Pondasi Tiang Pancang, Penjelasan, Jenis, dan Kelebihannya

Tim Editorial Rumah.com
Pondasi Tiang Pancang, Penjelasan, Jenis, dan Kelebihannya
RumahCom – Tidak ada rumah yang dibangun dengan rancangan dan material yang sama. Rumah pasti memiliki perbedaannya masing-masing dan membuatnya menjadi sangat unik. Setiap perbedaan tersebut tentunya akan membuat spesifikasi rumah yang Anda tempati menjadi perlu Anda perhatikan dengan baik. Salah satu yang bisa mempengaruhi kualitas dari rumah yang Anda tinggali adalah pondasi rumah.
Pondasi merupakan salah satu bagian yang paling krusial dalam pembangunan rumah. Sebuah rumah yang dibangun tanpa memikirkan kemampuan dan spesifikasi pondasi bisa memberikan efek yang berbahaya dalam jangka waktu panjang. Agar Anda bisa lebih mengerti tentang pondasi, maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:
  1. Penjelasan Pondasi Tiang Pancang
  2. Kegunaaan Pondasi Tiang Pancang
  3. Jenis-jenis Tiang Pancang
    1. Tiang Pancang Kayu
    2. Tiang Pancang Beton
    3. Tiang Pancang Baja
    4. Tiang Pancang Komposit
  4. Kelebihan dan Kekurangan dari Tiang Pancang
    1. Kelebihan Tiang Pancang
    2. Kekurangan Tiang Pancang

1. Penjelasan Pondasi Tiang Pancang

Pondasi adalah salah satu hal penting yang harus ada pada rumah. (Foto: Sina Architectural Design)
Pondasi adalah salah satu hal penting yang harus ada pada rumah. (Foto: Sina Architectural Design)
Sebuah pondasi merupakan salah satu aspek yang paling penting dan harus ada pada setiap rumah. Rumah yang dipaksakan dibangun tanpa menggunakan pondasi tidak akan bertahan lama dan sangat berbahaya untuk ditempati. Setiap bangunan mempunyai rancangan dan spesifikasi pondasinya yang berbeda-beda menyesuaikan dengan ukuran dari bangunan tersebut.
Dilansir dari Wikiversity, pondasi tiang pancang adalah sebuah bagian struktural dari sebuah bangunan yang membagi tekanan gravitasi secara merata pada tanah dan berfungsi agar bangunan yang dibangun bisa menjadi kuat dan berdiri dengan kokoh. Pondasi tiang pancang mempunyai bentuk seperti sebuah kolom-kolom yang terbuat dari semen ataupun baja kokoh yang akan memperkuat struktur bangunan.
Pondasi tiang pancang pada bangunan sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Bangunan yang berat dan memiliki tingkat yang tinggi diharuskan untuk memiliki pondasi yang sangat dalam agar kekuatan struktural dari bangunan menjadi kuat dan tahan terhadap guncangan yang besar sekalipun.
Pondasi tiang pancang umumnya digunakan apabila struktur tanah yang akan dibangun mempunyai kemungkinan untuk bergeser atau labil. Selain itu juga pondasi jenis ini biasa digunakan apabila terdapat sebuah drainase di bawah tanah.

2. Kegunaan Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan daya struktural bangunan. (Foto: Bouassida Geotechnics)
Pondasi tiang pancang sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan daya struktural bangunan. (Foto: Bouassida Geotechnics)
Pondasi struktural tiang pancang menjadi sangat diminati dan banyak dipakai karena mempunyai manfaatnya sendiri bagi bangunan. Sebuah pondasi akan menjadi tempat bertumpu sebuah bangunan dalam jangka waktu yang sangat lama. Pondasi yang baik akan menjadi salah satu alasan mengapa sebuah bangunan bisa menjadi bertahan atau tidak apabila terdapat sebuah gangguan seperti gempa dan bencana alam yang lainnya. Dilansir dari Asia Con, inilah beberapa kegunaan utama dari pondasi tiang pancang:
  • Tiang pancang akan menjadi tumpuan beban utama dari bangunan dan akan disalurkan ke dalam tanah dalam jumlah yang seimbang.
  • Pondasi tiang pancang beton bisa dibangun secara vertikal dan horizontal sehingga akan mampu untuk menahan beban konstruksi secara lebih merata.
  • Pondasi ini juga digunakan sebagai penahan gaya desakan ke atas yang disebabkan oleh pergeseran tanah yang tidak stabil.
  • Pondasi tiang pancang memanfaatkan endapan yang tidak berkohesi bebas lepas dan bisa digunakan sebagai alat bantu kontrol penurunan tanah.
  • Selain itu juga pondasi tiang pancang akan berguna dalam memampatkan dan membuat kaku struktur tanah agar getaran yang masuk ke dalam bangunan bisa menjadi berkurang secara drastis dan meningkatkan keamanan secara struktural.
  • Apabila konstruksi bangunan dilakukan pada area lepas pantai maka pondasi tiang pancang akan meneruskan beban bangunan yang berada di atas permukaan air menjadi terbagi secara merata ke dalam tanah dan air. Struktur yang dibangun diatasnya bisa menjadi stabil dan tidak akan banyak terpengaruh oleh air yang berada di dalam tanah.
Apabila Anda ingin membangun atau renovasi rumah idaman Anda agar lebih kuat dan kokoh. Maka tidak ada salahnya agar Anda menggunakan pondasi tiang pancang agar bangunan tersebut bisa menjadi lebih kokoh. Cek daftar rumah kokoh 2 lantai di Depok ini.

3. Jenis-Jenis Tiang Pancang

Tiang pancang mempunyai jenisnya sendiri yang sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan. (Foto: Daily Civil)
Tiang pancang mempunyai jenisnya sendiri yang sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan. (Foto: Daily Civil)
Tiang pancang secara umum mempunyai bentuk yang hampir sama yaitu persegi panjang ataupun silinder. Namun, terdapat beberapa jenis tiang pancang yang bisa Anda pakai dan menyesuaikannya dengan kebutuhan bangunan Anda. Di bawah ini adalah beberapa jenis tiang pancang yang bisa Anda temukan dalam dunia konstruksi:

a. Tiang Pancang Baja

Salah satu tiang pancang yang paling sering digunakan dalam bangunan yang berukuran kecil hingga besar adalah tiang pancang baja. Material baja yang digunakan membuat bangunan bisa menjadi lebih kokoh dan sekaligus bisa meredam guncangan yang ada dari dalam tanah.

b. Tiang Pancang Beton

Tiang pancang dengan jenis ini adalah salah satu tiang pancang yang cukup umum dan sering dipakai. Tiang pancang beton mempunyai bahan dasar utama dari beton yang di cor pada sebuah tempat. Umumnya tiang ini juga umumnya dibuat langsung dari sebuah pabrik dan bisa langsung digunakan dengan mudah. Tiang pancang jenis ini umumnya mempunyai berbagai macam bentuk seperti silinder, kotak ataupun persegi panjang.

c. Tiang Pancang Kayu

Jenis tiang pancang yang pertama adalah tiang pancang kayu. Tiang pancang jenis ini biasanya dipakai sebagai penyangga rumah-rumah tradisional yang ada di Indonesia. Kayu yang dipakai sebagai tiang pancang juga merupakan kayu yang keras dan tahan terhadap pelapukan. Daya tahan dari kayu tidak boleh dianggap remeh karena biasanya memiliki ketahanan terhadap cuaca dan perubahan struktur dalam waktu yang sangat lama.

d. Tiang Pancang Komposit

Tiang pancang dengan jenis komposit umumnya berdaya tahan tinggi karena menggunakan material campuran yang dirancang agar tahan terhadap perubahan suhu ataupun struktur kimiawi tanah. Tiang pancang berbahan komposit juga biasanya mempunyai harga yang lebih mahal daripada tiang pancang pada umumnya.

Tips Rumah.com

Sesuaikan jenis tiang pancang yang akan Anda gunakan dengan spesifikasi bangunan yang akan Anda bangun.

4. Kelebihan dan Kekurangan dari Tiang Pancang

Setiap bagian struktural pasti memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. (Foto: Civil Digital)
Setiap bagian struktural pasti memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. (Foto: Civil Digital)
Tiang pancang yang dibuat semua mempunyai kelebihannya tersendiri. Kemampuan pondasi dalam menahan beban juga akan menjadi berubah apabila Anda menggunakan tiang pancang yang sesuai dengan desain bangunannya. Dilansir dari Architectures Ideas, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan tiang pancang pada bangunan Anda:

a. Kelebihan Tiang Pancang

  • Anda bisa melakukan precasting pada pondasi tiang pancang agar bisa menyesuaikan dengan spesifikasi bangunan yang hendak Anda bangun.
  • Ukuran dan bentuk dari pondasi tiang pancang juga bisa Anda sesuaikan sendiri sehingga akan menghemat banyak waktu dalam konstruksi bangunan.
  • Pondasi tiang pancang bisa memperkuat struktur bangunan secara drastis apabila dibangun pada tanah yang labil.
  • Pondasi ini juga akan memberikan tampilan yang menarik terhadap bangunan dan dalam proses pengerjaannya tidak membutuhkan pengawasan lebih karena sangat mudah untuk dilakukan.
  • Penggunaan pondasi tiang pancang juga sangat cocok apabila di dalam tanah terdapat aliran drainase air bertekanan karena tidak membutuhkan pengeboran yang dalam.
  • Pondasi tiang pancang sangat membantu bagi Anda yang ingin membangun pada daerah tepi pantai karena struktur bangunan akan menjadi sangat kokoh dan kuat terhadap erosi air laut.
Apakah Anda memiliki rencana untuk membeli rumah hasil lelang bank? Simak video menarik berikut untuk mempelajari tips terbaiknya!

b. Kekurangan Tiang Pancang

  • Tiang pancang membutuhkan kekuatan tambahan dari beton yang sudah dicetak sebelumnya agar tiang bisa berdiri dengan baik dan mampu menahan guncangan apabila sedang dipasangkan ke dalam tanah.
  • Pondasi tiang pancang membutuhkan perencanaan dan penghitungan matematis yang tepat agar tidak terjadi kerusakan struktural yang diakibatkan oleh tidak meratanya pembagian beban pada bangunan.
  • Pemasangan tiang pancang juga membutuhkan berbagai peralatan berat dan akan memakan waktu pemasangan yang tidak sebentar. Konstruksi tiang pancang akan memerlukan kesabaran agar bisa terpasang dengan baik dan kuat.
  • Anda juga akan cukup sulit untuk menghitung berapa banyak dan berapa panjang tiang pancang yang Anda butuhkan untuk di tanam pada tanah karena harus menyesuaikan dengan kondisi struktur dari tanah yang akan dibangun.
  • Pemasangan tiang pancang juga akan menghasilkan guncangan yang sangat keras dan bisa mempengaruhi kondisi struktur bangunan yang ada di sekitarnya.
Itulah beberapa kegunaan beserta kelebihan dan kekurangan pondasi tiang pancang. Pastikan agar bangunan Anda dibangun dengan menggunakan tiang pancang agar menjadi lebih kokoh dan tahan terhadap guncangan.
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini