Apa Itu Rumah Modern? Definisi Karakteristik, Hingga Contohnya

Tim Editorial Rumah.com
Apa Itu Rumah Modern? Definisi Karakteristik, Hingga Contohnya
Rumah.com – Model bangunan rumah terus berkembang, dari model klasik, modern hingga kontemporer. Perkembangan tersebut mengikuti pencapaian artistik, nilai masyarakat serta kondisi ruang dan material yang terus berkembang. Di Indonesia, umumnya kita mengenal istilah ‘modern’ untuk menyebut berbagai model rumah. Namun, istilah rumah ‘modern’ sebenarnya belum spesifik merujuk pada gaya tertentu.
Ada beberapa kategori desain rumah yang dikenal saat ini. Umumnya terbagi ke dalam dua konsep besar, yaitu modern dan kontemporer. Rumah modern dapat dibedakan dengan gaya klasik terutama dari penerapan dekorasi, di mana rumah klasik dekoratif sementara rumah modern lebih sederhana.
Begitupun, rumah modern dapat dibedakan dari rumah berkonsep kontemporer. Rumah kontemporer memiliki nilai-nilai yang lebih berkembang, sifatnya lebih adaptif akan lanskap lingkungan. Tapi, banyak pula yang menggabungkan desain modern dengan berbagai gaya kontemporer tersebut.
Untuk mengenal lebih lanjut apa itu rumah modern, artikel ini akan membahas:
  • Apa Itu Rumah Modern?
  • Karakteristik atau Ciri Rumah Modern
  • 5 Contoh Konsep Rumah Modern

Apa Itu Rumah Modern?

Konsep modern merupakan konsep rumah yang ada sejak beratus-ratus tahun lalu. (Foto: Pixabay – Midas Code)
Rumah modern adalah salah satu konsep yang hadIr lebih awal di antara konsep yang populer saat ini. Kemunculannya pada Abad Pertengahan, sekitar abad ke-19 dan ke-20, yang hadir bersamaan dengan perkembangan industri, sebagai inovasi alternatif gaya tradisional atau klasik di masa itu.
Rumah modern memiliki andil besar dalam melahirkan konsep rumah minimalis atau rumah kontemporer pada umumnya saat ini. Karena itu pula, rumah modern penampakannya mirip dengan rumah kontemporer sehingga seringkali dianggap sama.
Namun rumah modern sebenarnya lebih cocok mengacu pada gaya retro, yang merupakan manifestasi dari gaya modern yang sebenarnya. Nilai utama dari gaya arsitektur modern adalah kesederhanaan. Nilai itu diterapkan dalam bentuk bangunan yang umumnya minim dekorasi, serta penggunaan warna-warna yang netral seperti putih atau abu-abu.
15 Model Rumah Minimalis Modern 2022, Unik dan Nyaman

15 Model Rumah Minimalis Modern 2022, Unik dan Nyaman

Karakteristik atau Ciri Rumah Modern

Berikut yang perlu diketahui soal karakteristik rumah modern. (Foto: Pixabay – Muntazir Mehdi)
Jika sudah mengenal prinsip dasar gaya arsitektur modern, selanjutnya dengan mudah bisa mengetahui lebih jauh karakteristik rumah modern itu sendiri. Ada beberapa karakteristik yang membedakan rumah modern dengan rumah kontemporer.
Pertama, dari visual eksterior, rumah modern memiliki bentuk yang simetris, dengan atap datar. Rumah modern juga kerap menggunakan model jendela besar, untuk memaksimalkan pencahayaan di dalam rumah.
Kemudian, hunian modern biasanya menerapkan konsep terbuka, sehingga memberikan kesan lega. Kesan ini dibentuk lewat berbagai pengaturan, misalnya dengan minim sekat sehingga ruangan menjadi lebih lapang.
Dari segi warna, rumah modern juga mengedepankan nilai kesederhanaan, dengan pemilihan warna putih, abu-abu atau warna netral lainnya. Meski kesannya monton, namun jangan salah, warna itulah yang membuat rumah modern terlihat lebih tenang dan nyaman.
Dari segi material, rumah modern banyak menggunakan beton ekspos, baja, plastik dan kayu. struktur bangunan rumah modern terlihat kokoh dan elegan, misalnya dengan dinding yang menonjolkan tekstur fisik bahannya, semisal kotak.
Furniture rumah modern juga minimalis didominasi dengan penggunaan bahan yang dipoles seperti krom atau kaca sehingga terlihat bersih. Perabotan dalam rumah modern juga ditata efektif, beberapa perabot bisa menyatu pada perabotan lain.
Prinsip minim dekorasi pada rumah modern justru memberi kesan mewah. Penggunaan sofa atau kursi misalnya, banyak menggunakan bahan kayu dengan bentuk dan warna yang selaras. Inti dari rumah modern terletak pada kesederhanaan bentuk dan efektivitasnya.
Dua prinsip itu membentuk karakter yang kuat pada bangunan rumah, dipadukan dengan berbagai penataan furnitur yang memberi kesan elegan.

Tips Rumah.com

Pada dasarnya, model rumah modern mengutamakan efisiensi dan fungsionalitas yang bisa memenuhi kebutuhan penghuninya.

5 Contoh Konsep Rumah Modern

Ini contoh rekomendasi konsep rumah modern. (Foto: Pixabay – Viktor Birkus)
Prinsip kesederhanaan dan efektivitas yang diusung rumah modern memberi karakter yang kuat bagi pemiliknya, sehingga diminati banyak orang. Selain itu, penggunaan warna netral juga memudahkan pemiliknya dalam mengkombinasikannya dengan furnitur lainnya.
Berbicara tentang furnitur dan bangunannya, desain rumah modern lebih mengedepankan penggunaan beton ekspos, baja, plastik dan kayu, sementara furniturnya menampilkan bahan yang dipoles seperti krom dan kaca. Lagi cari rumah dengan konsep modern minimalis di Bekasi Selatan dengan harga dibawah Rp700 jutaan? Simak pilihannya di sini!
Desain rumah modern hari ini telah berkembang, dan berpadu dengan beragam konsep kontemporer. Berikut 5 contoh konsep rumah modern:

1. Rumah Minimalis Modern

Rumah minimalis modern biasanya memiliki penataan interior open space. (Foto: Futurist Architecture)
Desain modern berkonsep minimalis menjadi salah satu arsitektur populer di berbagai negara. Tampilan simpel, namun bisa memberi kenyamanan yang menjadi karakteristik penting dari desain ini. Desain ini juga mengusung konsep ruang terbuka sehingga memberi nuansa lega, serta juga menekankan pemanfaatan cahaya matahari dan sirkulasi udara yang optimal.
Yang khas dari rumah modern minimalis adalah penataan interior, dengan konsep ruang penyimpanan sangat efektif untuk menjaga ruangan tetap terlihat rapi. Sifat lainnya yaitu material yang didominasi bahan ramah lingkungan, seperti kayu, batu, kaca hingga logam.

2. Rumah Klasik Modern

Ciri penting rumah klasik modern yaitu adanya pilar pada eksterior. (Foto: Reece.com.au)
Ada juga yang menggabungkan gaya klasik dengan modern, dan hasilnya juga banyak diminati oleh masyarakat di kota-kota besar. Ciri penting dari rumah klasik modern yaitu pilar-pilar rumah yang juga sekaligus menjadi dekorasi yang estetik.
Namun, perlu ketelitian dalam mendesain rumah modern bergaya klasik, karena pada dasarnya konsep ini menggabungkan dua prinsip dasar atau nilai yang sangat berbeda. Unsur klasik bisa pula dihadirkan pada elemen pendukung seperti bentuk lampu, bentuk pot tanaman, dan sebagainya.

3. Rumah Modern Industrial

Rumah modern industrial banyak mengadopsi konsep minimalis. (Foto: Architizer.com)
Rumah modern industrial menekankan pada kesan maskulin, yang didapat dari perpaduan semangat modern dan sentuhan industrial. Rumah dengan desain ini banyak menggunakan material besi atau kayu.
Secara konsep ruang, rumah modern industrial juga banyak mengadopsi prinsip minimalis, serta penerapan pencahayaan alami yang juga khas rumah-rumah modern. Gaya industrial menjadi salah satu tren gaya rumah beberapa tahun belakangan ini.

4. Rumah Modern 3 Lantai

Pemanfaatan lahan untuk kebutuhan anggota keluarga yang banyak. (Foto: Home-designing.com)
Desain satu ini juga populer bahkan ciri khas hunian perkotaan saat ini. Rumah bertingkat memberikan nilai tambah bagi bangunan di lahan terbatas, dengan penekanan pada arsitektur yang simpel. Penghuni rumah dapat membuat banyak area ruang yang sesuai kebutuhannya.
Misal lantai satu bisa menjadi ruang keluarga, lantai kedua untuk ruang belajar hingga bersantai, dan lantai ketiga bisa sebagai ruang kamar tidur. Rumah modern bertingkat bisa menciptakan penataan ruang lebih optimal. Selain itu, rumah bertingkat juga memungkinkan terbentuknya sirkulasi udara yang lebih baik.

5. Rumah Modern Skandinavia

Gaya Scandinavia dibuat selaras dengan lingkungan. (Foto: Architecturesideas.com)
Gaya Skandinavia merupakan salah satu konsep rumah modern yang sering digunakan. Konsepnya sejalan dengan filosofi desain dari rumah modern, yakni memiliki ciri khas yang sederhana, fungsional, dan garis rumah yang bersih.
Gaya Scandinavia sendiri telah ada sejak tahun 1930-an di negara Nordik. Sesuai dengan prinsip desainnya, hunian bergaya ini dibuat selaras dengan lingkungan dan mengedepankan pemakaian jangka panjang baik pada eksterior, hingga perabot di dalam rumah.
Tonton video berikut untuk mengetahui cara menghitung KPR!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini