Apa Itu Subsidi Listrik? Ini Penjelasan dan Cara Daftarnya

Tim Editorial Rumah.com
Apa Itu Subsidi Listrik? Ini Penjelasan dan Cara Daftarnya
RumahCom – Dalam pemakaian listrik di Indonesia yang dilayani oleh PLN memiliki berbagai macam golongan pelanggan. Baik dari pemakaian volt ampere (VA) yang rendah hingga tinggi. Dalam penggolongan pelanggan tarif listrik, sesuai dengan Pasal 2 ayat 1 Peraturan Menteri ESDM Nomor 29 Tahun 2016 terdapat golongan pelanggan yang mendapatkan subsidi listrik.
Bagi golongan yang memiliki tarif pelanggan rumah tangga dengan daya 450 volt ampere (VA) dan 900 VA masyarakat prasejahtera yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Selain itu, maka golongan pelanggan lainnya tak mendapatkan subsidi listrik. Lalu, bagaimana penjelasan dan pendaftaran subsidi listrik? Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai subsidi listrik, berikut penjelasan detailnya yang bisa Anda temukan di artikel ini:
  • Apa Itu Subsidi Listrik?
  • Daftar Golongan Tarif Listrik yang Mendapat Subsidi
  • Cara Cek Golongan Tarif Listrik
  • Cara Mengajukan Subsidi Listrik
Berikut penjelasan detail mengenai subsidi listrik dan persyaratannya yang bisa Anda simak di bawah ini.
Maksimal Satu Tahun Rumah Subsidi Harus Langsung Dihuni

Maksimal Satu Tahun Rumah Subsidi Harus Langsung Dihuni

Apa Itu Subsidi Listrik?

Subsidi listrik adalah bentuk bantuan pemerintah agar masyarakat bisa membayar listrik dengan murah. (Foto: Unsplash – Troy Bridges)
Subsidi listrik adalah bentuk bantuan dari pemerintah untuk masyarakat agar bisa membayar tarif listrik lebih murah dari tarif kehidupan ekonominya. Berdasarkan situs PT PLN Persero, pemerintah berkomitmen untuk memberikan pelayanan listrik yang bisa dijangkau oleh segala kalangan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi yang menyebutkan bahwa, pemerintah dan pemerintah Daerah menyediakan dana subsidi untuk kelompok masyarakat tidak mampu.
Pelanggan yang memperoleh bantuan dari pemerintah masuk dalam kategori pelanggan subsidi, sedangkan di luar itu merupakan pelanggan nonsubsidi. Sesuai dengan Pasal 2 ayat 1 Peraturan Menteri ESDM Nomor 29 Tahun 2016, bantuan subsidi tarif listrik untuk rumah tangga melalui PLN diberikan kepada pelanggan rumah tangga dengan daya 450 volt ampere (VA) dan 900 VA yang termasuk dalam masyarakat prasejahtera serta sudah dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Daftar Golongan Tarif Listrik yang Mendapat Subsidi

Tarif golongan listrik 450 VA dan 900 VA merupakan pelanggan yang dapatkan subsidi listrik. (Foto: Unsplash – Clint Patterson)
Berdasarkan dari pernyataan PLN bahwa penerima subsidi listrik ada golongan dari rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA tergantung pada jumlah pemakaian energi listriknya.
Selain golongan pelanggan rumah tangga dengan daya 450-900 VA, pemerintah juga memberikan subsidi listrik kepada seluruh kelompok pelanggan sosial yang mencakup rumah ibadah dan sekolah yang tergolong dalam S1, S2 dan S3. Pelanggan S1 merupakan pelanggan sosial dengan kapasitas daya 220 VA. Sementara S2 merupakan pelanggan sosial dengan daya 450 VA hingga 200 kVA dan S3 pelanggan sosial di atas 200 kVa.
Kelompok bisnis (B) dan industri (I) juga ada yang masuk dalam golongan subsidi listrik. Mereka adalah pelanggan yang masuk kelompok golongan tarif B1 (kapasitas daya 450 VA – 5.500 VA) golongan tarif I1 (kapasitas daya 450 VA – 14 kVA VA), golongan tarif I2 (14 kVA – 200 kVA)
Pemerintah juga memberikan subsidi listrik untuk fasilitas umum seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan fasilitas publik lainnya dengan daya 450 VA hingga 5.500 VA. Sebelum Anda membeli rumah pastikan terlebih dahulu golongan tarif listrik Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Cek daftar hunian dijual di Bekasi Selatan dibawah Rp300 juta di sini!

Cara Cek Golongan Tarif Listrik

Periksa listrik anda di pembayaran tagihan untuk mengetahui apakah anda termasuk penerima subsidi atau tidak. (Foto: Unsplash – Emmanuel Ikwuegbu)
Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah tarif listrik anda termasuk dapatkan subsidi listrik. Maka anda dapat mengeceknya pada meteran listrik atau struk pembayaran tagihan listrik anda. Anda bisa melihat di bagian Tarif/Daya, jika struk dalam pembayaran tagihan listrik tertera R1 atau R1T maka anda merupakan pelanggan yang berhak dapatkan subsidi listrik.
Namun jika pada struk tagihan listrik anda tertera huruf M, anda tidak dapatkan subsidi atau potongan tarif listrik. Karena Anda merupakan pelanggan PLN Non Subsidi yang masuk dalam golongan mampu.
Berikut tiap kode yang tertera dalam struk pembayaran tagihan listrik:
R: Rumah Tangga
M: Mampu/Tidak Bersubsidi
T: Token
R1: pascabayar
R1T: prabayar (token)

Tips Rumah.com

Cek tagihan listrik anda apakah anda penerima subsidi listrik atau non subsidi listrik.

Cara Mengajukan Subsidi Listrik

Jika anda belum mendapatkan subsidi anda dapat melihat syarat dan prosedur sebagai berikut. (Foto: Unsplash – Jaye Haych)
Jika anda merupakan penerima subsidi listrik berdasarkan golongan pelanggan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Maka anda dapat mengajukan subsidi listrik dengan persyaratan dan prosedur sebagai berikut:
  • Fotocopy KK dan KTP pemohon
  • Fotocopy Struk Pembayaran Tagihan Listrik 1 bulan sebelumnya
  • Minta No IDPEL pelanggan Ke PLN bila memakai TOKEN (Pelanggan Pra Bayar)
  • Surat keterangan tidak mampu dari Desa dan sudah ditandatangani oleh Kepala Desa
Prosedur:
  • Pemohon menyerahkan berkas ke petugas loket
  • Petugas loket menerima berkas laporan subsidi listrik
  • Petugas melakukan entry data ke PLN pusat secara online
  • Petugas mencetak hasil entry data subsidi listrik, meregister kemudian menyerahkan kepada pemohon dan minta tanda terima
  • Hasil subsidi diserahkan ke Kasir Pembangunan dan CAMAT
Waktu pelayanan dapat sesuai Standar Pelayanan yaitu 15 menit apabila berkas pemohon yang diterima oleh petugas loket lengkap dan jaringan Internet tidak terjadi gangguan.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui cara menghemat listrik di rumah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini