10 Desain Ruang Makan Mewah Bikin Betah di Rumah

Tim Editorial Rumah.com
10 Desain Ruang Makan Mewah Bikin Betah di Rumah
RumahCom – Punya ruang makan mewah bukan berarti harus dibuat dengan harga yang mahal. Kesan mewah bisa dibuat dengan pemilihan material yang tepat dan desain yang cermat, lho!
Ruang makan mewah juga dapat dibuat sesuai dengan konsep atau tampilan yang Anda inginkan. Berikut 10 desain ruang makan mewah yang dijamin dapat membuat Anda dan keluarga betah di rumah.
  1. Ruang Makan Mewah Minimalis
  2. Ruang Makan Mewah Klasik
  3. Ruang Makan Mewah Industrial
  4. Ruang Makan Mewah Monokrom
  5. Ruang Makan Mewah Artistik
  6. Ruang Makan Mewah Bohemian
  7. Ruang Makan Mewah Rustic
  8. Ruang Makan Mewah Tropical
  9. Ruang Makan Mewah Japanese
  10. Ruang Makan Mewah Terbuka

1. Ruang Makan Mewah Minimalis

Ruang makan mewah dengan konsep minimalis. (Foto: Indesignlive.com)
Untuk Anda yang tak memiliki banyak lahan, konsep minimalis juga dapat diterapkan untuk ruang makan mewah. Pilih meja makan berbentuk bundar dengan diameter yang tak terlalu besar. Anda tinggal menambahkan 2-4 kursi berdesain minimalis.
Meski dengan lahan terbatas, rumah makan mewah minimalis akan memberikan kenyamanan untuk Anda dan keluarga saat menyantap makanan. Untuk material meja makan, bisa menggunakan bahan marmer untuk menambah kesan mewah.
Punya ruang makan mewah bukan berarti harus dibuat dengan harga yang mahal. Kesan mewah bisa dibuat dengan pemilihan material yang tepat dan desain yang cermat. Mau punya rumah di kawasan yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal seperti area Tangerang? Cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

2. Ruang Makan Mewah Klasik

Ruang makan mewah bergaya klasik yang hangat. (Foto: Home Stratosphere)
Ruang makan mewah dengan konsep klasik adalah pilihan yang tak pernah mengecewakan, apalagi untuk Anda yang senang dengan konsep vintage.
Di konsep klasik ini, Anda harus memperhatikan pemilihan furniture dan dekorasi. Pilihlah furniture dan dekorasi dengan desain klasik. Salah satu contohnya seperti gambar di atas. Lampu gantung dengan lilin elektrik membuat suasana ruang makan seperti kembali ke zaman romawi.

Tips Rumah.com

Supaya lebih proper, jika membuat jamuan makan bersama di rumah, sebaiknya tata peralatan makan dengan tatanan table setting yang lengkap.

3. Ruang Makan Mewah Monokrom

Ruang makan mewah monokrom yang elegan. (Foto: Bailey Interior.com)
Ruang makan mewah sangat cocok diterapkan untuk konsep monokrom yang identik dengan warna hitam dan putih. Dengan perpaduan hitam dan putih membuat ruang makan menjadi mewah, luas, dan elegan. Pilih furnitur dengan warna yang senada dengan warna dinding dan dekorasi.

4. Ruang Makan Mewah Industrial

Ruang makan mewah industrial yang nyaman dan elegan. (Foto: Home Stratosphere)
Meski identik dengan material besi, batu bata, dan kaca, desain industrial juga dapat diterapkan untuk ruang makan mewah lho! Desain ruang makan ini sangat cocok untuk keluarga muda milenial.
Dengan ruang makan yang menyatu dengan area dapur, membuat ruang makan menjadi lebih luas, serta udara dan pencahayaan yang lebih banyak. Gunakan furnitur dengan material kayu karena sangat cocok untuk konsep industrial yang unfinished. Beri lampu gantung dengan bohlam berwarna kuning agar lebih aesthetic.

5. Ruang Makan Mewah Artistik

Lukisan pop art di ruang makan membuat ruang makan lebih hidup. (Foto: Pinterest)
Untuk Anda yang senang dengan sesuatu yang artistik, ruang makan seperti ini sangat cocok diterapkan. Untuk menampilkan kesan artistik, Anda dapat menghadirkan lukisan yang besar di area dinding.
Jika ruangan didominasi warna soft atau netral, Anda dapat memberi lukisan full color atau pop art seperti di atas. Namun jika ruangan telah menghadirkan banyak warna, Anda dapat memberi lukisan klasik dengan warna yang lebih netral.

6. Ruang Makan Mewah Bohemian

Ruang makan mewah dengan konsep bohemian. (Foto: Mpettipoole.com)
Siapa bilang konsep bohemian tak dapat dibuat di ruang makan mewah? Dengan paduan yang tepat, ruang makan mewah berkonsep bohemian dapat menjadi pilihan yang tepat. Untuk tetap mempertahankan kesan elegan dan mewah, sentuhan bohemian dapat dihadirkan dari salah satu furnitur atau dekorasi saja.
Seperti gambar di atas, kesan bohemian hadir dari meja makan yang dibuat dari satu batang pohon tanpa ada sambungan. Tak hanya itu, pemilihan warna kontras dengan dinding bernuansa tosca juga memberikan kesan elegan yang kuat.

7. Ruang Makan Mewah Rustic

Konsep rustic dapat diterapkan di ruang makan mewah. (Foto: Elledecor.com)
Desain ruang makan dengan gaya rustik itu sendiri akan menampilan rasa tradisional. Suasana seperti ini akan memberikan daya tarik tersendiri pada hunian. Kehadiran banyak jendela di ruang makan membuat ruangan lebih terang karena mendapatkan cahaya matahari dengan maksimal.
Desain ruang makan ini terlihat elegan dengan penataan furniture yang rapi. Menggunakan meja dan kursi makan model klasik, serta memasang lampu model cantik membuat ruang makan ini terlihat mewah.

8. Ruang Makan Mewah Tropical

Adanya tanaman tropis membuat ruang makan terasa sejuk. (Foto: Pinterest)
Salah satu tema yang tengah hits digunakan pada ruang makan yaitu nuansa tropical. Tropical memberikan suasana yang ceria dan eksotis ke dalam ruangan, melalui kehadiran elemen natural yaitu tanaman.
Perpaduan alam dan desain elegan pada furnitur dan dekorasi, membuat ruang makan terlihat mewah namun kesan tropicalnya tetap terasa. Karena tema tropical yang erat dengan nuansa alam, Anda harus menghadirkan beberapa tanaman di ruang makan seperti contoh di atas. Hadirnya tanaman membuat suasana ruang makan menjadi sejuk, asri, dan nyaman.

9. Ruang Makan Mewah Japanese

Ruang makan bergaya jepang ini terasa sangat nyaman. (Foto: Home Decor Bliss)
Gaya Jepang yang identik dengan furnitur kayu akan memberikan kesan yang chic dan elegan meskipun di area yang sempit. Desain ruang makan ala Jepang yang kental dengan konsep lesehan akan memberikan suasana yang hangat bersama keluarga.
Meski berkonsep lesehan, ruang makan ala Jepang ini tetap memberikan kesan mewah dari pemilihan dekorasi sekitar ruangan seperti lampu sudut, pengharum ruangan, dan vas bunga yang elegan.

10. Ruang Makan Mewah Terbuka

Ruang makan mewah yang menghadap ke halaman belakang. (Foto: Luxuryhouses.com)
Untuk Anda yang memiliki halaman belakang, konsep ruang makan mewah terbuka cocok untuk Anda terapkan. Dengan konsep ruang terbuka yang langsung menghadap ke halaman belakang, membuat udara dan pencahayaan menjadi lebih baik.
Itulah 10 ruang makan mewah yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk diterapkan agar Anda dan keluarga betah di rumah.
Mau membeli apartemen, sebaiknya pahami langkah mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) lewat video berikut ini!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini