Solar Panel Adalah Sumber Listrik Tenaga Surya. Ketahui Sebelum Pasang di Rumah

Tim Editorial Rumah.com
Solar Panel Adalah Sumber Listrik Tenaga Surya. Ketahui Sebelum Pasang di Rumah
RumahCom – Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap adalah salah satu pemanfaatan energi terbarukan yang bersumber dari panas matahari. Seiring dengan semakin majunya teknologi, maka hal ini turut mendorong tren pemasangan panel surya di atap rumah.
Dengan memasang sistem solar panel di rumah diperkirakan bisa menghemat tagihan listrik hingga 30% setiap bulannya. Jika Anda ingin memasang panel surya di rumah, sebaiknya pahami dulu hal-hal tentang panel surya berikut:
  • Apa itu Solar Panel?
  • Keunggulan dan Kekurangan Solar Panel
  • Solar Panel Rumah
  • Jenis-Jenis Solar Panel
  • Harga Pasang Solar Panel
  • Tips Memasang Solar Panel

Apa itu Solar Panel?

Solar panel sebagai sistem tenaga surya yang lebih efisien. (Foto: SUN Energy)
Solar panel adalah konversi cahaya sinar matahari menjadi listrik, baik secara langsung dengan menggunakan photovoltaic, atau tidak langsung dengan menggunakan tenaga surya terkonsentrasi sehingga menghasilkan tenaga listrik untuk rumah Anda atau untuk perusahaan Anda.
Solar panel sebagai sistem tenaga surya yang lebih efisien dan lebih terjangkau untuk mengambil keuntungan dari manfaat ekonomi dan lingkungan. Solar panel tidak hanya hanya digunakan di rumah-rumah, surya panel digunakan dalam Kawasan dan daerah terpencil lokasi sekolah yang kekurangan listrik,, masyarakat dan peralatan telekomunikasi dan pompa air.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sistem surya panel Anda, itu layak menghabiskan beberapa waktu untuk meneliti sistem tenaga surya untuk memastikan Anda membuat keputusan terbaik saat membeli sebuah sistem solar panel.
Dengan memasang sistem solar panel diperkirakan bisa menghemat tagihan listrik hingga 30% setiap bulannya. Lagi cari rumah dengan harga hemat? Cek pilihan rumahnya di Depok harga di bawah Rp600 jutaan di sini!

Keunggulan dan Kekurangan Solar Panel

Inilah kelebihan dan kekurangan panel surya yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya.

Keunggulan Solar Panel

Sumber Energi Terbarukan
Di antara semua manfaat panel surya, yang terpenting adalah karena energi matahari merupakan sumber energi yang benar-benar terbarukan. Itu dapat dimanfaatkan di semua wilayah di dunia dan tersedia setiap hari.
Kita tidak bisa kehabisan energi matahari, tidak seperti beberapa sumber energi lainnya. Energi matahari akan dapat diakses selama kita memiliki matahari, oleh karena itu sinar matahari akan tersedia bagi kita setidaknya selama 5 miliar tahun ketika menurut para ilmuwan matahari akan mati.
Mengurangi Tagihan Listrik
Tagihan listrik Anda akan turun. Berapa banyak Anda menghemat tagihan akan tergantung pada ukuran panel surya dan penggunaan listrik atau panas.
Selain itu, Anda tidak hanya akan menghemat tagihan listrik, tetapi juga kemungkinan untuk menerima pembayaran atas kelebihan energi yang Anda salurkan kembali ke jaringan jika terhubung dalam suatu kawasan.
Aplikasi Beragam
Energi matahari dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Anda dapat menghasilkan listrik (fotovoltaik) atau panas (panas matahari). Energi matahari dapat digunakan untuk menghasilkan listrik di daerah yang tidak memiliki akses ke jaringan energi, untuk menyuling air di daerah dengan pasokan air bersih yang terbatas dan untuk menggerakkan satelit di luar angkasa.
Biaya Perawatan Murah
Sistem energi surya umumnya tidak membutuhkan banyak perawatan. Anda hanya perlu menjaganya tetap bersih, jadi membersihkannya beberapa kali dalam setahun sudah cukup. Jika ragu, kamu selalu dapat menghubungi perusahaan pembersih khusus, yang menawarkan layanan ini.
Beberapa produsen panel surya paling menawarkan garansi 20-25 tahun. Juga, karena tidak ada bagian yang bergerak, tidak ada keausan. Inverter biasanya satu-satunya bagian yang perlu diganti setelah 5-10 tahun karena terus bekerja mengubah energi matahari menjadi listrik dan panas.
Selain inverter, kabel juga perlu perawatan untuk memastikan sistem tenaga surya bekerja dengan efisiensi maksimum. Jadi, setelah menutupi biaya awal tata surya, Anda dapat mengharapkan sedikit pengeluaran untuk pemeliharaan dan perbaikan.
Pengembangan Teknologi
Teknologi dalam industri tenaga surya terus berkembang dan peningkatannya akan meningkat di masa depan. Inovasi dalam fisika kuantum dan nanoteknologi berpotensi dapat meningkatkan efektivitas panel surya dan menggandakan, atau bahkan tiga kali lipat, input listrik dari sistem tenaga surya.

Kekurangan Panel Surya

Biaya
Biaya awal untuk membeli tata surya cukup tinggi. Ini termasuk pembayaran panel surya, inverter, baterai, kabel, dan untuk pemasangan. Namun demikian, teknologi tenaga surya terus berkembang, jadi dapat diasumsikan bahwa harga akan turun di masa mendatang.
Tergantung Cuaca
Meskipun energi matahari masih dapat dikumpulkan selama hari mendung dan hujan, efisiensi tata surya menurun. Panel surya bergantung pada sinar matahari untuk mengumpulkan energi matahari secara efektif.
Oleh karena itu, beberapa hari hujan yang mendung dapat memberikan efek yang nyata pada sistem energi. Anda juga harus memperhitungkan bahwa energi matahari tidak dapat dikumpulkan pada malam hari.
Di sisi lain, jika Anda juga memerlukan solusi pemanas air untuk bekerja di malam hari atau selama musim dingin, panel termodinamika adalah alternatif untuk dipertimbangkan.
Penyimpanan Energi Surya Mahal
Energi matahari harus segera digunakan, atau dapat disimpan dalam baterai besar. Baterai ini, yang digunakan dalam sistem tata surya off-the-grid, dapat diisi daya pada siang hari sehingga energinya digunakan pada malam hari.
Ini adalah solusi yang bagus untuk menggunakan energi matahari sepanjang hari, tetapi juga cukup mahal. Dalam kebanyakan kasus, akan lebih cerdas jika hanya menggunakan energi matahari di siang hari dan mengambil energi dari jaringan pada malam hari (kamu hanya dapat melakukan ini jika sistem Anda terhubung ke jaringan).
Menggunakan Banyak Ruang
Panel surya PV membutuhkan banyak ruang dan beberapa atap tidak cukup besar untuk memuat jumlah panel surya yang Anda inginkan. Alternatifnya adalah memasang beberapa panel di halamanmu tetapi mereka harus memiliki akses ke sinar matahari.

Tips Rumah.com

Semakin banyak listrik yang ingin kamu hasilkan, semakin banyak panel surya yang Anda butuhkan, karena ingin mengumpulkan sinar matahari sebanyak mungkin.

Terkait dengan Polusi
Meskipun polusi yang terkait dengan sistem energi matahari jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sumber energi lain, energi matahari dapat dikaitkan dengan polusi.
Transportasi dan pemasangan tata surya telah dikaitkan dengan emisi gas rumah kaca. Ada juga beberapa bahan beracun dan produk berbahaya yang digunakan selama proses pembuatan sistem fotovoltaik surya, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi lingkungan.
Namun demikian, polusi energi matahari jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sumber energi alternatif lainnya. Lebih dari itu, panel surya misalnya, cukup dibersihkan saja.

Solar Panel Rumah

Cara kerja panel solar adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menampung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah baterai. (Foto: Pinterest)
Kapasitas listrik di Indonesia belum mencukupi untuk melayani seluruh wilayah di Indonesia. Permintaan listrik di Indonesia tercatat terus meningkat, yaitu 10% – 15% per tahun, namun pembangunan pembangkit listrik masih kurang. Sebagai imbasnya, PLN melakukan pemadaman bergilir yang tentu saja merugikan konsumen.
Pemanfaatan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bisa menjadi solusi dalam menghadapi ancaman krisis listrik. Sistem pembangkit listrik yang menggunakan panel surya atau dikenal juga dengan panel solar menjadi sumber energi yang ramah lingkungan.
Secara sederhana, cara kerja panel solar adalah dengan menyerap cahaya matahari dan menampung energi yang dihasilkan ke dalam sebuah baterai. Dengan demikian, sistem bisa berjalan meskipun di sore hari, malam hari, atau ketika kondisi hujan.
Selain itu, terdapat kabel yang terintegrasi dengan instalasi listrik di dalam rumah. Ketika ada konsumsi listrik dari barang elektronik, misalnya ketika menyalakan televisi, secara otomatis tenaga listriknya diambil dari baterai.
Pemasangan panel solar di atap rumah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan berikut ini.

Perhatikan Lokasi Pemasangan

Instalasi panel solar biasanya diletakkan di atap rumah karena merupakan lokasi yang paling banyak mendapatkan sinar matahari. Namun, agar energi yang didapatkan semakin maksimal, Anda perlu memperhatikan lokasi rumah Anda. Jika lokasi rumah Anda semakin dekat dengan garis khatulistiwa, Anda akan semakin mudah mendapatkan sinar matahari.
Anda juga perlu memperhatikan ke arah mana atap menghadap, lokasi lahan untuk memasang sistem panel solar, dan jarak antar panel solar yang terpasang di atap dengan panel utama listrik. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda bisa merencanakan sistem pemasangan panel solar di atap rumah dengan tepat.

Belilah Komponen Berkualitas di Penjual Terpercaya

Dalam melakukan pembelian komponen panel solar, sebaiknya Anda tidak sembarangan. Pastikan Anda mengecek kredibilitas penjual dan membeli komponen berkualitas dari penjual yang memiliki garansi produk.
Penjual juga perlu memberikan servis ketika terjadi masalah dan memiliki layanan purnajual. Hal ini penting karena berkaitan dengan instalasi listrik yang bisa berbahaya jika terjadi kerusakan atau masalah pada sistem.

Jenis-Jenis Solar Panel

Solar panel memiliki banyak jenis. (Foto: Pinterest)
Solar panel atau tenaga surya, dikenal sebagai energi terbarukan dan telah bertransformasi menjadi energi alternatif paling mudah diaplikasikan bagi masyarakat awam. Namun, belum banyak masyarakat yang tahu, jika panel surya memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda.
Kebanyakan panel surya yang dijual di Indonesia adalah salah satu jenis tertentu yang dianggap paling cocok untuk geografis wilayah Indonesia itu sendiri. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan kenapa harga panel surya untuk rumah tangga cukup bervariasi, karena disesuaikan dengan jenisnya.
Sebelum membahas jenis panel surya tersebut dan alasan kecocokan dengan geografis negeri kita, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu beberapa jenis panel surya pada tabel di bawah ini:
Mono
Sangat Baik
Sangat Baik
Baik
Kegunaan Pemakaian Luas
Sehari-hari
Poli
Baik
Sangat Baik
Sangat Baik
Cocok untuk produksi masal di masa depan
Sehari-hari
Amorphous
Cukup Baik
Sangat Baik
Baik
Bekerja baik dalam pencahayaan fluorescent
Sehari-hari dan perangkat komersial
Compound
Sangat Baik
Sangat Baik
Cukup Baik
Berat dan rapuh
Pemakaian di luar angkasa
Dari keempat jenis diatas, yang paling populer dan sering digunakan oleh masyarkat awam adalah jenis pertama dan kedua. Jenis Mono dan Poli yang merupakan kependekan dari Monokristalin dan Polikristalin.
Monokristalin merupakan panel surya yang dianggap paling efisien, ia dapat menghasilkan daya listrik dengan persatuan luas yang paling tinggi serta memiliki efisiensi sampai dengan 15%. Kelemahan panel jenis ini adalah tidak dapat berfungsi baik di tempat yang cahaya mataharinya kurang. Efisiensi panel surya jenis ini akan menurun secara drastis dalam cuaca berawan.
Sedangkan panel surya jenis polikristal memiliki susunan kristal yang acak. Tipe ini memerlukan luas permukan yang lebih besar dibandingkan dengan monokristalin jika untuk menghasilkan daya listrik yang sama. Akan tetapi, jenis panel surya ini tetap dapat menghasilkan listrik dalam berbagai kondisi cuaca bahkan pada saat mendung sekalipun.
Jika berbicara panel surya, tentu yang akan sangat berpengaruh adalah iklim. Iklim inilah yang kemudian menjadi penentu cocok atau tidaknya panel surya di suatu wilayah.
Untuk Indonesia sendiri, meskipun berada di titik ekuador dan mendapatkan sinar matahari yang panjang setiap tahunnya, Indonesia tetaplah negara tropis. Dimana ciri khas iklim tropis adalah selain mendapatkan paparan sinar matahari yang tinggi, juga mendapatkan curah hujan yang tinggi pula. Bahkan beberapa titik timur Indonesia merupakan salah satu tempat terbasah di dunia.
Oleh karena itu, pemilihan jenis panel surya yang paling cocok adalah jenis Polikristalin. Meskipun efisiensi jenis Polikristalin ini lebih rendah dari Monokristal pada saat kondisi matahari terik, tetapi jenis efisiensi Polikristalin akan tetap stabil pada cuaca berawan/ mendung. Selain itu, harga panel surya untuk rumah tangga jenis ini juga relatif dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

Harga Pasang Solar Panel

Biaya pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau PLTS Atap terbaru tahun 2022 adalah di kisaran Rp 14 juta sampai Rp 17 juta per kilowatt peak tergantung kapasitas. Angka ini sudah turun jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana menjelaskan, biaya pemasangan PLTS Atap tersebut sudah termasuk dengan konverter. Harga pemasangan PLTS atap kini sudah menarik bagi konsumen, tak semahal beberapa tahun lalu.
Meski tujuan pemasangan listrik tenaga surya bukan untuk jual beli, ucapnya, konsumen secara otomatis akan membandingkan harga membeli listrik dari PLN dengan harga baru setelah mereka memasang PLTS atap.
Sementara itu, pelaku industri tidak akan membandingkan nilai ekonomis antara punya PLTS sendiri atau beli listrik dari PLN, melainkan industri memang dituntut untuk menggunakan energi terbarukan, karena setrum bersih akan mendukung proses ekspor produk industri ke pasar global.

Tips Memasang Solar Panel

Langkah terpenting sebelum memasang PLTS Atap yaitu memeriksa kesiapan lokasi pemasangan panel surya. (Foto: Pinterest)
Langkah terpenting sebelum memasang PLTS Atap yaitu memeriksa kesiapan lokasi pemasangan panel surya. Tujuannya untuk menilai kesesuaian calon lokasi sebagai area pemasangan panel surya.

Analisis Terhadap Luasan dan Orientasi Atap

Pada umumnya, seluruh luasan atap dapat digunakan untuk instalasi PLTS atap. Tetapi tidak semua luasan atap dapat digunakan secara efektif. Karena orientasi atap tertentu memungkinkan timbulnya efek bayangan. Misalnya pada atap prisma yang dapat mengurangi efektifitas kinerja panel surya. Selain itu, atap yang sudah penuh dengan peralatan pendukung gedung seperti kompresor AC, menara komunikasi, tangki air, dan sebagainya juga kurang memadai untuk pemasangan PLTS Atap.

Pemeriksaan Terhadap Kekuatan Struktur

Analisis struktur atap/dinding/area pemasangan panel surya juga perlu dilakukan untuk menilai lokasi tersebut sudah memadai atau layak untuk menahan beban rangkaian modul surya (panel surya).

Analisis Bayangan (Shading Analysis)

Shading analysis bertujuan untuk menganalisis sinar matahari yang jatuh ke modul surya supaya tidak terhalang oleh objek yang berada di sekitar. Misalnya bayangan pohon, gedung, atau bayangan panel surya itu sendiri.
Itulah penjelasan mengenai solar panel sebagai sumber listrik tenaga surya yang dapat dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidup manusia.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mengetahui 8 tambahan biaya jual beli rumah yang perlu disiapkan!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini