10 Tanaman Depan Rumah yang Bikin Indah, Perawatan Mudah

Tim Editorial Rumah.com
10 Tanaman Depan Rumah yang Bikin Indah, Perawatan Mudah
Rumah.com – Rumah paling estetis pun akan terlihat dingin dan kaku tanpa kehadiran tanaman depan rumah yang memberikan nafas segar laksana kehidupan. Tanaman pun bisa beragam atau hanya satu pohon, namun bisa memberikan tampilan seimbang pada fasad rumah.
Dalam memilih tanaman depan rumah, tak hanya bentuknya yang indah saja yang dijadikan pertimbangan, namun perawatannya juga mudah. Artikel ini menghadirkan 10 jenis pilihan tanaman depan rumah yang indah, tahan banting, dan mudah perawatannya:
  1. Tanaman Pohon Kamboja
  2. Tanaman Bunga Bougenville
  3. Tanaman Pohon Tabebuya
  4. Tanaman Bambu Jepang
  5. Tanaman Sansevieria
  6. Tanaman Kembang Sepatu
  7. Tanaman Pohon Ketapang kencana
  8. Tanaman Kaktus Koboi
  9. Tanaman Rumput Alang-Alang Ekor Kuda
  10. Tanaman Palem Kipas

1. Tanaman Depan Rumah Pohon Kamboja

Tanaman depan rumah pohon Kamboja yang cocok untuk segala konsep desain rumah. (Foto: Houzz.com)
Berbagai jenis pohon kamboja menjadi banyak pilihan tanaman depan rumah, terutama untuk rumah berkonsep tropis. Warna bunga yang beragam, mulai dari putih, kuning, pink, hingga merah menjadi aksen pemikat setiap pencinta hunian yang asri.
Perawatannya pun mudah, pohon kamboja kuat diterpa sinar matahari yang terik, maupun terguyur curah hujan yang kuat. Akar pohon yang kuat menjadikannya kokoh, tak hanya itu, bunganya pun terus mekar sepanjang musim. Cantik bukan?
Ada banyak manfaat memiliki tanaman depan rumah, dan jika dirawat dengan benar bisa jadi malah akan menjadi nilai lebih bagi rumah. Selain bikin indah, bisa meningkatkan harga jual rumah, dan menjadi sumber penghasilan. Mau punya rumah indah namun yang sesuai penghasilan? Cek pilihan rumahnya di Sawangan, Depok dengan harga dibawah Rp500 jutaan di sini!

2. Tanaman Depan Rumah Bunga Bougenville

Tanaman depan rumah bunga Bougenville, pilihan warna yang beragam membuat pagar makin semarak. (Foto: Pidjar.com)
Bougenville atau sering disebut bunga kertas juga sering menjadi pemanis di pagar rumah. Tanaman depan rumah yang satu ini memang sukar berdiri tegak, namun kecepatannya tumbuh membuat tumbuhan ini saling menopang dan terlihat semakin gemuk.
Ada beberapa warna bunga seperti oranye, pink, hingga keunguan. Jika ingin bunganya terus mekar, tumbuhkan di area yang banyak paparan sinar matahari, lalu kurangi pemberian air dan pupuk.

3. Tanaman Depan Rumah Pohon Tabebuya

Tanaman depan rumah pohon Tabebuya, bak bunga Sakura di iklim tropis. (Foto: Pinterest)
Tanaman depan rumah yang sekarang marak menghiasi jalanan protokol Kota Surabaya ini ternyata berasal dari Amerika. Tampilannya yang menyerupai bunga Sakura khas Jepang semakin diminati banyak cluster perumahan yang mengusung konsep minimalis.
Bunga Tabebuya tak hanya pink, namun juga ada kuning, merah, dan putih, disebut juga pohon terompet merah muda. Namun sebenarnya ada lebih dari 100 jenis tanaman dalam rumpun yang sama. Bunga Tabebuya banyak manfaatnya, di antaranya bisa memperkuat imunitas tubuh, meredakan demam, mencegah infeksi, dan sebagainya.

4. Tanaman Depan Rumah Bambu Jepang

Tanaman depan rumah bambu Jepang, minimalis dan membuat tampilan taman bersih. (Foto: Selasar.com)
Tanaman depan rumah bambu Jepang cocok hidup di daerah tropis, bahkan dapat tumbuh dengan baik di daerah pantai dengan tanah yang banyak kandungan garamnya. Bambu Jepang cepat tumbuh pada tanah yang gembur, namun sebaiknya ditanam di area yang tidak terus menerus terpapar matahari.

Tips Rumah.com

Cara menanam bambu Jepang, ambil batang bambu segar sekitar 60-100cm dan timbun dalam tanah dan sirami . Setelah terlihat bertunas, maka bibit bambu tersebut siap dipindahkan ke lahan yang lebih luas.

5. Tanaman Depan Rumah Sansevieria

Tanaman depan rumah Sansevieria, semakin tinggi semakin menjadi pagar hijau nan artistik. (Foto: Pinterest)
Tanaman depan rumah Sansevieria ini cenderung banyak terlihat di area teras rumah, atau di balik pagar rumah yang tidak terpapar matahari. Si hijau yang satu ini mudah perawatannya, karena tidak memerlukan banyak air dan tidak memerlukan banyak paparan sinar matahari.
Namun Sansevieria memiliki banyak manfaat, ia dapat menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Di Jepang, digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan.

6. Tanaman Depan Rumah Kembang Sepatu

Tanaman depan rumah bunga Kembang Sepatu, cantik dalam banyak warna. (Foto: Allaboutgardening.com)
Karena memiliki banyak pilihan warna serta jenis kembang sepatu ya ng beragam, maka mengoleksi tanaman depan rumah yang satu ini tidak ada habisnya. Cukup rutin disiram, dan terkena matahari yang cukup. Bunganya akan terus mekar dengan sempurna.
Kembang Sepatu tergolong tanaman semak, maka perlu rutin dirapikan jika sudah terlihat berantakan. Walau tidak harum, namun keindahan bunganya yang eksotis memberikan rasa senang. Uniknya, di India bunganya dimanfaatkan untuk menyemir sepatu lho!

7. Tanaman Depan Rumah Pohon Ketapang Kencana

Tanaman depan rumah favorit untuk penghias rumah minimalis. (Foto: Tetanduran.com)
Tanaman depan rumah Ketapang Kencana termasuk dalam golongan pohon peneduh, maka dari itu kita sering melihatnya tegak berdiri di depan rumah sekaligus menjadi pelengkap tampilan fasad yang estetis.
Cara perawatannya pun mudah karena Ketapang Kencana memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca, hama, dan penyakit. Menyiramnya setiap pagi dan sore agar kelembapan tanah terus terjaga, dan beri pupuk agar terus subur setiap 2 minggu sekali.

8. Tanaman Depan Rumah Kaktus Koboi

Tanaman depan rumah kaktus koboi yang bisa cepat tumbuh tinggi tanpa harus sering disirami. (Foto: Lawnstarter.com)
Tanaman depan rumah yang tidak menimbulkan sampah daun kering ini banyak diminati karena tumbuhnya unik. Kaktus Koboi, sukulen yang terlihat seperti pohon kaktus besar. Batangnya yang ramping memberikan efek jenjang dan terasa seperti barisan pagar hijau jika ditanam berderet.
Sama seperti kaktus dan sukulen pada umumnya, sebaiknya tidak disiram terlalu sering. Perhatikan frekuensi penyiramannya. Dan saat menyiraminya, tujukan pada bagian tanah di sekitarnya, bukan pada batangnya.

9. Tanaman Depan Rumah Rumput Alang-Alang Ekor Kuda

Tanaman depan rumah rumput alang-alang ekor kuda yang artistik. (Foto: Pinterest)
Ingin tanaman depan rumah yang tumbuhnya terlihat alami dan natural, serta tetap rendah? Alang-alang Ekor Kuda bisa menjadi pilihan. Teksturnya yang halus, panjang, dan merunduk seakan menjadi hamparan hijau yang membuat siapa pun yang melihatnya terasa adem.
Tata di sekeliling pagar, dan berikan aksen dengan menanam alang-alang jenis berbeda yang memiliki bunga, contohnya pampas grass dan purple fountain grass. Jangan lupa untuk merapikannya selalu ya.

10. Tanaman Depan Rumah Palem Kipas

Tanaman depan rumah Palem Kipas, memberikan kesan tegas dan memberikan efek rindang. (Foto: Pinterest)
Tanaman depan rumah yang satu ini memberi kesan dramatis karena lingkar daunnya yang bisa sangat lebar. Untuk bisa berkembang dengan baik, berikan waktu 4 jam untuk pohon palem kipas mendapatkan cahaya matahari.
Dengan cahaya matahari yang banyak, maka akan semakin menguatkan sistem tubuh pohon palem kipas. Curah hujan yang banyak juga membuatnya kian subur.
Tonton video berikut tips membuat akta jual beli tanah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini