9 Inspirasi Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36

Tim Editorial Rumah.com
9 Inspirasi Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36
RumahCom – Punya ruang tamu di teras rumah type 36 boleh jadi adalah tantangan tersendiri. Mengingat keterbatasan luas bangunan rumah menjadi kendala utamanya. Namun bukan berarti tidak mungkin. Di sini, Anda justru dituntut untuk piawai berkreasi agar bisa mewujudkan hal tersebut. Lantas bagaimana cara menghadirkan ruang tamu di teras rumah type 36?
  1. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Boho yang Unik
  2. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Nuansa Kayu
  3. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Skandinavia
  4. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Retro
  5. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 dengan Suasana Pantai
  6. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Minimalis
  7. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Industrial
  8. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Jepang
  9. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 dengan Banyak Tanaman

1. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Boho yang Unik

Dekorasi ruang tamu gaya Bohemian patut dipertimbangkan bagi Anda yang senang tampil ‘nyentrik’. (Foto: One Kindesign)
Teras gaya bohemian dengan detail warna netral krem dan ornamen boho pada dinding, lantai, serta plafon teras sangat ideal diaplikasikan bagi Anda yang senang jadi pusat perhatian. Untuk menciptakan gaya Boho caranya sangat mudah! Cukup tambahkan detail tekstur pada dinding dengan macramé, dream catcher, atau sarung bantal bermotif etnik.
Jika ingin lebih bernuansa, pilih warna-warna cerah karena gaya bohemian identik dengan tabrak warna-warna cerah. Warna gelap akan terlihat ‘mati’ untuk gaya interior Bohemian. Beberapa contoh warna seperti pink, merah, dan turquoise, adalah warna yang playful dan cocok untuk gaya Bohemian. Anda bisa gunakan warna ini untuk bagian dinding dipadukan pernak-pernik lain berwarna terang.

2. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Nuansa Kayu

Gunakan perabot seperti kursi, meja atau rak dengan desain minimalis dan sederhana. (Foto: Hips hearst apps)
Selain bohemian, Anda juga bisa mempertimbangkan nuansa kayu untuk ruang tamu di teras rumah type 36. Material kayu selalu menjadi elemen favorit untuk disertakan, karena sifatnya yang fleksibel. Material kayu juga selalu sukses menciptakan kesan hangat dan ramah dalam sebuah ruangan. Di samping itu juga kokoh dan tidak perlu banyak perawatan.
Gunakan perabot seperti kursi, meja atau rak dengan desain minimalis dan sederhana. Usahakan tidak memilih perabot yang memiliki desain dan ukiran-ukiran rumit. Untuk menambah kesan hangat, tambahkan rug dengan warna netral dan tanaman hijau agar lebih terasa segar.

3. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Skandinavia

Kini desain Skandinavia juga telah diadopsi di seluruh dunia termasuk Indonesia.(Foto: Pexels – Lachlan Ross)
Dekorasi ruang tamu ala Skandinavia masih booming sejak beberapa tahun lalu sampai sekarang. Desain ini mengutamakan konsep simpel, fungsional, sedap dipandang dan dianggap cocok untuk gaya urban masa kini. Gaya Skandinavia umumnya digunakan pada hunian-hunian di wilayah Eropa utara, seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark.
Kini desain Skandinavia juga telah diadopsi di seluruh dunia termasuk Indonesia karena dianggap cocok untuk segala iklim dan terkesan modern. Untuk mengatur dekorasi ruang tamu ala Skandinavia, perhatikan warna-warna natural yang terinspirasi dari alam, seperti krem, cokelat kayu, dan warna floral. Warna putih juga sering digunakan karena dianggap sebagai warna terbaik untuk memantulkan cahaya matahari guna menyinari ruangan secara alami.

4. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Retro

Pada ruang tamu bergaya retro, Anda bisa menambahkan furniture bernuansa jadul. (Foto: Housebeautiful)
Desain ruang tamu gaya retro terinspirasi dari tren nuansa tahun 70an hingga 90an. Gaya retro identik dengan penggunaan warna-warna yang cerah dan kontras yang memberikan kesan semangat.
Tips untuk menjadikan ruang tamu Anda bergaya retro, Anda bisa menambahkan furniture bernuansa jadul. Selain itu, menempatkan karpet berwarna cerah bermotif geometris pada ruang tamu juga menjadi ciri khas gaya retro.
Guna menyiasatinya keterbatasan ruang, ruang tamu di teras rumah type 36 bisa jadi opsi praktis sekaligus ekonomis. Lagi cari rumah di kawasan prospektif dengan harga ekonomis? Cek pilihan rumahnya di kawasan Serpong dengan harga di bawah Rp1 M di sini!

5. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 dengan Suasana Pantai

Ruang tamu dengan suasana pantai akan terasa seperti berlibur setiap hari. (Foto: Love Incorporated)
Mengubah ruang tamu di teras rumah type 36 Anda dengan gaya café tropis pantai mungkin dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ruang tamu dengan suasana pantai ini berbeda karena menggunakan meja tinggi dan furnitur yang terkesan santai dan hangat. Bayangkan Anda sedang berada di resto atau café di pinggir pantai Bali saat asyik berbincang di ruang tamu rumah Anda.

6. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Minimalis

Meski ruangan kecil dan terbatas, Anda bisa menciptakan kesan luas dengan gaya minimalis. (Foto: Pixabay – Martina Zalitobetonem)
Menciptakan ruang tamu minimalis yang berkesan modern dan elegan bisa dilakukan dengan cara mendesainnya dalam tema monokrom. Meski ruangan yang Anda punya kecil dan terbatas, Anda bisa menciptakan kesan luas dengan cara mengecat dinding dengan warna putih bersih. Kemudian mengisinya dengan perabot-perabot berwarna monokromatik.
Meskipun palet monokrom identik dengan warna putih, hitam, dan abu-abu, namun tak berarti ruangan akan terkesan dingin. Untuk membuatnya lebih indah, cek referensi ide untuk ruang tamu tema monokrom yakni:
  • Tempatkan dua sampai tiga pot tanaman hijau yang indah untuk menghidupkan ruang dengan warna alami.
  • Aksen kayu dan anyaman alami mampu menambah suasana nyaman di ruang tamu.
  • Hiasi ruang tamu dengan galeri foto yang terorganisir dengan rapi untuk kesan menarik tanpa membuat visualisasi ‘ramai’.

7. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Industrial

Tembok model plester semakin mempertegas tampilan dari teras berdesain industrial. (Foto: Architectureartdesigns)
Teras rumah yang memiliki gaya desain industrial sangat tepat untuk Anda yang ingin memiliki rumah dengan tampilan yang unik. Salah satu ciri khas dari teras bergaya industrial adalah terdapat rangka besi ekspos yang menjulang dengan gagah. Tembok model plester semakin mempertegas tampilan dari teras berdesain industrial.

Tips Rumah.com

Konsep ruang tamu dengan tema industrial identik dengan desain unfinish. Yang mana konsep ini akan mengekspos material bangunan sebagai keunikan. Elemen material bangunan yang digunakan seperti bata ekspos, beton, hingga material logam pada furniture.

8. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 Gaya Jepang

Desain bergaya Jepang modern lebih fleksibel. (Foto: JDK/AIA)
Ruang tamu pada teras rumah bergaya Jepang modern sangatlah indah untuk dipandang. Berbeda dari desain teras Jepang klasik yang kental dengan elemen kayu, desain bergaya Jepang modern lebih fleksibel dan menggunakan kombinasi elemen kayu dengan tembok batu yang simpel.

9. Ruang Tamu di Teras Rumah Type 36 dengan Banyak Tanaman

Pilih furnitur yang berbahan dasar kayu atau rotan agar nuansa alam lebih terasa. (Foto: Housing)
Ingin ruang tamu di teras rumah type 36 terasa semakin sejuk dan bernuansa alam? Aplikasikan desain ruang tamu gaya botani adalah solusinya. Anda bisa memulai dengan menambahkan tanaman indoor pada ruang tamu.
Selain itu, ubah warna dinding dengan warna-warna alam seperti hijau tua, coklat, dan biru muda. Selain itu, Anda juga bisa memilih furnitur yang berbahan dasar kayu atau rotan agar nuansa alam lebih terasa.
Ketahuilah perbedaan Notaris dan PPAT melalui video yang informatif dan menarik berikut ini!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini