Mengenal Aplikasi Sikasep Rumah Subsidi dan Cara Menggunakannya

Aplikasi SiKasep yang dikembangkan PPDPP bertujuan untuk membantu dan mempermudah pengecekan dan pengajuan KPR rumah subsidi. Bagaimana cara menggunakan aplikasi ini?
1 SiKasep Rumah Subsidi
Aplikasi SiKasep rumah subsidi memudahkan masyarakat mengakses informasi lengkap tentang rumah subsidi. Sumber: Amara Village, Parung Panjang, Bogor

RumahCom – Proses untuk menemukan rumah idaman tidaklah mudah. Mulai dari mengandalkan informan, survei lokasi secara langsung, mengunjungi pameran perumahan, hingga mencari informasi di internet. Meski demikian, cara-cara tersebut dirasa masih kurang dalam memberikan jaminan kepastian informasi terhadap objek yang diperjualbelikan. Apalagi di tengah pandemi aktivitas survei rumah masih menjadi kendala.

Namun kini masyarakat tak perlu khawatir karena pemerintah telah menyiapkan tiga aplikasi yang dapat diakses masyarakat untuk memperoleh informasi rumah bersubsidi yang masih tersedia. Adalah SiKasep rumah subsidi atau Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan yang sudah tersedia di PlayStore.

Kehadiran SiKasep rumah subsidi pun mampu mengatasi persoalan yang sering dihadapi terkait minimnya pengetahuan dalam menentukan bank mitra KPR dan memilih skema pembiayaan subsidi. Selain aplikasi SiKasep rumah subsidi, menurut laman Indonesia, masyarakat juga bisa mengakses situs http://rumahsubsidi.pu.go.id/ yang merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR. Alternatif lain adalah mengunjungi Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) di https://sikumbang.ppdpp.id/. Laman tersebut dikelola langsung oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

Spesifik membahas SiKasep rumah subsidi, aplikasi yang diluncurkan sejak 19 desember 2019  ini telah sukses menjual 85.000 unit dari total 102.000 unit rumah. Puncaknya, dalam 24 jam sebanyak 4.000 unit rumah subsidi laris terjual. Tak hanya itu, aplikasi ini pun dapat memastikan ketepatan sasaran kepada masyarakat yang berhak menerima bantuan tersebut.

Menariknya lagi, pemerintah juga melibatkan peran serta pengembang dan bank pelaksana dalam seluruh proses bisnis pada SiKasep. Selain pengembang memberikan data pasokan hunian, bank pelaksana juga mengawal masyarakat hingga melakukan proses akad. Ingin mencari tahu soal SiKasep rumah subsidi? Simak artikel di bawah ini.

  1. Mengenal Aplikasi SiKasep Rumah Subsidi
  2. Persyaratan Registrasi SiKasep Rumah Subsidi
    1. GPS Harus Aktif
    2. Data Diri Harus Valid
  3. Cara Menggunakan Aplikasi SiKasep Rumah Subsidi
    1. Unduh di Google Play Store
    2. Daftarkan Diri Anda
    3. Swafoto dan Foto KTP
    4. Masuk ke Aplikasi
    5. Cari Rumah Subsidi Idaman dan Pilih
    6. Pilih Bank KPR FLPP
    7. Cek Status Pengajuan KPR Subsidi
Ulasan dan Syarat Beli Rumah Subsidi, Serta Prosedur Terbaru 2021

Mengajukan KPR dan Mengatur Cicilan

Ulasan dan Syarat Beli Rumah Subsidi, Serta Prosedur Terbaru 2021

Mengenal Aplikasi SiKasep Rumah Subsidi

Lewat aplikasi SiKasep, Anda juga dapat mengajukan pembelian KPR Subsidi perumahan secara langsung. Sumber: Pexels - Karolina Grabowska

Lewat aplikasi SiKasep, Anda juga dapat mengajukan pembelian KPR Subsidi perumahan secara langsung. Sumber: Pexels - Karolina Grabowska

Banyak masyarakat yang belum tahu, SiKasep untuk apa? Aplikasi SiKasep merupakan singkatan dari Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mencari informasi tentang KPR subsidi perumahan yang disediakan oleh pemerintah. Selain itu, masyarakat yang memenuhi persyaratan seperti yang tertera dalam SiKasep juga dapat mengajukan pembelian KPR Subsidi perumahan secara langsung melalui aplikasi tersebut. Untuk bisa mendapatkan informasi dan mengajukan pembelian rumah subsidi, maka masyarakat harus terlebih dahulu melakukan registrasi atau pendaftaran pada aplikasi tersebut.

Aplikasi SiKasep memudahkan masyarakat tidak hanya untuk mengakses informasi lengkap tentang rumah subsidi yang masih tersedia, tetapi juga fasilitas lain terkait pengajuan pinjaman KPR subsidi. Melalui SiKasep rumah subsidi, masyarakat calon pembeli juga dapat melihat rumah tanpa harus keluar rumah. Masyarakat pun bisa mengecek sendiri keperluan tentang rumah subsidi, lokasinya, harga, pengembangnya, hingga transaksi pembelian.

Berdasarkan penjelasan Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah, fitur utama SiKasep mencakup lokasi rumah idaman, perumahan sekitar rumah idaman, pilih bank KPR FLPP, cek status pengajuan KPR, dan lain-lainnya. Sebelum dapat menggunakan SiKasep, pengguna harus memasukkan data pribadi termasuk nomor KTP, NPWP serta informasi jumlah penghasilan per bulan. Setelah mengunggah foto diri memegang KTP, serta foto KTP asli, baru pengguna bisa masuk ke aplikasi ini.

Fitur di aplikasi SiKasep berbasis koordinat, sehingga pengguna dapat mengajukan permohonan KPR subsidi seperti KPR Sejahtera FLPP atau lainnya kepada bank yang diinginkan. Pengguna juga bisa memeriksa status pengajuan KPR bersubsidinya. Kementerian PUPR melaporkan https://ppdpp.id/aplikasi-sikasep-sudah-update/ untuk  terus meningkatkan pelayanan, kini masyarakat bisa melakukan perbaikan data sendiri jika melakukan kesalahan dalam memasukkan data di aplikasi SiKasep. Untuk itu, Anda bisa  mengunjungi PlayStore dengan mencari “SiKasep” dan tekan tombol update.

Setelah berhasil masuk dan membuka aplikasi tersebut, ada sejumlah menu utama seperti lokasi rumah idaman, perumahan sekitar rumah idaman, pilihan Bank KPR FLPP, cek status pengajuan KPR. Tersedia juga menu galeri rumah sejahtera FLPP, kalkulator KPR sejahtera FLPP, Syarat dan Ketentuan hingga tata cara penggunaan aplikasi kontak. Apabila Anda mengajukan pembelian perumahan subsidi maka keterangan status pengajuan terbagi menjadi enam tahap yaitu, status Terdaftar, Proses Pengajuan Subsidi Checking, kemudian Lolos/Tidak Lolos Subsidi Checking, Proses Pengajuan Verifikasi Bank, Lolos/Tidak Lolos pada tahap Verifikasi Bank, dan Proses Pengajuan Dana FLPP oleh Bank.

Aplikasi SiKasep saat ini juga tengah dikembangkan menjadi single interface. Lalu di dalam aplikasi tersebut sudah tersedia aplikasi lainnya seperti Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang), Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk), dan Sistem Aktivasi QR Code (SiAki). Inovasi baru tersebut nantinya juga menyediakan ruang untuk sistem informasi bantuan pemerintah hingga pemerintah daerah.

Tip Rumah
SiKasep rumah subsidi menawarkan kemudahan agar masyarakat tetap dapat mencari rumah subsidi sesuai harapan, mengajukan proses KPR, serta memilih dan melakukan proses dengan bank pelaksana tanpa harus mondar-mandir dan melakukan interaksi fisik.

Persyaratan Registrasi SiKasep Rumah Subsidi

Aplikasi SiKasep diintegrasikan dengan data perumahan dari pengembang.Sumber: Pexels - Sora Shimazaki

Aplikasi SiKasep diintegrasikan dengan data perumahan dari pengembang.Sumber: Pexels - Sora Shimazaki

Sebagai pengguna, Anda dapat mengajukan KPR subsidi pada bank pelaksana yang tersedia baik berbasis konvensional maupun syariah. Rangkaian proses pengajuan hingga verifikasi pada bank pelaksana diklaim hanya membutuhkan waktu 3 hari kerja. Selama proses tersebut pengguna dapat terus melakukan pemantauan. Efisiensi proses ini tidak terlepas dari integrasi data yang dibangun.

Data SiKasep rumah subsidi terhubung dengan data kependudukan Kementerian Dalam Negeri dan data FLPP yang dikelola PPDPP, sehingga proses verifikasi pengguna menjadi lebih efisien. Selain itu, data ini digunakan pula oleh bank pelaksana untuk mengidentifikasi kesesuaian calon debitur dengan kriteria penerima subsidi dan unit rumah pilihannya.

Untuk menjamin pemenuhan kebutuhan rumah secara kuantitas dan kualitas, aplikasi SiKasep diintegrasikan dengan data perumahan dari pengembang. Pengguna dapat melihat informasi tentang peta hunian yang telah tersedia, sedang dibangun, telah terjual maupun dalam proses rencana pembangunan. Cara ini semakin memudahkan pengguna dalam menentukan pilihan rumah sekaligus membantu pemerintah melakukan pengawasan.

Berdasarkan data yang terkumpul dari Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hingga lebih dari Semester I/2021 tercatat 524.057 pengguna yang telah mendaftar untuk program rumah subsidi di aplikasi SiKasep. Rinciannya sebanyak 1.583 orang pendaftar pada tahun 2019, 326.230 pendaftar pada tahun 2020 dan 196.244 pendaftar pada tahun 2021.

Jika Anda juga sedang mencari tahu persyaratan dan registrasi SiKasep rumah subsidi, berikut ini panduannya seperti yang dikutip dari Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan.

1. GPS Harus Aktif

Sebelum mengunduh aplikasi SiKasep, pastikan GPS/lokasi pada handphone sudah dalam posisi aktif. Selanjutnya, pilihan mudah mendapatkan aplikasi SiKasep ialah memindai QR code yang disediakan. Atau opsi kedua dalam ponsel Android Anda, masuk ke dalam aplikasi PlayStore. Kemudian pada menu cari ketik SiKasep dan unduh.

2. Data Diri Harus Valid

Saatnya untuk daftarkan diri Anda. Setelah Anda berhasil mengunduh SiKasep, selanjutnya pada halaman depan SiKasep klik pada Tombol daftar. Isi data diri Anda secara lengkap. Mulai dari memasukkan nama lengkap Anda sesuai dengan yang tertera dalam KTP. Kemudian masukkan kata sandi Anda, usahakan kata sandi yang mudah untuk diingat. Kembali masukkan kata sandi yang sama, barulah masukkan nomor KTP Anda.

Lalu masukkan nomor NPWP Anda (apabila belum punya dapat dikosongkan terlebih dahulu). Masukkan penghasilan per bulan Anda berupa angka tanpa menambahkan titik atau koma. Jangan lupa masukkan nomor ponsel Anda. Selanjutnya Anda dapat melakukan centang pada kotak syarat dan ketentuan serta membacanya. Dengan melakukan centang Anda telah setuju dengan syarat dan ketentuan Aplikasi SiKasep. Klik tombol lanjut!

Aplikasi SiKasep rumah subsidi ditujukan untuk membantu masyarakat, terutama dalam mencari informasi tentang KPR subsidi perumahan yang disediakan oleh pemerintah. Mau punya rumah dengan beragam pilihan pembiayaan? Cek pilihan rumahnya di Tangerang Selatan dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

Cara Menggunakan Aplikasi SiKasep Rumah Subsidi

Anda harus mendownload aplikasi ini di PlayStore. Sumber: Google Play

Anda harus mendownload aplikasi ini di PlayStore. Sumber: Google Play

Jangkauan layanan SiKasep rumah subsidi telah diperluas bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin mengakses agar ikut terdaftar dan terdata ke dalam database management control Kementerian PUPR sebagai daftar masyarakat yang membutuhkan hunian. Upaya tersebut dilakukan dengan cara melakukan pemindahan menu isian NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang semula ditempatkan pada tahap awal halaman pengisian aplikasi SiKasep bergeser ke dalam tahap pengajuan verifikasi. Sehingga bagi masyarakat yang belum memiliki NPWP dapat terdata di awal.

Perubahan format tersebut dapat membantu pemerintah untuk dapat mengetahui dan menjaring kebutuhan hunian di seluruh lapisan masyarakat dan dapat sebagai acuan backlog hunian. Ketersediaan hunian yang disajikan secara real time dalam aplikasi SiKasep tersebut didukung oleh para pengembang yang tergabung dalam asosiasi pengembang. Ada 19 asosiasi pengembang di Indonesia yang di dalamnya mencapai 6.001 pengembang.

Kalau Anda belum mengetahui cara penggunaan aplikasi SiKasep rumah subsidi, cek panduannya di bawah ini.

1. Unduh di Google Play Store

Dalam smartphone Android Anda, masuk ke dalam aplikasi PlayStore. Kemudian pada menu cari ketik SiKasep dan unduh.

2. Daftarkan Diri Anda

Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi SiKasep, selanjutnya pada halaman depan SiKasep klik daftar. Isi seluruh data pribadi yang diminta dengan lengkap, jangan sampai ada yang terlewat.

3. Swafoto dan Foto KTP

Pada tahap ini aplikasi SiKasep akan meminta foto wajah serta KTP Anda. KTP Lakukan swafoto (selfie) dengan memegang KTP caranya adalah dengan menempatkan wajah Anda pada frame bulat pada layar HP Anda. Selain itu, tempatkan KTP yang telah Anda pegang pada frame kotak, kemudian tekan tombol Foto. Nah, terlihat kan hasil foto anda dengan KTP.

Selanjutnya pada tahap ini, aplikasi SiKasep Akan meminta foto KTP Anda. Anda akan diminta untuk memotret KTP Anda, tempatkan pada frame kotak dan klik setelah terlihat hasil foto KTP Anda. Anda pun diinformasikan dengan pesan jika sudah berhasil registrasi dan diminta untuk melakukan login.

4. Masuk ke Aplikasi

Kini Anda telah masuk pada aplikasi SiKasep rumah subsidi. Dalam menu tampilan awal ada banyak yang bisa dipilih. Mulai dari lokasi rumah idaman Anda, perumahan sekitar rumah idaman, pilih bank KPR rumah subsidi, cek status pengajuan KPR, dan lain-lain  seperti galeri rumah sejahtera FLPP, kalkulator KPR sejahtera FLPP, syarat dan ketentuan, tata cara penggunaan aplikasi, kontak dan menu terakhir yakni keluar.

5. Cari Rumah Subsidi Idaman dan Pilih

Untuk mencari rumah yang dikehendaki, saatnya Anda memilih menu lokasi rumah idaman Anda. Pada menu lokasi rumah idaman anda akan diarahkan untuk memilih provinsi, kabupaten/kota serta kecamatan. Isi sesuai keinginan Anda untuk memiliki rumah idaman di wilayah yang Anda diincar.

Selanjutnya, Anda bisa klik pada menu Perumahan Sekitar Rumah Idaman. SiKasep rumah subsidi akan menawarkan perumahan subsidi terdekat, pada wilayah rumah idaman yang telah Anda pilih pada menu sebelumnya. Sekarang saatnya memilih rumah subsidi Anda. Apabila telah yakin dengan pilihan rumah subsidi Anda, selanjutnya Anda klik pada tombol pilih. Pada tahap ini Anda telah selesai memilih rumah subsidi Anda.

Apabila SiKasep tidak menemukan lokasi perumahan subsidi di sekitar lokasi rumah idaman Anda. Jangan khawatir, tentunya SiKasep telah menyediakan menu yang berada di sampingnya yaitu lokasi lainnya. Setelah memilih menu Lokasi Lainnya, lakukan hal yang sama seperti tahapan sebelumnya.

6. Pilih Bank KPR FLPP

Untuk memilih menu ini, klik Pilih Bank KPR FLPP.  Pada tahap ini Anda dapat memilih bank sesuai keinginan Anda. Setelah memilih, klik tombol pilih.

7. Cek Status Pengajuan KPR Subsidi

Klik pada menu Cek Status Pengajuan KPR. Setelah Anda melewati tahapan-tahapan di atas, selanjutnya Anda dapat melakukan pengajuan proses verifikasi dengan melakukan klik pada tombol ajukan proses verifikasi. Berikut adalah keterangan status 1 sampai dengan 6.

  • Pada status 1 artinya terdaftar. Pada tahap ini data Anda telah terekam pada database PPDPP, dengan status Terdaftar pada Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan.
  • Pada tahap 2 artinya proses pengajuan subsidi checking. Subsidi checking adalah proses otomatis secara sistem dengan melakukan pengecekan data KTP dan pengecekan terhadap data debitur subsidi perumahan (cek duplikasi data). Pada tahap ini Anda telah memasuki tahap validasi secara otomatis yang terdiri dari pengecekan data KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, pengecekan data pada database FLPP, pengecekan data pada database Subsidi Selisih Bunga (SSB). Proses otomatis sistem pada pengajuan subsidi checking ini berjalan sekitar 5 (lima) detik. Tahapan proses ini dilakukan oleh PPDPP.
  • Pada tahap 3, Anda akan mendapatkan informasi sebagai berikut:
  • Apabila pada layar Anda menunjukkan warna hijau maka Anda dinyatakan Lolos pada tahap subsidi checking.
  • Apabila pada layar Anda menunjukkan warna merah maka Anda dinyatakan tidak lolos pada tahap subsidi checking dan tidak dapat melanjutkan pada proses selanjutnya.
  • Pada tahap 4, proses pengajuan verifikasi bank. Pada tahap ini, bank KPR FLPP pilihan Anda telah menerima pengajuan Anda untuk memproses pengajuan KPR FLPP Anda, dan Anda akan segera di hubungi oleh Bank KPR FLPP untuk segera melengkapi persyaratan pengajuan KPR FLPP dan akan dilakukan verifikasi data sesuai standar verifikasi Bank. Tahapan proses ini dilakukan oleh bank.
  • Pada tahap 5, bank KPR FLPP telah melengkapi seluruh isian formulir pengajuan KPR FLPP Anda sesuai format yang tertera pada Peraturan Menteri PUPR. Tahap ini dilakukan dengan melakukan uji data pengajuan KPR secara host to host dengan PPDPP. Apabila pada layar Anda menunjukkan warna hijau, maka Anda dinyatakan lolos pada tahap verifikasi bank. Namun apabila pada layar Anda menunjukkan warna merah, maka Anda dinyatakan tidak lolos pada tahap verifikasi bank dan tidak dapat melanjutkan pada proses selanjutnya.
  • Pada tahap 6, proses pengajuan dana FLPP oleh bank. Pada tahap ini, bank KPR FLPP melakukan proses permohonan pencairan dana FLPP kepada PPDPP. Proses pengajuan dana FLPP ini dapat diselesaikan dalam waktu 3 hari kerja. Tahap ini merupakan tahapan akhir pada proses pengajuan KPR FLPP Anda.

Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari tips beli rumah lelang bank yang bisa Anda ikuti dengan mudah!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan