Rumah Minimalis Jadi Dambaan, Pahami Seluk Beluknya

_M6A5272

RumahCom - Rumah minimalis jadi dambaan, pahami seluk beluknya. Ya, tinggal di rumah minimalis kini memang digandrungi banyak orang. Selain murah, rumah dengan ukuran lahan terbatas ini juga 'memaksa' penghuninya untuk kreatif menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dengan berbagai disain. 

Semakin tingginya animo masyarakat terhadap rumah minimalis mendorong banyak developer perumahan ramai-ramai menjual rumah dengan tipe ini. Mulai dari harga paling murah hingga fantastis sekalipun. Mulai dari tipe perumahan, klaster, hingga town house.

Nah, bagi Anda yang sedang nge-fans dengan rumah minimalis, artikel ini akan membahas seluk beluknya:

  1. Karakter Desain Rumah Minimalis
  2. Memilih Rumah Tipe Minimalis
  3. Aturan Mendekorasi Rumah
    1. Ukur Dulu Sebelum Membeli
    2. Gunakan Furnitur Ukuran Sedang
    3. Gunakan Furnitur dengan Fungsi Ganda
    4. Pilih Furnitur dengan Bagian Bawah Terbuka
    5. Manfaatkan Cermin
    6. Gunakan Sliding Door
    7. Gunakan Krey Ketimbang Gorden
    8. Pemilihan Kitchen Set
    9. Sediakan Sirkulasi Udara di Dapur
    10. Gunakan Floating Closet
  4. Permainan Warna
    1. Ruang Keluarga
    2. Kamar Mandi
    3. Kamar Tidur
    4. Ruang Dapur
  5. Pemanfaatan Lahan Kosong
  6. Tips Renovasi Rumah Minimalis agar Untung
    1. Persiapkan Rencana Matang
    2. Hitung Jasa Renovasi Rumah
    3. Jangan Rombak Seluruh Rumah
    4. Andalkan Sekat Tirai
    5. Cukup Ganti Warna Cat
    6. Gunakan Material Bekas
    7. Pilih Konsep Tren yang Akan Datang

1. Karakter Desain Rumah Minimalis

Filosofi yang dibawa oleh para arsitek dalam menciptakan desain rumah minimalis kemudian dianggap mampu mewakili keinginan penghuni yang mendambakan gaya hidup yang praktis, sederhana, dinamis, efisien , dan efektif. Mereka yang ingin tampil sederhana namun tidak menghilangkan kesan elegan.

Ada beberapa karakter desain rumah minimalis yang bisa Anda jadikan referensi, yakni:

  1. Banyak mengaplikasikan ruang-ruang terbuka, sehingga pembatasan ruangan menggunakan dinding sangat diperkecil. Tetapi, penggunaan furnitur sedikit.
  2. Desain furnitur untuk hiasan rumah  yang digunakan juga cenderung lebih simple, dengan motif polos atau hanya satu warna.
  3. Desain banyak menggunakan garis geosimetris dalam interior atau eksterior. Garis-garis vertikal maupun horizontal digunakan terus berulang-ulang untuk menampilkan kesan tegas dan harmonisasi.
  4. Arsitek biasanya membatasi hanya pada permainan dua atau tiga warna pencahayaan saja. Hal ini untuk mempertegas kesan sederhana namun juga elegan.
  5. Lebih memperkuat pencahayaan alami sehingga banyak rumah minimalis punya jendela-jendela tinggi dan kaca-kaca lebar sebagai penangkap cahaya.

2. Memilih Rumah Tipe Minimalis

Rumah tipe ini seringkali identik dengan harga murah. Anggapan ini tidak melulu benar, karena murah dan mahalnya harga sebuah rumah bergantung pada beberapa faktor. Misalnya, faktor lokasi. Dalam bisnis jual beli rumah dikenal istilah semakin strategis lokasi yang dipilih maka harga rumah yang ditawarkan biasanya akan semakin tinggi.

Ada anggapan bahwa rumah murah biasanya tersedia di lokasi-lokasi yang berada di daerah dimana lokasi sekitarnya belum berkembang. Istilah 'belum berkembang' maksudnya pada lokasi tersebut belum banyak menyediakan fasilitas-fasilitas umum pendukung untuk hunian. Seperti pasar, fasilitas kesehatan, sekolah, hingga akses transportasi.

Banyak lokasi perumahan yang dulu dianggap terpencil dan jauh dari manapun namun kemudian justru menjadi pusat keramaian dengan semakin munculnya perumahan baru dan fasilitas-fasilitas umum penunjangnya.

Meningkatnya populasi di suatu kawasan secara otomatis akan menarik beberapa pembangunan lain di kawasan tersebut. Mulai dari pasar, sekolah, kawasan bisnis, komersial, hingga fasilitas kesehatan, dan pendidikan. Selain lokasi, faktor lainnya ialah reputasi pihak pengembang perumahan tersebut. Sebelum membeli, coba cek sudah berapa perumahan yang sudah dikembangkan oleh developer tersebut.

Rumah contoh biasanya dibangun sedemikian rupa agar tampil bagus dan sempurna. Jangan terkecoh. Sebaiknya bertanya lebih detil kepada pihak marketing perumahan tersebut mengenai jenis-jenis material yang digunakan. Jika memungkinkan Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya mengenai baik dan buruknya jenis material yang digunakan pada suatu bangunan. 

Namun, apabila Anda memiliki dana cukup untuk membangun rumah sendiri dan ragu dengan rumah yang ditawarkan, Anda bisa membeli tanah kaveling. Kemudian, gunakan jasa arsitek untuk membuat rumah minimalis impian Anda sendiri.

3. Aturan Mendekorasi Rumah

Ada beberapa aturan dalam mendekorasi rumah minimalis. Apabila Anda tidak bisa memanfaatkan ruangan dengan baik, waspada rumah malah akan terlihat sempit dan kecil. Berikut ini beberapa aturan yang bisa Anda terapkan.

1. Ukur Dulu Sebelum Membeli

Sebelum tergiur membeli barang, lakukanlah pengukuran terlebih dulu. Pertama, tentukan dulu ruangan atau area yang ingin Anda hias atau letakkan furnitur. Anda tentu tidak mau kan kalau barang yang Anda beli malah kebesaran dan jadi tidak muat ketika mau ditempatkan di sudut ruangan?

2. Gunakan Furnitur Ukuran Sedang

Menggunakan banyak furnitur atau hiasan rumah yang terlalu besar hanya akan banyak menghabiskan membuat ruangan semakin sempit. Namun, menggunakan hiasan rumah dengan ukuran terlalu kecil pun justru akan semakin menegaskan kesan bahwa rumah Anda kecil dan kosong.

Ingat, saat mengukur jangan mengabaikan faktor keseimbangan tata letak di dalam rumah. Anda boleh saja menempatkan satu barang berukuran besar, namun imbangi dengan barang yang berukuran lebih kecil.

3. Gunakan Furnitur dengan Fungsi Ganda

Rumah minimalis membutuhkan lebih banyak ruang terbuka agar bisa bernapas. Agar rumah Anda tetap bisa menghadirkan barang dengan fungsi yang maksimal, pilih jenis barang yang memiliki fungsi ganda.

Misal, meja atau tempat tidur lipat. Saat ini, ada banyak pilihan furnitur multifungsi yang dijual di pasaran. Penggunaan sofa, kursi, lemari atau meja dengan bagian bawah terbuka sehingga masih memperlihatkan lantai di bawahnya sangat dianjurkan. Dalam kondisi ruangan tertentu mungkin Anda bisa memanfaatkan floating desk, missal untuk meja belajar anak misalnya.

4. Pilih Furnitur dengan Bagian Bawah Terbuka

Sofa, kursi, lemari atau meja dengan bagian bawah terbuka sehingga masih memperlihatkan lantai di bawahnya bisa menciptakan kesan dan suasana ruangan yang lebih ‘lega’ karena tidak membatasi jarak pandang mata. Untuk kondisi ruangan tertentu Anda bisa memanfaatkan floating desk, seperti meja belajar anak misalnya.

Bagian bawah furnitur yang terbuka juga memberi ruang untuk aliran udara di rumah Anda. Tapi ingat, lantai di bawah bagian tersebut harus sering-sering dibersihkan karena mudah kotor.

5. Manfaatkan Cermin

Hiasan rumah berupa cermin tak hanya membuat rumah minimalis terkesan cantik namun juga bisa menciptakan efek lega dan luas. Menempatkan cermin di seberang posisi jendela yang terbuka atau lorong akan menciptakan kesan banyak ruang terbuka.

6. Gunakan Sliding Door

Untuk renovasi rumah minimalis dengan bujet minim, Anda bisa memilih pintu geser untuk rumah Anda. (Foto: Pixabay)

Menggunakan swing door berarti Anda harus menyiapkan ruang khusus atau tidak meletakkan apapun di balik pintu agar pintu bisa terbuka tanpa ganjalan. Padahal Anda harus memaksimalkan penggunaan ruang.

Untuk itu, gunakan sliding door untuk untuk pintu kamar tidur atau kamar mandi. Penggunaan sliding door juga bisa diterapkan pada sekat ruang. Sebaiknya pilih dari bahan yang ringan agar mudah digeser. 

7. Gunakan Krey Ketimbang Gorden

Aturan utama dalam mendekorasi rumah minimalis adalah lebih simple lebih baik. Untuk penutup jendela pilih gunakan krey ketimbang kain gorden. Penggunaan gorden hanya akan mempersempit tempat.

Penggunaan krey bisa menghadirkan kesan bersih, terbuka dan menonjolkan keindahan arsitektur.  Pilih krey berbahan bambu atau kayu untuk memunculkan kesan natural. Krey berbahan plastik atau alumunium bisa menghadirkan kesan mewah dan elegan.

8. Pemilihan Kitchen Set

Saat mendekorasi ruang dapur dalam ruang terbatas, prinsip less is more wajib diterapkan. Semakin sederhana penataannya, akan semakin bagus. Sebelum menentukan untuk menggunakan kitchen set, pastikan terlebih dahulu desain arsitektur ruang dapur Anda.

Jika memiliki banyak sudut, sebaiknya pilih kitchen set model 'L' ketimbang model 'U'. Selain terlihat elegan, desain kitchen set model “L” ini juga memberi banyak tempat untuk menempatkan berbagai barang-barang  di dapur.

9. Sediakan Sirkulasi Udara di Dapur

Menyediakan ventilasi atau saluran sirkulasi udara di dapur merupakan bagian penting lainnya. Ciptakan lubang sirkulasi udara yang menuju langsung ke ruang dengan udara terbuka. Tujuannya supaya kesegaran aliran udara terjaga sehingga dapur tak menebarkan aroma tak sedap.

Anda bisa memasang mesin exhaust untuk menciptakan sirkulasi udara tersebut atau membuang asap saat memasak. Ventilasi udara juga bisa tercipta dengan menempatkan jendela-jendela lebar di dapur.

Jangan lupa untuk memastikan posisi kompor berada dekat dengan jendela atau ventilasi udara agar asap bisa keluar dengan cepat. Asap yang memenuhi ruangan dalam jangka waktu lama bisa membuat lapisan dinding Anda kotor.

10. Gunakan Floating Closet

Untuk menghemat lebih banyak ruangan, lebih baik gunakan floating closet atau lemari dinding yang menggantung atau Anda juga bisa meletakkan furnitur dapur yang memiliki multi fungsi.

Lagi berburu rumah? Simak video panduan tanda Anda sudah menemukan rumah idaman!

4. Permainan Warna

Saat mendasin rumah minimalis, permainan warna pun turut berperan penting. Sebab, warna bisa mendukung suasana dan filosofi rumah Anda. Berikut ini beberapa permainan warna yang bisa Anda gunakan di setiap ruangan.

1. Ruang Keluarga

Untuk ruang keluarga, pemilihan warna cat ini  tergantung pada tema yang ingin Anda tampilkan. Jika ingin menampilkan kesan hangat, Anda bisa memilih warna-warna seperti  krem (beige) atau putih. 

Warna blue navy (biru laut) atau turquise bisa menciptakan kesan luas. Sementara jika ingin menghadirkan keunikan dengan manfaatkan banyaknya sinar matahari sebaiknya gunakan warna-warna cerah seperti hijau lemon (lime green) misalnya.

2. Kamar Mandi

Memiliki kamar mandi sempit? Tak masalah. Beberapa arsitek kamar mandi hotel pintar menghadirkan desain yang cantik dalam ruang terbatas. Anda bisa menirunya, kok. 

Ruangan kamar mandi hotel seringkali terlihat menggunakan lantai bermotif zig-zag ukuran besar di lantai serta kombinasi dua warna cat di kamar mandi mereka. Motif zig-zag tak hanya membuat kamar mandi terlihat menarik namun juga bisa memunculkan efek besar dan luas.

3. Kamar Tidur

Agar ruang tidur Anda lebih hidup, gunakan kombinasi dua warna cat untuk melapisi dinding kamar, misalnya warna gold dengan abu-abu atau warna hitam dengan putih. Untuk menghadirkan kesan elegan, beberapa pakar desain interior menyarankan untuk memberi warna berbeda pada dinding di bagian belakang headboard tempat tidur.

4. Ruang Dapur

Pewarnaan dinding di dapur bisa  menggunakan warna-warna terang seperti kuning lemon atau putih agar ruang dapur Anda terlihat lega.

Jika ruang dapur Anda cukup memiliki banyak ruang terbuka untuk masuknya sinar matahari, penggunaan warna-warna berani seperti oranye atau merah juga bisa menjadi pilihan. Warna-warna berani juga bisa membangkitkan semangat sehingga Anda tak menemukan rasa bosan saat memasak. Anda bisa mencoba memberikan sentuhan motif strip pada dinding dapur bisa menghindarkan rasa bosan saat di dapur. 

Beli Rumah: Pilih Bayar Cash atau Kredit?

Membeli Rumah, Ruko, dan Properti Lainnya

Beli Rumah: Pilih Bayar Cash atau Kredit?

5. Pemanfaatan Lahan Kosong

Pihak developer rata-rata selalu memberikan lahan kosong dalam rancang desain rumah yang akan dipasarkan. Perbandingan total luas tanah dengan bangunan rumah dan lahan kosong sebisa mungkin berbanding 70:30 atau lebih dari 60:40.

Bagi Anda yang mau menggunakan pagar untuk rumah minimalis, sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Karena akan menghalangi pemandangan dan hanya akan membuat rumah Anda terlihat sempit. Biarkan halaman depan rumah Anda terbuka lebar. Untuk mempercantiknya, ciptakan taman.

Kehadiran sebuah taman di rumah ternyata tak sekedar memiliki fungsi sebagai pemanis atau sarana relaksasi. Taman juga bisa sangat bermanfaat untuk keberlangsungan mahluk hidup secara biologis dan psikologis.

“Taman bisa menjadi seperti penolong manusia saat musim kemarau. Sebab, dengan kehadiran taman Anda bisa membuat sumur resapan,” kata Harri Purnama, arsitek yang juga merupakan direktur utama Ciki Mitra Propertindo.

Adanya sumur resapan ini, menurut Harri,  bisa menjadi penyimpan cadangan air untuk diberikan kepada tanaman yang ditanam dipekarangan rumah. Selain itu, kehadiran taman juga bisa memberikan aura positif bagi penghuni rumah. Jika sebuah rumah seluruhnya tertutup oleh bangunan akan terasa sesak.

Hal paling utama yang harus Anda pertimbangkan dalam mendesain taman minimalis adalah mengetahui seberapa luas lahan yang akan digunakan. Pertimbangan ini nantinya akan sangat memengaruhi pada pemilihan konsep atau tema taman dan jenis tanaman yang ingin ditampilkan.

Dalam seni mendesain taman dikenal beberapa tema umum. Antara lain tema modern, formal, atau informal. Tema-tema tersebut akan memengaruhi pemilihan jenis tanaman serta karakter yang ingin ditampilkan.

6. Tips Renovasi Rumah Minimalis agar Untung

Renovasi rumah tak selalu memakan biaya besar, kok. Simak tips renovasi rumah minimalis berikut ini supaya Anda bisa tetap untung.

1. Persiapkan Rencana Matang

Mulailah dengan memilih konsep minimalis yang Anda inginkan, memilih denah ruangan, memilih material bahan yang sesuai, menghitung biaya, dan membuat rencana cadangan untuk jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hindari mencicil membuat rencana untuk tiap bagian. Sebaliknya, buatlah rencana keseluruhan yang utuh, sehingga Anda bisa menghemat uang dan waktu.

2. Hitung Jasa Renovasi Rumah

Setelah rencana sudah matang, langkah selanjutnya ialah menghitung jasa renovasi. Anda bisa menggunakan jasa kontraktor atau tukang yang telah dipercaya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tukang Bangunan

Kontraktor

- Biaya lebih murah, jika tukangnya ahli dan Anda tepat melakukan perencanaan.

 

- Anda sendiri yang melakukan perencanaan dan perhitungan biaya.

- Tak semua tukang bisa memperbaiki setiap kerusakan dan melakukan renovasi. Ada yang hanya piawai merenovasi dinding dan lantai, tapi kurang menguasai cara memperbaiki atap.

- Waktu pengerjaan bisa bertambah, tegantung keahlian tukang.

- Tidak repot melakukan perencanaan dan perhitungan biaya.

- Umumnya memiliki jaminan/garansi selama kurun waktu tertentu

 

- Biaya renovasi jauh lebih mahal ketimbang menggunakan jasa tukang.

3. Jangan Rombak Seluruh Rumah

Sejak awal, tentukan bagian mana saja yang perlu direnovasi. Bagian yang kurang sesuai dengan konsep minimalis, itulah yang harus direnovasi.

Jangan terpancing dengan merenovasi atau menambahkan hal lain yang tidak perlu. Hal ini tentu akan membuat pengeluaran Anda membengkak. 

4. Andalkan Sekat Tirai

Mengutamakan efisiensi, sekat non-permanen bisa Anda pertimbangkan saat ingin renovasi rumah minimalis. (Foto: Homedit.com)

Anda bisa menggunakan sekat tirai sebagai sekat ruangan, seperti yang ditampilkan oleh Homedit berikut. Pilih tirai yang berwarna, berpola, atau bahkan tirai transparan, agar ruang Anda tetap terlihat indah meski tidak menguras biaya banyak. Sekat ruang seperti ini banyak digunakan rumah bergaya minimalis karena membuat ruangan terlihat luas.

5. Cukup Ganti Warna Cat

Mengganti warna cat rumah adalah salah satu cara membawa suasana baru ke dalam rumah. Selain mudah, pergantian warna cat dinding juga merupakan salah satu cara ekonomis yang bisa dilakukan saat Anda ingin mengganti gaya rumah tanpa perlu renovasi besar-besaran.

6. Gunakan Material Bekas

Menggunakan material bekas bisa menjadi pilihan murah untuk menghemat biaya renovasi rumah Anda. Bahan material bekas umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yakni yang bisa digunakan kembali (reuse), dan bahan lainnya yang bisa didaur ulang (recycle). Material yang bisa digunakan kembali misalnya kaca, pagar, genteng, kayu, hingga kusen pintu.

7. Pilih Konsep Tren yang Akan Datang

Mau berhemat untuk beberapa tahun ke depan? Maka pilihlah merenovasi rumah dengan tren yang akan datang untuk jangka panjang. Renovasi rumah untuk jangka panjang walaupun akan memakan biaya sangat mahal di awal dipastikan tidak akan membuat kantong Anda jebol dalam beberapa tahun kemudian.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Rumah Harga Rp100 Jutaan di Jawa Barat

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan