Raup Untung, 12 Bisnis Tanpa Modal Cuma dari Rumah

Ingin berbisnis, tetapi tidak punya modal? Cek 12 ide bisnis tanpa modal yang bisa dikerjakan di rumah berikut ini.
Bisnis tanpa modal
Ingin mencoba bisnis, tapi tidak punya modal? Inilah 12 ide bisnis tanpa modal yang bisa dikerjakan di rumah.

RumahCom - Lanskap ekonomi dan bisnis saat ini bergerak ke arah digitalisasi, sehingga membuat pebisnis ditantang untuk menjalankan bisnis dengan lebih cepat, efisien, dan terukur dengan bantuan teknologi. Kehadiran teknologi yang semakin canggih membuka peluang besar bagi Anda yang ingin menjadi wirausaha tanpa modal besar.

Walaupun saat ini banyak peluang bisnis yang tidak mengeluarkan banyak modal, bisnis tetap bisa menghasilkan keuntungan. Penasaran bidang usaha apa saja yang bisa dimulai tanpa modal dan bisa dijalankan dari rumah? Simak terus artikel ini yang akan membahas:

Baca juga: 15 Usaha Online yang Bisa Dikerjakan di Rumah

  1. Mengenal Bisnis Tanpa Modal
  2. Hal Penting yang Harus Dimiliki Sebelum Mulai Bisnis
  3. Mendahulukan kebutuhan konsumen
  4. Memiliki komitmen tinggi
  5. Mengetahui bidang keunggulan
  6. Kritis
  7. Inilah 12 Bisnis Tanpa Modal Bagi Pemula
    1. Bisnis online shop
    2. Bisnis reseller atau dropshipper
    3. Bisnis bimbingan belajar
    4. Bisnis jasa penerjemahan
    5. Bisnis jasa desain grafis
    6. Bisnis web programmer
    7. Bisnis jasa fotografi
    8. Bisnis jasa tour dan travel
    9. Bisnis jasa penulis lepas
    10. Bisnis jual barang bekas
    11. Menjadi selebgram
    12. Bisnis makanan
  8. Tips Penting untuk Memulai Bisnis Tanpa Modal agar Tak Salah Kaprah
    1. Ketahui apa yang akan dikerjakan
    2. Jalankan dengan hati
    3. MIliki partner yang cocok

Mengenal Bisnis Tanpa Modal

Bisnis tanpa modal

Bisnis tanpa modal dan bisa dijalankan di rumah kini mudah untuk dilakukan. (Foto: Pexels)

Berkembangnya teknologi dibarengi dengan penetrasi internet dan kepemilikan gadget yang tinggi membuat berbagai macam kegiatan bisa dijalankan dengan sistem online. Hanya dengan menggunakan gadget dan koneksi internet, Anda bisa menjalankan banyak aktvitas dari rumah, misalnya berbelanja online, bekerja, juga berbisnis online.

Untuk menghasilkan uang, Anda tidak perlu keluar rumah dan menyewa tempat usaha. Asalkan terhubung dengan jaringan internet, Anda bisa menjalankan bisnis di mana saja dan kapan saja. Selain bisnis secara online, Anda juga bisa bekerja secara remote dari rumah tanpa perlu pergi ke kantor setiap hari. Sistem pekerjaan ini dikenal dengan bekerja freelance dan bisa dikerjakan di rumah. Dengan demikian, Anda bisa meminimalkan ongkos transportasi juga menghemat waktu dan energi.

Hal Penting yang Harus Dimiliki Sebelum Mulai Bisnis

Bisnis tanpa modal

Menjalankan bisnis harus dilakukan dengan fokus dan penuh perencanaan. (Foto: Pexels)

Menjalankan bisnis harus dilakukan dengan fokus dan penuh perencanaan. Apalagi jika Anda ingin bisnis Anda berkembang dengan lancar. Ketahui dahulu beberapa hal penting yang harus Anda miliki sebelum memulai bisnis, seperti yang dilansir dari buku Get Smart! yang ditulis Brian Tracy berikut ini.

1. Mendahulukan kebutuhan konsumen

Anda mungkin mempunyai ide dan rencana bagus untuk bisnis Anda, namun perlu diketahui bahwa ide dan rencana bagus saja tidak bisa menarik konsumen dengan mudah. Produk atau jasa yang Anda tawarkan haruslah sesuatu yang dibutuhkan serta menarik hati pelanggan.

2. Memiliki komitmen tinggi

Seorang pebisnis harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap usaha yang dijalankannya. Anda harus secara berkelanjutan berusaha meningkatkan keahlian, belajar hal baru, dan mencari cara untuk meningkatkan penjualan demi keuntungan bisnis Anda.

Mengenal Reseller, Bisnis yang Bisa Dilakukan di Rumah. Ini Persiapannya

Panduan dan Referensi

Mengenal Reseller, Bisnis yang Bisa Dilakukan di Rumah. Ini Persiapannya

3. Mengetahui bidang keunggulan

Semua perusahaan, produk, dan layanan pasti punya keunggulan jika dibandingkan dengan pesaing. Keunggulan tersebutlah yang membuat perusahaan, produk, atau jasa tersebut menjadi pilihan konsumen. Ketahui keunggulan yang Anda miliki, serta kelebihan produk atau layanan bisnis Anda agar kompetitif dengan para pesaing.

4. Kritis

Miliki sikap kritis dalam mengkaji dan mengevaluasi setiap langkah bisnis Anda. Pertimbangkan setiap ide atau cara untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dalam bisnis.

Inilah 12 Bisnis Tanpa Modal Bagi Pemula

Bisnis tanpa modal

Bisnis reseller atau dropship adalah contoh bisnis tanpa modal yang bisa dikerjakan di rumah. (Foto: Pexels)

Berikut ini beberapa contoh bisnis tanpa modal yang mudah dilakukan dari rumah.

1. Bisnis online shop

Peluang usaha yang bisa dikerjakan di rumah adalah berbisnis online shop. Anda bisa membuka toko online di salah satu marketplace yang ada misalnya di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya. Barang-barang yang bisa dijual beragam, mulai dari baju, hijab, celana, sepatu, atau berbagai pernak-pernik lainnya. Barang-barang tersebut bisa Anda dapatkan dari pedagang grosir untuk mendapatkan harga termurah.

2. Bisnis reseller atau dropshipper

Menjadi dropshipper merupakan cara berjualan paling mudah karena Anda hampir tidak membutuhkan modal untuk menjalankannya. Modal yang diperlukan hanyalah pulsa atau paket data. Sistem dropshipper ini adalah Anda bekerja sama dengan produsen lalu mempromosikan produk. Jika ada yang berminat membeli, Anda meneruskan pesanan tersebut ke produsen dan produsen yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli. Mudah bukan?

3. Bisnis bimbingan belajar

Peluang bisnis tanpa modal dan bisa dikerjakan dari rumah berikutnya adalah bisnis bimbingan belajar. Anda bisa memberikan pelajaran tambahan atau les privat kepada pelajar SD, SMP, atau SMA dan membantu mereka memperdalam materi pelajaran. Sesuaikan materi pelajaran dengan keahlian yang Anda miliki.

4. Bisnis jasa penerjemahan

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut dengan berbisnis jasa penerjemahan. Bisnis ini mudah dilakukan karena Anda hanya memerlukan laptop untuk modalnya.

5. Bisnis jasa desain grafis

Jika Anda mempunyai hobi dan kemampuan menggambar, jangan sia-siakan bakat Anda tersebut. Anda bisa memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkan kemampuan membuat logo, desain materi promo di social media, desain banner, dan lain sebagainya. Namun, selain kemampuan menggambar, Anda juga dituntut untuk bisa mengoperasikan software desain yang umumnya digunakan oleh para desainer grafis.

Kredit rumah juga bisa dilakukan tanpa DP. Simak tips lengkapnya di video ini.

 

6. Bisnis web programmer

Di era digital, memulai bisnis web programmer tentunya menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Manfaatkan keahlian Anda di bidang Teknologi Informasi untuk membuat situs, blog, atau melakukan SEO alias Search Engine Optimization.

7. Bisnis jasa fotografi

Bisnis ini tentunya cocok untuk Anda yang punya hobi memotret. Jadikan hobi Anda tersebut sebagai sumber penghasilan. Anda bisa menawarkan jasa menjadi fotografer untuk momen penting seperti wisuda, pre wedding, lamaran, pernikahan, kelahiran anak, dan lain-lain. Anda juga bisa menjual foto-foto Anda di situs penyedia foto seperti Shutterstock.

8. Bisnis jasa tour dan travel

Bisnis ini cocok untuk Anda yang hobi berwisata dan jalan-jalan. Banyak orang yang ingin mendapatkan pengalaman berwisata menyenangkan, namun kurang mahir dalam merencanakannya. Anda bisa memfasilitasi hal itu dengan menawarkan jasa sebagai guide atau mengadakan open trip.

9. Bisnis jasa penulis lepas

Jika Anda memiliki keterampilan menulis dan merangkai kata, tidak ada salahnya menawarkan keahlian Anda tersebut. Anda bisa bergabung dengan media tertentu atau agensi konten dengan menjadi penulis lepas atau freelancer. Anda bisa dengan mudah menulis artikel di rumah.

10. Bisnis jual barang bekas

Siapa bilang barang bekas hanya menjadi sampah? Barang bekas bisa menjadi penghasilan tambahan. Anda bisa menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai dan masih bisa digunakan. Barang-barang bekas yang biasa diperjualbelikan antara lain pakaian, buku, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

11. Menjadi selebgram

Tidak hanya sekadar eksis di media sosal, Anda juga bisa menjadikan kepopuleran Anda dengan menjadi selebgram. Usaha ini bisa dibilang tanpa modal sama sekali. Anda cukup mengiklankan suatu produk di akun Instagram Anda dan para produsen akan memberikan honor yang sesuai.

12. Bisnis makanan

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang hobi memasak. Anda bisa memanfaatkan keahlian memasak Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara menerima pesanan dari orang lain. Makanan yang bisa Anda tawarkan antara lain nasi tumpeng, kue, atau katering makan siang untuk murid sekolah atau untuk pekerja kantoran.

Tip Rumah
Jika Anda adalah pemula dalam bisnis, sebaiknya Anda berfokus pada satu peluang bisnis saat ingin membuka usaha. Pilih jenis usaha yang Anda suka dan Anda memahami cara untuk menjalankannya.

Tips Penting untuk Memulai Bisnis Tanpa Modal agar Tak Salah Kaprah

Bisnis tanpa modal

Memiliki partner yang tepat adalah salah satu tips memulai bisnis agar tidak salah kaprah. (Foto: Pexels)

Mungkin Anda sudah bertekad memulai usaha sendiri dan sudah memutuskan bidang usaha Anda yang akan Anda jalankan. Namun sebelum memulainya, sebaiknya perhatikan dulu tips penting berikut ini agar tidak salah kaprah, seperti yang dilansir dari Entrepreneur:

1. Ketahui apa yang akan dikerjakan

Mengetahui apa yang harus dikerjakan adalah langkah awal untuk memulai bisnis. Untuk itu, carilah informasi sebanyak mungkin, kenali bidang bisnis Anda, dan pelajari setap detailnya. Ibaratnya, jangan sampai pergi berperang tanpa modal senjata atau strategi.

2. Jalankan dengan hati

Setelah menemukan apa yang akan dikerjakan, hal kedua yang harus Anda lakukan

adalah menjalankannya dengan sepenuh hati. Mengerjakan bisnis dengan sepenuh hati pasti akan lebih bagus hasilnya karena tidak terasa melelahkan. Passion juga akan membantu Anda saat melewati masa-masa sulit dalam berbisnis.

3. Miliki partner yang cocok

Selanjutnya adalah memiliki partner dan mentor yang tepat. Tanpa partner dan mentor yang tepat, ide untuk membangun sebuah usaha tidak bisa berjalan dengan mudah karena pemula sebaiknya tidak menjalankan bisnis sendirian.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

AreaInsider

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Rumah Hunian di Jawa Timur

Masukan