10 Inspirasi Taman Rumah Minimalis Type 36 yang Bikin Mager Abis!

Tim Editorial Rumah.com
10 Inspirasi Taman Rumah Minimalis Type 36 yang Bikin Mager Abis!
Rumah.com – Besar atau kecil area yang tersisa ternyata banyak dimanfaatkan untuk dijadikan taman mungil atau sudut hijau di rumah. Ya, secara psikologis, memandangi hijaunya dedaunan di sela-sela rutinitas kerja dapat membuat mata lebih rileks dan secara psikologis dapat menenangkan.
Lalu bagaimana jika rumah type 36 ingin memiliki sebidang taman yang nyaman dan memberikan banyak manfaat baik? Melalui artikel ini, kami hadirkan 10 inspirasi taman rumah minimalis type 36 yang mudah diaplikasikan:
  1. Taman Rumah di Lahan Sempit
  2. Taman Rumah dengan Kolam Ikan
  3. Taman Rumah Dek Kayu
  4. Taman Rumah Minimalis
  5. Taman Rumah Zen
  6. Taman Rumah dengan Sudut Nongkrong
  7. Taman Rumah dengan Pagar Tanaman
  8. Taman Rumah Bentuk Lingkaran
  9. Taman Rumah Serba Floral
  10. Taman Rumah dengan Ambalan

1. Taman Rumah Minimalis Type 36 di Lahan Sempit

Taman rumah minimalis type 36 yang hanya tersisa lahan sempit. (Foto: Partylite.com)
Memaksimalkan area luar sebagai tempat penyimpanan, atau ruang bersantai sudah sering dilakukan, apalagi pada rumah type 36. Lalu bagaimana menyelipkan si hijau agar area yang terbatas tetap dapat memberikan manfaat?
Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pot tanam. Atur berbagai pot besar kecil dan tanam beragam jenis tanaman yang cantik. Atur agar pot terbesar berada di bagian bawah, lalu buat undakan dengan menggunakan kayu bekas untuk meletakkan pot lain yang ukurannya sedang hingga yang terkecil di paling atas.
Menambahkan kolam kecil pada taman rumah minimalis type 36 juga bisa jadi pilihan karena bikin rumah jadi terasa adem dan nyaman. Mau punya rumah di lingkungan yang nyaman? Cek pilihan rumahnya di kawasan Bekasi dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

2. Taman Rumah Minimalis Type 36 dengan Kolam Ikan

Taman rumah minimalis type 36 tampil sejuk dengan gemericik air di kolam ikan. (Foto: Bobvila.com)
Bagi sebagian orang, suara gemericik air mengalir dapat memberikan rasa damai. Walau mungil, tetapi kolam ikan yang dikelilingi dek kayu ini dapat dijadikan tempat bersantai saat sore hari yang nyaman.
Tanami dengan jenis tanaman air atau bunga teratai yang cantik. Walau mungil, tetapi dapat menjadi penghias yang apik sudut halaman Anda. Selain itu, keberadaan ikan-ikan juga akan menghindarkan area rumah dari sarang nyamuk.

3. Taman Rumah Minimalis Type 36 Dek Kayu

Taman rumah minimalis type 36 yang terlihat resik dengan dek kayu. (Foto: Fernandpine.com)
Dengan menutupi area luar dengan dek kayu, maka taman memiliki banyak fungsi seperti tempat bersantai, area olahraga, area berkumpul lesehan, dan sebagainya. Agar tetap asri dengan kehadiran tanaman, letakkan pada sisi-sisi pinggir sehingga rapi dan tidak terlihat makan tempat.
Dengan menambahkan lampu taman, maka area ini pun terlihat aesthetic di malam hari. Cocok sebagai tempat untuk barbecue, atau sekadar bakar sate. Untuk dek kayu, pilih yang kuat terhadap segala cuaca, seperti kayu jati, kayu merbau, kayu ulin, kayu bengkirai, juga kayu damar laut.

4. Taman Rumah Minimalis Type 36 Minimalis

Taman rumah minimalis type 36 yang bersih dan minimalis. (Foto: Homeshabby.com)
Taman minimalis menjadi solusi jitu bagi pemilik rumah yang aktivitasnya cukup padat, dan bukan pemilik hobi bercocok tanam. Perawatannya pun cukup mudah. Selain itu, Anda juga bisa mengganti kerikil dengan batu alam untuk refleksi.
Buat taman ini di area yang terpapar matahari, agar tanaman bisa tumbuh subur dan sehat. Gaya minimalis ini cukup diminati karena mudah disesuaikan dengan berbagai konsep desain rumah.

5. Taman Rumah Minimalis Type 36 Zen

Taman rumah minimalis type 36 berkonsep zen. (Foto: Netluxury.com)
Konsep taman zen ini mampu memanjakan mata dengan keindahannya saja, namun juga memberikan ketenangan spiritual. Konsep zen ini berasal dari Jepang, di mana komposisi taman yang dibuat memperhatikan kemajemukan antara zen, pikiran, serta jiwa pemiliknya.

Elemen Penting pada Taman Zen

  1. Air. Biasanya selalu terdapat air baik berupa kolam atau patung yang mengeluarkan air mancur, atau pada taman batu disimbolkan melalui pasir putih.
  2. Batu dan pasir. Batu vertikal memiliki arti ikan mas yang melompat di air, sedangkan batu datar diibaratkan seperti tanah. Sedangkan pasir, merupakan simbol pantai atau sungai yang mengalir. Lalu batu yang kasar, merupakan simbol gunung atau pijakan.
  3. Tanaman. Dalam taman zen, tanaman menjadi penghubung manusia dengan alam, sehingga menciptakan perasaan yang tenang dan damai.

Tips Rumah.com

Taman zen tak memerlukan ruang yang luas, hanya di sudut saja dapat menjadi oase yang menentramkan pikiran. Letakkan bangku yang nyaman untuk dapat bersantai dan nyaman saat memandangnya.

6. Taman Rumah Minimalis Type 36 dengan Sudut Nongkrong

Taman rumah minimalis type 36 yang disulap menjadi sudut nongkrong. (Foto: Idealhome.co.uk)
Dengan meletakkan bangku yang nyaman serta dekorasi favorit, maka taman ini bisa menjadi sudut nongkrong yang Instagramable. Apalagi dihiasi dengan berbagai jenis tanaman hijau yang ditata secara apik.
Gantungkan juga lampu-lampu mengitari area panel, sehingga saat malam pun sudut nongkrong ini terlihat sangat estetis. Ingin aman dari terpaan hujan dan paparan sinar matahari, tutupi dengan membran atau atap bergaya pergola yang menyatu dengan rindangnya area ini.

7. Taman Rumah Minimalis Type 36 dengan Pagar Tanaman

Taman rumah minimalis type 36 yang alami dengan kehadiran pagar tanaman yang hidup. (Foto: Thegardendesigncompany.com)
Ingin halaman terasa hijau tetapi mudah perawatannya, jadikan sekeliling pagar menggunakan tanaman yang kokoh. Agar selalu rapi, secara berkala rutinlah memangkasnya agar rata dan menjadi pagar tanaman yang padat.
Tekstur tanaman yang rapat mampu menyembunyikan bagian dalam halaman rumah. Saat bersantai di halaman pun menjadi lebih privat serta tenang.

8. Taman Rumah Minimalis Type 36 Bentuk Lingkaran

Taman rumah minimalis type 36 dengan pola taman yang melingkar. (Foto: Billyoh.com)
Walau mungil, tetapi gaya taman melingkar ini terlihat unik dan artistik. Sekelilingnya bisa ditanami berbagai jenis tanaman serta bunga. Bagi Anda yang memiliki anak balita, area ini bisa menjadi taman bermain favoritnya.
Jangan lupa untuk meletakkan sebuah bangku taman agar mudah untuk bersantai dan menikmati hijaunya taman rumah minimalis type 36 ini. Jangan lupa untuk memilih lampu taman yang sesuai, atau lampu downlight yang temaram.

9. Taman Rumah Minimalis Type 36 Serba Floral

Taman rumah minimalis type 36 yang penuh bunga bermekaran. (Foto: Stylemagazine.co.nz)
Walau mungil, namun Anda bisa memenuhi taman di depan rumah dengan berbagai jenis tanaman bunga. Semakin tumbuh warna-warni, semakin cantik taman rumah minimalis type 36 milik Anda.
Agar fasad rumah tidak terlihat tenggelam, beri warna cerah pada salah satu bagiannya. Bisa daun pintu, jendela, bahkan mungkin atap yang memberikan kesan rustic dan artistik. Agar tanaman bisa terlihat harmonis, beri dudukan tinggi rendah yang telah ditata sempurna, agar semua jenis bunga bisa terlihat jelas.

10. Taman Rumah Minimalis Type 36 dengan Ambalan

Ambalan untuk meletakkan pot tanaman menjadi solusi bagi taman rumah minimalis type 36. (Foto: Hgtv.com)
Dengan menambahkan ambalan, maka pot tanaman bisa memiliki ruangan tersendiri, tanpa berebut pijakan dengan benda-benda lain misalnya area meja dan kursi. Ambalan yang dipasang berkonsep pun bisa menyuguhkan taman vertikal yang cantik walau di area yang terbatas.
Dengan 10 inspirasi tentang taman rumah minimalis type 36, aplikasikan yang sesuai dengan bidang yang Anda miliki di rumah. Momen bersantai bersama keluarga pun jadi lebih hangat dan akrab.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari cara membangun rumah tumbuh yang bisa Anda ikuti dengan mudah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini