9 Inspirasi Rumah Atap Miring Satu Sisi yang Lagi Hits Saat Ini

Tim Editorial Rumah.com
9 Inspirasi Rumah Atap Miring Satu Sisi yang Lagi Hits Saat Ini
RumahCom – Rumah atap miring satu sisi saat ini sedang hits dan banyak diminati. Tren atap miring dinilai dapat menambah nilai estetika. Atap miring sudah dipakai oleh masyarakat Indonesia dalam bentuk atap miring konvensional. Sementara itu, rumah dengan desain minimalis umumnya memakai desain atap miring yang dinamis.
Untuk Anda yang tengah mencari inspirasi desain atap rumah miring satu sisi, simaklah artikel dibawah ini karena akan membahas mengenai 9 desain atap miring satu sisi yang tengah hits, diantaranya sebagai berikut:
  1. Rumah Minimalis
  2. Rumah Dua Lantai
  3. Rumah Memanjang ke Samping
  4. Rumah Industrial
  5. Rumah Kayu
  6. Rumah Tepi Sawah
  7. Rumah Kombinasi Atap Datar
  8. Rumah Futuristik
  9. Rumah Kupu-Kupu
Tips Beli Rumah dari Rumah Lewat Rumah.com & REI Property

Tips Beli Rumah dari Rumah Lewat Rumah.com & REI Property

1. Rumah Atap Miring Satu Sisi Minimalis

Atap miring satu sisi dengan konsep minimalis. (Foto: Pexels)
Atap miring menjadi pilihan karena memiliki desain yang mengikuti perkembangan zaman. Atap miring satu sisi dengan konsep minimalis biasanya menggunakan atap yang lebih modern, contohnya atap aspal atau genteng bitumen.
Desain rumah minimalis atap miring belakangan makin populer karena disebut sangat sesuai untuk wilayah Indonesia yang beriklim tropis.
Bangunan atau rumah dengan atap miring satu sisi selain membuat tampilan fasad jadi cantik juga mampu menambah nilai jual properti Anda. Lagi cari rumah dengan tampilan fasad yang cantik di kawasan Bojongsari? Temukan pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

2. Rumah Atap Miring Satu Sisi Dua Lantai

Rumah atap miring satu sisi dengan 2 lantai. (Foto: Pinterest)
Rumah dengan atap miring satu sisi dapat diterapkan pada hunian berlantai satu atau dua lantai. Model atap miring satu sisi yang diterapkan di hunian dua lantai, menambah kesan elegan dan artistik. Di model atap rumah miring 2 tingkat ini digunakan panel yang terbuat dari beton dengan bentuk simetris yang menyatu dari sisi bangunan.

3. Rumah Atap Miring Satu Sisi Memanjang ke Samping

Atap miring satu sisi dapat dibuat melebar ke samping bagian rumah. (Foto: Houzz.com)
Dalam pembangunan hunian kekinian, penggunaan model atap rumah miring satu sisi atap memanjang ke samping banyak diterapkan. Desain bagian miring satu sisi yang membuat rumah terlihat lebih tinggi ini cenderung mengusung gaya modern minimalis.
Atap hunian dibuat miring ke arah samping karena sebagian penempatannya sengaja dibuat pada dinding yang lebih tinggi. Walaupun terkesan sederhana, model atap rumah miring memanjang ke samping memberikan kesan kemewahan tersendiri pada rumah.
Keuntungan lainnya, bagian depan rumah terbebas dari derasnya guyuran air hujan, karena bisa mengatur aliran air hujan untuk jatuh kearah samping rumah.

4. Rumah Atap Miring Satu Sisi Industrial

Konsep industrial menambah kesan aesthetic pada atap miring satu sisi. (Foto: Houzz.com)
Desain atap miring satu sisi berkonsep gaya industrial pada interiornya. Dengan atap miring satu sisi dan paduan banyak bukaan kaca pada atap, dapat berguna untuk menangkap cahaya alami saat siang.
Di luar negeri, konsep desain rumah ala industrial menjadi salah satu konsep desain rumah yang banyak diminati dan diterapkan. Tetapi di Indonesia masih sangat jarang yang menerapkan konsep desain rumah industrial, padahal konsep ini cocok diterapkan di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

5. Rumah Atap Miring Satu Sisi Kayu

Atap miring satu sisi dengan material kayu. (Foto: Houzz)
Atap miring satu sisi ini memang dibuat dengan desain yang biasa. Namun panel kayu yang digunakan sebagai material atap akan membuat atap miring satu sisi memiliki tampilan yang natural dan juga sangat cantik.
Anda juga bisa menggunakan material kayu pada keseluruhan bangunan supaya penampilan rumah semakin serasi dan mengentalkan unsur natural pada rumah Anda.

6. Rumah Atap Miring Satu Sisi Tepi Sawah

Rumah atap miring satu sisi yang berada di daerah perbukitan. (Foto: Pixabay)
Atap miring satu sisi tepi sawah dikenal dengan sebutan atap miring sebelah. Atap model ini memiliki kemiringan yang cukup ekstrim dibandingkan sloping roof model lainnya. Rumah satu lantai maupun dua lantai cocok menggunakan atap tipe ini.
Pemilik rumah satu lantai akan mendapatkan keuntungan bangunan yang terlihat lebih tinggi dari luar. Model atap tepi sawah belum banyak digunakan di Indonesia, sehingga penggunanya akan terlihat lebih mencolok dibandingkan rumah yang lain.

7. Rumah Atap Miring Satu Sisi Kombinasi Atap Datar

Atap miring satu sisi dapat dipadukan dengan atap datar. (Foto: Houzz)
Desain konstruksi atap miring satu sisi yang ini juga harus masuk ke dalam daftar pertimbangan Anda. Jika atap miring cenderung memiliki tampilan yang kaku, dengan adanya atap datar justru akan membuat eksterior hunian jauh lebih fleksibel.
Terlebih atap datar ini bisa Anda manfaatkan menjadi spot rumah lainnya seperti area santai, menjemur dan masih banyak lagi. Jadi tidak hanya tampilan yang cantik, tapi desain ini juga dapat memaksimalkan fungsi rumah.

8. Rumah Atap Miring Satu Sisi Futuristik

Atap rumah satu sisi dengan desain futuristik yang artistik. (Foto: Houzz)
Jika Anda memiliki lahan dengan luas yang cukup besar desain konstruksi atap miring satu sisi ini bisa menjadi pilihan. Anda bisa membangun atap miring satu sisi yang kontras sehingga akan menimbulkan kesan mewah dan elegan.
Terlebih pemilihan warna dan rancangan yang tepat akan membuat atap miring ini tampak modern. Anda bisa menggunakan kaca-kaca besar pada jendela dan pitu supaya tampilan rumah semakin terlihat modern.

Tips Rumah.com

Untuk desain rumah dengan fasad minimalis dan garis-garis tegas, minimalkan penggunaan furnitur luar ruangan agar desain yang clean menjadi fokus utama.

9. Rumah Atap Miring Satu Sisi Kupu-Kupu

Atap miring satu sisi dengan bentuk kupu-kupu yang cantik. (Foto: Houzz)
Jika dilihat sekilas model atap yang satu ini memang mirip dengan bentuk sayap kupu-kupu. Posisi atap yang sengaja dibangun berlawanan malah membuat tampilannya sangat unik dan modern. Atap miring ini dibuat dengan permukaan miring yang bertemu pada bagian tengah rumah. Desain atap miring ini cukup populer pada era 50-60-an.
Itulah daftar 9 contoh konstruksi atap miring satu sisi yang bisa menjadi inspirasi Anda dalam membangun atap rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan desain dengan selera dan kebutuhan Anda ya!
Tonton video berikut tips membuat akta jual beli tanah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini