Mengenal Rumah Mezzanine dan 10 Ide Desainnya. Bikin Rumah Terasa Lega!

Tim Editorial Rumah.com
Mengenal Rumah Mezzanine dan 10 Ide Desainnya. Bikin Rumah Terasa Lega!
RumahCom – Mezzanine adalah sebuah balkon di dalam ruangan atau lantai tambahan. Mezzanine merupakan lantai yang berada di tengah, antara lantai bawah dan atap atau plafon rumah, dengan luas yang biasanya hanya sepertiga dari luas ruangan.
Untuk Anda yang ingin membuat hunian dengan menghadirkan mezzanine, maka simaklah artikel ini yang akan membahas tentang rumah mezzanine, serta 10 ide desainnya sebagai berikut:
  • Keistimewaan Rumah Mezzanine
  • Tips Bangun Rumah dengan Mezzanine
  • 10 Ide Desain Rumah Mezzanine
12 Bahan Bangunan Rumah Berkualitas dan Daftar Harga Terlengkap

12 Bahan Bangunan Rumah Berkualitas dan Daftar Harga Terlengkap

Keistimewaan Rumah Mezzanine

Rumah mezzanine memiliki beberapa keistimewaan. (Foto: Pinterest – Courtina)
Menerapkan mezzanine di rumah merupakan salah satu solusi yang tepat untuk memaksimalkan area dan membuat ruangan lebih fungsional. Mezzanine juga bisa menjadi pilihan untuk menambah ruang di rumah yang kecil, tetapi memiliki atap atau plafon yang tinggi.
Mezzanine di hunian modern tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai ruang tambahan di rumah. Berikut ini adalah beberapa keistimewaan menerapkan mezzanine di rumah Anda.

Hemat Biaya

Mezzanine memungkinkan Anda untuk mendapatkan ruang tambahan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Dibandingkan dengan merenovasi rumah dan membangun ruang tambahan, menerapkan mezzanine dan memaksimalkan area yang tidak digunakan di rumah akan lebih hemat biaya.

Desain Fleksibel

Mezzanine dapat digunakan sebagai area penyimpanan, kamar tidur tambahan, ruang studio kerja, ruang bersantai, ruang anak-anak, dan lain sebagainya. Opsi desainnya yang fleksibel memungkinkan Anda untuk menggunakan mezzanine untuk berbagai keperluan.

Hemat Lahan

Desain interior mezzanine sangat hemat lahan, sehingga cocok diterapkan pada apartemen atau rumah dengan ukuran minimalis. Jika Anda tidak ingin membuat sebagai ruang kerja atau perkantoran, Anda bisa memindahkan ruang tidur khusus ada di ruang mezzanine. Sedangkan lantai satu diperuntukkan sebagai rumah tamu dan dan ruang keluarga.
Membangun rumah dengan konsep mezzanine selain bikin rumah terasa lega ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai kamar tambahan, ruang kerja, atau ruang bermain anak. Mau punya rumah di Sawangan, Depok, dengan fasilitas taman bermain untuk anak? Cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Tips Bangun Rumah dengan Mezzanine

Perhatikan beberapa hal jika ingin menghadirkan mezzanine di rumah. (Foto: Pinterest – Courtina)
Sebelum membangun mezzanine di dalam rumah, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan Anda. Simak panduannya berikut ini.

Luas Ruangan

Biasanya lantai mezzanine menggunakan sepertiga luas ruangan di rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan luas ruangan rumah Anda mencukupi, sehingga keberadaan mezzanine tidak membuat sebuah ruangan menjadi sempit.

Fungsi

Setelah mengetahui luas ruangan yang akan dibangun mezzanine, selanjutnya tentukan fungsi dari lantai mezzanine tersebut. Jika lantai mezzanine cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai kamar anak-anak, ruang kerja, studio, atau ruang bersantai. Jika luas mezzanine terbatas, lantai tambahan ini bisa berfungsi sebagai perpustakaan atau sudut untuk membaca.

Tinggi

Selain luas ruangan, tinggi ruangan juga perlu diperhatikan supaya mezzanine tidak terlihat menyesakkan. Tinggi minimal ruangan tempat mezzanine dibangun adalah 440 cm, karena mezzanine akan mengambil bagian sekitar 210 cm termasuk langit-langit.

Pencahayaan

Mezzanine adalah ruangan terpisah yang terhubung dengan ruangan utama. Jadi pencahayaan di mezzanine sebaiknya disesuaikan dengan fungsi mezzanine supaya tidak terganggu ruangan lain atau justru mengganggu ruangan yang berdekatan.

Ruangan Di Bawah Mezzanine

Pada saat membangun mezzanine, ruangan atau area di bagian bawahnya akan memiliki langit-langit yang rendah. Supaya aktivitas di bagian bawah mezzanine tidak menjadi terbatas, berikan pencahayaan yang cukup dan tambahkan kipas angin jika diperlukan.

Material

Ada empat material yang dapat digunakan untuk membuat lantai mezzanine, yaitu kayu, beton, baja, dan besi. Anda memerlukan kayu dengan kualitas yang baik dan ketebalan yang cukup agar mezzanine bisa berdiri dengan kuat. Beton adalah material yang sering diandalkan karena kekuatannya, sedangkan besi dan baja merupakan material yang mudah diaplikasikan.

Tips Rumah.com

Apapun material yang Anda pilih, sesuaikanlah dengan interior rumah agar hunian tampak cantik dan selaras.

10 Ide Desain Rumah Mezzanine

Mezzanine dapat dibuat dengan berbagai konsep. (Foto: Pinterest)
Jika Anda tertarik untuk menggunakan mezanin pada rumah, berikut 10 ide desain rumah mezzanine yang bisa menjadi panduan inspirasi bagi Anda. Berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Mezzanine di Kamar Tidur

Mezzanine dapat dimanfaatkan untuk tempat tidur. (Foto: Pinterest – Design Interior)
Seperti telah disebutkan di atas, penerapan mezanin tidak terbatas di area ruang tengah. Konsep tersebut juga cocok diaplikasikan di sejumlah ruangan, salah satunya adalah kamar tidur.
Seperti pada gambar di atas, Anda bisa menjadikan lantai tambahan pada ruangan sebagai tempat. Sementara area bawah difungsikan sebagai area bekerja dan bersantai. Anda juga bisa memodifikasi dekorasi interior ruangan.

2. Mezzanine di Dapur

Mezzanine di area dapur. (Foto: Pinterest – Ruang Arsitek)
Ketinggian ruangan penuh sampai plafon tidak dibutuhkan pada dapur pada umumnya. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan ruang yang tersisa di atas dapur untuk dibuat mezzanine. Anda bisa membangun ruangan ekstra di atasnya dengan konsep terbuka yang elegan dan bisa digunakan untuk beraktivitas.
Selain itu, desain pembatas dan pegangan tangga pun bisa kamu buat dengan kerangka-kerangka besi yang dicat.

3. Mezzanine untuk Perpustakaan

Perpustakaan unik di mezzanine. (Foto: Pinterest – Ruang Arsitek)
Menghadirkan perpustakaan mini yang elegan bukanlah hal mustahil. Anda bisa mewujudkannya dengan desain mezzanine yang sesuai. Selain itu, area tersebut bisa sekaligus menjadi tempat bersantai yang nyaman. Jangan lupa untuk memberi pembatas yang kuat untuk keamanan.
Tangga mezzanine satu ini bisa Anda desain dengan memadukannya dengan elemen kayu yang menawan. Tangga dibangun menempel dengan dinding dan dibuat pegangan sederhana. Rak buku pun bisa Anda kreasikan dengan bentuk yang unik.

4. Mezzanine untuk Ruang Terbuka

Mezzanine dapat dijadikan ruang terbuka yang menyegarkan. (Foto: Pinterest)
Lantai tambahan pada rumah juga diterapkan sebagai area terbuka. Seperti pada gambar di atas, alih-alih dijadikan sebagai ruangan tertutup, mezzanine justru dimanfaatkan sebagai taman mini dalam rumah.
Konsep ini memang agak kurang lazim. Namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba mengaplikasikannya pada hunian Anda. Selain akan memiliki area terbuka yang lebih personal, pengaplikasiannya juga bakal memberikan kesan unik dan berbeda pada hunian Anda.

5. Mezzanine untuk Ruang Kerja

Ruang kerja unik di mezzanine. (Foto: Pinterest – Rupacita)
Manfaatkan desain mezzanine sebagai solusi apabila luas rumah sudah tidak memungkinkan lagi untuk didesain sebagai area kerja. Seperti desain mezzanine berikut ini, yang memaksimalkan pembatas sebagai tempat menyimpan dokumen sehingga menjadikannya semakin unik. Dengan konsep seperti ini, dijamin ruang kerja Anda menjadi tidak membosankan.

6. Mezzanine dengan Tangga Kayu

Tangga kayu pada mezzanine membuat tampilan mezzanine menjadi aesthetic. (Foto: Pinterest – Ruang Arsitek)
Desain mezzanine satu ini bisa menjadi tempat bersantai favorit Anda. Elemen kayu memang bisa memberikan kesan keindahan tersendiri, termasuk pada tangga kayu berikut ini yang juga berfungsi sebagai storage.
Tambahkan tanaman-tanaman favorit untuk menambah keindahan mezzanine yang juga menjadikannya berkesan natural karena perpaduannya dengan elemen kayu. Ruangan ekstra ini memang tidak terlalu besar, namun tetap bisa Anda nikmati dengan berbagai tujuan sehingga membuat Anda betah dan nyaman.

7. Mezzanine untuk Area Bersantai

Mezzanine dengan lantai kayu cocok untuk area bersantai. (Foto: Pinterest – Courtina)
Mezzanine dengan lantai papan kayu memang memberikan kesan unik tersendiri. Jendela-jendela yang didesain sedemikian rupa pun dapat menambah menariknya ruangan ini karena Anda bisa melihat dengan view keluar.
Bentuk plafon yang unik, menambah kesan desain yang elegan dengan perpaduan kayu yang alami, tambahkanlah furniture kursi empuk yang nyaman sehingga waktu bersantai pun semakin seru.

8. Mezzanine Minimalis

Rumah dengan lahan terbatas dapat menghadirkan mezzanine. (Foto: Pinterest – Courtina)
Anda tetap bisa mendesain mezzanine walaupun tidak memiliki ruangan besar atau langit-langit yang berukuran ganda. Sudut di sebuah ruangan adalah solusi yang tepat untuk memaksimalkan ruangan yang ada. Desain ruangan ekstra ini tidak terlalu tinggi, namun tetap bisa kamu manfaatkan dengan berbagai tujuan.
Mezzanine dengan desain yang simple beserta tangga yang sederhana dapat dimanfaatkan menjadi berbagai kegiatan bisa sebagai ruang membaca, ruang tidur, atau sekedar tempat bersantai.

9. Mezzanine Ruang Private

Mezzanine juga dapat dibuat sebagai ruang privat yang tertutup. (Foto: Pinterest)
Mezzanine dengan interior yang tertutup bisa Anda buat jika menginginkan privasi. Mezzanine bisa didesain dengan tertutup tembok, namun dengan ventilasi jendela vertikal dan pintu yang dilengkapi kaca pula. Ruangan yang nampak padat bisa dimanfaatkan bagian atasnya menjadi mezzanine yang multifungsi.
Fungsi ventilasi tersebut adalah agar Anda tetap bisa melihat ruangan di bawah dengan mudah, tetapi juga bisa meminimalkan interaksi dan mendapat ruangan yang lebih privat. Desain tangga pun bisa dipilih dengan material kayu yang menawan.

10. Mezzanine dengan Tangga Multifungsi

Tangga mezzanine dapat dibuat multifungsi. (Foto: Pinterest – Ruang Arsitek)
Tidak selalu tangga model biasa, kalau ruangan yang Anda miliki lumayan luas bisa juga memanfaatkannya dengan membuat mezzanine yang dilengkapi tangga multifungsi. Tangga tersebut bisa dibuat elegan dengan perpaduan hijau toska dan hitam yang mempesona.
Selain itu tangga bisa dijadikan storage lengkap dengan wastafel untuk mencuci tangan, benar-benar cocok karena di lantai bawah pun terdapat meja makan. Ruangan tambahan ini bisa Anda manfaatkan sebagai ruangan bersantai maupun ruang membaca yang nyaman.
Itulah tadi pengertian tentang mezzanine serta 10 ide konsep mezzanine di rumah. Semoga dapat menjadi referensi dan inspirasi Anda untuk menerapkannya dalam hunian Anda.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mengetahui keuntungannya membeli atau memiliki rumah tingkat jika ditinjau dari penataan ruang yang bisa membuat hunian lebih sehat !
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini