Tak Perlu Berpergian, Proses Pencarian Rumah Tetap Bisa Berjalan, Ini Caranya

Tim Editorial Rumah.com
Tak Perlu Berpergian, Proses Pencarian Rumah Tetap Bisa Berjalan, Ini Caranya
RumahCom – Tempat tinggal merupakan sebuah kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh siapa saja. Tempat tinggal merupakan sebuah tempat bagi Anda untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian penuh. Saat ini sudah ada sangat banyak pilihan tempat tinggal hingga lokasinya yang bervariasi.
Kebutuhan akan tempat tinggal menjadi semakin penting dikarenakan virus corona yang semakin mewabah. Anda akan memerlukan sebuah tempat tinggal yang bisa ditinggali dengan nyaman dan membuat keluarga Anda aman dari penyebaran virus corona.
Untuk membantu Anda cari rumah dengan aman dan nyaman maka artikel kali ini akan dibahas mengenai:
  1. Pentingnya Punya Rumah
  2. Cari Rumah di Situasi Saat Ini
    1. Perubahan Suku Bunga Hipotek yang Cepat
    2. Proses Pembelian Rumah Menjadi Lebih Cepat
    3. Tersedianya Video Tour Perumahan yang Bisa Diakses Secara Nirkabel
    4. Terdapat Banyak Agen yang Serius Bekerja di tengah Pandemi
  3. Perkembangan Property Technology dan Penerapannya
  4. Riset-riset yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Rumah
    1. Riset Tren Pasar Properti
    2. Riset Keuangan
    3. Riset Lokasi
    4. Riset Perumahan
    5. Matterport

1. Pentingnya Punya Rumah

Rumah adalah tempat yang nyaman untuk beristirahat (Foto: Pixabay)
Dengan pilihan tempat tinggal yang semakin bervariasi tentunya seringkali membuat Anda merasa bingung dalam memilih bentuk properti yang tepat. Mungkin Anda juga pernah bertanya apakah mengontrak lebih baik dari membeli rumah. Perlu Anda ketahui bahwa harga properti saat ini akan terus naik secara stabil. Dengan kenaikan harga properti tersebut merupakan sebuah momen bagi Anda untuk mengambil kesempatan dan membeli sebuah rumah.
Mengambil keputusan untuk membeli rumah memang memerlukan sebuah keyakinan yang kuat. Akan tetapi, hasil yang Anda dapatkan akan menjadi jauh lebih baik daripada Anda harus mengontrak. Jika Anda menunda untuk membeli rumah dan lebih memilih untuk mengontrak maka sudah dapat dipastikan Anda memiliki anggaran yang harus dikeluarkan setiap tahunnya untuk membayar sewa. Akan tetapi, uang sewa tersebut hanya akan berlalu saja dan Anda tidak memiliki sebuah properti.
Selain itu dalam waktu Anda mengontrak, harga properti akan terus naik dan Anda akan dihadapi dengan harga rumah yang semakin sulit dijangkau. Namun jika Anda memilih untuk membeli rumah maka uang angsuran yang Anda bayarkan akan sesuai dengan hasilnya yaitu Anda memiliki sebuah hunian Anda sendiri.
Faktor finansial bukanlah hal yang membatasi Anda untuk membeli sebuah rumah. Terdapat banyak pilihan jasa yang menawarkan bantuan finansial untuk mencicil rumah. Anda bisa mencoba menggunakan KPR, pinjaman Koperasi dan Bank. Hitunglah terlebih dahulu bunga yang dikeluarkan oleh jasa penyedia finansial tersebut agar masih tetap sesuai dengan kemampuan membayar Anda.
Mempunyai rumah sendiri juga merupakan sebuah kebebasan yang sangat berharga. Anda bisa melakukan apa saja terhadap rumah yang sudah Anda miliki. Anda bisa melakukan dekorasi dan berhak tinggal sampai kapapun karena statusnya merupakan kepemilikan Anda sendiri. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan Anda yang harus mengontrak terutama saat Anda harus memikirkan biaya sewa kontrak dan hingga berapa lama Anda akan mengontrak.

2. Cari Rumah di Situasi Saat Ini

Anda bisa mencegah penularan virus corona dengan berada di rumah (Foto: Pexels)
Semenjak penyebaran wabah virus corona menjadi semakin parah tentunya membuat berpergian kemanapun menjadi dibatasi. Solusi paling tepat untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan cara melakukan pembatasan sosial dengan berdiam diri di rumah masing-masing. Kondisi seperti inilah yang membuat Anda akan merasa lebih baik untuk tinggal di rumah Anda yang nyaman.
Momen virus corona ini juga membuat banyak wisatawan yang lebih memilih untuk menunda perjalanan dan menjadi lebih berhemat. Oleh karena itulah, anggaran berlibur Anda akan lebih tepat lagi untuk digunakan sebagai uang muka untuk mempunyai tempat tinggal Anda sendiri.
Pemerintah juga telah mengeluarkan stimulus sebesar Rp 1,5 trilliun dalam bidang perumahan yang dibagi berupa Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM). Tujuanbta untuk menarik generasi muda dalam membeli huniannya sendiri. Kondisi lain yang membuat cari rumah menjadi sangat tepat di situasi saat ini adalah:

a. Perubahan Suku Bunga Hipotek yang Cepat

Saat terjadinya pandemi suku bunga bisa berubah-ubah dengan cepat. Dilansir dari Detik Finance, selama tahun 2020 sudah terjadi dua kali penurunan suku bunga. Ditambah lagi dengan melihat tren pandemi yang semakin berkembang maka akan membuat suku bunga bisa menjadi lebih rendah lagi.

b. Proses Pembelian Rumah Menjadi Lebih Cepat

Sebelumnya proses pengajuan kredit rumah memerlukan waktu yang lama namun ketika pandemi virus corona merajalela maka proses perkreditan akan berlangsung lebih mudah dan dipercepat. Pemerintah juga sudah banyak melakukan revisi terhadap perkreditan yang membuat proses pembelian akan berlangsung cepat dan mudah.

c. Tersedianya Video Tour Perumahan yang Bisa Diakses Secara Online

Anda juga tidak perlu takut untuk melihat kondisi dan situasi dari perumahan yang ingin Anda beli. Saat ini sudah ada banyak penyedia properti yang mempunyai video tour properti yang mereka tawarkan, salah satunya fitur 360 Rumah.com. Anda cukup menggunakan internet untuk melihat video kondisi properti yang ada saat ini.

d. Terdapat Banyak Agen yang Serius Bekerja di Tengah Pandemi

Pandemi virus corona membuat banyak orang menjadi semakin serius dalam bekerja. Akan terlihat banyak agen yang tetap dengan gigih melayani Anda di tengah wabah. Selain itu agen tersebut juga akan lebih menghargai keputusan Anda yang ingin mempunyai properti pada kondisi seperti ini.

Tips Rumah.com

Gunakanlah anggaran finansial dengan bijak. Utamakanlah untuk mempunyai rumah terlebih dahulu barulah Anda bisa melakukan traveling.

3. Perkembangan Property Technology dan Penerapannya

Teknologi semakin mempermudah Anda dalam pengambilan keputusan (Foto: Pixabay)
Property Technology atau disebut juga sebagai PropTech merupakan sebuah integrasi teknologi dalam industri properti. Seiring dengan majunya teknologi digital membuat sebuah era baru dalam percepatan di berbagai bidang.
Dalam penerapan awal PropTech 1.0 adalah masa di mana mulai munculnya perusahaan yang menyediakan pilihan properti untuk pelanggan. Pilihan properti ini sudah bisa diakses secara daring sehingga konsumen bisa dengan mudah dan cepat untuk menentukan pilihannya dalam memilih properti.
Memasuki era PropTech 2.0 semakin banyak bermunculan perusahaan properti dengan skala kecil hingga besar yang juga berperan sebagai broker. PropTech 2.0 mengadopsi model bisnis yang lebih bervariasi dan mengambil lingkup tema yang lebih luas. Terdapat juga implementasi teknologi informasi seperti Virtual Reality untuk melihat properti seolah seperti Anda sedang berada pada rumah yang Anda inginkan.
Kemudian pada tahun 2014 muncullah PropTech 3.0. Pada era ini properti semakin mengandalkan dan memanfaatkan big data hingga Internet of Things dalam implementasinya. Developer properti juga mulai menyediakan smart home dan smart city yang terintegrasi dengan teknologi informasi. Disini Rumah.com juga turut serta untuk mengimplementasi teknologi informasi untuk mempermudah Anda dalam mencari properti yang Anda inginkan dengan mudah dan cepat.

4. Riset yang Harus Dilakukan

Lakukan riset terlebih dahulu sebelum membeli rumah idaman (Foto: Pexels)
Pastikan agar Anda selalu berkepala dingin saat sedang memilih properti yang Anda inginkan. Jangan pernah terburu-buru untuk membeli suatu rumah meskipun harga yang ditawarkannya sangatlah menggiurkan. Lakukanlah riset secara mendetail barulah Anda bisa mengambil kesimpulan terhadap properti yang Anda inginkan. Simaklah di bawah ini riset apa saja yang perlu Anda lakukan sebelum membeli rumah:

a. Riset Tren Pasar Properti

Tren pasar properti saat ini memang sedang tertekan akibat situasi pandemi. Banyak usaha yang telah dilakukan pemerintah, misalnya Keringanan pembayaran KPR untuk yang terdampak langsung maupun tidak langsung, pelonggaran subsidi perumahan untuk yang bergaji Rp8 juta, dan lainnnya.
Melihat dari laporan Rumah.Com Indonesia Property Market Index Q1 2020, Rumah tapak mengalami kenaikan sebesar 8% (YoY) dan apartemen turun sebesar 1% secara tahunan.
Walaupun begitu, pasalanya Apartemen sudah mulai mengalami perluasan segmentasi dari kalangan menengah dan menengah bawah. Ditambah lagi kemunculan apartemen-apartemen baru di area alternatif. Ini bisa menjadi peluang bagus untuk investor maupun konsumen untuk ditinggali.

b. Riset Keuangan

Jangan pernah terburu-buru untuk membeli suatu properti secara tunai atau kredit tanpa memikirkan dan melakukan riset terhadap keuangan Anda.Ada dua cara yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Kemampuan Keuangan

Pastikan anggaran membeli rumah yang Anda keluarkan tidak akan menggangu kebutuhan bulanan Anda. Pasalnya Bank memiliki syarat angsuran KPR per bulannya maksimal 30% dari penghasilan bersih Anda. Penghasilan bersih yang dimaksud adalah penghasilan gabungan antara suami dan istri. Cek kemampuan keuangan Anda dengan Kalkulator Keterjangkau dari Rumah.com, agar keuangan tetap stabil

2. Simulasi KPR

Selanjutnya Anda harus mulai melakukan SImulasi KPR sebelum membeli rumah. Ini akan sangat membantu riset keuangan Anda. Silakan cek melalui Kalkulator KPR Rumah.com ini. Lalu Anda juga harus Perhitungkan sisa anggaran yang masih berlebih dan bisa Anda gunakan untuk keperluan penting lainnya.

c. Riset Lokasi

Setelah perhitungan angsuran bulanan dan simulasi KPR sudah sesuai, Anda bisa melakukan riset lokasi dari rumah yang ingin Anda beli. Silakan lihat perkembangan lokasi Hunian ada di AreaInsider Rumah.com. Di situ Anda akan menemukan banyak informasi mengenai wilayah tersebut. Mulai dari tren perkembangan daerah, informasi daerah, rumah dijual, dan informasi lainnya. kedepannya.
Saat riset lokasi, usahakan agar lokasi yang Anda inginkan memiliki rute yang mudah untuk dijangkau. Carilah juga daerah yang masih dalam tahap pengembangan karena umumnya masih memiliki harga jual yang jauh lebih rendah. Jangan pernah bosan untuk survei lokasi agar Anda benar-benar mendapatkan rumah idaman.

d. Riset Perumahan

Tahap penting saat cari rumah adalah dengan melakukan riset perumahan. Perhatikanlah lingkungan perumahan tersebut berada. Anda bisa mencari review proyek perumahan atau properti tersebut melalui Project Review Rumah.com. Di situ Anda akan menemukan informasi lengkap mengenai proyek perumahan mulai dari akses, harga, detail, dan lainnya.
Saat riset perumahan, hindari untuk membeli pada perumahan dengan jalan yang menurun. Selain terdapat faktor fengshui yang mempengaruhi terdapat juga kemungkinan perumahan yang lebih rendah dari jalan akan mengalami banjir. Tanyalah juga kondisi daerah sebelum perumahan tersebut dibangun. Perumahan yang dibangun pada daerah rawa cenderung memiliki air tanah yang lebih kotor dari perumahan lainnya.

e. Matterport

Memasuki era perkembangan teknologi informasi membuat Anda bisa melihat kondisi dari rumah tersebut melalui virtual reality Matterport. Dikutip dari Fintech News Singapore, Rumah.com merupakan sebuah portal properti pertama di Indonesia yang sudah mengadopsi teknologi virtual reality. Contoh produk Rumah.com yang telah terhubung dengan Virtual Reality Lavon Swan City klik di sini
Dalam rangka memberikan pelayanan virtual yang terbaik bagi Anda, Rumah.com melakukan kerja sama dengan perusahaan teknologi informasi yang bernama Matterport. Pengembang properti bisa menampilkan video dari proyek properti yang sedang dikembangkannya dengan mengandalkan tampilan 3D Showcase.
Anda akan disajikan dengan tampilan denah rumah dalam bentuk 3 dimensi yang tampak nyata. Klien juga bisa memilih untuk melihat ruangan yang ingin dijelajahi untuk memberikan pengalaman tur tanpa harus pergi ke tempat proyek tersebut berada.
Apakah ada masih khawatir untuk membeli rumah? Tidak perlu ragu, simak video berikut untuk mengetahui jawabannya!
Itulah beberapa alasan mengapa Anda tidak perlu lagi berpergian untuk mencari rumah yang Anda idamkan. Teknologi informasi hadir untuk membantu Anda dalam memilih properti yang tepat untuk Anda dan keluarga.
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini