Rumah Hook dengan Segala Untung Ruginya yang Anda Wajib Tahu

Harga rumah hook acap kali dipasarkan lebih mahal karena umumnya punya kelebihan tanah yang dikenakan ke harga jual. Lalu apa saja untung rugi beli rumah hook?
1 Rumah Hook
Rumah hook memiliki luas lahan yang lebih besar dibandingkan dengan lot lain di lingkungan yang sama. Sumber: Golden Flower Legok, Pagedangan, Tangerang

RumahCom – Lokasi memang merupakan hal paling penting dalam memilih rumah. Saat memutuskan membeli rumah, selain memilih kota yang tepat, Anda juga perlu memikirkan lokasi rumah di dalam lingkungan. Sebuah rumah yang berlokasi di sudut dengan dua sisi terbuka atau yang biasanya Anda kenal dengan rumah hook, memiliki luas lahan yang lebih besar dibandingkan dengan lot lain di lingkungan yang sama.

Oleh karena itu, rumah hook yang dibangun di satu lokasi seringkali memiliki denah lantai dan konfigurasi halaman yang berbeda dari yang lain di lingkungan tersebut. Dalam sebuah rumah hook, Anda bisa memiliki ruangan yang lebih besar, garasi bisa berada di tempat yang berbeda atau bahkan halaman depan bisa lebih besar dari belakang.

Lantaran lokasinya di sudut dua sisi, Anda juga bisa lebih mendapatkan ketenangan dan privasi dibandingkan apabila rumah Anda terjepit di antara dua rumah tetangga. Rumah hook pun didambakan karena memiliki banyak keuntungan. Tak lain karena memiliki lebih banyak titik akses, lebih banyak peluang untuk jendela di rumah, lebih banyak tempat untuk parkir, dan taman yang lebih besar.

Ditambah lagi, rumah hook sangat terbuka dan serbaguna, memberikan kesempatan kepada arsitek untuk bermain dengan gaya arsitektur yang berbeda dalam tahap desain. Semua itu menambah kualitas hidup yang lebih tinggi, dan berpotensi nilai jual kembali yang lebih tinggi. Tidak heran memiliki rumah hook adalah pilihan yang populer.

  • Apa Itu Rumah Hook?
  • Keunggulan Rumah Hook
  • Kerugian Rumah Hook
  • Alasan Rumah Hook Lebih Mahal
Menara SUTET Pada Hunian, Aman Kah Untuk Ditinggali?

Tips Rumah Dan Apartemen

Menara SUTET Pada Hunian, Aman Kah Untuk Ditinggali?

Apa Itu Rumah Hook?

Rumah hook menciptakan ilusi memiliki lebih banyak ruang karena tidak berbatasan langsung dengan rumah lain.Sumber: Klaster Aether – Greenwich BSD, Lengkong Kulon, Tangerang

Rumah hook menciptakan ilusi memiliki lebih banyak ruang karena tidak berbatasan langsung dengan rumah lain.Sumber: Klaster Aether – Greenwich BSD, Lengkong Kulon, Tangerang

Rumah hook adalah rumah yang terletak di persimpangan dua jalan. Rumah hook pun dinilai lebih diinginkan karena akses ke halaman samping dan halaman belakang untuk kendaraan tersedia dari sisi jalan. Istilah hook sendiri berasal dari bahasa Belanda ‘hoek’ yang berarti sudut atau pojok.

Rumah hook menciptakan ilusi memiliki lebih banyak ruang karena tidak berbatasan langsung dengan rumah lain. Dimana mungkin memiliki halaman rumah minimalis yang lebih besar tetapi halaman belakang yang lebih kecil. Sebuah properti dengan lanskap yang menarik di bagian depan dapat meningkatkan nilai properti ketika tiba saatnya untuk dijual kembali. Tetapi jika halaman belakang kecil, apakah masih  bisa digunakan untuk memasak, menghibur dan bersantai?

Saat membeli rumah impian Anda apakah rumah hook mungkin layak dipertimbangkan? Semuanya tergantung pada perspektif Anda. Beberapa calon pembeli menganggap rumah hook merupakan sudut menarik, sementara yang lain lebih suka menghindari kekhawatiran karena rumah hook tampak menyeramkan.

Jadi, sebaiknya sebelum memutuskan menempati rumah hook, mungkin Anda harus mempertimbangkan sejumlah kondisi terlebih dahulu. Seperti apakah Anda suka memiliki lebih banyak ruang? Karena rumah hook lebih terlihat dari jalan, akan menuntut lebih banyak perawatan untuk mempertahankan daya tarik tepi jalan. Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda akan siap untuk melakukan lebih banyak upaya untuk menjaga sisi depan rumah dan halaman tetap rapi.

Dengan lahan yang terbuka, rumah model hook jauh dari kesan sumpek karena sirkulasi udaranya bagus. Mau punya rumah di area yang udaranya masih bagus seperti di kawasan Bojongsari? Temukan pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Keunggulan Rumah Hook

Rumah hook umumnya memiliki ukuran lahan yang luas. Sumber: Permata Puri Cibubur, Cimanggis, Depok

Rumah hook umumnya memiliki ukuran lahan yang luas. Sumber: Permata Puri Cibubur, Cimanggis, Depok

Jika Anda belum pernah memikirkan mengapa rumah hook menjadi pilihan yang bagus sebelumnya, pelajari lebih lanjut tentang manfaat memilih rumah hook. Sehingga Anda akan merasa yakin untuk membelinya. Karena lokasinya, rumah hook umumnya memiliki ukuran lahan yang luas. Hal tersebut dikarenakan lahannya tidak dibatasi oleh dinding rumah tetangga. Mengingat lahan yang besar, tentunya Anda bisa memiliki keleluasaan lebih mendesain rumah.

Melansir laman Champion Homes, rumah hook bukanlah pilihan pertama bagi sebagian orang, tetapi menawarkan lebih banyak manfaat daripada yang disadari kebanyakan orang. Setelah Anda tahu apa yang membuat rumah hook istimewa, Anda dapat membuat keputusan yang bijaksana. Berikut ini sejumlah kelebihan rumah hook.

1. Luas Tanah Lebih Besar

Salah satu keuntungan memilih rumah hook adalah kenyataan bahwa ada ruang ekstra. Anda bisa memanfaatkan ruang ekstra tersebut untuk taman atau sesuatu yang lain yang membuat rumah Anda terasa pribadi dan istimewa. Apalagi jika Anda menginginkan tampilan terbuka, memilih rumah hook dapat menciptakan tampilan yang Anda kehendaki.

Anda juga akan mendapatkan pemandangan yang lebih baik. Setidaknya satu sisi rumah Anda tidak akan terhalang oleh tetangga, sehingga mudah untuk dinikmati.

2. Ideal untuk Mengembangkan Bisnis Rumahan

Dengan lokasi yang strategis, dilewati oleh dua sisi rumah berjenis hook memiliki potensi yang bagus sebagai lokasi bisnis skala kecil maupun besar. Anda dapat memulai berbagai jenis usaha seperti toko, warung makan atau bisnis rumahan lainnya. Lokasinya pun strategis karena memiliki akses yang baik.

Tip Rumah
Menurut Journal First Tuesday, rumah hook adalah rumah yang terletak di persimpangan dua jalan. Rumah hook pun dinilai lebih diinginkan karena akses ke halaman samping dan halaman belakang untuk kendaraan tersedia dari sisi jalan. Istilah hook sendiri berasal dari bahasa Belanda hoek yang berarti sudut atau pojok.

3. Sirkulasi Lebih Optimal

Di kompleks perumahan yang berderet, udara hanya bisa masuk dari depan dan belakang rumah. Dengan kelebihan rumah hook yang terletak di dua sisi yang terbuka, sirkulasi udara akan lebih lancar. Dengan lahan yang terbuka, tempat tinggal model hook jauh dari kesan sumpek. Dengan area samping dan depan terbuka, sirkulasi udara yang bagus dapat membawa hawa sejuk. Selain sirkulasi udara, cahaya alami juga lebih mudah masuk. Rumah jenis ini tidak membutuhkan AC atau lampu yang banyak, sehingga bisa hemat listrik dan penerangan.

4. Harga Jual Kembali Lebih Tinggi

Harga jual rumah hook bisa lebih tinggi dan terus melambung karena lahan yang lebih luas. Maka dari itu, rumah tipe hook cocok dijadikan sebagai sebuah investasi dengan pangsa pasar dan permintaan yang tinggi. Anda juga bisa menyewakannya dengan harga yang cukup menguntungkan.

Kerugian Rumah Hook

Anda juga perlu mempertimbangkan kerugian atau kontra dari rumah hook. Sumber: Pexels - PhotoMIX Company

Anda juga perlu mempertimbangkan kerugian atau kontra dari rumah hook. Sumber: Pexels - PhotoMIX Company

Pemilik rumah dan pembeli seringkali memiliki pandangan yang berbeda soal rumah hook. Sebelumnya telah dijabarkan soal sejumlah keuntungan dari rumah hook. Tapi di sisi lain Anda pun tak boleh mengabaikan kontranya. Banyak yang menyebut rumah hook merupakan tempat terbaik untuk membangun rumah impian Anda. Tapi di sisi lain dengan lokasinya, potensi kebisingan atau keramaian juga bakal terjadi karena rumah ini dilewati semua lalu lintas baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan bermotor.

1. Rentan Polusi Udara dan Suara

Lebih banyak bagian depan jalan berarti lebih banyak kebisingan! Belum lagi, tiang lampu umumnya ditempatkan di sudut jalan yang berarti mungkin sulit untuk disembunyikan bahkan dengan desain yang cerdas. Belum lagi, mobil lebih cenderung parkir di sudut jalan meninggalkan lampu depan kaca yang menyembul melalui jendela rumah Anda di malam hari.

2. Buruk Menurut Feng Shui

Kalau Anda sebagai pembeli yang mengetahui Feng Shui akan menghindari rumah hook. Dalam Feng Shui, rumah hook memiliki sudut Feng Shui yang buruk. Seperti energi macet datang di tikungan, energi mengikis di properti, menyebabkan masalah kesehatan dan keuangan jangka panjang, panah beracun yang dibuat oleh properti yang berlawanan secara diagonal, serta panah beracun dari lampu depan mobil mengarah ke rumah.

3. Bahaya Kemalingan dan Kecelakaan

Karena lokasinya yang di ujung ruas perumahan, rumah jenis hook lebih rentan kecelakaan. Risiko lebih besar dari mobil menabrak rumah Anda. Namun, ini bisa dihindari dengan pagar yang cukup kuat. Katanya, hunian di ujung perumahan lebih mudah kemalingan. Namun ini bisa dicegah dengan langkah-langkah seperti memasang CCTV dan pagar tinggi.

Alasan Rumah Hook Lebih Mahal

Harga rumah hook memang lebih mahal dibanding dengan rumah biasa karena ukuran lahannya cukup besar dibanding yang lain. Sumber: Pexels - Kindel Media

Harga rumah hook memang lebih mahal dibanding dengan rumah biasa karena ukuran lahannya cukup besar dibanding yang lain. Sumber: Pexels - Kindel Media

Manfaat paling jelas dari rumah hook adalah ketersediaan ruang tambahan. Dengan proporsi lot, rumah-rumah ini sering memiliki halaman yang luas. Hal ini dapat memberikan cahaya alami yang lebih baik untuk properti Anda. Mengingat adanya lahan ekstra, pemilik rumah sering kali dapat membangun lanskap dan fitur eksterior lainnya untuk mempercantik rumah hook dan meningkatkan nilainya jika nanti Anda berencana untuk menjualnya.

Banyak orang juga membuat keputusan cepat berdasarkan tampilan pertama di rumah Anda, dan tampilan itu sering kali adalah tampilan luarnya. Memiliki tanah ekstra di rumah hook dan mempercantiknya dapat membantu Anda mencapai daya tarik lebih banyak pembeli. Sebagai pemilik rumah, jika Anda memutuskan untuk menjual, semakin banyak pembeli yang Anda tarik bisa berarti perbedaan besar dalam harga jual akhir rumah Anda.

Jadi harga rumah hook memang lebih mahal dibanding dengan rumah biasa karena ukuran lahannya cukup besar dibanding yang lain.

Inilah video mengenai tips lengkap dan terbaik bagi Anda yang tertarik untuk membeli dan memiliki sebuah ruko impian!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan