10 Inspirasi Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36, Beragam Ukuran dan Desain

Tim Editorial Rumah.com
10 Inspirasi Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36, Beragam Ukuran dan Desain
Rumah.com – Saat membangun rumah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Selain bujet bangun rumah, rancangan rumah yang sesuai dengan selera dan kebutuhan keluarga merupakan suatu keharusan. Salah satu tipe rumah yang paling sering dipakai oleh orang Indonesia sendiri adalah ukuran type 36.
Ukuran rumah ini umumnya identik dengan konsep yang modern dan desain yang minimalis. Selain sangat cocok untuk keluarga muda, bujet yang diperlukan untuk membangun denah rumah type 36 juga biasanya tidak terlalu besar.
Sayangnya, ukuran type 36 tidak terlalu luas. Guna menyiasati keterbatasan ruang secara efektif, tidak sedikit orang yang menjadikan rumah dengan type ini memiliki 2 lantai. Artikel ini pun akan membagikan berbagai inspirasi rumah minimalis 2 lantai type 36:
  1. Rumah minimalis 2 lantai Tanah 60 m2
  2. Rumah minimalis 2 lantai Tanah 72 m2
  3. Rumah minimalis 2 lantai Tanah 80 m2
  4. Rumah minimalis 2 lantai Modern
  5. Rumah minimalis 2 lantai Sederhana
  6. Rumah minimalis 2 lantai Hook
  7. Rumah minimalis 2 lantai Balkon
  8. Rumah minimalis 2 lantai Industrial
  9. Rumah minimalis 2 lantai Tropis
  10. Rumah minimalis 2 lantai Elegan

1. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Tanah 60 m2

Ruang minimalis 2 lantai type 36/60. (Foto: Ruangarsitek.id)
Rumah type 36/60 merupakan salah satu type rumah standar orang Indonesia. Mempunyai luas yang tidak terlalu besar bisa diatasi dengan menjadikannya bangunan 2 lantai. Salah satunya dengan desain rumah minimalis seperti ini.
Rumah sengaja dibangun tinggi untuk memberikan kesan luas, lapang, dan lega walaupun luasnya terbatas. Supaya lebih maksimal, Anda bisa menambahkan mezzanine pada rumah supaya bisa memiliki lebih banyak ruang dan space penyimpanan. Agar lebih maksimal, gunakan cat warna terang yang tidak menimbulkan kesan rumah yang sempit.
Entah membeli jadi atau renovasi, rumah minimalis 2 lantai type 36 bisa jadi opsi kebutuhan ruang dengan bujet yang lebih terjangkau. Mau punya rumah yang harganya masih terjangkau di Bekasi? Cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

2. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Tanah 72 m2

Rumah minimalis 2 lantai type 36/72. (Foto: Ruangarsitek.id)
Desain rumah minimalis 2 lantai type 36 selanjutnya adalah untuk bangunan type 36/72. Selain type 36/60, type rumah yang paling sering ditemui selanjutnya adalah type 36/72. Biasanya, type rumah ini memiliki bagian depan yang cukup luas yang bisa dimanfaatkan sebagai taman kecil dan garasi kendaraan.
Buat bagian teras lebih tinggi dari bagian depan rumah untuk memisahkan antara teras dan garasi, selain itu agar kendaraan dapat terlindungi dari hujan dan sengatan matahari, bangun kanopi yang menyatu dengan bagian tingkat dua supaya terlihat lebih simpel.

3. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Tanah 80 m2

Rumah minimalis 2 lantai type 36/80. (Foto: Desain.id)
Dibanding dengan dua type rumah sebelumnya, type rumah 36/80 memang memiliki ukuran tanah yang lebih besar. Anda bisa mencoba desain rumah minimalis 2 lantai seperti ini. Bagian garasi sengaja diperluas agar muat untuk menampung beberapa kendaraan sekaligus. Tidak lupa, agar hunian terlihat asri, sisakan bagian depan sebelah garasi untuk taman kecil.
Bagian lantai 2 pun bisa memiliki balkon kecil minimalis kaca buram dan partisi untuk memberikan privasi bagi pemilik rumah. Tidak lupa, berikan kanopi pada garasi untuk melindungi rumah dari serangan air hujan dan sinar matahari yang bisa berdampak pada kendaraan.
10 Contoh Rumah Type 36 Beserta Gambar

10 Contoh Rumah Type 36 Beserta Gambar

4. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Modern

Rumah minimalis 2 lantai type 36 modern. (Foto: Houseplansservices.com)
Memiliki rumah modern merupakan impian hampir setiap orang, namun bagaimana kalau memiliki luas terbatas seperti rumah type 36? Atasi kendala itu dengan inspirasi rumah minimalis 2 lantai type 36 modern ini.
Garasi sengaja dibuat di dalam, sementara rumah dibangun tanpa teras yang besar untuk bersantai sehingga tamu yang datang bisa langsung masuk ke dalam rumah. Untuk bagian lantai 2, dibuat memanjang dari atas garasi hingga teras rumah untuk memanfaatkan space lantai atas yang ada. Dengan begitu, rumah mempunyai banyak ruang dengan sinar pencahayaan bagus karena memiliki jendela di setiap sisinya.

5. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Sederhana

Rumah minimalis 2 lantai type 36 sederhana. (Foto: Thehousedesigners.com)
Desain rumah minimalis 2 lantai type 36 selanjutnya adalah bagi mereka yang menyukai desain sederhana. Rumah tidak memiliki banyak detail dan ornamen, dibangun sesederhana mungkin. Seperti bagian garasi di dalam rumah yang bersebelahan langsung dengan ruang tamu, serta teras kecil pada bagian depan rumah.
Bagian atas pun tampak lebih sederhana dengan hanya memiliki dua jendela untuk masing-masing ruangan dan dibuat tanpa balkon. Supaya lebih apik, eksterior rumah bisa menggunakan bebatuan alam yang memberikan kesan rumah estetik.

6. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Hook

Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Hook (Foto: Contemporist.com)
Bagi mereka yang mempunyai rumah type 36 di hook atau pinggir/pojok, desain rumah minimalis 2 lantai ini sangat cocok. Biasanya, rumah di hook memiliki luas tanah lebih, hal ini bisa dimanfaatkan untuk membangun bangunan yang sedikit lebih luas.
Rumah dibangun dengan bagian tengah sebagai bangunan utama lebih panjang dibanding kedua bagian lainnya. Pada bagian kanan, tanah sisa bisa dibuat agak meninggi untuk dijadikan teras. Sementara pada bagian kiri, tanah sisa dapat dimanfaatkan sebagai garasi kendaraan.
Untuk memiliki bangunan seperti ini, pilih jendela berukuran besar untuk mendapatkan pencahayaan maksimal dan memberikan aksen pada rumah agar tidak terlihat monoton.

Tips Rumah.com

Manfaatkan barang-barang minimalis di dalam rumah untuk menghindari ruangan dan rumah yang terlalu penuh

7. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Balkon

Rumah minimalis 2 lantai type 36 balkon. (Foto: Contemporist.com)
Memiliki rumah 2 lantai tanpa balkon rasanya kurang lengkap, ini bisa diatasi melalui rumah minimalis 2 lantai type 36 balkon. Rumah dibangun secara memanjang dengan bagian depan rumah yang cukup luas untuk menyimpan kendaraan bermotor dan taman.
Sementara balkon yang biasanya berada di depan rumah, terletak di bagian belakang lengkap dengan teras kecil yang mengarah ke taman belakang. Terlihat simpel, rumah minimalis ini malah menjadikannya tampak unik.

8. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Industrial

Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 industrial. (Foto: Contemporist.com)
Untuk mereka yang menyukai hunian bergaya industrial, rumah minimalis 2 lantai type 36 industrial bisa menjadi pilihan. Rumah ini cenderung simpel dengan bentuk bangunan yang memanjang ke atas dengan berbagai ornamen kayu dan besi yang mempercantik bangunan.
Selain itu, bagian lantai 1 pun cenderung tidak perlu memiliki banyak ruang karena hanya diperuntukkan bagi ruang tamu, garasi, dan taman depan yang cukup luas.

9. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Tropis

Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 tropis. (Foto: Ruangarsitek.id)
Mereka yang ingin menjadikan rumah sebagai tempat beristirahat bisa mencoba rumah minimalis 2 lantai type 36 bergaya tropis. Untuk mendapatkan gaya tropis seperti ini cenderung cukup simpel, yakni menggunakan warna-warna bumi pada bagian eksteriornya seperti merah bata, cokelat, abu-abu, dan krim.
Selain itu, supaya mendapatkan kesan tropis, percantik hunian dengan tanaman tropis seperti tanaman kuping gajah, pohon palem kecil, dan bunga anggrek. Dengan begitu, rumah pun seperti berada di daerah tropis.

10. Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Elegan

Rumah minimalis 2 lantai type 36 elegan. (Foto: Desain.id)
Mempunyai rumah type 36 bukan berarti bisa tampil elegan, desain rumah minimalis 2 lantai ini bisa menjadi solusinya. Walaupun mempunyai luas terbatas, rumah ini bisa membuat rumah tampak elegan dan mewah. Caranya rumah dibangun memanjang ke belakang dan ke atas dengan atap yang tinggi supaya bisa memberikan nuansa yang luas dan lega.
Bagian balkon sengaja dibangun tanpa atap untuk kegiatan bersantai di sore hari, kemudian berada di atas garasi mobil sehingga untuk menghemat ruang. Padukan aksen kayu, batu alam, serta besi untuk menghasilkan kesan hunian yang elegan. Begitupun dengan pencahayaan pada beberapa sudut.
Tonton video berikut untuk mempelajari cara memilih asuransi rumah yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini