10 Desain Ruang Makan Minimalis yang Keren Abis!

Tim Editorial Rumah.com
10 Desain Ruang Makan Minimalis yang Keren Abis!
RumahCom – Ruang makan minimalis bisa jadi opsi untuk menyiasati ruangan yang sempit akibat dipenuhi barang-barang, atau lahan yang terbatas. Meski minimalis, dengan penataan dan konsep yang baik, ruangan makan juga dapat terlihat keren dan nyaman lho!
Untuk Anda yang tengah mencari inspirasi ruangan makan minimalis yang keren abis, simak artikel berikut yang akan memberi 10 inspirasi ruangan makan minimalis, diantaranya:
  1. Desain Minimalis Mewah
  2. Desain Minimalis Vintage
  3. Desain Minimalis Industrial
  4. Desain Minimalis Monokrom
  5. Desain Minimalis Shabby Chic
  6. Desain Minimalis Tropical
  7. Desain Minimalis Scandinavia
  8. Desain Minimalis Bohemian
  9. Desain Minimalis ala Jepang
  10. Desain Minimalis ala Korea

1. Desain Ruang Makan Minimalis Mewah

Meski terlihat mewah, ruangan ini tidak memerlukan ruang yang besar. (Foto: Pinterest)
Siapa bilang dengan lahan terbatas tak bisa menciptakan ruangan makan yang mewah? Dengan pemilihan furnitur dan dekorasi yang tepat, Anda dapat memiliki ruangan yang mewah.
Seperti gambar di atas. Meski hanya dengan 4 kursi dan meja makan kecil, namun dengan desain furnitur yang menawan, menjadikan ruangan terasa mewah. Tak lupa tambahkan lampu gantung untuk menambah kesan mewah.
Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan mendesain ruangan makan minimalis, selain bikin tampilan ruang lebih indah, rumah juga jadi nyaman karena terasa lega. Lagi cari rumah yang nyaman baik secara lingkungan maupun cicilan? Cek pilihan rumah di Parung Panjang dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

2. Desain Minimalis Vintage

Ruangan bergaya vintage membuat makan terasa nyaman. (Foto: iStock)
Desain vintage memang jadul, tetapi konsepnya masih digemari banyak orang sampai sekarang. Karenanya, tak ada salahnya jika menerapkan konsep vintage.
Desain vintage akan semakin kental apabila Anda memilih meja dan kursi yang tepat. Bayangkan jika Anda menginginkan desain vintage, namun meja dan kursi yang digunakan adalah yang bertema modern. Sangat tidak cocok bukan? Anda bisa menggunakan furnitur yang terbuat dari baja, metal, atau kayu untuk menciptakan nuansa jadul.

3. Desain Minimalis Industrial

Dapatkan tampilan ruangan yang simpel dan kekinian dengan tema industrial. (Foto: Pinterest)
Ruangan bergaya industrial cukup populer dan banyak dijadikan pilihan pada sebuah hunian saat ini. Konsep tersebut memiliki keunikan tersendiri. Sehingga akan memberikan efek yang cukup menarik.
Ruangan makan pada setiap tempat tinggal, hadir sebagai ruangan yang cukup dibutuhkan. Perannya yang cukup penting, membuat pemiliknya harus bisa menentukan konsep yang tepat.
Apalagi saat ini sudah banyak konsep yang bisa Anda jadikan pilihan untuk membuat ruangan menjadi nyaman. Salah satu konsep yang juga banyak dipilih yaitu industrial.

4. Desain Minimalis Monokrom

Ruangan bertema monokrom yang elegan. (Foto: Pinterest)
Desain ruangan yang pertama mengusung konsep monokrom dimana warna dinding senada dengan furniture yang ada. Meskipun warna yang dipilih termasuk ke dalam warna gelap, tetapi kesan ruangan ini justru menjadi elegan.

5. Desain Minimalis Shabby Chic

Ruangan makan di sudut dengan sentuhan shabby chic minimalis. (Foto: Visualhunt.com)
Gaya shabby chic memiliki tampilan desain menarik, unik dan nuansa romantic. Namun bisa pula diciptakan dengan lebih minimalis tanpa ada juntaian kain atau renda untuk aktivitas sehari-hari.
Ide dekorasi yang satu ini unik dan bisa diaplikasikan pada berbagai ruangan. Selain itu, bisa juga kombinasikan dengan furniture kayu unik. Desain interior yang satu ini juga sudah ada sejak tahun 90-an. Kesan gaya yang unik, antik dan romantis bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Tips Rumah.com

Mudah mengubah kursi kayu lawas menjadi cocok dengan gaya shabby, caranya menggunakan teknik cat pupur, dalam pilihan warna-warni yang lembut.

6. Desain Minimalis Tropical

Ruangan berkonsep tropikal yang menyejukkan. (Foto: Pinterest)
Salah satu tema yang tengah hits digunakan pada ruangan yaitu nuansa tropical. Tropical memberikan suasana yang ceria dan eksotis ke dalam ruangan, melalui kehadiran elemen natural yaitu tanaman.
Karena bertema tropical yang erat dengan nuansa alam, Anda harus menghadirkan beberapa tanaman di ruangan seperti contoh di atas. Hadirnya tanaman membuat suasana ruangan menjadi sejuk, asri, dan nyaman. Hadirkan beberapa jendela minimalis untuk pencahayaan alami ruang sehingga unsur tropisnya semakin terasa.

7. Desain Minimalis Scandinavia

Scandinavian tengah menjadi pilihan konsep hunian milenial. (Foto: Pinterest)
Sejak sekitar dua tahun yang lalu, Scandinavian style mendadak booming dan kerap jadi bahasan karena pesonanya yang simpel dan modern. Gaya Skandinavia juga dapat menciptakan lingkungan rumah yang lebih terang serta tampak terlihat ringan dan praktis.
Selain itu, gaya Scandinavian pada sebuah rumah pasti bisa memberikan efek tenang dan nyaman ketika Anda dan keluarga bersantap bersama.

8. Desain Ruang Makan Minimalis Bohemian

Konsep bohemian memberi nuansa ceria namun menenangkan. (Foto: Decoratedlife.com)
Bohemian merupakan gaya interior yang mulai berkembang sejak abad 19 di Paris. Gaya ini identik dengan penggunaan banyak warna, pattern, tekstur, material, hingga layer. Gaya ini cenderung menggunakan bahan atau material interior yang alami, seperti kayu.
Yang khas dari gaya bohemian adalah penggunaan karpet bercorak cerah. Material dan dekorasi warna netral seimbangkan estetika ruang.

9. Desain Ruang Makan Minimalis ala Jepang

Dengan lahan terbatas, Anda dapat menghadirkan ruangan ala negeri sakura Jepang. (Foto: Pinterest)
Gaya interior Jepang yang identik dengan furnitur kayu akan memberikan kesan yang chic dan elegan meskipun di area yang sempit. Untuk Anda yang punya rumah mungil, desain interior Jepang bisa Anda terapkan agar ruang yang tersedia lebih efektif.

10. Desain Ruang Makan Minimalis ala Korea

Anda dapat memiliki ruangan ala Drakor. (Foto: Pinterest)
Untuk Anda yang gemar nonton drama Korea, pasti menyadari bahwa dapur-dapur di drakor tersebut memiliki konsep dekorasi yang berbeda dibanding dapur-dapur modern di Indonesia. Biasanya, dapur-dapur tersebut menggabungkan unsur modern dengan material kayu yang memberikan kehangatan.
Seperti kebanyakan desain interior di drakor, dapur dibuat tanpa sekat, sehingga tampak menyatu. Itulah 10 desain ruangan makan minimalis yang keren abis, yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk membuat ruangan makan impian Anda.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk menginvestigasi bagaimana cara mencari rumah idaman yang sesuai untuk Anda dengan mudah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Penyangkalan: Informasi yang disajikan hanya sebagai informasi umum. PropertyGuru Pte Ltd dan PT AllProperty Media atau Rumah.com tidak memberikan pernyataan ataupun jaminan terkait informasi tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada pernyataan ataupun jaminan mengenai kesesuaian informasi untuk tujuan tertentu sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku. Meskipun kami telah berusaha melakukan yang terbaik untuk memastikan informasi yang kami sajikan di dalam artikel ini akurat, dapat diandalkan, dan lengkap pada saat ditulisnya, informasi yang disajikan di dalam artikel ini tidak dapat dijadikan acuan dalam membuat segala keputusan terkait keuangan, investasi, real esate, maupun hukum. Lebih jauh, informasi yang disajikan bukanlah sebagai pengganti saran dari para profesional yang terlatih, yang dapat mengambil keputusan sesuai dengan kondisi dan situasi Anda secara pribadi. Kami tidak bertanggung jawab terhadap hasil dari keputusan yang Anda buat dengan mengacu pada informasi yang tersaji dalam artikel ini.

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini