tepat dan solusi untuk tiap masalah. Namun sebelum membahas lebih lanjut, berikut poin-poin penting yang akan menjadi pembahasan pada artikel ini.

  1. Mengenal Pompa Air Rumah Tangga
  2. Memilih Pompa Air Berkualitas untuk Suplai Air Bersih Rumah Tangga
  3. 10 Jenis Pompa Air
    1. Pompa Air Sumur Dangkal
    2. Pompa Air Sumur Dalam
    3. Pompa Air Booster
    4. Pompa Air Celup
    5. Pompa Air Diesel
    6. Pompa Air Otomotif
    7. Pompa Air Agrikultur
    8. Pompa Air Laut
    9. Pompa Air Industrial
    10. Pompa Sirkulasi Air Panas
  4. Cara pasang otomatis pada pompa air
  5. Penyebab umum pompa air bermasalah

1. Mengenal Pompa Air Rumah Tangga

Pompa air listrik kini lebih disukai karena kepraktisannya. (Foto: Pexels)

Pompa air listrik kini lebih disukai karena kepraktisannya. (Foto: Pexels)

Pompa air adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengalirkan air dari dalam tanah ke seluruh keran yang ada di rumah dengan cara menghisap air dari permukaan yang rendah ke permukaan yang tinggi.

Secara umum, cara kerja pompa air adalah dengan memompa air dari sumber air, lalu didistribusikan ke dalam pipa saluran air yang ada pada rumah atau pada tangki air. Dulu, orang memperoleh air secara manual dengan cara menimba di sumur atau dengan cara menekan tuas pompa tangan. Kini, masyarakat modern memilih teknologi jenis pompa air bertenaga listrik.

Hadirnya jenis pompa air tentunya memberikan banyak manfaat bagi kehidupan rumah tangga. Selain menjamin persediaan air bersih agar selalu tercukupi, penggunaan pompa air juga membuat hidup manusia lebih praktis.

Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan air dengan menggunakan alat pompa pun relatif lebih murah dan hemat. Anda cukup membeli dan memasang alat pompa pada kedalaman tertentu lalu tinggal menikmati air yang berlimpah tanpa repot memikirkan biaya tagihan air bulanan.

2. Memilih Pompa Air Berkualitas untuk Suplai Air Bersih Rumah Tangga

Kedalaman sumber air pada tanah berpengaruh terhadap pemilihan jenis pompa air. (Foto: Pixabay)

Kedalaman sumber air pada tanah berpengaruh terhadap pemilihan jenis pompa air. (Foto: Pixabay)

Memilih jenis pompa air yang tepat dapat memberikan dampak pada kualitas air di rumah Anda. Beberapa pertimbangan penting perlu diketahui sebelum pemasangan jenis pompa air. Salah satunya adalah dengan memahami kedalaman permukaan air pada rumah Anda. Dengan mengetahui informasi di atas, Anda dapat menentukan jenis pompa air yang cocok. Contohnya penggunaan jenis pompa air sumur dangkal untuk permukaan air dibawah 7 meter.

Tahap berikutnya adalah dengan menyesuaikan besaran tenaga listrik di rumah Anda. Pilihlah jenis pompa air yang menggunakan daya di bawah besaran tenaga listrik yang terpasang di rumah. Pertimbangan berikutnya adalah pemilihan jenis pompa air berdasarkan banyaknya kebutuhan penggunaan air. Contohnya rumah harga di bawah 600 juta wilayah yang dihuni keluarga besar, setiap harinya dipastikan penggunaan air yang cukup banyak. Sehingga pilihlah jenis pompa air yang dapat memompa debit air yang deras dan cepat.

3. 10 Jenis Pompa Air

Pompa air sumur dangkal masih digunakan di lahan sempit atau untuk aktivitas ringan. (Foto: Pixabay)

Pompa air sumur dangkal masih digunakan di lahan sempit atau untuk aktivitas ringan. (Foto: Pixabay)

Masing-masing jenis pompa air memiliki kinerja yang berbeda-beda, tergantung daya pancarnya. Jika salah pilih jenis pompa, tentunya akan berpengaruh juga pada kualitas mesin serta air yang dihasilkannya. Agar kualitas mesin awet dan berfungsi maksimal, sesuaikan jenis pompa air dengan kedalaman sumur yang diinginkan. Berikut ini merupakan daftar jenis pompa air yang dapat menjadi rujukan bagi rumah Anda.

a. Pompa Air Sumur Dangkal

Jenis pompa air yang memiliki daya hisap maksimal untuk kedalaman 9 meter. Jenis pompa air tipe ini cocok digunakan pada hunian di lahan sempit dan dalam skala penggunaan ringan. Jenis pompa air sumur dangkal terdiri dari beberapa kategori yaitu jenis pompa air sumur dangkal watt kecil (daya berkisar antara 75, 125, hingga 200 watt) dan jenis pompa sumur dangkal semi jet.

Pompa sumur dangkal dengan daya 75 Watt ,125 Watt dan 200 Watt dapat menghisap air hingga permukaan air 6 meter. Sedangkan jenis pompa air sumur dangkal dapat menghisap air hingga permukaan air 8 meter

Untuk daya dorong dan debit air yang dihasilkan dari jenis pompa air sumur dangkal 75 Watt daya dorongnya hingga 20 meter (maksimal) dan debit airnya hingga 16 liter/menit (maksimal), sedangkan untuk pompa sumur dangkal 125 Watt daya dorongnya hingga 21 meter (maksimal) dan debit airnya hingga 29 Liter/Menit (maksimal)

Untuk pompa sumur dangkal 200 watt daya dorong yang dihasilkan maksimal 30 meter dan debit air yang dihasilkan maksimal 50 liter/ menit. Sedangkan untuk jenis pompa air sumur dangkal tipe semi jet biasanya memiliki daya dorong dan debit air yang lebih besar dari pompa sumur dangkal 200 Watt. Jenis pompa air ini tersedia dalam tipe otomatis ataupun tidak otomatis.

b. Pompa Air Sumur Dalam

Jenis pompa air ini bekerja optimal untuk menghisap air dengan kedalaman lebih dari 9 meter. Pompa yang sering disebut jet pump ini adalah jenis yang paling umum digunakan di rumah tangga. Mengutip Chucta, adanya mesin injektor yang berfungsi untuk menguatkan daya pancar dari air yang dihisap menjadi ciri khasnya.

Ada dua tipe jenis pompa air sumur dalam, yaitu semi jet (semi jet pump) dan jet (jet pump). Bedanya, jenis pompa air jet terdapat tabung, sedangkan semi jet tidak ada tabung yang dapat menambah kekuatan pada daya hisap dan daya pancar pompa.

Anda sedang berencana membeli rumah namun berbentuk inden? Simak ulasan tipsnya pada video di bawah.

 

c. Pompa Air Booster

Jika jenis lain umumnya dipasang dekat atau di dalam sumber air, pompa booster justru dipasang di tengah instalasi pipa air. Fungsinya untuk memperkuat daya pancar aliran air di dalam instalasi pipa air dalam rumah. Pompa ini banyak digunakan pada rumah-rumah yang dipasangi alat water heater (pemanas air).

d. Pompa Air Celup

Jenis pompa air ini dipasang dengan cara dicelup atau dibenamkan ke dalam air. Jenis ini berfungsi untuk menyedot air dan mengalirkan ke dalam alat penyaring air dan lebih sering ditemukan sebagai mesin pompa air akuarium karena daya pancarnya hanya lebih dari 5 meter.

e. Pompa Air Diesel

Jenis pompa air yang menggunakan mesin diesel berbahan bakar solar berfungsi untuk memompa air dengan volume debit air yang besar. Biasanya jenis pompa air ini digunakan untuk pengairan pada persawahan, perikanan dan perkebunan. Kelebihan jenis pompa air diesel memiliki kelebihan dimana lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

f. Pompa Air Otomotif

Jenis pompa air otomotif biasanya ditemukan pada kendaraan bermotor. Fungsi dari pompa air otomotif ini adalah untuk mengalirkan cairan yang berfungsi mendinginkan mesin saat proses pembakaran bahan bakar. Air yang digunakan pada jenis pompa air otomotif adalah campuran glikol dan air yang mana berfungsi menurunkan titik beku.

g. Pompa Air Agrikultur

Jenis pompa air agrikultur banyak dimanfaatkan oleh petani untuk mengalirkan air pada tanaman dan membantu pertumbuhan. Selain itu jenis pompa air ini berfungsi menyedot air tanah atau air permukaan dan dipompa ke area penampungan untuk kebutuhan lain seperti pengolahan pupuk kimia.

h. Pompa Air Laut

Pompa air laut adalah jenis pompa yang dirancang untuk melarutkan kadar asin garam yang terkandung pada air laut. Hal ini dilakukan untuk menurunkan efek air garam seperti korosi pada benda-benda logam. Selain itu, jenis pompa air laut juga biasanya ditemukan pada kapal laut. Jenis pompa ini digunakan untuk mentransfer air laut yang dibutuhkan dalam keadaan darurat seperti pemadaman kebakaran. Bahan jenis pompa air laut biasanya terbuat dari stainless steel atau perunggu.

i. Pompa Air Industrial

Pompa air industri merupakan salah satu jenis pompa air yang digunakan pada industri berskala besar. Beberapa industri yang menggunakan jenis pompa air ini dalam rangka membantu operasional adalah industri manufaktur, minyak & gas, pertambangan, makanan & minuman, hingga kimia, atau farmasi.

Tren Wastafel 2019/2020 Lengkap Panduannya

Tips Rumah dan Apartemen

Tren Wastafel 2019/2020 Lengkap Panduannya

j. Pompa Sirkulasi Air Panas

Pompa sirkulasi air panas biasanya digunakan oleh industri-industri yang membutuhkan tenaga panas dalam operasionalnya. Pompa sirkulasi air panas digunakan untuk mengambil air yang telah dipanaskan dalam boiler dan mendistribusikan air panas tersebut melalui jaringan pipa dan penukar panas (biasanya radiator atau konvektor).

Energi termal dari air yang dipanaskan kemudian diteruskan melalui konduksi ke radiator atau konvektor, dimana arus konveksi kemudian memanaskan udara di dalam ruangan. Pompa sirkulasi biasanya bertenaga listrik dan dikendalikan oleh rangkaian relai yang ditutup ketika ada panggilan panas, dan terbuka ketika suhu ruangan telah melewati set point.

4. Cara Pasang Otomatis Pada Pompa Air

Pemasangan pompa air listrik tergolong mudah dikerjakan. (Foto: Pixabay)

Pemasangan pompa air listrik tergolong mudah dikerjakan. (Foto: Pixabay)

Pemasangan pompa air listrik otomatis untuk rumah tangga bisa dibilang tergolong mudah dilakukan. Walaupun tidak terlalu susah, Anda perlu memperhatikan beberapa langkah-langkah berikut agar tidak terjadi kesalahan. Simak cara memasang pompa air pada langkah-langkah di bawah.

  • Sambungkan kabel listrik positif ke salah satu terminal saklar otomatis, lalu sambungkan terminal kabel saklar otomatis yang lain ke salah satu kabel pompa air, serta sambungkan pula kabel listrik negatif ke arah kabel pompa air sisi lain.
  • Beri pengaman berupa isolasi khusus kabel pada bagian sambungan kabel agar terhindar korsleting.
  • Pasang kabel grounding pada salah satu sekrup mesin pompa air menuju ke tanah.
  • Lakukan pengetesan dengan cara membuka salah satu keran sebelum memasang saklar. Jika pompa air masih belum menyala, kendurkan sekrup pompa air hingga menyala. Tutup keran air setelah mesin berhasil menyala.
Tip Rumah
Pastikan menggunakan pipa yang berkualitas dan kokoh apabila pipa saluran air akan diletakkan di bawah lantai keramik

Sangat mudah, bukan? Jika Anda ragu memasangnya sendiri, serahkan pengerjaannya pada teknisi yang memang ahli di bidangnya. Oleh karena itu, anggarkan pula biaya pemasangan pompa saat Anda membeli rumah baru. Jika Anda menemukan tak hanya pompa air yang bermasalah, namun juga pipa airnya, segera perbaiki. Seandainya rumah perlu dibongkar atau direnovasi total, sewa dulu rumah sementara dan cari pilihannya di Rumah.com.

5. Penyebab Umum Pompa Air Bermasalah

Pompa air tiba-tiba berhenti tak berarti rusak total. (Foto: Pexels)

Pompa air tiba-tiba berhenti tak berarti rusak total. (Foto: Pexels)

Ada banyak hal yang menyebabkan pompa air tidak bekerja secara tiba-tiba. Hal ini sangat wajar terjadi terutama saat mesin mulai berdengung atau bahkan tidak ada bunyi sama sekali. Ada 3 faktor paling umum yang menyebabkan mesin pompa tiba-tiba ngadat, yaitu:

  • Tegangan atau voltase listrik menurun
  • Adanya kerusakan pada kapasitor
  • Dinamo (motor listrik) rusak atau terbakar

Jika dikemudian hari Anda mengalami permasalahan pompa air, berikut beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

  • Cek kabel penghubung antara pompa air dengan arus listrik. Putusnya kabel arus listrik ini tentunya membuat pompa air jadi mati.
  • Lepaskan pompa air dari tempatnya, lalu bawa ke lokasi yang lebih aman serta kering dari air. Cek kipas pompa air tersebut apakah putarannya masih halus atau tidak. Jika putaran kipas tidak stabil, maka kemungkinan kondisi bearing pada mesin pompa tersebut telah rusak. Solusinya, mesin dibongkar dan mengganti bearing lama dengan yang baru.
  • Periksa kondisi tiap-tiap komponen pompa air (terutama kapasitor dan kumparan) secara fisik dan lakukan pengetesan lewat alat tester (tespen) untuk mengetahui dengan pasti letak atau bagian kerusakannya.

Jadi, saat Anda menemukan sedikit masalah pada pompa air rumah,  jangan buru-buru cari pompa air baru dan memanggil tukang servis, ya. Anda bisa melakukan pengecekan awal dan servis sendiri terlebih dulu.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan