Pengertian SIM PKB, Cara Daftar, Login, dan Cara Cek Terbaru

Dalam rangka mengukur dan menyamakan standar seluruh tenaga pengajar di Indonesia, Kemendikbud membentuk sistem yang dinamakan SIM PKB. Apa itu SIM PKB? Simak penjelasannya di artikel berikut.
Info Lengkap SIM PKB, Cara Daftar, Login, dan Cek SIM PKB
SIM PKB bertujuan akhir membentuk guru lebih berkualitas. (Sumber: Pexels.com)

RumahCom - Tenaga pendidik atau guru merupakan salah satu ujung tombak dalam kualitas pendidikan yang diterima oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan guru merupakan perantara langsung yang menyampaikan materi pendidikan kepada peserta didik. Dalam rangka untuk membentuk guru yang berkualitas, pemerintah pusat melalui Kemendikbud membuat standarisasi dengan mengeluarkan sistem pengembangan keprofesian (SIMPKB) bagi guru.

Sistem pengembangan keprofesian tersebut dikenal dengan SIM PKB. SIM PKB adalah kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Sebagai informasi, seluruh guru dibawah naungan Kemendikbud wajib mengikuti sistem kompetensi ini. Nah, mengingat pentingnya SIM PKB dalam kegiatan belajar mengajar, dalam artikel ini akan dibahas lebih lengkap terkait SIM PKB. Namun, sebelum membahas lebih lanjut, berikut ini merupakan poin-poin penting yang akan menjadi pembahasan dalam artikel berikut.

  1. Pengertian SIM PKB?
  2. Cara Daftar SIM PKB
  3. Cara Login SIM PKB
  4. Cara Cek No. UKG (SIM PKB – Pencarian Data GTK)

1. Pengertian SIM PKB?

1. Apa yang Dimaksud dengan SIM PKB

Guru yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. (Sumber: Pexels.com)

SIM PKB merupakan Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang mana merupakan salah satu program bagi seluruh guru di Indonesia. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kualitas profesi guru untuk menciptakan mutu pendidikan yang berkualitas dan lebih baik. Selain itu, SIM PKB juga merupakan salah satu persyaratan untuk profesi guru mendapatkan beberapa benefit seperti tunjangan.

Tujuan utama dari program ini selain bermanfaat untuk kualitas hasil belajar pada peserta didik, tujuan akhir lainnya adalah meningkatkan kemampuan dari profesi guru yang terus berkembang mengikuti situasi perkembangan zaman, contohnya bekerja dari rumah. Diharapkan dengan peningkatan kemampuan ini, siswa memiliki pemahaman dan pendalaman materi belajar seperti meliputi keterampilan, ilmu sosial, ilmu terapan, dan ilmu lainnya. Sebagai hasil, siswa mendapatkan ilmu yang berkualitas dan bagi guru juga nantinya dengan hasil pembelajaran tersebut dapat menjadi tolok ukur untuk peningkatan profesi atau jabatan.

Sebenarnya SIM PKB dapat diikuti oleh semua guru, namun terdapat kriteria-kriteria khusus sebagai persyaratan untuk mengikuti SIM PKB. Syarat pertama adalah seorang guru wajib memiliki nilai Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) mulai dari tiga hingga sepuluh kelompok kompetensi dan memiliki nilai 65 atau dibawah KKM. Jika seorang guru belum melakukan UKG, maka diwajibkan terlebih dahulu untuk mengikuti UKG.

Persyaratan lainnya adalah guru wajib terdaftar dalam komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan berada di wilayah naungan Kemendikbud. Dalam menjalankan program ini, guru harus berkomitmen untuk menyelesaikan paling sedikit dua kelompok kompetensi yang memiliki nilai terendah dalam kurun waktu satu tahun.

Tip Rumah
Dalam mengikuti uji kompetensi SIM PKB, pastikan koneksi internet Anda lancar, karena proses ujian dilakukan secara daring.

2. Cara Daftar SIM PKB

2. Cara Daftar SIM PKB

Dengan mengikuti SIM PKB guru berkesempatan untuk mendapatkan tunjangan tambahan. (Sumber: Pexels.com)

Dalam rangka pemenuhan standar tenaga pendidik, guru wajib mengikuti SIM PKB apabila memiliki nilai kompetensi di bawah rata-rata. Hal ini dilakukan karena bukan hanya bermanfaat bagi guru sendiri, namun stakeholder lain seperti peserta didik, orang tua dari peserta didik, hingga pemerintah. Salah satu manfaat SIM PKB untuk guru pengajar adalah bisa meningkatkan mutu pendidikan bagi anak didik. Mau punya rumah dekat sarana pendidikan favorit? Cek pilihan rumah dekat sekolah favorit mulai harga Rp500 jutaan di sini!

Berikut ini akan dijelaskan cara daftar SIM PKB bagi guru untuk peningkatan kompetensi proses pengajaran dalam kegiatan mengajar.

  1. Pertama adalah dengan mengetahui, apakah Anda masuk kriteria wajib mengikuti SIM PKB, yaitu memiliki nilai kompetensi guru di bawah rata-rata.
  2. Jika Anda masuk kriteria, tahap selanjutnya adalah mendaftarkan diri melalui situs https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/akun/registrasi
  3. Lengkapi formulir dengan mengisikan data pribadi yang dibutuhkan. Contohnya adalah nomor peserta UKG, dan tanggal lahir Anda.
  4. Kemudian isi kode verifikasi captcha dan klik register
10 Perumahan dengan Harga Terjangkau di Tangerang Selatan

Membeli Rumah, Ruko, dan Properti Lainnya

10 Perumahan dengan Harga Terjangkau di Tangerang Selatan

Sampai disini proses pendaftaran SIM PKB telah selesai. Namun, jika pada saat pendaftaran dinyatakan gagal, Anda dapat menghubungi pihak terkait yaitu admin PKB (pengembangan keprofesian berkelanjutan) yang berada di Dinas Pendidikan wilayah Anda berdomisili. Selain itu, Anda juga dapat melaporkan kepada Ketua MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).

3. Cara Login SIM PKB

3. Cara Login SIM PKB

Ujian kompetensi SIM PKB dilakukan dalam kurun waktu satu tahun. (Sumber: Pexels.com)

Jika Anda sudah mendaftarkan diri seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, tahap selanjutnya adalah cara untuk masuk ke halaman laman pengembangan ini. Laman pengembangan guru ini dikembangkan pemerintah untuk meningkatkan tingkat profesional dari seorang guru. Karena laman ini berbasis daring, maka Anda wajib memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengikuti tes kompetensi yang disediakan pada laman berikut. Berikut ini cara login bagi guru masuk ke laman SIM PKB.

  1. Masukkan link https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgo/login pada browser Anda
  2. Kemudian masukkan alamat email dan password yang sebelumnya telah didaftarkan dan diberikan oleh Dinas Pendidikan terkait.
  3. Jika Anda tidak dapat mengetahui password untuk masuk ke halaman, Anda dapat menghubungi ketua MGMP pada wilayah Anda berada.
  4. Jika sudah lengkap, klik login untuk masuk ke halaman.

Jika terdapat kendala Anda tidak dapat memasuki halaman SIM PKB, periksa kembali data yang Anda masukkan telah benar, atau jika perlu Anda bisa menggunakan fasilitas Lupa Password yang disediakan. Jika langkah ini sudah dilakukan namun belum berhasil masuk, Anda perlu menghubungi pihak terkait yang bertugas mengurus platform ini di wilayah Anda berada.

4. Cara Cek No. UKG (SIM PKB – Pencarian Data GTK)

4. Cara Cek No. UKG (SIM PKB – Pencarian Data GTK)

Persyaratan mengikuti SIM PKB adalah guru yang memiliki nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). (Sumber: Pexels.com)

Setelah Anda berhasil masuk halaman SIM PKB, ada beberapa layanan yang dapat diakses seperti pengecekan info komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan mengecek SKTP atau Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi Pendidik. Informasi data pribadi ini perlu Anda simak lagi apakah sudah benar atau terdapat kesalahan. Jika terdapat kesalahan, Anda dapat menghubungi pihak sekolah untuk melakukan koreksi data.

Selain itu, tahap berikutnya setelah Anda berhasil masuk ke dalam platform SIM PKB adalah mengecek nomor UKG atau Uji Kompetensi Guru. Berikut ini akan dijelaskan terkait tata cara pengecekan nomor UKG atau Uji Kompetensi Guru sebagai persyaratan mengikuti uji kompetensi.

  1. Silakan masukkan data berupa nama lengkap yang tercantum dalam GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)
  2. Atau Anda bisa menggunakan nomor peserta UKG (Uji Kompetensi Guru) sebagai pengganti nama
  3. Klik wilayah Anda berdomisili, berupa nama provinsi
  4. Kemudian pilih kota atau kabupaten
  5. Klik “Cari GTK” untuk menemukan nomor GTK Anda.

Nomor GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) akan ditampilkan pada layar beserta data-data lainnya.

Berencana untuk memiliki rumah namun masih menabung uang DP? Simak tips mengumpulkan DP rumah di video di bawah!

 

Jadi, begitulah proses pendaftaran SIM PKB (Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) bagi profesi guru. Setelah membaca artikel di atas secara seksama, pastinya kini Anda telah memahami seberapa penting peran guru dalam proses belajar mengajar.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan