Panduan Lengkap Seputar Sertifikat Tanah 2021

Saat membeli properti terutama rumah, memastikan keaslian sertifikat tanah adalah hal yang penting. Simak penjelasannya lebih lengkap tentang sertifikat tanah dalam artikel ini.
1. SERTIFIKAT TANAH
Sertifikat tanah yang dikeluarkan dari lembaga negara memiliki kekuatan yuridis yang kuat. Sumber: Verywell Mind

RumahCom – Bagi Anda yang memiliki aset dalam bentuk tanah, sertifikat tanah sebagai penjamin hak milik berperan sangat penting. Sertifikat tanah yang dikeluarkan dari lembaga negara juga memiliki kekuatan yuridis yang kuat. Dengan tanah dan rumah tanpa SHM, maka tanah yang Anda miliki tidak bisa dibuktikan di mata hukum dan bisa saja berpindah kepemilikan sewaktu-waktu.

Bagi orang awam, membeli tanah beserta bangunan rumahnya akan membutuhkan pertimbangan yang lebih panjang. Hal tersebut patut terjadi sebab jika tergesa-gesa khawatir akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Seperti misalnya tertipu sertifikat tanah palsu sehingga berujung pada terjadinya kasus sengketa tanah yang masih sering ada di Indonesia. Cermati artikel berikut ini yang akan membahas secara rinci tentang sertifikat tanah.

  1. Mengapa Sertifikat Tanah Penting?
  2. Tahapan Mengurus Sertifikat Tanah
    1. Bawa Dokumen ke Badan Pertanahan Nasional (BPN)
    2. Proses Pengukuran
    3. Bayar Biaya Pendaftaran SK Hak
  3. Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah
  4. Cek Sertifikat Tanah Online
  5. Nomor Sertifikat Tanah
Cara Ubah Status Tanah Girik ke Sertifikat Hak Milik (SHM)

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum, dan Pajak Properti

Cara Ubah Status Tanah Girik ke Sertifikat Hak Milik (SHM)

1. Mengapa Sertifikat Tanah Penting?

Sertifikat tanah untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan kepada pemegang hak. Sumber: Unsplash

Sertifikat tanah untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan kepada pemegang hak. Sumber: Unsplash

Berdasarkan Pasal 19 ayat 2 huruf c, sertifikat tanah didefinisikan sebagai surat tanda bukti hak atas tanah. Dijelaskan lebih lanjut, hak yang dimiliki meliputi hak pengelolaan dan tanggung jawab yang tercantum dalam buku tanah.

Dikutip dari Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham RI, sertifikat tanah sangat penting karena untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah, termasuk satuan rumah susun dan hak-hak lain yang terdaftar agar dengan mudah dapat membuktikan dirinya sebagai pemegang hak yang bersangkutan.

Dalam penerbitan sertifikat tanah didasari kepentingan hak milik, dengan rincian data fisik tanah dan tercatat secara yuridis dalam buku tanah. Sertifikat tanah hanya boleh dimiliki oleh pihak yang namanya tercantum atau kuasa yang tercatat. Apabila tanah berpindah kepemilikan maka akan dilakukan prosedur balik nama tanah.

2. Tahapan Mengurus Sertifikat Tanah

Sertifikat tanah merupakan bukti otentik atas hak tanah yang dimiliki. Sumber: Unsplash

Sertifikat tanah merupakan bukti otentik atas hak tanah yang dimiliki. Sumber: Unsplash

Mengurus sertifikat tanah terkini jauh lebih mudah dibandingkan belasan tahun silam. Hal ini lantaran prosedurnya bisa ditempuh baik secara offline maupun online. Setidaknya terdapat tiga tahapan pembuatan sertifikat tanah, diantaranya:

1. Bawa Dokumen ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN)

Tahap pertama adalah membawa semua dokumen ke kantor Badan Pertanahan Nasional keberadaan tanah. Selain menyerahkan dokumen, Anda juga diminta untuk mengisi formulir pembuatan sertifikat tanah yang menjadi salah satu persyaratan. Kemudian Anda diharuskan membayar biaya pemeriksaan dan pengukuran tanah.

2. Proses Pengukuran

Setelah proses administrasi selesai, petugas Badan Pertanahan Nasional akan mendatangi lokasi tanah untuk pengukuran dan validasi tanah. Hasil pengukuran akan menentukan keputusan pemberian sertifikat oleh Badan Pertanahan Nasional.

3. Bayar Biaya Pendaftaran SK Hak

Setelah proses pengukuran, Anda diharuskan membayar pendaftaran SK Hak, sebagai tahapan akhir dan persyaratan untuk mendapatkan sertifikat tanah. Proses pembuatan sertifikat tanah berkisar antara 60 hingga 120 hari.

Sertifikat tanah merupakan bukti otentik atas hak tanah yang dimiliki. Memiliki sertifikat tanah berarti Anda memiliki bukti terkuat atas penguasaan lahan. Mau punya rumah yang sertifikat tanahnya aman? Cek pilihan rumahnya di Tangerang Selatan dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

3. Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah

Biaya yang harus dikeluarkan untuk layanan balik nama sertifikat tanah tergantung pada nilai tanahnya. Sumber: Wallpaperflare

Biaya yang harus dikeluarkan untuk layanan balik nama sertifikat tanah tergantung pada nilai tanahnya. Sumber: Wallpaperflare

Informasi seputar balik nama sertifikat tanah adalah suatu hal penting yang harus dipahami saat akan membeli properti. Pasalnya, sertifikat kepemilikan atas nama pribadi sangat erat kaitannya dengan hak dan bukti paling kuat. Biaya balik nama sertifikat tanah jika mengurus langsung ke BPN akan berbeda dengan biaya yang dikenakan jasa PPAT dan Notaris. Saat ini, biaya balik nama sertifikat tanah terbaru 2021 dihitung berdasarkan rumus:

Rumus biaya balik nama sertifikat tanahnilai jual tanah dibagi dengan 1.000 (nilai tanah (per meter persegi) x luas tanah (meter persegi) / 1.000)

Sehingga apabila Anda membeli tanah seluas 250 meter persegi dengan harga per meterny Rp3.000.000 maka biaya balik nama sertifikat tanahnya adalah Rp750.000,-.

Pada proses pembelian rumah, upaya balik nama sertifikat tanah ternyata merupakan hal penting dan sensitif. Masalahnya, seringkali terjadi kasus seperti hak kepemilikan atas tanah atau bangunan yang berujung sengketa antara penjual dan pembelinya. Sehingga, mungkin bagi Anda yang belum pernah mengurus balik nama sertifikat tanah tahapannya terlihat ruwet. Padahal kenyataannya cukup mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan dengan matang syarat balik nama sertifikat tanah dari kantor BPN.

Simak juga: Daftar Biaya Pecah Sertifikat Tanah 2021 Sesuai BPN Indonesia

4. Cek Sertifikat Tanah Online

Ada sejumlah platform yang bisa digunakan untuk mengecek sertifikat tanah secara online. Sumber: Pixabay

Ada sejumlah platform yang bisa digunakan untuk mengecek sertifikat tanah secara online. Sumber: Pixabay

Dalam rangka memberi kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses informasi, Badan Pertanahan Nasional kini menyediakan layanan akses Informasi pertanahan secara online. Layanan cek sertifikat BPN online ini dihadirkan dalam berbagai sarana, diantaranya:

  • kiosK

KiosK merupakan suatu media informasi pertanahan yang tersedia di lobi atau ruang pelayanan Kantor Pertanahan. Melalui KiosK masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi secara mandiri dan gratis tanpa harus antri untuk bertemu petugas di loket.

Informasi yang tersedia pada KiosK antara lain informasi jenis layanan pertanahan beserta persyaratan, jangka waktu serta alur proses penyelesaiannya, informasi biaya layanan serta simulasinya, informasi berkas permohonan, informasi pegawai, informasi PPAT serta informasi jadwal Layanan Jemput Bola (LARASITA).

KiosK juga menyajikan informasi hasil layanan pertanahan yang meliputi jumlah penerbitan sertifikat, jumlah nilai jual beli, jumlah nilai Hak Tanggungan dan jumlah nilai BPHTB/PPH, serta menjadi media bagi masyarakat atau pengguna layanan untuk menyampaikan pengaduan.

  • Website Resmi BPN RI

Layanan cek sertifikat BPN online yang kedua bisa ditemukan melalui situs resmi BPN RI.

Lewat website ini ada dua layanan fitur seputar pertanahan, yaitu informasi tentang jenis layanan pertanahan beserta persyaratan, jangka waktu, alur proses penyelesaiannya dan informasi biaya layanan beserta simulasinya, serta informasi tentang berkas permohonan.

  • Aplikasi BPN Go Mobile

Selain informasi melalui SMS Pertanahan "2409", terdapat juga aplikasi BPN Go Mobile yang tersedia pada perangkat komunikasi berbasis software Android. Layanan ini ditujukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi dengan cepat dan murah. Melalui aplikasi BPN Go Mobile ini masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai persyaratan dan biaya layanan pertanahan, jadwal LARASITA serta informasi permohonan.

Tip Rumah
Sertifikat tanah sangat penting karena untuk memberikan kepastian hukum dan perlindungan kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah, termasuk satuan rumah susun dan hak-hak lain yang terdaftar agar dengan mudah dapat membuktikan dirinya sebagai pemegang hak yang bersangkutan.
  • Sentuh TanahkU

Badan Pertanahan Nasional juga meluncurkan aplikasi Sentuh Tanahku (Android dan iOS) supaya masyarakat dapat memperoleh informasi yang resmi dengan cepat dan mudah. Fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini antara lain adalah Notifikasi, Info Berkas, Plot Bidang Tanah, Info Sertifikat, Lokasi Bidang Tanah, dan Info Layanan.

Dengan menggunakan aplikasi ini pada smartphone, Anda dapat mencari tahu persyaratan, menelusuri proses pengurusan sertifikat tanah, mengetahui lokasi suatu bidang tanah, dan mengetahui prediksi perhitungan biaya yang akan dikeluarkan. Semua pengguna perangkat berbasis Android dan iOS dapat mendaftarkan diri untuk menjadi pengguna aplikasi Sentuh Tanahku.

Namun jika ingin menggunakan fitur Info Berkas dan Info Sertifikat, Anda perlu mendaftar ke Badan Pertanahan Nasional dengan cara mengisi Formulir Verifikasi Pengguna Aplikasi Sentuh Tanahku, serta melampirkan fotokopi KTP dan sertifikat.

Selanjutnya, pengguna yang terverifikasi dapat memperoleh fitur tambahan, contohnya daftar sertifikat yang dimiliki dan daftar berkas yang sedang diproses di Badan Pertanahan Nasional.

5. Nomor Sertifikat Tanah

Waktu pengecekan keaslian sertifikat tanah umumnya tidak lama. Sumber: WikiHow

Waktu pengecekan keaslian sertifikat tanah umumnya tidak lama. Sumber: WikiHow

Untuk mengetahui keaslian sertifikat tanah, masyarakat bisa melakukan pengecekan secara online dengan menulis nomor sertifikat tanah sebagai identitasnya. Ada 14 angka untuk nomor sertifikat tanah. Contohnya ditulis dalam format “01.60.05.1003.15.78. Panjang nomor tersebut memiliki arti sebagai berikut:

  • Dua angka pertama yakni 01 ialah kode provinsi tanah tersebut berada. Dalam hal ini 01 merupakan kode tanah di DKI Jakarta.
  • Dua angka selanjutnya yaitu 60 adalah kode kabupaten atau kota. Nomor kode 60 merupakan kode untuk Jakarta Pusat
  • Dua angka ketiga yakni 05 yaitu nomor kode dari kecamatan. 05 merupakan kode Kecamatan Cempaka Putih.
  • Empat angka setelahnya yakni 1003 merupakan nomor kode dari kelurahan atau desa. Dalam hal ini kode 1003 adalah kode untuk Kelurahan Rawasari.
  • Dua angka setelahnya yaitu angka 15 merupakan nomor kode atau semacam identitas untuk hak milik.
  • Lalu dua angka terakhir yakni 78 merupakan kode dari hak milik.

Nomor sertifikat tanah menjadi satu identitas yang esensial, pasalnya permasalahan seputar keaslian sertifikat tanah terutama sertifikat tanah warisan yang kerap terjadi, umumnya disebabkan kecerobohan masyarakat sebelum proses transaksi berjalan. Untuk itu, si pemilik tanah harus paham betul bagaimana cara mengecek sertifikat BPN online.

Sebab seringkali permasalahan yang ada bukan mengenai proses hukum, tetapi kondisi fisik tanah yang beragam. Di Indonesia, terdapat beberapa kasus seputar sertifikat tanah. Yang paling sering terjadi, ialah sertifikat bodong dan duplikasi sertifikat asli sehingga menyebabkan terjadinya sengketa tanah.

Sertifikat bodong terjadi apabila penjual berusaha untuk memanipulasi sertifikat yang akan dibelinya. Sedangkan kasus duplikasi sertifikat kerap terjadi ketika proses pengecekan berlangsung, ternyata lahan yang tercantum dalam sertifikat tidak ada.

Selanjutnya jika hanya ingin mengecek keaslian sertifikat tanah yang Anda miliki, bisa langsung datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sesuai Pasal 34 PP No. 24 Tahun 1997, BPN akan mengecek keaslian sertifikat tanah berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur, dan buku tanah.

Waktu pengecekan keaslian sertifikat tanah umumnya tidak lama. Bahkan dalam sehari saja, Anda sudah bisa mengetahui keaslian dari sertifikat tersebut. Jika menurut BPN aman, sertifikat tersebut akan dicap. Namun bila BPN menilai ada kejanggalan, biasanya akan diajukan plotting.

Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari tips beli rumah lelang bank yang bisa Anda ikuti dengan mudah!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan