Suku Bunga Floating KPR 2022, Siapkan Dana Lebih Buat Beli Rumah

Tim Editorial Rumah.com
Suku Bunga Floating KPR 2022, Siapkan Dana Lebih Buat Beli Rumah
RumahCom – Demi miliki rumah impian, sebagian orang menggunakan skema cicilan dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Agar menarik lebih banyak debitur baru, bank pun menawarkan suku bunga yang kompetitif. Setidaknya ada 2 jenis suku bunga yakni fixed dan floating rateyang biasa dipilih.
Bagi Anda yang baru pertama kali akan mengambil KPR, perhatikan perbedaan keduanya. Fixed rate adalah suku bunga yang tidak akan berubah selama jangka waktu tertentu, sementara floating rate cenderung meningkat karena mengikuti suku bunga dasar dari Bank Indonesia (BI).
Saat ini suku bunga fixed yang berlaku cukup bervariatif mulai dari 3% dan floating rate berkisar 10%. Ingin tahu lebih dalam seputar suku bunga floating KPR 2022? Simak artikel ini karena tim Rumah.com akan memberikan penjelasan lengkapnya berikut ini:
  • Suku Bunga Floating KPR 2022
  • 10 Bank dengan Bunga Floating KPR 2022
  • Tips Menghindari Bunga Floating Saat Mencicil KPR

Suku Bunga Floating KPR 2022

Bunga floating bersifat tidak tetap karena bergantung pada suku bunga acuan BI. (Foto: iStock – Philhol)
Sebelumnya telah disinggung jika suku bunga fixed saat ini mulai dari 3% dan suku bunga floating KPR 2022 di angka 10%. Meskipun terkesan tidak terlalu besar, nyatanya ada indikasi kenaikan bunga KPR akibat suku bunga acuan naik.
Bhima Yudhistira, Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) mengutip Liputan 6 mengatakan, akibat peningkatan BI 7 Day Reverse Repo Rate, suku bunga floating KPR 2022 digadang akan naik 1-2 persen menjadi 9,5 persen dari 7,5 persen. Kala itu, ia mengungkapkan kemungkinan naiknya suku bunga floating KPR dapat membuat milenial semakin sulit memiliki rumah sendiri.
Kekhawatiran itu terbukti. Melalui siaran pers di situs resmi Bank Indonesia 22-23 Agustus, BI 7 Day Reverse Repo Rate naik 25 Basis Poin (BPS) menjadi 3,75%. Menanggapi hal tersebut, Bhima berujar kondisi ini membuat masyarakat makin sulit melakukan kredit kendaraan dan rumah karena kenaikan upah tidak sebanding dengan melonjaknya harga kebutuhan pokok.
Dengan naiknya suku bunga acuan, setiap orang yang hendak mengambil KPR harus berpikir matang dan menyiapkan biaya yang dibutuhkan sejak dini. Pihak bank pun harus mencari strategi menarik calon debitur KPR agar pasar tidak lesu.
Itulah suku bunga floating KPR yang pasti akan terjadi jika Anda mencicil rumah dengan KPR. Jadi Anda harus mempersiapkan dana lebih saat ingin membeli rumah dengan KPR. Nah, jika Anda sedang mencari rumah dijual di kawasan Depok. Berikut daftar huniannya di bawah 300 juta di sini!

10 Bank dengan Bunga Floating KPR 2022

Setiap bank punya promosi suku bunga berbeda. (Foto: iStock – Ultramarine 5)
Dengan kemungkinan naiknya suku bunga floating KPR 2022, sebagian orang mungkin akan berpikir ulang untuk membeli rumah tahun ini. Namun jika masih berminat, Anda bisa mengecek 10 bank yang menawarkan suku bunga floating KPR 2022 berikut ini:

1. BCA

PT. Bank Central Asia Tbk. (BBCA) atau Bank BCA setiap tahun memiliki penawaran bunga KPR rendah untuk pembelian rumah, apartemen, atau ruko . Untuk periode 9 September – 10 Oktober, melalui BCA EXPO Hybrid 2022, bunga spesial KPR yang ditawarkan adalah 3,85% eff.p.a (efektif minimum per tahun). Selain pembiayaan rumah, BCA juga menawarkan KPR untuk renovasi dan refinancing rumah.

2. Mandiri

Bank yang berdiri sejak 1998 ini memiliki 4 fitur Mandiri KPR, antara lain Mandiri KPR Take Over, Mandiri KPR Top Up, Mandiri KPR Flexible, dan Mandiri KPR Angsuran Berjenjang. Menyediakan tenor pinjaman hingga 20 tahun, suku bunga yang ditawarkan mulai dari 3,99% fixed 1 tahun sampai dengan 5,50% fixed 10 tahun.

3. BNI

Bank BUMN ini memiliki fasilitas KPR yakni BNI Griya yang memberikan pembiayaan konsumtif untuk pembelian rumah, pembangunan/renovasi, top up, refinancing, sampai dengan take over properti (hunian, apartemen, villa, ruko, atau tanah kavling).
Dengan maksimal kredit mencapai Rp20 miliar, suku bunga yang ditawarkan berkisar 6,75 persen. Untuk mengambil KPR di Bank BNI salah satu persyaratannya adalah minimal berusia 21 tahun dan membayar biaya administrasi Rp750 ribu – Rp2 juta.
Minat KPR Syariah? Ini Panduan & Simulasinya

Minat KPR Syariah? Ini Panduan & Simulasinya

4. BTN

Melalui program KPR BTN Subsidi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) memberikan penawaran bebas premi asuransi dan PPN. Program yang jadi bagian dari pemilikan rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini bertujuan membantu masyarakat berpenghasilan rendah membeli rumah tapak dan rumah susun dengan bunga rendah.
Agar lebih terjangkau, Bank BTN menawarkan uang muka mulai dari 1 persen dengan suku bunga 5 persen (fixed). Jangka waktu cicilannya juga cukup panjang yakni 20 tahun dan biaya administrasi hanya Rp250 ribu.

5. BRI

Untuk suku bunga KPR, Bank BRI menawarkan rate 4,99 persen fixed untuk 3 tahun pertama. Sementara itu, suku bunga floating KPR 2022 yang berlaku saat ini berada pada kisaran 13 persen. Bagi Anda yang berniat mengambil KPR dalam waktu dekat, ada promo menarik dengan suku bunga mulai dari 2,88 persen fixed 1 tahun. Program spesial juga diberikan khusus bagi TNI, ASN, dan POLRI dengan bunga floating mulai dari 9,5 persen p.a.

6. CIMB Niaga

Dengan tenor hingga 25 tahun, PT BANK CIMB Niaga Tbk. (BNGA) memiliki program KPR Xtra CIMB yang menawarkan kredit dari Rp100 juta sampai Rp300 miliar. Anda bisa mengajukan agunan untuk rumah, ruko/rukan, apartemen sampai tanah dengan bunga tetap dan floating mulai dari 4,5 persen efektif per tahun. Sama seperti produk KPR bank lain, CIMB Niaga juga memberikan pendanaan untuk renovasi, take over, top up, dan refinancing.

Tips Rumah.com

Saat mengajukan KPR, cobalah ke beberapa bank untuk mendapatkan penawaran menarik dan membandingkan total jumlah bunga yang dibayarkan.

7. OCBC NISP

Ada 2 program KPR yang ditawarkan Bank OCBC NISP yakni KPR Kendali dan KPR Easy Start. Perbedaannya, KPR Kendali memiliki jangka waktu cicilan hingga 25 tahun dan diperuntukan bagi hunian, ruko, rukan, tanah, apartemen, sampai multiguna.
Sementara itu, KPR Easy Start menyasar anak muda yang ingin membeli rumah pertama dengan angsuran rendah secara bertahap tiap 1 atau 2 tahun. Uniknya, nilai plafon pinjaman ini bisa dimulai dari Rp100 juta sampai 5 miliar dengan minimal tenor 5 tahun dan maksimal 25 tahun untuk rumah dan 20 tahun bagi agunan.

8. BSI

Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan gabungan program bank syariah dari Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Dengan sistem islami, BSI memiliki program Griya Hasanah Online dalam bentuk tambahan pembiayaan dari pembiayaan eksisting BSI untuk tujuan konsumtif nasabah. Berbeda dengan bank lainnya, BSI menggunakan akad refinancing dengan skema al-bai’ sebagai rangka menjalankan musyarakah mutanaqisah (MMQ)

9. Bank Danamon

Dikutip dari situs resminya, KPR Danamon non apartemen mampu memberikan pinjaman maksimal Rp15 miliar dengan jangka waktu hingga 20 tahun. Satu hal yang unik, Bank Danamon memiliki tenor minimal hanya 1 tahun saja, sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin berlama-lama berhutang. Di sisi lain, pada program Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), nilai pinjaman yang bisa didapat lebih kecil yakni maksimal Rp8 miliar dengan angsuran 1-15 tahun.

10. Bank Panin

Terakhir, Bank Panin menawarkan program KPR dan KPR X-TRA untuk pembiayaan pembelian properti. Dari keduanya, kredit untuk pembelian rumah, apartemen, ruko, dan rukan menggunakan program KPR, sementara refinancing dengan jaminan hunian, ruko, rukan, dan apartemen menggunakan KPR X-TRA. Refinancing dapat digunakan debitur untuk konstruksi, renovasi, dan pembelian dalam kompleks developer yang belum bisa dijaminkan.
Untuk suku bunga yang ditawarkan bagi KPR berjenjang mulai dari 4,50%-9,80%. Sedangkan angsuran tetap dikenakan suku bunga mulai dari fixed 5,75% sampai dengan 9,75% dengan jangka waktu cicilan (tenor) bervariasi.

Tips Menghindari Bunga Floating Saat Mencicil KPR

Makin lama tenor cicilan, jumlah angsuran floating rate yang harus dibayarkan makin mahal. (Foto: iStock – Venuestock)
Dari penjelasan di atas, kini Anda telah memahami floating rate adalah suku bunga tidak tetap yang bergantung pada suku bunga dasar dari Bank Indonesia. Besarnya persen floating rate membuat sebagian debitur merasa berat saat mencicil angsuran KPR. Tapi tenang, Anda bisa menghindari suku bunga floating dengan beberapa berikut:

Cari Penawaran Fixed Rate Panjang

Tips pertama, sebisa mungkin carilah bank yang menawarkan tenor fixed rate terpanjang. Terlebih jika Anda berencana mengambil cicilan 15 tahun, beberapa bank menawarkan fixed rate hingga 10 tahun. Penawaran ini jelas sangat menguntungkan dan memperbesar kemungkinan Anda mampu melunasi angsuran sebelum tenornya habis.

Take Over KPR

Tidak hanya rumah, cicilan KPR pun bisa di take over. Dengan take over KPR, Anda bisa memindahkan proses cicilan hunian ke bank lain yang dianggap menawarkan bunga lebih rendah. Misalnya setelah masa fixed rate berakhir, Anda boleh melanjutkan cicilan ke bank baru. Namun perlu diingat, pastikan Anda memahami dengan jelas aturan dan syarat take over KPR yang ditetapkan kedua bank agar tidak ada masalah dalam pemindahannya.

Investasi

Jika memiliki dana dingin, manfaatkan untuk melakukan investasi. Hasil timbal balik yang didapatkan, bisa dikumpulkan untuk melunasi cicilan setelah tenor fixed rate berakhir. Agar memiliki dana cadangan untuk berinvestasi, Anda bisa menambah penghasilan dengan mencari pekerjaan sampingan yang kini bisa diakses melalui website penyedia layanan freelance.
Tonton video berikut ini untuk mendapatkan informasi cara menghitung KPR!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap diDaftar Properti danPanduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini