12 Model Atap Rumah Miring ke Belakang, Lagi Viral!

Tim Editorial Rumah.com
12 Model Atap Rumah Miring ke Belakang, Lagi Viral!
Rumah.com – Atap merupakan aspek penting yang ada di rumah karena bertugas untuk melindungi rumah dari sengatan matahari dan hujan. Dengan banyaknya model atap yang ada, model atap miring ke belakang menjadi salah satu jenis atap yang digemari oleh masyarakat sekarang ini.
Model atap rumah miring ke belakang mampu memberikan kesan rumah minimalis dan modern. Bukan itu saja, model atap ini juga memiliki sejumlah keunggulan seperti, menambah nilai estetika hunian, mempercepat aliran air hujan, juga biaya yang cenderung murah.
Untuk mengetahui lebih lanjut soal atap rumah miring ke belakang, berikut rekomendasi ide model yang bisa dicoba:
  1. Atap Rumah Miring Kombinasi
  2. Atap Rumah Miring Perisai Modifikasi
  3. Atap Rumah Miring Sandar Satu Sisi
  4. Atap Rumah Miring Piramida
  5. Atap Rumah Miring Saltbox
  6. Atap Rumah Miring Gambler
  7. Atap Rumah Miring Kubah
  8. Atap Rumah Miring Shed
  9. Atap Rumah Miring Sandar
  10. Atap Rumah Miring Pelana
  11. Atap Rumah MiringJerkinhead
  12. Atap Rumah Miring Perisai

1. Atap Rumah Miring ke Belakang Kombinasi

Atap rumah miring ke belakang kombinasi. (Foto: Unsplash – Aubrey Odom – Mabey)
Ide atap rumah miring ke belakang yang pertama adalah kombinasi. Model ini merupakan kombinasi dari beberapa model dan fitur desain atap miring. Seperti perpaduan atap miring pelana dengan model sandar.
Atap rumah miring ke belakang ini membuat rumah memiliki daya tarik lebih karena menjadi lebih estetik. Sayangnya, jika semakin kompleks desain yang diinginkan maka akan semakin besar juga bujet yang harus dikeluarkan.
Atap miring ke belakang membuat rumah tampak modern dan kekinian. Nah, jika Anda sedang mencari rumah modern dan kekinian hunian di kawasan BSD, Serpong bisa jadi pilihan Anda. Cek daftar rumah di BSD dibawah Rp1 miliar di sini!

2. Atap Rumah Miring ke Belakang Perisai Modifikasi

Atap rumah miring ke belakang perisai modifikasi. (Foto: Unsplash – (Red Charlie)
Atap perisai memiliki empat sisi dan sering digunakan pada banyak hunian di Indonesia. Model atap ini memiliki desain yang lebih modern dan telah banyak digunakan pada desain rumah minimalis. Bedanya dengan atap perisai biasa, atap perisai modifikasi ini memiliki sedikit twist.
Hal ini tampak pada atap di bagian belakang rumah yang sedikit lebih landai dan memberikan kesan unik dan elegan.

3. Atap Rumah Miring ke Belakang Sandar Satu Sisi

Atap rumah miring ke belakang sandar satu sisi. (Foto: Unsplash – Giorgio Trovato)
Model atap rumah miring ke belakang selanjutnya adalah sandar satu sisi. Berbeda dengan atap sandar, atap sandar satu sisi ini memiliki atap tunggal yang miring ke arah belakang. Atap jenis ini sangat mudah dirakit dan menggunakan material yang lebih sedikit dibanding model atap lainnya.
Selain itu, desainnya yang miring curam memungkinkan air hujan mengalir dengan lebih mudah. Memberikan kesan estetik yang unik, model ini banyak digunakan pada struktur rumah bergaya modern.

4. Atap Rumah Miring ke Belakang Piramida

Atap rumah miring ke belakang piramida. (Foto: Unsplash – Dillon Kydd)
Atap rumah miring ke belakang piramida adalah jenis atap di mana keempat sisinya ada pada titik di atas atap dan tidak memiliki sisi vertikal. Biasanya jenis atap ini digunakan pada bangunan kecil seperti bungalow atau kabin, tetapi tidak ada salahnya diaplikasikan pada rumah.
Atap jenis ini sangat tahan angin dan sangat cocok untuk rumah minimalis. Sayangnya, bujetnya cukup besar karena menggunakan kuda-kuda yang lebih banyak dan membutuhkan desain yang lebih presisi dan detail.

5. Atap Rumah Miring ke Belakang Saltbox

Atap rumah miring ke belakang saltbox. (Foto: Unsplash – Bernard Hermant)
Atap rumah miring ke belakang lainnya adalah model saltbox. Atap rumah miring ini adalah variasi dari desain kolonial dan hadir karena kebutuhan akan banyak ruang. Atap ini memiliki model asimetris di mana sisinya lebih panjang dari sisi satunya yang mana lebih pendek dan lebih miring.
Atap jenis ini bisa memberikan kesan klasik dan estetik karena bentuknya yang unik dan tidak biasa. Selain itu, atap rumah miring saltbox pun lebih tahan lama karena bentuknya yang asimetris itu.

6. Atap Rumah Miring ke Belakang Gambler

Atap rumah miring ke belakang gambler. (Foto: Roofingcompare.com)
Atap rumah miring ke belakang selanjutnya adalah atap rumah gambler atau yang dikenal dengan nama atap gudang. Bentuknya menjadi ciri bangunan di Belanda dan Georgia sehingga tentunya akan sangat unik apabila diaplikasikan di Indonesia.
Memiliki dua sisi, depan dan belakang, setiap sisi mempunyai kemiringan yang hampir vertikal dan curam. Sementara pada bagian atasnya, cenderung lebih rendah. Karena konstruksinya cukup sederhana, material yang dibutuhkan untuk membuat atap model ini pun lebih sedikit sehingga bisa hemat biaya.

7. Atap Rumah Miring ke Belakang Kubah

Atap rumah miring ke belakang kubah. (Foto: Unsplash – Omar Ky)
Desain atap kubah sangat cocok untuk mereka yang menginginkan kesan megah dan mewah pada hunian mereka. Atap rumah miring ke belakang kubah ini mampu menimbulkan kesan berkelimpahan layaknya rumah orang ningrat.
Supaya lebih cantik, biasanya pada model atap ini dilengkapi dengan kaca mozaik supaya hunian tampak klasik dan indah. Bukan itu saja, model ini pun cukup tahan lama.

8. Atap Rumah Miring ke Belakang Shed

Atap rumah miring ke belakang shed. (Foto: Unsplash – Milan Seitler)
Atap rumah miring ke belakang shed sekilas mirip dengan atap rumah miring sandar. Keduanya sama-sama memiliki atap yang dimiringkan beberapa derajat. Bedanya, atap rumah miring shed memiliki desain yang lebih minimalis dan modern.
Selain itu, dari segi desain atap, tipe shed juga mempunyai bagian atas yang bersandar sehingga menempel pada bagian dinding. Model ini sangat membuat aliran air menjadi lancar.

Tips Rumah.com

Untuk menghindari air hujan tampias ke arah rumah tetangga, beri jarak antara atap dengan bangunan tetangga.

9. Atap Rumah Miring ke Belakang Sandar

Atap rumah miring ke belakang sandar. (Foto: Unsplash – Bernard Hermant)
Atap rumah miring ke belakang sandar adalah jenis atap rumah miring yang paling banyak digunakan pada rumah bergaya modern. Atap ini rumah ini memiliki atap tunggal miring yang menempel pada dinding yang lebih tinggi.
Atap ini memberikan kesan yang modern, mudah dirakit, dan memiliki desain dengan kemiringan yang curam sehingga memungkinkan air hujan mengalir dengan mudah. Meski demikian, perhatikan dalam pembangunan atap rumah ini karena kalau kemiringan atap terlalu tinggi maka plafon rumah bisa menjadi rendah.

10. Atap Rumah Miring ke Belakang Pelana

Atap rumah miring ke belakang pelana. (Foto: Unsplash – Julie Fader)
Atap rumah miring ke belakang pelana adalah model atap yang sangat populer di Indonesia. Atap ini membentuk bubungan atap rumah yang menyerupai pelana kuda. Strukturnya hanya terdiri dari dua sisi miring yang ditopang dinding berbentuk segitiga.
Atap rumah miring ke belakang ini mudah dibangun dan tidak merogoh kocek banyak. Selain itu, area loteng yang lebih luas pun bisa dijadikan ruangan tambahan yang tentunya sangat menguntungkan.

11. Atap Rumah Miring ke Belakang Jerkinhead

Atap rumah miring ke belakang jerkinhead. (Foto: Roofingcompare.com)
Atap rumah miring ke belakang jerkinhead merupakan desain kombinasi dari atap rumah pelana dan perisai. Atap rumah ini seperti atap rumah pelana dengan ujung melengkung yang dipotong pendek dan mengarah ke bawah. Umumnya, model atap ini banyak ditemukan di Inggris.
Meskipun jarang ditemukan di Indonesia, tetapi atap rumah ini lebih stabil dan memiliki banyak ruang di loteng bawah atap. Selain itu, desainnya yang unik juga dijamin akan mencari perhatian orang yang melihatnya.

12. Atap Rumah Miring ke Belakang Perisai

Atap rumah miring ke belakang perisai. (Foto: Unsplash – Roya Ann Miller)
Atap rumah miring ke belakang perisai terakhir adalah atap rumah perisai yang terdiri dari empat sisi. Seperti atap pelana, model atap ini banyak diaplikasikan di rumah-rumah yang ada di Indonesia. Modelnya yang modern menjadikannya atap rumah miring yang populer.
Tonton video berikut untuk memahami surat tanah petok D!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini