7 Ide Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 30/60, Bisa Pakai Kitchen Set

Tim Editorial Rumah.com
7 Ide Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 30/60, Bisa Pakai Kitchen Set
Rumah.com – Dapur rumah merupakan salah satu ruangan penting yang ada di rumah. Banyak orang mengira, merenovasi dapur memerlukan bujet yang besar. Padahal, renovasi dapur rumah subsidi ternyata bisa dengan bujet terjangkau dan masih tampak keren pastinya. Apalagi, di rumah subsidi umumnya dapur berada di belakang rumah dan area terbuka.
Sama halnya dalam merenovasi ruangan lainnya di dalam rumah, dapur juga memerlukan sejumlah hal yang harus diperhatikan saat direnovasi. Untuk memahami lebih lanjut soal renovasi dapur rumah subsidi dan ide renovasinya, artikel ini akan membahas:
  • Renovasi dapur rumah subsidi type 30/60, ini yang perlu diperhatikan
  • 7 Ide renovasi dapur rumah subsidi type 30/60
  • Rincian biaya renovasi dapur rumah subsidi type 30/60
  • Tips renovasi dapur rumah subsidi type 30/60

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 30/60, Ini yang Perlu Diperhatikan

Ini yang perlu diperhatikan saat renovasi dapur rumah subsidi. (Foto: Unsplash – R Architecture)
Renovasi dapur rumah subsidi type 30/60 tidak bisa dilakukan sembarangan. Itu karena renovasi pada rumah subsidi memiliki beberapa batasan tertentu yang harus dipatuhi. Karenanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan renovasi pada dapur rumah subsidi.
Semisal, renovasi dilakukan secara bertahap. Sebagai debitur, pemilik rumah biasanya diberikan waktu sekitar lima tahun sebagai jangka waktu minimal untuk melakukan renovasi rumah khususnya pada bagian depan rumah atau fasad dan menjadikan rumah subsidi menjadi rumah bertingkat.
Meski demikian, hal ini tidak berlaku untuk merenovasi dapur dan membangun pagar di sekeliling rumah.
Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah menentukan bujet untuk renovasi dapur rumah subsidi 30/60, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan renovasi dapur dengan biaya terbatas. Untuk itu, tentukan kebutuhan yang akan dilakukan di dapur agar renovasi yang sudah berjalan bisa sesuai dan tidak asal-asalan.
Anda juga bisa mencari ragam inspirasi dalam menentukan desain dapur dan konsep yang diinginkan. Namun pastikan konsep yang dipilih sesuai dengan bujet. Dengan memilih desain yang tepat, tentunya biaya renovasi pun bisa menjadi lebih cermat.

7 Ide Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 30/60

Berikut ide renovasi dapur rumah subsidi type 30/60. (Foto: Unsplash – Naomi Hebert)
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam merenovasi dapur rumah subsidi type 30/60 adalah mempertimbangkan desainnya. Desain dapur harus dipikirkan dengan cermat agar tidak salah yang tentunya dapat berdampak pada kenyamanan penghuni dan estetika. Berikut ide renovasi dapur rumah subsidi type 30/60:

1. Dapur Rumah Subsidi Sederhana

Dapur rumah subsidi sederhana. (Foto: Pexels – Jean van der Meulen)
Desain dapur rumah subsidi yang pertama adalah yang mengusung konsep sederhana. Dapur memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, namun mempunyai cukup ruang bagi mereka yang ingin beraktivitas di dapur.
Meskipun ukurannya yang tidak luas, tetapi dapur memiliki banyak tempat penyimpanan berbagai peralatan dapur. Keberadaan kitchen set di dapur sangat membantu karena tidak memakan banyak ruang dan peralatan dapur bisa tertata dengan rapi.
Renovasi dapur rumah subsidi type 30/60 perlu cermat mengingat luas ruangannya yang terbatas agar semua kebutuhan dapat terakomodir dengan baik . Dan bagi Anda yang cari rumah di Cinere dengan dana terbatas, cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

2. Dapur Rumah Subsidi Semi-Outdoor

Dapur rumah subsidi semi-outdoor. (Foto: Outdoorhomescapes.com)
Apabila ingin sesuatu yang berbeda, bisa mencoba menerapkan dapur rumah subsidi semi-outdoor. Desain ini sangat cocok bagi rumah dengan desain kecil seperti rumah type 30/60. Dapur berada di belakang rumah tanpa dinding yang menutupi dan mengarah ke halaman belakang.
Agar peralatan masak bisa tetap terjaga dari paparan sinar matahari dan hujan, terdapat atap yang menutupinya. Dengan begitu, aktivitas memasak juga tidak akan kepanasan ataupun kehujanan pastinya.

3. Dapur Rumah Subsidi Tengah

Dapur rumah subsidi di tengah rumah. Foto: (Home-Designing.com)
Siapa bilang dapur rumah subsidi tidak bisa di tengah rumah? Desain dapur ini membuktikannya. Dapur berada di tengah rumah, lengkap dengan mini bar yang bisa dimanfaatkan sebagai meja makan. Mini bar juga berfungsi sebagai pembatas antara dapur dan ruang keluarga.
Supaya dapur terlihat lebih luas dan lega, Anda bisa menggunakan warna putih yang dipadukan dengan peralatan masak stainless steel. Perpaduan antara warna putih dan silver dijamin membuat dapur rumah subsidi jadi semakin keren dan modern.

4. Dapur Rumah Subsidi Minimalis

Dapur rumah subsidi minimalis. (Foto: Home-Designing.com)
Tidak ingin memiliki dapur dengan ukuran yang besar? Desain dapur rumah subsidi minimalis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sesuai dengan namanya, dapur ini tidak mempunyai ukuran yang luas dan perabotan yang cukup minim.
Kitchen set sangat diperlukan untuk menyimpan dan menata peralatan makan dan masak agar terlihat rapi. Anda juga bisa memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan sehingga tidak memakan banyak tempat.

5. Dapur Rumah Subsidi Outdoor

Dapur rumah subsidi outdoor. (Foto: Calbizjournal.com)
Ide renovasi dapur rumah subsidi selanjutnya adalah bergaya outdoor. Dapur ini berada di luar rumah, lebih tepatnya halaman belakang yang kerap menjadi lahan ‘sisa’ pada rumah type 30/60.
Supaya lebih apik, dapur memiliki kitchen set yang terbuat dari bebatuan alam. Batu alam juga membuat dapur menjadi terlihat alami, nyaman, dan unik pastinya. Terdapat mini bar kecil yang bisa digunakan sebagai meja makan atau tempat hangout ketika tamu datang.

6. Dapur Rumah Subsidi Belakang

Dapur rumah subsidi belakang rumah. (Foto: Home-Designing.com)
Ide renovasi dapur rumah subsidi lainnya adalah yang berada di belakang rumah. Desain ini memungkinkan dapur terletak di belakang rumah dengan konsep yang terbuka. Ini tampak dari sebuah jendela besar yang berada di sisi dapur sehingga membuat sirkulasi udara dapur dan rumah menjadi bagus, serta pencahayaan alami yang baik.
Agar tidak memakan banyak tempat, memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan merupakan salah satu opsi untuk mengadopsi dapur rumah seperti ini.

7. Dapur Rumah Subsidi Depan

Dapur rumah subsidi depan rumah. (Foto: Home-Designing.com)
Ide dapur rumah subsidi di depan rumah memang terdengar tidak biasa, tetapi ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin sesuatu yang beda. Dapur berada di bagian depan rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas, sementara dinding menjadi tempat penyimpanan berbagai peralatan memasak dan makan.
Tidak ada sekat antara dapur dengan ruangan lainnya, seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Ini membuat tampilan dapur menjadi lebih lega dan rumah menjadi lebih luas. Selain itu, desain ini juga bisa membuat rumah semakin cozy.

Tips Rumah.com

Anda dapat memadu padankan peralatan aksen kayu dan peralatan dapur berbahan stainless steel. Ini membuat dapur terlihat lebih modern.

Rincian Biaya Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 30/60

Ini rincian biaya untuk merenovasi dapur rumah subsidi. (Foto: Unsplash – Sven Brandsma)
Ada banyak variasi biaya yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi dapur rumah subsidi type 30/60. Ini ditentukan dari tempat jasa konstruksi atau vendor yang digunakan. Tetapi, secara umum untuk mendapatkan hasil renovasi dapur yang maksimal biasanya membutuhkan bujet kurang lebih Rp15 juta.
Meski demikian, jika ingin merenovasi satu ruangan dapur, bisa saja bujet yang dikeluarkan lebih dari Rp15 juta. Selain itu, biaya renovasi pun ditentukan dari bahan atau material yang digunakan dan tentunya juga mempengaruhi kualitas material. Semakin bagus kualitasnya, maka akan semakin mahal pula material yang dipakai.
Semisal mempersiapkan pasir, bata merah, besi, semen, bendrat, paku, pipa, keni, watermor, lem PVC, selotip, kuas, ember, saklar, kabel tanam, kaca, keramik jika menginginkan dapur rumah memakai keramik, keran, kitchen sink, pintu dapur, galvalume, dan spandek membutuhkan sedikitnya Rp7 juta.
Belum lagi ditambah 2 tukang dengan biaya harian Rp200 ribu sampai Rp300 ribu dan renovasi dikerjakan sekitar 14 hari. Total ongkos untuk tukang bangunan pun sekitar Rp5,6 juta. Jika ditotal maka biaya renovasi dapur rumah subsidi type 30/60 adalah Rp12,6 juta. Tetapi biaya tersebut belum termasuk biaya pengecatan dan biaya tidak terduga lainnya. Dengan demikian, rincian kotornya bisa mencapai Rp15 juta.

Tips Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 30/60

Berikut tips-tips sebelum renovasi dapur rumah subsidi. (Foto: Unsplash – Im3rd Media)
Renovasi rumah subsidi sejatinya masih diperbolehkan oleh pemerintah tetapi dengan sejumlah peraturan dan ketentuan yang berlaku. Seperti bagian dapur rumah subsidi bisa diizinkan untuk direnovasi, namun tidak dengan bagian fasad rumah.
Untuk itu, berikut beberapa tips renovasi dapur rumah subsidi type 30/60 yang perlu diketahui agar tidak salah.

1. Ketahui Biaya Renovasi

Pelajari biaya renovasi rumah subsidi type 30/60. Ketahui kalau biaya renovasi biasanya dipengaruhi oleh model atau desain dapur yang diinginkan dan material yang digunakan. Mengetahui biaya renovasi dapur juga perlu agar renovasi bisa sesuai bujet dan keinginan.

2. Membuat RAB

Pastikan membuat RAB atau rencana anggaran biaya. Itu karena bisa mempengaruhi bujet yang akan dikeluarkan untuk membangun dapur idaman. Baik memilih sistem Borongan atau harian harus diperhitungkan secara tepat agar biaya renovasi tidak membengkak.

3. Perhatikan Ongkos Tukang

Perhatikan pula ongkos tukang bangunan yang melakukan renovasi dapur rumah. Itu karena jasa tukang bangunan di setiap daerah bisa berbeda-beda. Dengan begitu, biaya untuk renovasi dapur rumah subsidi type 30/60 juga bisa berbeda pastinya. Begitu pula dengan harga bangunan yang akan digunakan.
Itulah beberapa hal yang bisa menjadi gambaran untuk merenovasi dapur rumah subsidi type 30/60.
Tonton video berikut untuk mempelajari model rumah sederhana nan indah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini