Rumah.com dan REI Berkomitmen untuk Mendorong Pemulihan Ekonomi di Sektor Properti

Rumah.com & REI menjalin kemitraan sebagai upaya industri properti untuk memainkan peranan dalam pemulihan ekonomi
3. REAL ESTATE
Pembangunan real estate juga memengaruhi pertumbuhan ekonomi negara. Sumber: Pixabay

Jakarta, 22 Juli 2021 – Sebagai portal properti terdepan di Indonesia, Rumah.com bersama Real Estate Indonesia (REI) sepakat untuk menjalin kemitraan dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi di sektor properti. Salah satu wujud kemitraan tersebut adalah penyelenggaraan pameran properti virtual bertajuk Rumah.com & REI Property Expo yang akan digelar tahun ini.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com mengungkapkan kegembiraannya atas kemitraan antara Rumah.com dan REI sebagai asosiasi terkemuka di antara pengembang properti. Kemitraan ini juga menandai adanya evolusi dari para pengembang properti dalam hal menjangkau para pencari rumah sekaligus mendukung kampanye #TimeToBuy yang digaungkan oleh para pengembang.

“Di masa yang penuh tantangan ini, masyarakat mengubah cara mereka mengkonsumsi dan mencari informasi termasuk di bidang properti. Data kami menunjukkan bahwa Rumah.com tumbuh dua kali lipat pada semester pertama tahun 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Konsumen tertarik untuk mencari informasi tentang properti melalui online dari rumah mereka yang nyaman. Para pengembang juga mengejar perubahan perilaku yang muncul ini. Kemitraan kami dengan REI menandai adanya evolusi ini,” jelas Marine.

Ikang Fawzi, Wakil Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI), mengatakan REI sangat menyambut baik inisiatif program virtual expo ini melalui kemitraan dengan Rumah.com dapat membantu para pengembang untuk mengubah cara pencari rumah menemukan segala hal yang terkait dengan penawaran rumah. Kemitraan ini datang di saat yang tepat dimana pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pembebasan PPN Properti.

Ikang menyatakan, “Kami percaya bahwa sebagian besar pengembang REI akan mengambil bagian dalam pameran properti ini untuk memanfaatkan momentum pembebasan pajak, dan menghadirkan proyek perumahan terbaik mereka untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah”

Di tengah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Marine bersama-sama Ikang sepakat mendesak sektor properti untuk berperan dalam pemulihan ekonomi nasional, “Industri properti kita memiliki multiplier effect terhadap 174 sektor lain dan 350 jenis industri terkait skala kecil,” jelas Marine. “Oleh karena itu mari kita lakukan peranan kita dalam membantu kebijakan pemerintah menjadi dampak bisnis yang nyata dan mendorong pemulihan ekonomi” kata Ikang.

Menurut data REI, pada kuartal pertama tahun 2021 pertumbuhan penjualan properti mencapai 15 persen dengan penjualan senilai Rp 200 triliun dimana ini terjadi pada periode pembebasan PPN Properti. Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang pengecualian untuk mendorong pemulihan ekonomi dari sektor properti. REI memperkirakan dengan perpanjangan insentif PPN, penjualan properti akan tumbuh 20% hingga akhir tahun.

Marine menggambarkan acara yang akan datang ini sebagai salah satu pameran properti online terbesar yang akan diadakan tahun ini. “Sebagai referensi, Asia Virtual Property Expo (AVPE) yang diadakan tahun lalu oleh PropertyGuru – induk perusahaan Rumah.com – dikunjungi hampir 500.000 kali dari Indonesia, dimana 60 pengembang terkemuka membuka booth mereka dan menyediakan project virtual tour di dalam simulasi ruang pameran kami."

Lily Nurlita, GM Sales & Marketing and Corporate Communication PT Metropolitan Land, Tbk (Metland) yakin bahwa gelaran Rumah.com & REI Property Expo mendatang dapat membantu para pencari rumah untuk mewujudkan rumah impian mereka. “AVPE tahun lalu sangat membantu kami untuk berhubungan dengan pelanggan yang tertarik.”

Sementara Happy Novantri, Manajer Pemasaran Digital Lavon Swancity memuji “AVPE membantu kami di Swancity untuk menginformasikan produk dan promosi terbaru kami melalui media virtual, yang sangat penting selama pandemi.”

Dengan situasi pandemi yang berkepanjangan, mobilitas menjadi terbatas dan ini mempengaruhi cara masyarakat memandang tempat tinggal mereka. Berdasarkan temuan dalam Rumah.com Consumer Sentiment Study H1 2021, setelah menghabiskan lebih banyak waktu di rumah telah membuat 33% responden untuk “Memikirkan lebih banyak tentang memiliki rumah” sementara 26% responden lainnya “ingin merenovasi”. Selain itu, media online seperti media sosial dan portal properti semakin dianggap penting dalam perjalanan mencari rumah. 66% responden menganggap Media Sosial “lebih penting dari sebelumnya” sebagai sumber informasi tentang properti, 47% responden merasakan peningkatan yang sama pentingnya dengan Portal Properti. Sedangkan sebanyak 22% responden ke tampilan properti secara virtual.

Rumah.com Indonesia Property Market Index Q2 2021 menunjukkan penurunan 0,4% pada indeks harga properti, dan lonjakan terus menerus dalam indeks suplai properti yang tumbuh 8,4% selama Q1 2021. Penurunan indeks harga didorong oleh segmen apartemen yang turun 2,3% dari kuartal sebelumnya.

Data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) ini memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia, karena merupakan hasil analisis dari 600.000 dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

Marine di akhir penjelasan memberikan kesimpulan bahwa para pencari rumah harus mengantisipasi Rumah.com & REI Property Expo. "Ini adalah waktu yang menantang bagi semua pihak. Akan tetapi karena semua pengembang sangat ingin melakukan penjualan, ini mungkin waktu terbaik bagi konsumen yang membutuhkan dan memiliki kesiapan untuk melakukan pembelian, atau sebagai seorang investor yang akan memasuki pasar properti.”

----- selesai -----

 Tentang Rumah.com

 Rumah.com adalah portal properti terdepan di Indonesia yang melayani lebih dari enam juta pencari rumah dan 600.000 listing properti aktif setiap bulannya. Rumah.com membantu pencari rumah untuk membuat keputusan terkait properti dengan percaya diri dengan menghadirkan beragam pilihan yang sesuai, insight yang mendalam, dan solusi berbasis teknologi. Rumah.com menjadi pemuka pemikiran terpercaya bagi industri di mana analisis properti triwulanan dan data sentimen konsumen yang dihadirkannya menjadi rujukan tetap bagi lembaga keuangan dan pemerintah. Rumah.com adalah bagian dari PropertyGuru Group, perusahaan teknologi properti terdepan di Asia Tenggara.

 Tentang PropertyGuru Group

PropertyGuru Group adalah perusahaan teknologi properti terdepan di Asia Tenggara yang menjadi pilihan bagi 35 juta pencari properti untuk menemukan rumah idaman setiap bulannya. PropertyGuru bersama dengan perusahaan di dalam grupnya, memberikan pencari properti pilihan terbanyak yang terdiri dari 2,8 juta rumah, insight yang mendalam, dan solusi yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan terkait properti dengan percaya diri bagi pengguna di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Vietnam.

PropertyGuru.com.sg pada awalnya diluncurkan di Singapura pada tahun 2007 dan merevolusi pasar properti dengan membawanya ke dunia online sehingga proses pencarian properti menjadi lebih transparan bagi pencari hunian. Dalam waktu satu dekade, PropertyGuru Group telah tumbuh dari kekuatan besar dalam media properti di kawasan Asia Tenggara menjadi perusahaan teknologi dengan pertumbuhan yang pesat dengan portfolio antara lain: portal properti no. 1 di negara-negara utamanya,  aplikasi mobile yang award-winning, platform penjualan untuk developer yang terbaik di kelasnya yaitu FastKey, serta menjadi penyelenggara berbagai event dan program seperti Awards, event-event, dan publikasi properti di Asia.

 Untuk informasi lebih lengkap kunjungi:

www.Rumah.com

https://www.linkedin.com/company/rumah-com

Untuk informasi media lebih lanjut bisa menghubungi:

mediaenquiry@rumah.com

Baca Selanjutnya

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan