Inilah 10 Kelebihan Rumah Tipe 21, Tips dan Cara Memaksimalkannya

Tim Editorial Rumah.com
Inilah 10 Kelebihan Rumah Tipe 21, Tips dan Cara Memaksimalkannya
RumahCom – Bisa mempunyai rumah tinggal Anda sendiri adalah hal yang sangat baik. Menabung dan berbagai proses panjang lainnya yang harus Anda lewati untuk membeli sebuah rumah merupakan salah satu hal yang sangat berat. Ketika akhirnya Anda bisa berhasil membeli rumah Anda sendiri adalah sebuah pencapaian yang sangat baik dan tentunya bisa membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang.
Rumah tidak selamanya harus memiliki ukuran yang besar. Rumah berukuran kecil juga bisa membuat keluarga Anda memiliki tempat tinggal yang nyaman tanpa harus repot untuk menyewa dan mengeluarkan uang setiap tahunnya tanpa memiliki aset sama sekali. Salah satu rumah yang bisa Anda beli adalah rumah tipe 21. Agar Anda bisa mengetahui apa saja kelebihan dari rumah tipe 21 maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:
  1. Apa itu Rumah Tipe 21?
  2. Cara Memaksimalkan Rumah Tipe 21
  3. Tips Rumah Tipe 21 agar Terlihat Luas
  4. 10 Kelebihan Rumah Tipe 21
    1. Membuat Anda bisa Lebih Berhemat
    2. Lebih Mudah untuk Dibersihkan
    3. Mempererat Hubungan Anggota Keluarga
    4. Menjadikan Hidup Lebih Minimalis
    5. Rumah Kecil Lebih Mudah untuk Anda Kreasikan
    6. Rumah Kecil Bisa Terasa Lebih Nyaman
    7. Membutuhkan Perawatan yang Lebih Minim
    8. Cicilan Rumah yang Lebih Ringan
    9. Masih Dapat Diperluas Lagi
    10. Anda Bisa Membuat Rumah yang Hemat Energi

1. Apa itu Rumah Tipe 21

Saat ini sudah ada sangat hunian tipe 21 yang bisa Anda beli. (Foto: IDN Times)
Mempunyai hunian berukuran yang kecil bukanlah sebuah hal yang harus Anda takuti. Anda harus bangga karena bisa mempunyai sebuah rumah adalah hal yang sangat luar biasa dan merupakan tanggung jawab yang tidak kecil. Sebesar apapun rumahnya, Anda tetap bisa merasakan sebuah kenyamanan dan rasa tenang untuk mempunyai tempat tinggal Anda sendiri.
Dilansir dari Detik Finance, rumah tipe 21 adalah rumah berukuran paling kecil yang dibangun dan disediakan oleh para pengembang perumahan. Rumah tipe 21 merupakan rumah yang memiliki standar ukuran yang berkisar antara 3 x 7m atau 4 x 6m. Pada rumah tipe 21 tersebut biasanya mempunyai sebuah carport sederhana yang cukup untuk sebuah kendaraan roda empat, dua buah kamar tidur, sebuah kamar mandi dan sebuah ruang multifungsi yang bisa dipakai sebagai ruang keluarga, dapur dan ruang makan sekaligus.
Karena bentuknya yang kecil, rumah tipe 21 sangatlah pas dan cocok untuk Anda yang baru menikah atau memiliki keluarga kecil dan berencana mempunyai sebuah rumah yang pas dan tidak terlalu besar. Rumah tipe 21 yang ringkas tentunya akan sangat tepat bagi Anda yang ingin memiliki hunian tanpa harus memikirkan perawatan yang sulit dan harga yang tinggi.
Mungkin bisa Anda bayangkan apabila Anda mempunyai rumah yang luas tetapi kosong dan tidak nyaman tentunya akan membuat Anda menjadi tidak betah. Dengan mempunyai hunian yang berukuran pas akan membuat Anda merasa cukup dan tidak akan membuat Anda menjadi mengeluarkan banyak uang lagi untuk mengisi kekosongan yang ada pada rumah yang besar.
Secara spesifikasi, rumah tipe 21 umumnya dibangun dengan struktur beton bertulang dan menggunakan dinding hebel yang ringan yang mudah untuk diaplikasikan. Selain itu juga panel dari pintunya biasanya menggunakan multiplek yang sudah dilapis agar kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Untuk masalah daya, pada umumnya rumah tipe 21 sudah dibekali dengan daya listrik sebesar 1300 watt agar Anda masih bisa menggunakan berbagai macam peralatan elektronik dengan mudah.

2. Cara Memaksimalkan Rumah Tipe 21

Rumah tipe 21 sangatlah efisien dan cocok untuk keluarga kecil Anda. (Foto: Rumah.com)
Jika Anda baru menikah dan memiliki rencana untuk membeli rumah tipe 21 maka Anda bisa mengetahui cara terbaik untuk memaksimalkan rumah tipe 21 yang akan Anda beli tersebut. Rumah tipe 21 memiliki ukuran yang sangat ringkas sehingga Anda tidak perlu pusing untuk mengisi rumah tersebut dengan berbagai benda agar bisa terlihat pas. Anda harus merencanakan setiap bagian rumah yang ada agar bisa mempunyai fungsinya masing-masing.
Anda juga bisa membuat sebuah partisi sederhana untuk memisahkan dapur dengan ruang keluarga agar tidak langsung terekspos dari pintu rumah Anda. Selain itu juga, manfaatkanlah halaman belakang dengan baik untuk menjadi tempat mencuci pakaian dan menjemur sekaligus. Membeli sebuah rumah tidak harus selalu berukuran besar karena dengan rumah yang berukuran kecil juga masih dapat Anda manfaatkan semaksimal mungkin. Cek rumah tipe 21 terbaik kisaran harga Rp100 – Rp300 jutaan ini.

3. Tips Rumah Tipe 21 agar Terlihat Luas

Maksimalkan rumah tipe 21 agar bisa terlihat luas. (Foto: Pexels – Emre Can)
Rumah tipe 21 sebenarnya adalah rumah yang sangat efisien dan tepat guna. Dengan mempunyai sebuah rumah yang berukuran pas bisa membuat Anda belajar banyak untuk bisa membatasi berbagai keperluan dan keinginan Anda untuk membeli berbagai jenis barang. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dilansir dari Better Homes & Gardens untuk memaksimalkan rumah kecil agar bisa terlihat lebih luas:
  • Batasilah barang-barang yang akan Anda masukkan ke dalam rumah. Dengan belajar untuk mengontrol pembelian barang maka Anda tidak akan memenuhi rumah dengan berbagai barang yang sebenarnya tidak Anda perlukan.
  • Anda bisa meletakkan cermin pada setiap ruangan untuk menciptakan ilusi ruangan Anda bisa terlihat lebih lega dari kenyataannya. Jangan lupa untuk memilih cermin dengan bentuk yang minimalis agar ruangan Anda tidak terlihat penuh.
  • Aplikasikanlah cat atau wallpaper yang memiliki pola dan warna yang cerah agar ruangan tersebut bisa terlihat lebih luas. Warna yang cerah akan menimbulak efek yang bisa membuat ruangan Anda menjadi lebih lapang.

Tips Rumah.com

Manfaatkan benda-benda yang berukuran kecil agar ruangan Anda tidak menjadi penuh dan sesak.

4. 10 Kelebihan Rumah Tipe 21

Rumah kecil membuat Anda bisa lebih memaksimalkan isi dan fungsi ruangan Anda. (Foto: Pexels – Andrew Neel)
Dengan mempunyai rumah tipe 21 tentunya memiliki banyak kelebihan yang bisa Anda dan keluarga rasakan. Di bawah ini adalah beberapa contoh kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan mempunyai rumah tipe 21 yang dilansir dari Living Well Spending Less:

1. Membuat Anda bisa Lebih Berhemat

Rumah yang kecil akan membuat Anda lebih banyak belajar untuk berhemat. (Foto: Pixabay – Steve Buissinne)
Dengan tinggal pada rumah yang berukuran kecil tentunya membuat Anda harus lebih bijak dalam membeli berbagai barang dan perlengkapan lainnya. Dengan belajar membatasi barang-barang yang Anda beli maka otomatis Anda juga bisa lebih berhemat dalam pengeluaran setiap bulannya. Selain itu juga rumah yang berukuran kecil tentunya memiliki nilai pajak yang lebih kecil sehingga Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk rumah.

2. Lebih Mudah untuk Dibersihkan

Bisa Anda bayangkan betapa sulitnya untuk membersihkan rumah yang berukuran besar. Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membersihkan rumah yang besar dan tentunya usaha yang harus Anda keluarkan juga menjadi lebih besar lagi. Jika Anda secara rutin membersihkan rumah Anda sendiri maka Anda bisa merasakan bahwa rumah yang kecil akan jauh lebih mudah untuk dijaga kebersihannya.

3. Mempererat Hubungan Anggota Keluarga

Rumah yang berukuran kecil bisa menjadikan hubungan antara Anda dan keluarga bisa menjadi lebih dekat dan hangat. Semakin sering interaksi yang Anda lakukan maka otomatis Anda bisa menjadi lebih merasakan kehangatan dari anggota keluarga Anda tanpa harus jauh dan dipisahkan oleh ruangan yang berbeda-beda. Anda juga bisa menjadi lebih senang untuk berkumpul bersama di ruang keluarga dan menikmati akhir pekan yang menyenangkan tanpa harus membuang waktu untuk sendirian di kamar.

4. Menjadikan Hidup Lebih Minimalis

Anda bisa membatasi jumlah barang yang ada di rumah Anda. (Foto: Pexels - Cottonbro)
Dengan memiliki rumah tipe 21 tentunya bisa mewujudkan gaya hidup minimalis yang mungkin dari dulu selalu Anda dambakan. Gaya hidup minimalis tersebut akan bisa terwujud jika Anda bisa membatasi jumlah barang yang ada pada rumah Anda. Mulailah dengan menjual atau menyumbangkan berbagai barang yang sudah tidak Anda butuhkan lagi. Daripada harus Anda simpan dan dibiarkan rusak masih lebih baik jika Anda jual dan bisa menghasilkan sesuatu untuk Anda.

5. Rumah Kecil Lebih Mudah untuk Anda Kreasikan

Anda bisa lebih bebas untuk mengkreasikan tampilan rumah Anda tanpa harus memikirkan pengeluaran yang banyak. Rumah berukuran kecil akan jauh lebih mudah untuk Anda kreasikan dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Mulailah dengan membuat taman yang menarik agar rumah bisa menjadi terlihat lebih asri dan sejuk.

6. Rumah Kecil Bisa Terasa Lebih Nyaman

Rumah bertipe 21 bisa menjadi sebuah rumah yang sangat nyaman untuk Anda. Tidak selamanya rumah yang lebih besar akan memberikan rasa nyaman bagi Anda. Dengan tinggal pada rumah yang berukuran pas maka Anda bisa merasakan bahwa hidup berlebihan tidaklah nyaman dan Anda juga akan menjadi lebih menghargai seluruh hal yang Anda miliki.

7. Membutuhkan Perawatan yang Lebih Minim

Rumah berukuran kecil tentu menjadikannya jauh lebih mudah untuk dirawat. Seluruh bagian yang ada pada rumah Anda akan jauh lebih mudah untuk dijangkau dan tentunya membuat Anda menjadi lebih paham tentang berbagai seluk beluk yang ada pada rumah tersebut. Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan jumlah benda-benda yang akan bisa rusak jika Anda tinggal pada rumah yang kecil.

8. Cicilan Rumah yang Lebih Ringan

Anda bisa membeli rumah impian dengan cara mencicil. (Foto: Star Property)
Apabila Anda masih belum sanggup untuk membeli sebuah rumah secara tunai maka Anda bisa memanfaatkan KPR untuk membantu Anda dalam membeli sebuah rumah yang Anda impikan. Rumah bertipe 21 umumnya memiliki harga jual yang jauh lebih murah dan menjadikan Anda bisa membelinya dengan mencicil dalam jumlah yang jauh lebih terjangkau lagi.

9. Masih Dapat Diperluas Lagi

Dengan membeli rumah tipe 21 membuka kesempatan kepada Anda untuk memperluas rumah tersebut sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Anda bisa mulai dengan cara merenovasinya dengan membuat sebuah lantai 2 pada rumah Anda. Dengan begitu, otomatis rumah Anda bisa menjadi lebih luas secara bertahap dan Anda tidak perlu membuang banyak uang di awal untuk mewujudkannya.

10. Anda Bisa Membuat Rumah yang Hemat Energi

Rumah yang berukuran kecil membuat Anda bisa lebih bebas mengatur peralatan elektronik yang Anda punya. Anda juga bisa mengganti seluruh lampu yang ada di rumah Anda dengan menggunakan lampu hemat energi seperti LED yang jauh lebih terang. Dengan membatasi peralatan elektronik yang menyala bisa membuat Anda setiap bulannya menghemat pengeluaran untuk membayar tagihan listrik pada rumah Anda.
Itulah 10 kelebihan memiliki rumah tipe 21 yang Anda idam-idamkan. Dengan mempunyai sebuah rumah maka Anda akan bisa lebih tenang dan mempunyai sebuah tempat yang nyaman untuk ditinggali. Selain itu juga Anda akan merasakan hangatnya untuk berkumpul bersama-sama keluarga kecil Anda tanpa harus dipisahkan oleh ruangan yang berbeda.
Anda tidak perlu bingung! Simaklah video menarik dan informatif berikut ini untuk mempelajari cara mudah dalam membayar PBB secara online!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini